Berdasarkan wacana tersebut tujuan utama kerjasama yang dilakukan oleh para pelajar adalah

Berdasarkan wacana tersebut tujuan utama kerjasama yang dilakukan oleh para pelajar adalah

Ilustrasi kerjasama internasional. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/dibrova

TRENDING | 19 Juni 2020 12:29
Reporter : Billy Adytya


Merdeka.com –

Tujuan kerjasama internasional salah satunya adalah untuk meningkatkan hubungan persahabatan yang terjalin antar negara. Perlu diketahui, pengertian kerjasama internasional sendiri adalah suatu bentuk hubungan yang dilakukan oleh negara satu dengan yang lainnya.

Pada umumnya, kerjasama internasional ini dilakukan dalam bidang sosial, politik, kebudayaan, pertahanaan keamanan serta ekonomi. Kerjasama antar negara biasa berpedoman kepada politik luar negeri dalam negara itu sendiri.

Kerjasama internasional ini dapat terjadi di antara dua negara yang biasa dikenal dengan bilateral, akan disebut mulitirateral apabila dilakukan hubungan dengan beberapa negara. ASEAN merupakan salah satu contoh yaitu wadah kerjasama di wilayah Asia Tenggara yang melakukan kerjasama dengan seluruh negara (kerjasama internasional), kerjasama ini dilakukan dengan tak memandang batasan wilayah dan tentu memiliki tujuan. Berikut adalah tujuan kerjasama internasional beserta manfaat serta dampaknya yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

2 dari 7 halaman

Tujuan kerjasama internasional yang pertama adalah dapat meningkatkan hubungan persahabatan agar terjalin pada antar negara. Diketahui, setiap negara memiliki hubungan antar sesamanya, untuk menghindari konflik yang terjadi pun mereka melakukan sebuah kerjasama internasional.

Adanya kerjasama internasional yang terjalin maka akan dapat mempererat hubungan antar negara. Hal tersebut lantaran negara satu dengan negara lainnya dapat saling mencukupi kebutuhan dan membantu jika pada suatu saat salah satu dari mereka membutuhkan bantuan.

3 dari 7 halaman

Tujuan kerjasama internasional selanjutnya adalah menjaga perdamaian dan kemanan dunia. Mengingat perang yang sempat terjadi pada masa lalu mampu mengacaukan dunia dalam segala aspek dan berbagai bidang yang dimiliki tiap negara.

Maka dilakukan kerjasama internasional ini akan bertujuan agar semua negara di seluruh dunia dapat mencapai perdamaian. Sehingga membuat dunia terbebas dari terjadinya perang di masa mendatang yang akan sangat amat merugikan.

4 dari 7 halaman

Dapat meningkatkan kemajuan dalam berbagai bidang merupakan tujuan kerjasama internasional berikutnya. Adanya kerjasama internasional yang dilakukan diharapkan dapat memajukan seluruh negara yang ada di dunia.

Diharapkan dengan adanya kerjasama internasional ini, negara di dunia akan maju secara merata dalam berbagai bidang. Tentunya dengan melakukan kerjasama internasional di bidang teknologi, ekonomi, pendidikan dan masih banyak lagi.

5 dari 7 halaman

Tujuan kerjasama internasional lainnya adalah guna melengkapi kebutuhan negara. Seperti diketahui, tiap negara mempunyai iklim serta keadaan alamnya yang berbeda-beda. Hal ini termasuk kondisi geografisnya pula yang akan mengakibatkan kebutuhan pada setiap negara juga berbeda.

Indonesia sebagai negara agraris misalnya, yang tentu akan memiliki cadangan beras lebih banyak jika dibandingkan dengan negara industri lantaran mereka memiliki lahan pertanian lebih sedikit. Nah dengan adanya kondisi seperti itulah yang membuat kerjasama internasional antar negara perlu dilakukan guna mencukupi dan melengkapi kebutuhan negara masing-masing.

6 dari 7 halaman

Selain memiliki tujuan, kerjasama internasional yang dilakukan oleh antar negara juga akan sangat bermanfaat dalam berbagai bidang. Berikut adalah manfaat kerjasama internasional yang akan di dapat oleh negara:

Baca Juga :   Kubus Berikut Yang Memiliki Volume 343 Kubus Satuan Adalah

– Bidang Ideologi
Memunculkan rasa untuk saling menghormati meskipun tetap memiliki perbedaan pada bagian landasan ataupun falsafahnya.

– Bidang politik
Di dalam politik kerjasama internasional akan membuat negara untuk bersama-sama saling berorientasi pada kepentingan nasional masing-masing.

– Bidang ekonomi
Kerjasama internasional yang terjalin akan membuat negara saling menguntungkan untuk meningkatkan kesejahteran melalui proses ekspor dan juga impor.

– Bidang sosial budaya
Dapat membuat antar negara menjadi saling melengkapi. Akan tetapi tetap berpedoman pada kepribadian yang sudah dimiliki oleh masing-masing negara.

– Bidang pertahanan & keamanan
Dapat melakukan pelatihan militer bersama guna meningkatkan kualitas keamanan serta pertahanan suatu negara.

