Apa saja manfaat laut bagi kehidupan manusia sebutkan 3?

Apa saja manfaat laut bagi kehidupan manusia sebutkan 3?

Jakarta

Wilayah lautan di Indonesia sangat luas dengan potensi kekayaan yang melimpah. Apa saja
sumber daya laut
yang dimiliki oleh Indonesia?

Laut merupakan salah satu dari kenampakan alam perairan di Indonesia, termasuk juga sungai, danau, rawa, dan selat.

Laut adalah kumpulan air asin yang luas, dan memisahkan sekaligus menyatukan suatu daratan dengan daratan lainnya. Beberapa contoh laut di Indonesia diantaranya seperti Laut Arafura, Laut Banda, dan Laut Jawa.

Luas lautan di Indonesia adalah sekitar 5,8 juta km2 dengan garis pantai sepanjang 81.000 km yang merupakan garis pantai produktif terpanjang kedua di dunia.

Laut sebagai aset nasional, memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Seperti sebagai jalur transportasi, sumber bahan makanan, sumber energi dan pertambangan, kawasan perdagangan, hingga wilayah pertahanan keamanan.

Sumber daya laut Indonesia tidak hanya berupa ikan, tetapi juga bahan tambang dan lain-lain. Berikut potensi
sumber daya laut
di Indonesia:

1. Perikanan Tangkap dan Perikanan Budi Daya

Sumber daya perikanan adalah potensi sumber daya laut yang paling besar di Indonesia.

Laut Indonesia memiliki angka potensi lestari yang besar, artinya memungkinkan untuk ikan beregenerasi sehingga jumlah ikan yang ditangkap tidak mengurangi populasinya.

Selain ikan yang ada di lautan, banyak penduduk yang melakukan budi daya ikan terutama di daerah pesisir. Jenis yang biasa dikembangbiakkan biasanya ikan bandeng atau udang menggunakan tambak.

Ada juga jenis lainnya seperti demersal, pelagis kecil dan besar, udang atau krustasea, ikan karang, ikan hias, rumput laut, ubur-ubur atau moluska teripang, reptilia, dan mamalia laut.

2. Hutan Mangrove (Hutan Bakau)

Menurut data UNESCO, hutan bakau di Indonesia mencapai angka 3.617.000 hektar. Dengan wilayah yang luas, hutan bakau sebagai potensi sumber daya laut Indonesia mempunyai fungsi ekologis dan ekonomis.

Fungsi ekologisnya yaitu sebagai habitat binatang laut untuk berlindung, berkembang biak, dan mencari makan. Selain itu, untuk melindungi pantai dari abrasi air laut.

Sedangkan, fungsi ekonomis hutan bakau berupa kayu pepohonan dapat dimanfaatkan untuk bahan baku pembuatan kayu bakar, arang, atau kertas.


3. Terumbu Karang

Terumbu karang adalah batuan sedimen kapur di laut yang terbentuk dari kapur, dan sebagian besar dihasilkan oleh koral (binatang yang menghasilkan kapur untuk kerangka tubuhnya). Jika ribuan koral membentuk koloni, koral-koral itu akan membentuk karang.

Indonesia adalah negara dengan jumlah terumbu karang terluas di dunia. Luasnya mencapai 284,3 ribu km2 atau setara dengan 18% terumbu karang yang ada di dunia.

Terumbu karang memiliki banyak manfaat, mulai dari bersifat ekonomis, ekologis, hingga sosial ekonomi.

Manfaat ekonomi terumbu karang adalah sebagai sumber makanan, obat-obatan, dan objek wisata bahari. Manfaat ekologis untuk mengurangi hempasan gelombang pantai yang dapat mengakibatkan abrasi.

Lalu manfaat sosial ekonomis sebagai sumber perikanan yang dapat meningkatkan pendapatan para nelayan.


4. Pertambangan dan Energi

Potensi sumber daya mineral kelautan tersebar di seluruh wilayah perairan Indonesia.

Sumber daya mineral ini diantaranya minyak dan gas bumi, timah, emas dan perak, pasir kuarsa, monasit dan zirkon, pasir besi, agregat bahan konstruksi, posporit, kromit, dan masih banyak lagi yang lainnya.


