Faktor utama yang menyebabkan berkurangnya ketersediaan air di balikpapan adalah

Faktor utama yang menyebabkan berkurangnya ketersediaan air di balikpapan adalah

Klik Untuk Melihat Jawaban

#Jawaban di bawah ini, bisa saja salah karena si penjawab bisa saja bukan ahli dalam pertanyaan tersebut. Pastikan mencari jawaban dari berbagai sumber terpercaya, sebelum mengklaim jawaban tersebut adalah benar. Selamat Belajar..#

Answered by Afaefa on Sun, 17 Apr 2022 12:10:46 +0700 with category IPS and was viewed by 345 other users

Jawaban:

1.a

2.d

3.c

4.c

5.d

6. a

7.a

8.

9.a

10. a

11.c

12.d

13.

14.c

15.c

Penjelasan:

maafin


ya


kalo


salah

juga

aku

ada

yang


kurang


tau

kan

masih

sama

sama

pelajar

Baca Juga: Coba Buat gambar ilustrasi berdasarkan cerita yang anda buat!​

en.dhafi.link Merupakan Website Kesimpulan dari forum tanya jawab online dengan pembahasan seputar pendidikan di indonesia secara umum. website ini gratis 100% tidak dipungut biaya sepeserpun untuk para pelajar di seluruh indonesia. saya harap pembelajaran ini dapat bermanfaat bagi para pelajar yang sedang mencari jawaban dari segala soal di sekolah. Terima Kasih Telah Berkunjung, Semoga sehat selalu.

Penggundulan hutan dan betonisasi dapat menyebabkan berkurangnya air tanah. Akar tumbuhan berfungsi untuk mengikat air dan semakin banyak air yang diikat oleh akar maka jumlah air tanah semakin banyak, akan tetapi jika hutan menjadi gundul maka air tidak dapat diikat oleh akar sehingga jumlah air tanah berkurang. Selain itu betonisasi juga mepengaruhi kadar air tanah, karena beton menghambat penyerapan air ke tanah sehingga mengurangi jumlah air tanah.

Lihat Foto

Aliran Sungai Bagor di Randulanang, Kecamatan Jatinom, Klaten, Sabtu (28/11/2020). Sungai Bagor menjadi salah satu aliran sungai yang digunakan warga yang tinggal di lereng timur Gunung Merapi mencari air bersih karena sulitnya mendapat air tanah.

Baca Juga :   Apakah yang dimaksud dengan energi ramah lingkungan berikan contoh

KOMPAS.com
– Air bersih adalah salah satu kebutuhan pokok bagi seluruh makhluk hidup. Namun tahukah kamu faktor apasaja yang memengaruhi ketersediaan air bersih di suatu daerah? Untuk mengetahuinya, marilak kita simak penjelasan berikut ini!

Soal dan Pembahasan

Jelaskan faktor-faktor yang memengaruhi ketersediaan air bersih!

Jawaban:

Dilansir dari BBC, ada enam factor yang dapat memengaruhi ketersediaan air dalam suatu daerah yaitu iklim, geologi, polusi, abstraksi, infrastruktur, dan kemiskinan.

Iklim

Iklim sangat memengaruhi ketersediaan air bersih di suatu daerah. Daerah yang memiliki iklim dengan curah hujan tinggi biasanya mengalami ketersediaan air yang melimpah.

Baca juga: Berkurangnya Ketersediaan Air Bersih

Namun daerah dengan curah hujan rendah sering kali mengalami kekurangan persediaan air seperti yang terjadi di benua Afrika.

Geologi

Akuifer adalah batuan geologi yang dapat menampung air dan dapat keluar ke permukaan tanah sebagai mata air. Batuan akuifer menjadi salah satu factor ketersediaan air bersih yang penting bagi sebuah daerah.

Arab adalah Negara yang memiliki curah hujan rendah, namun batuan akuifer dapat memberikan pasokan air bersih bagi penduduknya.

Polusi

Polusi air adalah penyebab tercemarnya air yang bersih menjadi air kotor yang tidak bisa dikonsumsi. Polusi air dapat berupa sampah, limbah, ataupun minyak yang masuk kedalam air bersih membuat air tersebut beracun jika dikonsumsi.

Polusi air dapat terus menyebar secara merata dalam air, mengakibatkan berkurangnya ketersediaan air bersih. Polusi air juga memebunuh organisme air membuat air tersebut mengandung banyak bangkai yang semakin memperparah pencemarannya.

Baca juga: Pandemi Covid-19, Pentingnya Ketersediaan Air Bersih dan Pangan Lokal

Air Tanah. (Foto: https://pixabay.com)


Dikutip dari buku

Hubungan Struktur Geologi dan Sistem

Air

Tanah yang ditulis oleh Bambang Prastistho, dkk (2018)

, air tanah merupakan salah satu sumberdaya alam yang berfungsi untuk mendukung kehidupan maupun aktivitas pembangunan. Sampai saat ini air tanah masih merupakan sumber utama untuk memenuhi kebutuhan air baku bagi penduduk, baik untuk air minum, rumah tangga, air irigasi, maupun air untuk industri, sehingga air tanah merupakan kekayaan alam yang memenuhi hajat hidup orang banyak.

Baca Juga :   Sebuah tabung mempunyai tinggi 7 cm dan jari jari nya 3 cm maka luas permukaan tabung adalah π cm2


Nah, artikel kali ini akan membahas lebih lanjut mengenai


faktor-faktor yang memengaruhi berkurangnya ketersediaan air tanah

.

Air Tanah. (Foto: https://pixabay.com)


Dikutip dari buku

Pengantar Ilmu Pengetahuan Lingkungan yang ditulis oleh Muhammada Irham (2021: 175)
, ketersediaan air terus-menerus berputar di seluruh

bumi
. Hal tersebut disebut sebagai siklus air. Siklus air tanah merupakan proses yang dilalui air di dalam tanah, mulai dari air di permukaan bumi yang kemudian bergerak meninggalkan tanah dengan cara menguap hingga air masuk kembali ke dalam tanah (hujan). Air yang turun ke tanah ada pula masuk ke dalam celah-celah dan pori-pori tanah atau batuan lalu menjadi air cadangan (sumber air).


Mengingat bahwa peran air tanah yang sangat penting bagi kehidupan, sehingga apabila kebutuhan air tanah tidak terpenuhi, hal ini akan menjadi masalah. Berikut


faktor-faktor yang memengaruhi berkurangnya ketersediaan air



tanah


:


Apabila curah hujan di suatu wilayah tinggi, maka semakin tinggi pula ketersedian air tanahnya, begitupun sebaliknya.



2. Morfologi tempat (kemiringan lahan)


Daerah yang memiliki tingkat kemiringan yang tinggi akan memiliki sedikit ketersediaan air tanah. Hal ini dikarenakan air akan selalu mengalir ke tempat yang lebih rendah.


Banyak atau tidaknya tumbuhan di sebuah daerah akan menentukan jumlah ketersediaan air tanah. Daerah yang memiliki banyak pohon akan memiliki jumlah air tanah yang banyak.



4. Jenis tanah dan batuan


Air hujan yang turun akan diserap oleh tanah dan mengalir melalui celah-celah batuan di dalamnya, celah-celah batuan tersebut akan membentuk aliran sungai bawah tanah, sehingga terbentuk air tanah.


Semoga informasi ini bermanfaat! (CHL)

Faktor utama yang menyebabkan berkurangnya ketersediaan air di balikpapan adalah

Baca Juga :   Informasi penting yang sesuai dengan isi teks prosedur tersebut adalah selat solo

Posted by: pskji.org