Sudut yang besarnya antara 00 sampai 900 disebut sudut

Sudut yang besarnya antara 00 sampai 900 disebut sudut

Kamu sudah pernah belajar tentang jenis-jenis segitiga bukan pada artikel sebelumnya? Hmm, kalau kamu belum baca, lebih baik kamu baca dulu deh artikel tentang
jenis-jenis segitiga dalam matematika. Dalam artikel tersebut kan dijelasin tuh ada tiga jenis segitiga yang dilihat dari besar sudutnya, ada segitiga lancip, segitiga tumpul, dan segitiga siku-siku. Nah, di artikel ini kita akan
membahas tentang macam-macam sudut
tersebut, plus sudut refleks. Scroll terus ya Squad..

Begini Squad, ternyata sudut-sudut itu ada di sekitar kita, lho. Nggak percaya? Coba perhatikan benda berikut ini:

Tablet memiliki sudut tumpul di tiap ujungnya (sumber: style.tribunnews.com)

Pasti gadget tersebut nggak asing dong ya bagi kamu? Perhatikan, deh. Tablet tersebut kan memiliki ujung-ujung di tiap sisinya. Kalian tahu nggak di ujung sisi tablet tersebut membentuk sudut apa?

Perlu kamu ketahui nih Squad, ternyata ada empat macam sudut loh. Apa aja sih?


1. Sudut siku-siku


Sudut siku-siku
itu sudut yang
besarnya 90°.

(Sumber: idschool.net)

Dalam gambar tersebut, coba kamu perhatikan titik sudut O. Nah, sudut itulah yang disebut dengan sudut siku-siku.


2. Sudut lancip


Sudut lancip
merupakan sudut yang besarnya
kurang dari 90°
.

(Sumber: idschool.net)

Dalam gambar tersebut, titik sudut O membentuk sudut lancip.


3. Sudut tumpul


Sudut tumpul
merupakan sudut yang besarnya antara
90° sampai 180°.

(Sumber: idschool.net)

Perhatikan titik sudut O. Titik sudut itu membentuk sudut tumpul.


4. Sudut refleks

Squad sudah pernah mendengar apa itu sudut refleks?
Sudut refleks
merupakan
sudut yang besarnya antara 180° sampai 360°.

 (Sumber: sumberbelajar.belajar.kemdikbud.go.id)

Coba perhatikan garis putus-putus pada gambar di atas. Itulah yang disebut dengan sudut refleks. Lalu bagaimana cara menghitungnya? Perhatikan contoh soal dan pembahasan berikut.

Baca Juga :   Tata cara upacara bendera hari kemerdekaan


Contoh Soal


Jawaban: D


Pembahasan:

Untuk menghitung sudut refleks, jika diketahui sudut terpendeknya menggunakan rumus 360° dikurang sudut terpendek. Berarti dalam soal tersebut diketahui sudut terpendeknya ialah 100° derajat, maka hasilnya ialah:

360°- 100° = 260°

Masih bingung dengan macam-macam sudut di atas? Atau mau belajar matematika bareng teman-teman di seluruh Indonesia? Semua bisa kok, daftar sekarang aja di

ruanggurudigitalbootcamp
. Di sana kamu bisa belajar seru dan menyenangkan ditemani kakak-kakak tutor yang berpengalaman dan tentu saja bisa diskusi bareng dengan teman-teman dari berbagai daerah di Indonesia.





1. Sudut





          Definisi: Sudut adalah gabungan dua buah sinar yang titik pangkalnya sama. Sudut ABC ( ditulis  ABC) adalah gabungan BA dan BC ( BA  BC ) seperti terlihat pada gambar 2..1









          BA dan BC disebut pula kaki sudut, sedangkan titik B disebut titik sudut. BA dan BC masing-masing merupakan himpunan titik-titik, gabungan keduanya yaitu  ABC merupakan himpunan titik-titik pula.  ABC membagi bidang yang memuatnya, menjadi tiga himpunan yang saling lepas, yaitu, (i) sudut itu sendiri yaitu  ABC, (ii) daerah dalam (interior)  ABC dan (iii) daerah luar (ekterior)  ABC.