– Bidang pendidikan
Dapat dilakukan pertukaran pelajar dan mahasiswa. Hal ini bertujuan untuk menimba ilmu sehingga pada nantinya akan membawa dampak positif bagi negara.

7 dari 7 halaman

1. Tidak mencampuri adanya urusan pribadi dari negara lain.

2. Guna mewujudkan tatanan dunia baru dengan berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

3. Berlandaskan politik luar negeri bebas aktif.

4. Saling menguntungkan.

5. Ditujukan untuk kepentingan nasional.

Itu tadi merupakan ulasan tentang tujuan kerjasama internasional antar negara beserta dengan manfaatnya untuk bangsa. Selain itu, juga sudah dibahas pengertian dari kerjasama internasional itu sendiri. Semoga informasi yang telah disajikan dapat membantu Anda untuk menambah wawasan.

(mdk/bil)

Profil Pelajar Pancasila sesuai Visi dan Misi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagaimana tertuang dalam dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024:

Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, dengan enam ciri utama: beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif, seperti ditunjukkan oleh gambar berikut:

Keenam ciri tersebut dijabarkan sebagai berikut:

  1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia

Pelajar Indonesia yang beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia adalah pelajar yang berakhlak dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa. Ia memahami ajaran agama dan kepercayaannya serta menerapkan pemahaman tersebut dalam kehidupannya sehari-hari. Ada lima elemen kunci beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia: (a) akhlak beragama; (b) akhlak pribadi; (c) akhlak kepada manusia; (d) akhlak kepada alam; dan (e) akhlak bernegara.

Pelajar Indonesia mempertahankan budaya luhur, lokalitas dan identitasnya, dan tetap berpikiran terbuka dalam berinteraksi dengan budaya lain, sehingga menumbuhkan rasa saling menghargai dan kemungkinan terbentuknya dengan budaya luhur yang positif dan tidak bertentangan dengan budaya luhur bangsa. Elemen dan kunci kebinekaan global meliputi mengenal dan menghargai budaya, kemampuan komunikasi interkultural dalam berinteraksi dengan sesama, dan refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan.

Pelajar Indonesia memiliki kemampuan bergotong-royong, yaitu kemampuan untuk melakukan kegiatan secara bersama-sama dengan suka rela agar kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan lancar, mudah dan ringan. Elemen-elemen dari bergotong royong adalah kolaborasi, kepedulian, dan berbagi.

Baca Juga :   Berikut yang bukan termasuk jenis gempa berdasarkan faktor penyebabnya adalah

Pelajar Indonesia merupakan pelajar mandiri, yaitu pelajar yang bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya. Elemen kunci dari mandiri terdiri dari kesadaran akan diri dan situasi yang dihadapi serta regulasi diri.

Pelajar yang bernalar kritis mampu secara objektif memproses informasi baik kualitatif maupun kuantitatif, membangun keterkaitan antara berbagai informasi, menganalisis informasi, mengevaluasi dan menyimpulkannya. Elemen-elemen dari bernalar kritis adalah memperoleh dan memproses informasi dan gagasan, menganalisis dan mengevaluasi penalaran, merefleksi pemikiran dan proses berpikir, dan mengambil Keputusan.

Pelajar yang kreatif mampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak. Elemen kunci dari kreatif terdiri dari menghasilkan gagasan yang orisinal serta menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal.

Dalam rangka mempercepat perwujudan Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar, Direktorat Sekolah Dasar meluncurkan Gerakan dan Buku Tunas Pancasila.
Unduh buku Tunas Pancasila pada tautan berikut Buku Tunas Pancasila

Jakarta

Manusia sebagai makhluk sosial penuh dengan keterbatasan dan tidak dapat memenuhi segala kebutuhannya tanpa bantuan orang lain. Untuk memenuhi hal tersebut, diperlukan adanya kerja sama di berbagai lingkungan.

Menurut Basrowi dalam bukunya yang berjudul Pengantar Sosiologi, kerja sama merupakan proses sosial yang di dalamnya terdapat aktivitas tertentu untuk mencapai tujuan bersama dengan saling membantu dan saling memahami terhadap aktivitas masing-masing.

Berdasarkan pernyataan tersebut, prinsip dalam kerja sama adalah berorientasi pada tercapainya tujuan yang baik, memperhatikan kepentingan bersama, dan tentunya saling menguntungkan.

Selain itu, kerja sama juga memiliki peran penting untuk menguatkan persatuan dan kesatuan dalam kehidupan bermasyarakat. Oleh karena itu, kerja sama perlu dilakukan termasuk dalam lingkungan sekolah.

