Alasan TNI dan Polri menjadi kekuatan utama dalam pertahanan dan keamanan negara Indonesia

Alasan TNI dan Polri menjadi kekuatan utama dalam pertahanan dan keamanan negara Indonesia

Reporter : Selfy

PALEMBANG, Mattanews.co
– Komandan Lanud Sri Mulyono Herlambang (SMH), Kolonel Pnb. Heri Sutrisno,S.IP, M.Si., menerima Tim Pembinaan Potensi Dirgantara (Binpotdirga) Letkol Pom vickry dan Mayor Pom Kukuh Danang R., dalam rangka sosialisasi kesadaran bela negara kepada siswa-siswi SMA sederajat wilayah Palembang, bertempat di gedung Bima Sakti Lanud SMH, Selasa (13/08/2019).

Komandan Lanud Sri Mulyono Herlambang (SMH), Kolonel Pnb. Heri Sutrisno,S.IP, M.Si., dasar hukum bela negara di Indonesia sudah sangat jelas termaktub di dalam UUD 1945, Pasal 30 ayat 1. “Setiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pertahanan dan keamanan negara dan ayat 2, usaha pertahanan dan keamanan negara dilaksanakan melalui sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta oleh TNI dan Polri sebagai kekuatan utama dan rakyat sebagai kekuatan pendukung,” jelas Danlanud SMH.

Dengan demikian, pendidikan bela negara harus diajarkan sejak dini, mulai dari pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi. Supaya terpatri nilai-nilai persatuan, kesatuan, cinta tanah air dan wawasan kebangsaan dapat terus terjaga dengan baik, kuat dan kokoh. Sehingga terwujud generasi penerus bangsa yang mempunyai rasa nasionalisme dan patriotisme yang tinggi terhadap NKRI.

Sementara itu hal senada dikatakan, Letkol Pom Vickry, kegiatan ini merupakan bentuk penyiapan komponen pendukung dalam menumbuhkan kembali kesadaran bela negara yang dilandasi rasa cinta tanah air dan bangsa. “Sehingga tumbuh jiwa nasionalisme dan dapat berperan positif dalam membangun negara kesatuan republik Indonesia yang kita cintai bersama,” paparnya.

“Pembinaan terhadap para generasi muda bangsa selaku komponen pendukung pertahanan untuk ikut aktif dalam usaha bela negara, bilamana nanti negara memangil dan membutuhkan kalian semua,” tutupnya.

Editor : Selfy

INILAH PERBEDAAN TNI DAN POLISI DALAM STATUS KEDUDUKANNYA

Tidur Anda tidak tenang? Kenapa begitu? Mungkin karena Anda belum menemukan solusi dari masalah Anda. Kini tak perlu khawatir dan bingung, karena Anda sudah mendarat di websiteyang tapat. Di Panara Course ahlinya dalam menyediakan informasi-informasi menarik seputar
Jasa Bimbel TNI dan POLRI. Mungkin setelah membaca artikel di bawah, pikiran Anda akan berubah. Pasti Anda tidak sabar kan? Baik, kalau begitu kami persilahkan Anda untuk menggeser halaman ini dan menemukan apa yang Anda cari selama ini. Selamat membaca!

TNI dan Polri merupakan abdi negara yang sama-sama bekerja untuk pemerintahan dan sebagai perwujudan bela negara dalam pertahanan dan keamanan. TNI dan Polri ini memikul tanggung jawab untuk melindungi dan menegakkan negara. Namun, tahukah kalian bawa TNI dan Polisi memiliki perbedaan dalam status kedudukannya? Berikut perbedaan dan fungsi yang membedakkan keduanya!

Baca Juga :   Apa saja yang termasuk inspirasi budaya lokal non benda?

Tugas dan Fungsi TNI

TNI sebagai alat pertahanan negara memiliki tugas dan fungsi sebagai berikut.

Tugas :

1. Penangkal terhadap ancaman bagi kedaulatan, keutuhan, dan keselamatan bangsa Indonesia baik itu dalam bentuk ancaman militer ataupun ancaman bersenjata yang berasal dari dalam dan luar negeri.

2. Sebagai penindak lanjut terkait ancaman yang bisa mengganggu kedaulatan, keutuhan, dan keselamatan bangsa Indonesia baik dalam bentuk ancaman militer ataupun bersenjata yang berasal dari dalam atau luar negeri.

3. Sebagai pemulih kondisi keamanan negara Republik Indonesia yang terganggu akibat adanya kekacauan yang mengganggu keamanan.

Fungsi :

1. Menegakkan kedaulatan Negara.

2. Mempertahankan keutuhan wilayah negara Republik Indonesia berdasarkan pancasila dan Undang-Undang Dasar tahun 1945.

3. Melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia dari segala ancaman atau gangguan yang bisa membahayakan keutuhan bangsa.

