Kehancuran tentara bergajah bagaikan daun-daun yang dimakan ulat adalah arti surat al-fil ayat

Kehancuran tentara bergajah bagaikan daun-daun yang dimakan ulat adalah arti surat al-fil ayat

tirto.id – Surah Al-Fil dalam Al-Quran bercerita tentang kisah pasukan gajah yang dipimpin oleh Abrahah Al-Asyram yang bermaksud menghancurkan Ka’bah pada 570 M. Peristiwa itu amat fenomenal bagi kaum Arab sehingga penanda tahun masa itu dikenal dengan sebutan Tahun Gajah.

Tujuan Abrahah menyerang Ka’bah adalah untuk memindahkan pusat ibadah haji dari Ka’bah ke Sana’a. Beberapa waktu sebelumnya, Abrahah sudah mendirikan katedral megah yang ia beri nama Al-Qalis. Dikisahkan bahwa katedral itu dibangun dari pualam yang diambil dari sisa istana Ratu Saba. Selain itu, Abrahah juga menghasinya dengan emas dan perak.

Namun, nyatanya orang-orang tetap mendatangi Ka’bah untuk berhaji dan melaksanakan ibadah. Katedral Al-Qalis tidak bisa menyaingi kepopuleran Ka’bah. Oleh karena itu, Abrahah menyiapkan pasukan besar-besaran untuk meghancurkan Ka’bah di Makkah. Di barisan terdepan, Abrahah menempatkan seekor gajah yang populer sebagai tunggangan perang hebat di masa itu.

Namun, usaha Abrahah gagal total. Kala penyerangan itu, Makkah mendadak disergap wabah cacar sehingga banyak pasukan Abrahah yang tak bisa melanjutkan peperangan. Selain itu, mereka juga diserang oleh burung-burung Ababil yang menjatuhkan batu-batu dari neraka (Sijjil) sehingga pasukan Abrahah kacau balau.

Dari perspektif lain, batu-batu dari neraka itu bukanlah batu panas, melainkan alegori “epidemi mendadak” yang ditimpakan Allah Swt. pada Abrahah dan pasukannya, sebagaimana dikutip dari buku
The Message of the Quran
(1980) yang ditulis oleh Leopold Weiss.

Kisah penyerangan Abrahah ke Ka’bah ini dikisahkan dalam surah Al-Fil berikut ini.

Bacaan Surah Al-Fil: Arab-Latin dan Terjemahannya

Sebagaimana dikutip dari buku
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
(2016) yang ditulis Faesal Ghozaly, surah Al-Fil adalah surah Makiyah atau surah yang diturunkan di Makkah. Ia adalah surah ke 105 dari Al-Quran dan terdiri dari 5 ayat. Berikut ini bacaan surah Al-Fil, Arab-Latin, dan terjemahannya:

اَلَمْ تَرَ كَيْفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِاَصْحٰبِ الْفِيْلِۗ – ١

Alam tara kaifa fa’ala rabbuka bi`ashābil-fīl

اَلَمْ يَجْعَلْ كَيْدَهُمْ فِيْ تَضْلِيْلٍۙ – ٢

Alam yaj’al kaidahum fīi tadhīl

وَّاَرْسَلَ عَلَيْهِمْ طَيْرًا اَبَابِيْلَۙ – ٣

Wa arsala ‘alaihim ṭairan abābīl

Baca Juga :   Jelaskan tahapan dalam bentuk teknik dasar kuda-kuda samping beladiri pencak silat

تَرْمِيْهِمْ بِحِجَارَةٍ مِّنْ سِجِّيْلٍۙ – ٤

Tarmīhim biḥijāratim min sijjīl

فَجَعَلَهُمْ كَعَصْفٍ مَّأْكُوْلٍ ࣖ – ٥

Fa ja’alahum ka’aṣfim ma`kụl

Artinya:

  1. Apakah kamu tidak memperhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap tentara bergajah?
  2. Bukankah Dia telah menjadikan tipu daya mereka (untuk menghancurkan Ka’bah) itu sia-sia?
  3. dan Dia mengirimkan kapada mereka burung yang berbondong-bondong.
  4. yang melempari mereka dengan batu (berasal) dari tanah yang terbakar.
  5. lalu Dia menjadikan mereka seperti daun-daun yang dimakan (ulat).