5. Padang Lamun

Lamun (seagrass) adalah tumbuhan berbunga (Spermatophyta) yang sudah menyesuaikan diri untuk hidup di bawah permukaan air. Lamun hidup di perairan dangkal agak berpasir, sering juga ditemukan di ekosistem terumbu karang.

Lamun membentuk padang yang luas dan lebat di dasar laut yang masih terjangkau oleh cahaya matahari.

Fungsi keberadaan padang lamun adalah dapat menstabilkan dasar laut, serta berfungsi sebagai perangkap sedimen.

Padang lamun juga merupakan daerah penggembalaan (grazing ground) bagi hewan laut seperti mamalia, penyu laut, bulu babi dan beberapa jenis ikan.

Padang lamun juga menjadi daerah asuhan (nursery ground) bagi larva-larva berbagai jenis ikan.


6. Pariwisata Bahari

Potensi
sumber daya laut
dan keanekaragaman flora dan fauna di Indonesia dapat dikembangkan menjadi komoditas pariwisata. Seperti wisata bisnis, wisata pantai, wisata budaya, wisata pesiar, wisata alam, dan wisata olahraga.


Jangan lupa untuk selalu menjaga kelestarian lingkungan laut sekitarmu ya, detikers!

(pal/pal)

Bersamaan dengan ini akan kami sebutkan berbagai macam
manfaat laut sebagai sumber daya
yang tentu saja perlu untuk kita ketahui bersama.

Semoga dengan tulisan ini kita menjadi tahu berbagai macam manfaat laut bagi kehidupan kita sehingga senantiasa kita perlihara dan jaga kelestariannya.

Oke langsung saja disimak
infonya
yang satu ini, check this out:

Sumber Gambar ini Dari Situs Pixabay

Apa Itu Sumber Daya?

Sebelum kita melangkah lebih jauh kepada manfaat laut sebagai sumber daya, tentu baik bagi kita mengetahui apa itu sumber daya, setuju kan?

Ya, kita bisa mengartikan sumber daya sebagai segala sesuatu yang bisa kita manfaatkan. Jadi kita bisa mengartikan juga sumber daya alam sebagai segala sesuatu yang ada di alam ini yang bisa kita manfaat untuk kebutuhan hidup manusia.

Baca Juga :   Hitunglah luas persegi dengan panjang sisi sebagai berikut s = 12 cm

Sebagai contoh, alam ini menyediakan berbagai macam tanaman atau tumbuhan yang bisa kita manfaatkan sebagai makanan pokok seperti misalnya padi (beras), jagung, gandum, sagu, singkong, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selain itu, alam ini juga menyediakan berbagai macam iklan sebagai sumber protein bagi manusia, baik itu ikan dari perairan di laut maupun perairan di darat.

Manfaat Laut Sebagai Sumber Daya

Setelah kita mengetahui apa itu sumber daya dan juga contoh-contohnya secara ringkas, sekarang langsung saja kepada materi manfaat laut sebagai sumber daya.

Dan di bawah ini beberapa manfaat laut sebagai sumber daya :

  1. Ikan Laut Untuk Kebutuhan Manusia

Kita patut bersyukur bahwa Indonesia merupakan negara maritim yang memiliki panjang laut yang luas sekali yang di dalamnya terdapat berbagai macam jenis ikan yang bisa kita manfaatkan seperti tuna, tongkol, kakap, cakalang, dll.

Ikan merupakan sumber protein yang penting bagi tubuh ini sehingga permintaan masyarakat akan ikan begitu banyak, ini berkah bagi nelayan sebagai mata pencaharian dan sumber penghasilan.

2. Sebagai Alat Transportasi

Manfaat dari laut lainnya adalah untuk transportasi air yang bisa memobilisasi (memindahkan) orang atau barang dari satu tempat ke tempat lainnya (umumnya adalah dari satu pulau ke pulau lainnya).

Adanya transportasi laut sangat berdampak positif terhadap roda perekonomian, sebagai contoh petani nanas bisa menjual nanasnya di daerah Jawa karena adanya transportasi laut di wilayah Selat Sunda.

3. Sebagai Pembangkit Listrik

Mungkin kita sedikit heran dengan peranan laut sebagai sumber daya untuk pembangkit listrik, tapi itu benar karena di negara-negara maju sudah memanfaatkan laut (ombaknya) untuk pembangkit listrik dinegara mereka.

