Diantara pernyataan berikut ini merupakan tujuan dari kerja sama kecuali

Diantara pernyataan berikut ini merupakan tujuan dari kerja sama kecuali



Ilustrasi kerja sama internasional. (Image by mohamed Hassan from Pixabay)

Bola.com, Jakarta –
Kerja sama ekonomi internasional
adalah hubungan antara suatu negara dengan negara lainnya dalam bidang ekonomi melalui kesepakatan-kesepakatan tertentu, dengan memegang prinsip keadilan dan saling menguntungkan.

Setiap negara memiliki kondisi geografis dan sumber daya manusia yang berbeda-beda. Maka dari itu, suatu negara tidak dapat memenuhi kebutuhannya sendiri.

Kondisi tersebut yang menjadi satu di antara faktor pendorong bagi negara-negara untuk melakukan kerja sama ekonomi internasional.

Kerja sama ekonomi internasional didasari kepentingan tertentu untuk dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi, pertumbuhan ekonomi, dan peningkatan struktur kegiatan ekonomi nasional.

Tak hanya itu,
kerja sama ekonomi internasional
dilakukan untuk memenuhi kebutuhan rakyat dan kepentingan negara.

Perlu diketahui, kerja sama internasional yang satu ini tidak sama dengan perdagangan internasional. Kerja sama ekonomi internasional cakupannya lebih luas.

Hal itu karena kerja sama adalah kerja sama antarnegara di bidang ekonomi dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi, pertumbuhan ekonomi, hingga struktur kegiatan ekonomi nasional

Berikut ini rangkuman tentang tujuan
kerja sama ekonomi internasional, manfaat, dan bentuk-bentuknya, seperti dilansir dari laman repositori.kemdikbud.go.id, Jumat (27/8/2021).



Ilustrasi kerja sama internasional. (Image by Gerd Altmann from Pixabay)

Tujuan kerja sama ekonomi antarnegara meliputi hal-hal berikut:

1. Memenuhi kebutuhan dalam negeri akan barang/jasa.

2. Memperluas pasar hasil produksi barang dan jasa atau memajukan perdagangan dunia.

3. Mendorong peningkatan produktivitas hasil produksi.

4. Memperluas lapangan kerja.

5. Menambah devisa negara.

6. Mendistribusikan manfaat sumber daya.

7. Mengurangi ketimpangan antara negara maju dan negara berkembang.

8. Mempercepat pembangunan ekonomi dunia.

9. Meningkatkan kualitas hidup bangsa-bangsa di dunia.



Ilustrasi kerja sama. Credit: pexels.com/pixabay

Manfaat kerja sama ekonomi internasional, di antaranya:

1. Memperkuat dan meningkatkan kerja sama ekonomi, perdagangan, dan investasi di antara para anggota.

2. Meliberalisasi secara progresif dan meningkatkan perdagangan barang dan jasa, serta menciptakan suatu sistem perdagangan yang transparan dan mempermudah investasi.

3. Menggali bidang-bidang kerja sama yang baru dan mengembangkan kebijakan yang tepat dalam rangka kerja sama ekonomi di antara para anggota.

Baca Juga :   Apakah tujuan Allah SWT menciptakan manusia Bebangsa bangsa dan bersuku suku?

4. Memfasilitasi integrasi ekonomi yang lebih efektif dari para anggota, dan menjembatani kesenjangan pembangunan ekonomi di antara para anggota.



Ilustrasi kerja sama. (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Kerja sama ekonomi terbagi ke dalam empat kategori, yaitu kerja sama ekonomi bilateral, regional, multilateral, dan antarregional. Berikut ini penjelasannya:

1. Kerja Sama Ekonomi Bilateral

Kerja sama ekonomi bilateral adalah kerja sama ekonomi yang melibatkan dua negara dan bersifat saling membantu. Contoh kerja sama ekonomi antara Indonesia dengan Malaysia, Indonesia dengan Inggris, Indonesia dengan Amerika, dan sebagainya.

2. Kerja Sama Ekonomi Regional

Kerja sama ekonomi regional adalah kerja sama ekonomi di antara beberapa negara yang berada di kawasan tertentu. Contoh: ASEAN, UNI EROPA, EFTA, APEC, AFTA, dan sebagainya

3. Kerja Sama Ekonomi Multilateral/Internasional

Bentuk kerja sama ekonomi ini melibatkan banyak negara dan tidak terikat oleh batas region atau wilayah atau kawasan negara tertentu. Contoh: Kerja sama antara Indonesia, Prancis, Jepang, Korea, Singapura, dan sebagainya

4. Kerja sama Ekonomi Antarregional

Kerja sama ekonomi antarregional yaitu kerja sama ekonomi di antara dua kelompok kerja sama ekonomi regional. Contoh: Kerja sama antara Uni Eropa dengan ASEAN.

Sumber:
Kemdikbud



Ilustrasi kerja sama internasional. (Image by mohamed Hassan from Pixabay)

Bola.com, Jakarta –
Kerja sama internasional
adalah hubungan yang dilakukan antara satu negara dengan negara lainnya, dengan memiliki tujuan bersama dan saling menguntungkan.

Setiap negara tidak mungkin bisa memenuhi kebutuhan pemerintah dan warganya sendiri. Hal itulah yang menyebabkan tiap negara melakukan kerja sama agar masyarakatnya sejahtera.

Pada umumnya, kerja sama internasional ini dilakukan dalam bidang sosial, politik, kebudayaan, pertahanaan keamanan serta ekonomi.