Baca juga:

  • Siapakah Luqman yang Namanya Disebutkan dalam Surah Al-Qur’an?
  • Surah Al-Baqarah Ayat 285-286: Arab & Terjemahan serta Keutamaannya

Baca juga artikel terkait PENDIDIKAN AGAMA ISLAM atau tulisan menarik lainnya Abdul Hadi

(tirto.id – hdi/ylk)


Penulis: Abdul Hadi
Editor: Yulaika Ramadhani
Kontributor: Abdul Hadi

Subscribe for updates Unsubscribe from updates

Tak hanya pelajaran formal dari sekolah, mengajarkan anak untuk mengamalkan bacaan dalam Al-Quran juga memiliki banyak manfaat bagi hidupnya, Ma.

Selain mendapatkan pahala yang dijanjikan Allah SWT, anak juga akan menambah ilmu pengetahuan seputar agama, serta memupuk keimanan serta kecintaan terhadap agama Islam.

Di usianya yang maish dini, Mama bisa mengenalkan dan mengajarkan anak surat-surat pendek terlebih dahulu. Hal ini agar anak lebih mudah memahami dan terbiasa untuk diajarkan bacaan lainnya kelak.

Salah satu yang bisa Mama ajarkan adalah surat Al-Fil yang terdiri dari 5 ayat sehingga lebih mudah dilafalkan dan dingat oleh anak.

Menceritakan tentangkegagalan Abrahah dan pasukan gajah yang ingin menghancurkanKa’bah. BerikutPopmama.comjelaskan mengenaibacaan, arti, beserta sejarah yang tertulis dalam surat Al-Fil.

1. Bacaan surat Al-Fil

Freepik

Terdiri dari 5 ayat, berikut adalah bacaan surat Al-Fil dalam bahasa arab, latin, dan artinya:

أَلَمْ تَرَ كَيْفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِأَصْحَٰبِ ٱلْفِيلِ

a lam tara kaifa fa’ala rabbuka bi`aṣ-ḥābil-fīl

1. Apakah kamu tidak memperhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap tentara bergajah?

أَلَمْ يَجْعَلْ كَيْدَهُمْ فِى تَضْلِيلٍ

a lam yaj’al kaidahum fī taḍlīl

2. Bukankah Dia telah menjadikan tipu daya mereka (untuk menghancurkan Ka’bah) itu sia-sia?

وَأَرْسَلَ عَلَيْهِمْ طَيْرًا أَبَابِيلَ

wa arsala ‘alaihim ṭairan abābīl

3. dan Dia mengirimkan kapada mereka burung yang berbondong-bondong,

تَرْمِيهِم بِحِجَارَةٍ مِّن سِجِّيلٍ

tarmīhim biḥijāratim min sijjīl

4. yang melempari mereka dengan batu (berasal) dari tanah yang terbakar,

فَجَعَلَهُمْ كَعَصْفٍ مَّأْكُولٍۭ

fa ja’alahum ka’aṣfim ma`kụl

5. lalu Dia menjadikan mereka seperti daun-daun yang dimakan (ulat).

2. Surat Al-Fil dikenal dengan Tahun Gajah

Freepik/rawpixel.com

Baca Juga :   Hubungan antara Jenis ikatan kimia dengan daya hantar listrik larutan

Surat yang terdiri dari 5 ayat ini termasuk dalam surat Makkiyah yang mana surat ini merupakan surat ke 105 dalam Al-Quran.

Surat ini berarti gajah yang mana menceritakantentang kegagalan Abrahah dan pasukan gajah yang akan menghancurkan Ka’bah. Abrahah sendiri merupakanGubernur Yaman yang gagal merebut Ka’bah di Mekah pada sekitar tahun 570 Masehi.

Dengan izin Allah SWT, pasukan gajah yang dipimpin Abrahah dikalahkan oleh burung Ababil. Karena itulah, peristiwa itu dikenal juga dengan Tahun Gajah.

  1. 7 Tips untuk Membesarkan Anak Tunggal dengan Baik
  2. 5 Cara Membantu Anak Mengekspresikan Emosinya dengan Tepat
  3. 7 Cara Mengajarkan Anak untuk Mengenal Berbagai Macam Emosi

3. Sejarah Al-Fil: Kisah pasukan gajah yang menyerah Ka’Bah

Youtube/kastari sentra

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dalam surat ini menceritakan bagaimana pasukan gjah yang ingin menghancurkan rumah Allah SWT (Ka’bah).

Abrahah dan pasukannya telah mempersiapkan diriuntuk menghancurkan Ka’bah tersebut. Ia dan pasuannya mempersiapkan gajah untuk menghancurkannya. T

Saat Abrahah dan pasukannya mendatangi Makkah, orang disekitar yang tak memiliki persiapan apapun untuk mengadang mereka justru tak berani keluar lantaran takut dengan serangan pasukan gajah tersebut.