Mungkin di Indonesia belum ada seperti ini, atau kalaupun ada masih skala kecil. Pastinya pembangkit listrik tenaga ombak ini adalah masa depan karena lebih bersih dan lebih murah dibandingkan dengan memanfaatkan energi fosil.

Manfaat Sumber Daya Laut Lainnya

Tentunya manfaat sumber daya laut tidak hanya 3 poin yang disebutkan di atas, ada lagi manfaat sumber daya laut lainnya yaitu :

  • Sebagai tempat untuk rekreasi dan juga hiburan.
  • Sebagai tempat untuk riset dan pendidikan.
  • Sebagai sumber air minum yang bersih (desalinasi).
  • Tempat hidupnya biota laut.
  • Tempat budidaya (ikan, mutiara, kerang, rumput laut, dll).
  • Tempat menambang minyak bumi (lepas pantai).

Untuk kamu yang mengetahui lebih banyak lagi seputar manfaat sumber daya yang ada di laut, kamu bisa menulisnya di dalam kolom komentar yang ada di bawah ini.

Mungkin sekian saja
materi
dari kami, semoga bermanfaat untuk kalian semuanya.

(Visited 4,472 times, 1 visits today)

Tahukah Anda kalau tanggal 8 Juni setiap tahun adalah Hari Laut Dunia ? Tanggal ini memang telah ditetapkan sebagai World Oceans Day dalam Pertemuan Tingkat Tinggi tentang Lingkungan dan Pembangunan di Rio de Janeiro pada tahun 1992. Para petinggi dunia merasa perlu untuk menjadikan satu hari dalam setahun , bukan hanya karena 2/3 bagian planet bumi adalah lautan, tetapi juga mengingat begitu banyak manfaat laut bagi kehidupan manusia.

Perannya sangat penting dan krusial bagi kehidupan di bumi ini. Umat manusia tidak akan bisa hidup tenang dan nyaman seperti sekarang ini tanpa adanya laut di bumi.

Hari Laut Dunia diadakan untuk mengingatkan pada semua orang di bumi untuk bisa ikut serta menjaga laut dan isinya. Bukan demi siapa-siapa tetapi demi umat manusia sendiri.

Laut yang rusak akibat pencemaran atau lainnya, pada akhirnya akan membawa dampak negatif dan bencana bagi kehidupan manusia sendiri. Oleh karena itu, pertemuan di salah satu kota di Brazil itu memutuskan untuk memberi sebuah simbol dengan tujuan membangkitkan kesadaran semua manusia di bumi untuk tidak merusak dan mencemari laut.

Sebegitu besar kah peran laut bagi umat manusia? Jawabnya YA.

Ada banyak manfaat laut bagi kehidupan, dan beberapa diantaranya tidak pernah terpikirkan berperan sangat vital bagi manusia.

1) Penghasil Oksigen

Oksigen atau O2 adalah gas yang diperlukan manusia untuk bernafas dan tetap hidup. Tanpa menghisap gas ini, manusia akan mati.

Lalu, siapakah yang memproduksi oksigen itu sendiri?

Kebanyakan orang berpikir bahwa pepohonan dan hutan adalah sumber utama oksigen dunia. Tidak salah 100%, tetapi juga tidak tepat. Secara global pohon dan hutan memang menghasilkan banyak oksigen, tetapi hanya 28% saja dari total volume gas penting itu yang dihasilkannya.

Para ahli seluruh dunia sepakat paling tidak 70% oksigen yang ada di atmosfir bumi dihasilkan dari laut.

Berbagai tumbuhan laut yang berklorofil, seperti pitoplankton dan ganggang adalah produsen utama oksigen dunia. Sebagai tumbuhan berklorofil tumbuhan laut itu akan berfotosintesa dengan bantuan sinar matahari dan salah satu hasil proses memasak makanan itu adalah oksigen yang dilepaskan ke udara.

Jumlah ganggang dan plankton yang luar biasa banyak itulah yang menjadi sumber utama oksigen dunia.