Tugas dan fungsi Polri

Polri berfungsi untuk menjaga keamanan dalam negeri dengan beberapa tugas sebagai berikut:

1. Melaksanakan pengaturan, penjagaan, pengawalan, dan patroli terkait kegiatan masyarakat dan pemerintah sesuai kebutuhan.

2. Menyelenggarakan segala kegiatan dalam menjamin keamanan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas di jalan.

3. Membina masyarakat buat meningkatkan partisipasi, kesadaran hukum, dan ketaatan terhadap hukum dan peraturan perundang-undangan.

4. Ikut serta dalam pembinaan hukum nasional.

5. Memelihara ketertiban dan menjamin keamanan umum.

6. Melakukan koordinasi, pengawasan, dan pembinaan teknis terhadap kepolisian khusus, penyidik pegawai negeri sipil, dan bentuk-bentuk pengamanan swakarsa.

7. Melakukan penyelidikan dan penyidikan terhadap semua tindak pidana sesuai dengan hukum acara pidana dan peraturan perundang-undangan lainnya.

8. Menyelenggarakan identifikasi kepolisian, kedokteran kepolisian, laboratorium forensik dan psikologi kepolisian buat kepentingan tugas kepolisian

9. Melindungi keselamatan jiwa raga, harta benda, masyarakat, dan lingkungan hidup dari gangguan ketertiban dan/atau bencana termasuk memberikan bantuan dan pertolongan dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia.

10. Melayani kepentingan warga masyarakat buat sementara sebelum ditangani oleh instansi dan/atau pihak yang berwenang.

11. Memberikan pelayanan pada masyarakat sesuai dengan kepentingannya dalam lingkup tugas kepolisian dan melaksanakan tugas lain sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Nah, dari berbagai sudah terlihat bukan perbedaan di antara keduanya? TNI (Tentara Nasional Indonesia) terbagi menjadi tiga yaitu angkatan darat, angkatan udara, dan angkatan laut yang merupakan kesatuan prajurit yang tergabung dalam angkatan perang yang dimiliki oleh pemerintahan Indonesia. Sedangkan Polri adalah Kepolisian Nasional Negara Indonesia yang mempunyai tanggungjawab langsung di bawah seorang presiden yaitu menjaga keamanan dan ketertiban dalam masyarakat.

Jasa yang telah kami jabarkan merupakan
Jasa Bimbel TNI dan POLRI
unggulan. Yakin Anda akan melewatkannya? Apakah Anda tidak takut menyesal, sudah melewatkan kesempatan terbaik ini? Karena penyesalan selalu datang terlambat, maka lebih baik Anda hubungi kami Panara Course di nomor telepon yang telah tertera untuk bekerjasama dengan kami.Kami tunggu kerjasama Anda.

Baca Juga :   Pernyataan yang benar tentang taraf intensitas bunyi yaitu


Merdeka.com –

Tugas dan fungsi TNI (Tentara Nasional Indonesia) sangat penting dalam pertahanan dan keamanan negara.
TNI
merupakan bagian dari masyarakat umum yang dipersiapkan secara khusus untuk melaksanakan tugas pembelaan negara dan bangsa, serta memelihara pertahanan dan keamanan nasional.

Tugas dan Fungsi TNI dijelaskan dalam Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI. Disebutkan bahwa TNI adalah alat pertahanan negara yang berfungsi sebagai penangkal dan penindak terhadap setiap bentuk ancaman militer dan ancaman bersenjata dari luar dan dalam negeri, terhadap kedaulatan, keutuhan wilayah dan keselamatan bangsa, dan pemulih terhadap terganggunya keamanan negara yang berakibat kekacauan keamanan. Guna memelihara dan meningkatkan keamanan negara atau keamanan nasional tersebut TNI melaksanakan tugas pokok, baik dalam rangka Operasi Militer Untuk Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Lebih jauh berikut ini informasi lengkap mengenai tugas dan fungsi TNI dalam pertahanan dan keamanan negara, lengkap dengan penjelasannya telah dirangkum Merdeka.com melalui seskoad.mil.id dan lib.ui.ac.id pada Kamis, (11/11/2021).