2 Ukuran sudut





          Salah satu satuan ukuran sudut menggunakan satuan derajat dimana satu derajat ditulis 10 sama 1/360 dari satu putaran penuh. Ukuran sudut adalah anggota himpunan bilangan bukan himpunan titik, oleh karena itu sudut dan ukuran sudut merupakan dua hal yang berbeda tetapi saling berkaitan. Ukuran  ABC biasa dilambangkan dengan m ABC didefinisikan sebagai lintasan putar yang terpendek kaki BA sehingga berimpit dengan kaki BC atau kaki BC sehingga berimpit dengan kaki BA (lihat gambar 2.4). Arah

putaran tidak dipersoalkan apakah searah atau berlawanan arah jarum jam, yang penting adalah lintasan putar yang terkecil. Alat untuk mengukur suatu sudut biasa digunakan busur derajat.

Baca Juga :   Jelaskan Peran Indonesia Sebagai Produsen Distributor Dan Konsumen Di Asean







         Berdasarkan ukurannya himpunan sudut dikelompokkan dalam terbagi ke dalam tiga himpunan bagian yang lepas yaitu: himpunan sudut lancip, himpunan sudut siku-siku, dan himpunan sudut tumpul. Sudut yang berukuran antara 00 dan 900 disebut sudut lancip. Sudut yang berukuran 900 disebut sudut siku-siku. Sedangkan sudut yang berukuran antara 900 dan 1800 disebut sudut tumpul.







           Adakah sudut yang berukuran 00 dan 1800? Menurut definisi, untuk membentuk dua sudut diperlukan dua sinar yang titik pangkalnya berimpit. Sudut yang berukuran 00 artinya untuk mengimpitkan kaki yang satu dengan yang lain tidak diperlukan pemutaran. Dengan demikian kedua kaki sudut itu berimpit, dengan kata lain hanya ada satu sinar. Oleh karena itu sebuah sinar dianggap sebagai sudut yang berukuran 00. Sudut yang berukuran 1800, kedua kaki sudut membentuk sebuah garis. Oleh karena itu sebuah garis dianggap sebagai sudut yang berukuran 1800. Sebuah garis sering pula disebut sebagai sudut lurus.





          Adakah sudut yang berukuran lebih dari 1800 ? Apabila kita menggambar  PQR yang berukuran 2700, ternyata yang kita gambar adalah  PQR yang berukuran 900. Dengan demikian tidak ada sudut yang berukuran lebih dari 1800. Dua sudut dikatakan sebagai saling suplemen, apabila jumlah ukuran kedua sudut itu 1800. Sedangkan dua sudut dikatakan sebagai saling komplemen, apabila jumlah kedua ukuran sudut tersebut 900. Pada Gambar 2.6,  QOR dan  QOS adalah saling suplemen, sebab jika kedua ukuran sudut itu dijumlahkan adalah 1800, yaitu sebagai ukuran  ROS yang merupakan sudut lurus.  QOR dan  QOT saling komplemen, sebab jumlah ukuran sudut keduanya 900, yaitu ukuran  ROT.





          Jika ada dua garis saling berpotongan, akan membentuk dua pasang sudut yang saling bertolak belakang. Pada Gambar 2.6, pasangan sudut yang saling bertolak belakang adalah  BAE dan  CAD, demikian juga  BAC dan  DAE.

Baca Juga :   Apa yang dimaksud dengan bisnis startup





         Perhatikan Gambar 2.7, m BAE + m BAC = 1800 = m  EAC (sudut lurus). Dengan kata lain m  BAE = 1800- m BAC. Demikian pula m BAC + m CAD = 1800= m  BAD (sudut lurus), atau m  CAD = 1800- m BAC. Dengan demikian diperoleh m  BAE = m CAD. Jadi dapat disimpulkan bahwa dua sudut yang saling bertolak belakang sama besar.





         Perhatikan  BAC pada Gambar 2.8, titik D pada interior sudut tersebut. Garis ADdisebut garis bagi  BAC apabila m  BAD = m CAD.

         Untuk menentukan titik D, perhatikan Gambar 2.9 dengan langkah-langkah berikut:



1. Buatlah lingkaran (i) dengan pusat A dan jari-jari AB, misalkan memotong AC di X.

2. Buat lingkaran (ii) dengan pusat B dan jari-jari BX

3. Buatlah lingkaran (iii) dengan pusat X dan jari-jari XB

4.Titik D adalah titik potong lingkaran (ii) dan (iii) yang terletak pada interior  BAC.

5. AD adalah garis bagi  BAC.




















Page 2

Sudut yang besarnya antara 00 sampai 900 disebut sudut

Posted by: pskji.org