Perusakan dan pencemaran terhadap laut bisa menyebabkan kerusakan ekosistem dan habitat plankton dan ganggang. Pada akhirnya, hal itu akan berpengaruh besar kepada suplai oksigen bagi manusia.

Baca Juga :   Bagaimana tahapan dalam melakukan start jongkok

Tidak pernah terbayangkan begitu vital manfaat laut bagi kehidupan manusia kan?

2) Mengurangi Efek Rumah Kaca dan Pemanasan Global

Manfaat laut bagi kehidupan manusia yang satu ini tidak terlihat wujudnya, tetapi hasilnya bisa dirasakan oleh manusia.

Efek Rumah Kaca yang menyebabkan pemanasan global, atau meningkatnya suhu permukaan bumi salah satunya disebabkan oleh semakin banyaknya gas rumah kaca yang dilepaskan ke atmosfir bumi, seperti ozon, metana,
karbondioksida, dan banyak lagi lainnya.

Pada poin no 1 sudah disebutkan bahwa ganggang dan pitoplankton berfotosintesa setiap harinya. Dalam melakukan proses itu, organisme laut itu mengisap
karbondioksida
dari udara dan kemudian melepaskan oksigen.

Dengan diserapnya gas itu dari udara maka volumenya di atmosfir bumi berkurang dan tidak terlalu menumpuk. Hal inilah yang pada akhirnya mengurangi efek rumah kaca dan menghambat laju pemanasan global.

Bila populasi ganggang dan plankton di laut rusak karena pencemaran hasilnya akan menjadi buruk bagi bumi. Volume karbondioksida akan meningkat karena tidak ada lagi yang menghisap dan menggunakannya.

3) Sumber Pangan

Ikan. Udang. Cumi-cumi. Rumput laut. Semua adalah bukti satu lagi manfaat laut bagi kehidupan manusia yang lain, yaitu sebagai sumber pangan.

Dengan tidak terhitungnya hewan dan tumbuhan laut yang mengandung banyak protein di dalam laut, laut adalah sumber pangan yang sangat dibutuhkan manusia. Hal itu sudah disadari sejak ribuan tahun yang lalu.

Apalagi kebanyakan hewan laut mengandung protein hewani yang sangat dibutuhkan manusia untuk tumbuh dan berkembang. Ikan dan hewan laut lainnya juga mengandung Omega 3 yang menurut ahli gizi dan kesehatan sangat berguna untuk meningkatkan kecerdasan manusia.

Laut sudah lama juga menjadi sumber penghidupan berbagai kalangan tertentu, seperti nelayan.

Kerusakan dan pencemaran yang terjadi di laut akan berimbas besar terhadap umat manusia dimanapun. Hal seperti ini bisa menyebabkan sumber protein menyusut dan juga membuat kehidupan mereka yang menggantungkan nafkahnya dari laut menjadi susah.

4) Sumber Energi Yang Tak Terhingga Besarnya

Belum banyak digali tetapi banyak negara yang memiliki laut yang luas menyadari bahwa ada satu lagi manfaat laut bagi kehidupan manusia, yaitu sebagai sumber energi.

Di beberapa negara maju, seperti Amerika Serikat dan Inggris, laut sudah dipandang sebagai sumber energi alternatif yang sangat potensial.

Energi yang dihasilkan pun tidak seperti bahan bakar minyak yang akan habis dan tentunya sangat ramah lingkungan karena tidak menyebabkan polusi udara dan menebarkan gas rumah kaca.

Salah satu bagian laut yang mulai dilirik sebagai pembangkit energi adalah ombak.

Gerak air yang diakibatkan hembusan angin ini sudah terbukti bisa diubah menjadi energi listrik. Beberapa pembangkit listrik tenaga ombak sudah dibangun di banyak negara maju dan dipergunakan untuk menghasilkan listrik yang sangat dibutuhkan manusia.

5) Jalur Transportasi

Banyak negara terdiri dari pulau-pulau, seperti Indonesia misalnya yang memiliki 17 ribu pulau besar dan kecil di wilayahnya. Bagaimana cara termudah dan termurah untuk mengangkut bahan pokok dan hal lain?

Pesawat memang mungkin tetapi biayanya sangat besar karena butuh penerbangan bolak balik yang sangat banyak karena pesawat terbang memiliki daya angkut yang kecil. Memakai bus dan mobil jelas sangat susah karena kendaraan ini tidak bisa menyeberang laut.