2 dari 4 halaman


Seperti yang tercantum dalam Pasal 30 Undang-Undang Dasar 1945, tugas dan fungsi TNI merupakan kekuatan utama dari sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta, di mana TNI diposisikan sebagai alat pertahanan Negara yang berfungsi sebagai berikut:

1. Penangkal

Tugas dan fungsi TNI yang pertama sebagai penangkal terhadap setiap ancaman militer dan ancaman bersenjata dari luar dan dalam negeri terhadap kedaulatan, keutuhan wilayah, dan keselamatan bangsa. Kekuatan TNI yang mempunyai aspek psikologis untuk diperhitungkan oleh lawan sehingga mengurungkan niat lawan sekaligus juga mencegah niat lawan yang akan mengancam kedaulatan negara, keutuhan wilayah dan keselamatan bangsa.

2. Penindak

Tugas dan fungsi TNI  berikutnya adalah sebagai penindak terhadap setiap bentuk ancaman militer dan ancaman bersenjata dari luar dan dalam negeri terhadap kedaulatan, keutuhan wilayah dan keselamatan bangsa, yaitu kekuatan TNI yang mampu menghancurkan kekuatan yang mengancam kedaulatan negara, keutuhan wilayah dan keselamatan bangsa.

3. Pemulih

Selain sebagai pengkal dan penindak, Tugas dan fungsi TNI lainnya adalah sebagai pemulih terhadap kondisi keamanan negara yang terganggu akibat kekacauan keamanan. Kekuatan TNI bersama-sama dengan instansi pemerintah lainnya membantu fungsi pemerintah untuk mengembalikan kondisi keamanan negara yang telah terganggu akibat kekacauan keamanan karena perang, pemberontakan, konflik komunal, huru hara, terorisme, dan bencana alam. Dalam konteks internasional, TNI turut berperan aktif dalam mewujudkan perdamaian dunia melalui upaya penciptaan dan pemeliharaan perdamaian dunia sesuai kebijakan politik luar negeri.

Baca Juga :   Sebutkan keberagaman masyarakat Indonesia dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika

3 dari 4 halaman

TNI memiliki tugas dan fungsi yang dilaksanakan berdasarkan kebijakan dan keputusan politik negara yaitu menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

Lebih lanjut mengenai tugas dan fungsi TNI dalam pertahanan dan keamanan negara. Ketahui tugas pokok TNI. Berikut penjelasan tentang tugas-tugas pokok TNI:

a. Operasi Militer untuk Perang merupakan segala bentuk pengerahan dan penggunaan kekuatan TNI untuk melawan kekuatan militer negara lain yang melakukan agresi terhadap Indoensia dan atau dalam konflik bersenjata dengan satu negara atau lebih yang didahului dengan adanya pernyataan perang dan tunduk pada hukum perang internasional. Tugas poko ini meliputi:

1. Kampanye Militer
2. Operasi Gabungan TNI terdiri atas :

  • Operasi Darat Gabungan
  • Operasi Laut Gabungan
  • Operasi Amfibi
  • Operasi Pendaratan Administrasi
  • Operasi Lintas Udara
  • Operasi Pertahanan Pantai
  • Operasi Pertahanan Udara

3. Operasi Darat4. Operasi Laut5. Operasi Udara

6. Operasi Bantuan

4 dari 4 halaman

b. Operasi Militer Selain Perang merupakan tugas-tugas TNI melalui pelibatan pengerahan dan penggunaan kekuatan TNI di luar Operasi Militer untuk Perang.

Beberapa di antaranya meliputi:

  1. Operasi dalam rangka mengatasi gerakan separatis bersenjata
  2. Operasi dalam rangka mengatasi pemberontakan bersenjata
  3. Operasi dalam rangka mengatasi aksi terorisme
  4. Operasi dalam rangka mengamankan wilayah perbatasan
  5. Operasi dalam rangka mengamankan objek vital nasional yang bersifat strategis.
  6. Operasi dalam rangka melaksanakan tugas perdamaian dunia sesuai dengan kebijakan politik luar negeri.
  7. Operasi dalam rangka mengamankan Presiden dan Wakil Presiden RI beserta keluarganya.
  8. Operasi dalam rangka memberdayakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini dalam rangka sistem pertahanan semesta.
  9. Operasi dalam rangka membantu tugas pemerintah di daerah.
  10. Operasi membantu Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam rangka tugas keamanan dan ketertiban masyarakat yang diatur dalam undang-undang.
  11. Operasi dalam rangka mengamankan tamu negara setingkat Kepala Negara dan perwakilan Pemerintah Asing yang sedang berada di Indonesia.
  12. Operasi dalam rangka membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan.
  13. Operasi dalam rangka membantu pencarian dan pertolongan dalam kecelakaan (search and rescue).
  14. Operasi dalam rangka membantu pemerintah dalam pengamanan pelayaran dan penerbangan terhadap pembajakan, perampokan dan penyelundupan.

Alasan TNI dan Polri menjadi kekuatan utama dalam pertahanan dan keamanan negara Indonesia

Posted by: pskji.org