Manfaat Kerja Sama

Kerja sama dapat membuat pekerjaan yang berat menjadi ringan. Kerja sama mempunyai peranan yang sangat penting dalam membina kehidupan masyarakat yang beragam. Berikut manfaat kerja sama:

1. Pekerjaan yang berat menjadi ringan.

2. Mempererat persaudaraan dan kerukunan.

3. Menghilangkan perbedaan dan menciptakan kebersamaan.

4. Membangun semangat gotong royong.

5. Memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

6. Kehidupan bermasyarakat menjadi nyaman, tentram dan damai.

Contoh Kerja Sama dalam Lingkungan Sekolah

Kerja sama dapat dilakukan di berbagai lingkungan sosial, termasuk sekolah. Berikut contoh kerja sama dalam lingkungan sekolah, dilansir dari buku Tematik Ilmu Pengetahuan Sosial karya Lembar Belajar:

1. Membersihkan ruang kelas dengan membentuk regu piket.

2. Kerja sama dalam tugas kelompok.

3. Gotong royong membersihkan lingkungan sekolah.

4. Berdiskusi bersama teman untuk memecahkan suatu masalah.

5. Mematuhi peraturan tata tertib sekolah juga termasuk bentuk kerja sama agar tercipta lingkungan yang tertib.

6. Mendengarkan guru saat menjelaskan materi pelajaran, agar tercipta suasana yang damai dan fokus.

7. Saling membantu teman jika ada kesulitan dalam mengerjakan soal.

8. Bekerja sama menjaga nama baik sekolah dengan tidak mengikuti tawuran, bentrokan, dan lain sebagainya.

Baca Juga :   Jelaskan Pengertian Serealia Kacang Kacangan Dan Umbi

9. Bekerja sama mengharumkan nama sekolah dengan mencetak prestasi, dan lain sebagainya.

10. Mengerjakan tugas tepat waktu. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk kerja sama antara guru dan murid agar pembelajaran berlangsung dengan lancar.

Nah, itulah contoh kerja sama dalam lingkungan sekolah. Sudahkah kamu melakukan kerja sama di sekolah?

Simak Video “Jokowi Bertemu Pangeran MBZ di UEA, RI Dapat Suntikan Rp 468 Triliun

(kri/kri)


Page 2

Jakarta

Manusia sebagai makhluk sosial penuh dengan keterbatasan dan tidak dapat memenuhi segala kebutuhannya tanpa bantuan orang lain. Untuk memenuhi hal tersebut, diperlukan adanya kerja sama di berbagai lingkungan.

Menurut Basrowi dalam bukunya yang berjudul Pengantar Sosiologi, kerja sama merupakan proses sosial yang di dalamnya terdapat aktivitas tertentu untuk mencapai tujuan bersama dengan saling membantu dan saling memahami terhadap aktivitas masing-masing.

Berdasarkan pernyataan tersebut, prinsip dalam kerja sama adalah berorientasi pada tercapainya tujuan yang baik, memperhatikan kepentingan bersama, dan tentunya saling menguntungkan.

Selain itu, kerja sama juga memiliki peran penting untuk menguatkan persatuan dan kesatuan dalam kehidupan bermasyarakat. Oleh karena itu, kerja sama perlu dilakukan termasuk dalam lingkungan sekolah.

Manfaat Kerja Sama

Kerja sama dapat membuat pekerjaan yang berat menjadi ringan. Kerja sama mempunyai peranan yang sangat penting dalam membina kehidupan masyarakat yang beragam. Berikut manfaat kerja sama:

1. Pekerjaan yang berat menjadi ringan.

2. Mempererat persaudaraan dan kerukunan.

3. Menghilangkan perbedaan dan menciptakan kebersamaan.

4. Membangun semangat gotong royong.

5. Memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

6. Kehidupan bermasyarakat menjadi nyaman, tentram dan damai.

Contoh Kerja Sama dalam Lingkungan Sekolah

Kerja sama dapat dilakukan di berbagai lingkungan sosial, termasuk sekolah. Berikut contoh kerja sama dalam lingkungan sekolah, dilansir dari buku Tematik Ilmu Pengetahuan Sosial karya Lembar Belajar:

1. Membersihkan ruang kelas dengan membentuk regu piket.

2. Kerja sama dalam tugas kelompok.

3. Gotong royong membersihkan lingkungan sekolah.

4. Berdiskusi bersama teman untuk memecahkan suatu masalah.

5. Mematuhi peraturan tata tertib sekolah juga termasuk bentuk kerja sama agar tercipta lingkungan yang tertib.

6. Mendengarkan guru saat menjelaskan materi pelajaran, agar tercipta suasana yang damai dan fokus.

7. Saling membantu teman jika ada kesulitan dalam mengerjakan soal.

8. Bekerja sama menjaga nama baik sekolah dengan tidak mengikuti tawuran, bentrokan, dan lain sebagainya.

9. Bekerja sama mengharumkan nama sekolah dengan mencetak prestasi, dan lain sebagainya.

10. Mengerjakan tugas tepat waktu. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk kerja sama antara guru dan murid agar pembelajaran berlangsung dengan lancar.

Nah, itulah contoh kerja sama dalam lingkungan sekolah. Sudahkah kamu melakukan kerja sama di sekolah?

Simak Video “Jokowi Bertemu Pangeran MBZ di UEA, RI Dapat Suntikan Rp 468 Triliun

[Gambas:Video 20detik]
(kri/kri)

Berdasarkan wacana tersebut tujuan utama kerjasama yang dilakukan oleh para pelajar adalah

Posted by: pskji.org