Nah, pemecahannya adalah dengan menggunakan kapal laut. Dengan kendaraan ini, maka laut menjadi bisa dilayari dan ditempuh tidak berbeda dengan jalan raya.

Daya angkut kapal laut pun bisa dibuat beragam, dari hanya 1-2 orang sampai ribuan orang dan ratusan ribu ton barang. Hal ini membuat ongkos angkut via laut menjadi sangat murah kalau dibandingkan dengan jenis moda transportasi lainnya.

Itulah mengapa presiden Jokowi menggagas hadirnya Tol Laut yang tujuannya mengoptimalkan penggunaan laut sebagai jalur transportasi demi mendukung pembangunan di seluruh Indonesia.

6) Tempat Rekreasi

Capek dan jenuh karena kerja setiap hari dan karena berbagai masalah dalam keseharian? Kenapa tidak pergi ke laut saja.

Menyenangkan pasti rasanya melihat pemandangan laut yang biru. Merasakan hembusan air menerpa wajah dan rambut. Atau, memuaskan diri dengan berbasah-basahan di air.

Apalagi kalau dilakukan bersama dengan keluarga, teman, atau orang-orang yang kita sayangi. Pastinya akan menghadirkan rasa fresh.

Manfaat laut bagi kehidupan manusia satu lagi yang walau tidak terlihat wujudnya tetapi bisa dirasakan sekali adalah fungsinya sebagai tempat rekreasi. Itulah yang dilakukan manusia sejak dulu ketika ingin melepaskan kejenuhan dari rutinitas sehari-hari.

Itulah yang dilakukan jutaan wisatawan dari mancanegara yang rela menghabiskan tabungannya untuk datang ke pulau-pulau yang memiliki laut yang indah, seperti Bali atau Hawaii.

Iya kan?

7) Sumber Mata Pencaharian

Nelayan butuh banyak hal, tidak bedanya manusia lain, untuk kehidupannya. Ia butuh rumah, biaya pendidikan, dan banyak hal lainnya. Dan, ia menemukan sumbernya di laut.

Ia bisa menukarkan hasil tangkapannya dalam berbagai bentuk, seperti ikan, cumi, udang, dengan uang yang bisa dipakainya untuk membayar sekolah anak atau memperbaiki rumah. Intinya laut menjadi gantungan hidup bagi nelayan untuk memperbaiki kesejahteraannya.

Baca Juga :   Kebijakan Jepang yang ditentang banyak kaum muslim di Indonesia adalah

Dan, bukan hanya mereka saja. Sebut saja orang-orang yang menyewakan ban kepada para wisatawan, instruktur selancar air, pengajar kursus diving, dan bahkan pelayan hotel yang bekerja pada hotel di sekitar pantai.

Semua mencari nafkah dari laut.

Tanpa laut, profesi-profesi itu akan tiada.

Masalahnya adalah pencemaran laut yang tidak terkontrol, juga menggerus sumber penghasilan kalangan ini. Mana ada wisatawan yang mau mengeluarkan uang untuk berwisata ke laut yang airnya kotor dan penuh dengan sampah. Tidak akan ada.

Padahal, laut dalam hal ini merupakan sumber nafkah bagi banyak sekali orang.

8) Sumber Mineral Yang Dibutuhkan Manusia

Masakan apapun tidak enak kalau tanpa garam. Tetapi, bukan karena itu saja mengapa garam menjadi komoditi yang begitu penting bagi umat manusia.

Ada satu jenis mineral yang sangat dibutuhkan tubuh dan kekurangan mineral ini bisa menimbulkan penyakit gondok. Nama mineral itu adalah Iodium atau Yodium. Mineral ini terdapat dalam garam.

Dan, garam di Indonesia berasal dari air laut yang diuapkan sehingga hanya tersisa kristal-kristal garam.

Kebutuhan manusia yang tak henti akan garam akan terjamin selama ada laut, dan tentunya yang bersih. Garam yang dibuat dari air laut yang kotor dan tercemar pun bisa berbahaya bagi tubuh.

9) Cadangan Air Tawar Yang Sangat Besar

Manusia butuh air untuk hidup. Tanpa minum air setiap hari, manusia akan mati.