Namun atas kehendak Allah, diturunkanlah burung yang terpencar-pencar, artinya datang kelompok demi kelompok. Itulah yang dimaksud “thoiron ababil” sebagaimana kata Ibnu Taimiyah. Burung-burung yang didatangkan Allahtersebut membawa batu untuk mempertahankan Ka’bah.

Seperti tafsiran Ibnu ‘Abbas, batu-batuitu berasal dari lumpur (thin) yang dibentuk menjadi batu. Ada juga yang menafsirkan bahwa batu tersebut adalah batu yang dibakar (matbukh).

Burung-burung tersebut kemudian melemparkan batu kepada pasukan gajah yang berusaha menyerang Ka’bah. Lantaran tak kuat dengan banyaknya burung yang menyerang mereka, akhirnya pasukan gajah hancur seperti daun-daun yang dimakan dan diinjak-injak oleh hewan.

Kisah ini mengingatkan orang Quraisy tentang pertolongan Allah yang telah menghancurkan pasukan gajah dan juga menunjukkan bagaimana Allah telah mengatur makhluk dan membinasakan musuh-musuh-Nya.

Baca Juga :   Di antara metode seri dan paralel manakah cara merangkai komponen listrik yang lebih hemat jelaskan

4. Alasan Abrahah menyerang Ka’bah

Youtube/kastari sentra

Bukan tanpa alasan tentunya Abrahah dan pasukan gajah menyerang Ka’bah.Dijelaskan oleh Ibnu Taimiyah, “Kisah ini adalah dari kisah raja Abrahah yang membangunkanisah(gereja) di negeri Yaman. Ia ingin agar haji yang ada di Arab dipindahkan ke sana. Abrahah ini adalah raja dari negeri Habasyah (berpenduduk Nashrani kala itu) yang telah menguasai Yaman. Kala itu diceritakan ada orang Arab yang menjelek-jelekkan kanisah (gereja) orang Nashrani sehingga membuat raja Abrahah marah. Lalu ia pun berniat menghancurkan Ka’bah.” (Majmu’atul Fatawakarya Ibnu Taimiyah, 27: 355-356).

Dari rasa penasaran Abrahah karena banyak orang yang berbondong-bondong setiap hari menuju Ka’bah, itulah yang membuat dirinya membuat bangunan serupa seperti Ka’bah. Alasannya adalah, jika banyak orang yang mengunjungi maka saat mereka berjualan dapat meningkatkan penghasilan mereka.

Namun bangunan yang dibuat Abrahah tak sebanding dengan rumah Allah SWT, Ka’bah. Abrahah pun marah lalu memerintahkan dan memimpin pasukan gajah untuk melakukan penghancuran Ka’bah.

5. Keistimewaan surat Al-Fil

Freepik/rawpixel

Setelah mengetahui arti serta sejarah dibalik surat Al-Fil, berikut beberapa manfaat atau keutamaan mengajarkan anak bacaan surat yang terdiri dari 5 ayat ini. Beberapa diantaranya ialah:

  • Apabila surat Al-Fil dibacadalam pertempuran, Allah akan mempermudah dengan membuatmusuh lari dengan sendirinya karena dibayang-bayangi oleh perasaan takut yang mencekam.
  • Apabila dibaca 20 kaliselama 7 hari akan disampaikan hajat yang pelik dan ganjil. Apabila dibaca 1000 kaliselama 40 hari akan dimurahkan rezeki dan disampaikan hajat.
  • Apabila dibaca 1000 kaliselama 10 hari jika selama hidupnya dibenci orang nescaya akan dikasihi.
  • Apabila dibaca 170 kalipada makanan atau gula-gula atau minyak wangi diberi pada perempuan atau isteri dengan izin Allah SWT dikasihi dan disayangi.

Nah, itu dia sejarah diturunkannya surat Al-Fil beserta arti dan keutamannya. Semoga dapat mempermudah para orangtuadalam mengajarkannya pada anak di rumah, ya!

Baca juga:

  • Mengajarkan Bacaan Surat An-Nas Beserta Artinya pada Anak
  • Mengajarkan Anak Bacaan Surat Al Fatihah Beserta Keutamaannya
  • Ajarkan Anak Bacaan Surat Al-Kautsar, Artinya dan Keutamaannya

Kehancuran tentara bergajah bagaikan daun-daun yang dimakan ulat adalah arti surat al-fil ayat

Posted by: pskji.org