Kerja sama internasional ini dapat terjadi antara dua negara yang biasa dikenal dengan hubungan bilateral. Sementara akan disebut mulitirateral apabila dilakukan hubungan dengan beberapa negara.

Kerja sama internasional harus dilakukan berdasarkan ketentuan-ketentuan yang telah disepakati oleh negara yang saling bekerja sama.

Baca Juga :   Tuliskan arti kata tersebut dan temukan padanan kosakata bakunya Pensil, si Kecil yang Amat Penting

Selain menguntungkan masing-masing negara, kerja sama internasional akan mempererat hubungan diplomasi yang baik antarnegara yang mengikuti atau menjalani kerja sama.

Pastinya ada beberapa tujuan dan manfaat yang diperoleh dari kerja sama internasional. Penting untuk mengetahui tujuan, manfaat, dan bentuk kerja sama internasional.

Berikut ini rangkuman mengenai tujuan, manfaat dan bentuk-bentuk
kerja sama internasional, seperti dikutip dari laman Salamadian dan Gurupendidikan, Senin (30/11/2020).



Ilustrasi kerja sama. (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Prinsip kerja sama Internasional:

  1. Tidak mencampuri adanya urusan pribadi dari negara lain.
  2. Guna mewujudkan tatanan dunia baru dengan berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.
  3. Berlandaskan politik luar negeri bebas aktif.
  4. Saling menguntungkan.
  5. Ditujukan untuk kepentingan nasional.

Tujuan kerja sama internasional:

1. Mempererat hubungan persahabatan

Menjalin hubungan kerja sama internasional nantinya akan berdampak pada eratnya persahabatan antara negara-negara yang saling melakukan kerja sama. Hal ini mampu menghindari permusuhan antar negara-negara yang mengikuti kerja sama.

2. Menciptakan perdamaian dunia

Satu di antara dampak kerja sama internasional ialah terciptanya perdamaian dunia. Dengan begitu, kekerasan dan peperangan antarnegara yang melakukan kerja sama tidak akan terjadi. Jadi, kerja sama internasional ini bertujuan agar semua negara di seluruh dunia dapat mencapai perdamaian.

3. Meningkatkan pertumbuhan ekonomi setiap negara

Satu di antara tujuan menjalin kerja sama internasional adalah untuk menunjang serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara tersebut. Diharapkan dengan adanya kerja sama internasional, negara di dunia akan maju secara merata dalam berbagai bidang, mulai teknologi, ekonomi, pendidikan, dan masih banyak lagi.

4. Melengkapi kebutuhan negara

Tujuan kerja sama internasional lainnya adalah guna melengkapi kebutuhan negara. Seperti diketahui, tiap negara mempunyai iklim serta keadaan alam yang berbeda-beda. Hal ini termasuk kondisi geografisnya, yang akan mengakibatkan kebutuhan pada setiap negara juga berbeda.



Ilustrasi kerja sama internasional. (Image by Gerd Altmann from Pixabay)

Selain memiliki tujuan, kerja sama internasional yang dilakukan antarnegara juga sangat bermanfaat dalam berbagai bidang. Berikut adalah manfaat kerja sama internasional yang didapat oleh negara:

Baca Juga :   Kesimpulan berbakti kepada orang tua brainly

Memunculkan rasa saling menghormati, meski tetap memiliki perbedaan pada bagian landasan atau falsafahnya.

Di dalam politik, kerja sama internasional akan membuat negara bersama-sama saling berorientasi pada kepentingan nasionalnya masing-masing.

Kerja sama internasional yang terjalin akan membuat negara saling menguntungkan untuk meningkatkan kesejahteran melalui proses ekspor serta impor.

Dapat membuat antarnegara menjadi saling melengkapi. Akan tetapi, tetap berpedoman pada kepribadian yang sudah dimiliki oleh masing-masing negara.

  • Bidang pertahanan dan keamanan

Dapat melakukan pelatihan militer bersama guna meningkatkan kualitas keamanan serta pertahanan suatu negara.

Dapat dilakukan pertukaran pelajar dan mahasiswa. Hal ini bertujuan untuk menimba ilmu sehingga pada nantinya akan membawa dampak positif bagi negara.



Ilustrasi kerja sama

Kerja sama bilateral

Kerja sama bilateral adalah kerja sama yang dijalin oleh dua negara atau lebih, biasanya didasari oleh hubungan baik dan manfaat yang saling menguntungkan. Misalnya kerja sama pada sektor ekonomi atau pariwisata.

Kerja sama regional

Sedikit berbeda dengan kerja sama bilateral, kerja sama regional adalah suatu bentuk kerja sama antarnegara di mana negara-negara tersebut berada dalam satu wilayah atau satu kawasan saja.

Misalnya negara-negara yang ada di Asia Tenggara, yang tergabung dalam kelompok ASEAN. Sektor kerja sama yang dilakukan biasanya pada sektor pertahanan, politik, dan ekonomi.

Kerja sama multilateral

Kerja sama sama ini merupakan kerja sama yang dilakukan oleh lebih dari dua negara dan tidak terbatas pada status negara serta wilayah negara tersebut.

Anggota yang mengikuti kerja sama ini dibagi menjadi dua tipe, yaitu anggota aktif dan anggota utama. Contoh kerja sama pada hal ini adalah Organisasi Kenferensi Islam yang sering kita sebut dengan OKI.

Bentuk kerja sama yang berbeda-beda juga memberikan manfaat yang baik dalam kerja sama internasional.

Sumber: Salamadian, Gurupendidikan

Diantara pernyataan berikut ini merupakan tujuan dari kerja sama kecuali

Posted by: pskji.org