Lalu, apa kaitannya dengan laut? Bukankah manusia tidak bisa dan tidak dianjurkan minum air laut yang asin?

Memang betul karena hal itu akan berbahaya bagi manusia dan juga rasa haus tidak akan bisa hilang, bahkan bertambah kalau meminum air laut secara langsung.

Tetapi, air laut tetaplah air. Meski aslinya asin, tetapi air laut bisa dirubah menjadi air tawar dengan proses desalinasi. Hal itu sudah dilakukan di banyak kapal yang dalam jangka waktu lama tidak akan merapat ke pelabuhan. Biasanya kapal-kapal itu akan dilengkapi dengan mesin desalinasi untuk memurnikan air laut.

Memang, sekarang penggunaan air laut sebagai sumber air tawar masih terbatas, tetapi ketika jumlah manusia semakin banyak, dan sumber air tawar di daratan semakin banyak yang tercemar, suatu waktu akan banyak yang beralih ke laut sebagai sumber air.

Dengan volumenya yang luar biasa besar, maka air laut merupakan suatu cadangan air tawar yang tidak terhingga besarnya kalau diperlukan.

10) Pengendali Iklim dan Suhu Dunia

Lautan itu terhubung satu dengan yang lain. Walaupun kalau di dalam peta seperti terpisah-pisah oleh nama, sebenarnya laut itu satu. Seperti Samudera Hindia dan Samudera Atlantik yang terhubung di sebelah Selatan.

Hal ini lah yang sebenarnya membuat lautan merupakan salah satu pengontrol suhu dan iklim dunia. Air dari wilayah yang panas karena matahari akan dialirkan ke area yang suhunya lebih rendah, seperti misalkan air dari perairan di wilayah Katulistiwa akan mengalir ke arah kutub yang lebih dingin.

Siklus yang seperti ini membuat air laut tetap stabil dan berada dalam kondisi seimbang.

Laut pun berperan sebagai pengatur iklim bumi karena menyerap lebih dari 30% karbondioksida yang dilepaskan manuai, hewan, dan tumbuhan. Dengan begitu laut membantu menghindari terjadinya pemanasan global.

11) Sumber Bahan Tambang

Produksi minyak bumi sudah mulai bergeser dari daratan ke arah perairan atau laut. Hal ini disebabkan oleh menipisnya cadangan minyak di daratan, sementara semakin banyak cadangan minyak bumi ditemukan di laut.

Hal itu tidak mengherankan karena masih banyak sekali sumber bahan tambang, seperti minyak bumi di lautan dan belum dieksplorasi karena berbagai kesulitan dalam melakukannya.

Tetapi, penelitian oleh para ahli geologi menemukan bahwa dasar laut sangat berpotensi menyimpan bahan tambang (bukan hanya minyak bumi) yang diperlukan bagi industri di dunia.

12)  Benteng Pertahanan Alami

Untuk menjelaskan manfaat laut bagi kehidupan manusia yang satu ini, ada baiknya bertanya sedikit “Mengapa Selandia Baru memutuskan untuk mengistirahatkan banyak pesawat tempurnya dan hanya memiliki pesawat pengawas maritim dan helikopter dalam Angkatan Udaranya?”

Jawabannya ternyata terletak pada posisi negara tersebut yang dikelilingi samudera yang maha luas. Sangat sulit sekali bisa menjangkau negara kecil di belahan Selatan Bumi ini dengan pesawat tempur. Memakai kapal pun akan butuh suplai logistik yang sangat besar mengingat luasnya laut yang harus ditempuh.

Laut bagi negara ini menjadi benteng pertahanan alami yang sangat sukar ditembus dan diatasi.

Tidak mudah mengangkut berbagai peralatan perang, tentara, dan senjata melewati laut yang sangat luas. Butuh kapal-kapal besar , berjumlah banyak , dan berdaya jangkau jauh untuk bisa menyerang negara lain yang dikelilingi oleh lautan yang luas.

Nah, itulah beberapa manfaat laut bagi kehidupan manusia.

Semoga bermanfaat.

Apa saja manfaat laut bagi kehidupan manusia sebutkan 3?

Posted by: pskji.org