Usaha-usaha untuk menghemat penggunaan minyak bumi adalah

Usaha-usaha untuk menghemat penggunaan minyak bumi adalah

Tidak dapat dipungkiri ketergantungan masyarakat terhadap listrik bisa dikatakan cukup tinggi. Listrik sudah menjadi sumber energi yang sangat dibutuhkan untuk berbagai hal. Ketergantungan terhadap listrik meningkat terutama sejak kehadiran gadget dan peralatan rumah tangga lain sebagai salah satu penemuan penting dalam teknologi masa kini. Karena itu semakin tinggi kebutuhan masyarakat terhadap listrik maka semakin banyak seruan cara menghemat listrik.

Pentingnya kesadaran masyarakat yang tinggi terhadap sumber daya alam yang begitu besar dan tidak mungkin cukup terus menerus ini harus mulai diterapkan. Pasalnya energi yang digunakan akan terus berkurang bahkan habis, hal ini akan menyulitkan untuk beraktifitas di kemudian hari. Walaupun terlambat ditemukan banyak energi alternatif lain yang bisa menggantikan posisi sumber daya alam seperti bahan bakar, minyak bumi dan listrik jumlahnya masih sangat terbatas.

Bertanggung Jawab Dengan Penggunaan Listrik

Terlepas dari ada atau tidak adanya energi alternatif di tengah permasalahan energi sekarang, keberlangsungan hidup setiap orang adalah tanggung jawab pribadi. Disinilah tanggung jawab pribadi harus mulai digerakan untuk menyadari betapa pentingnya menggunakan energi alternatif mulai sekarang. Sebagai contoh dalam mengatasi tingginya ketergantungan terhadap kebutuhan listrik untuk menjalankan berbagai aktivitas.

Semakin tinggi ketergantungan terhadap listrik maka semakin banyak penggunaan listrik dalam satu hari. Jika diakumulasikan selama satu bulan, hasilnya akan terlihat melalui nominal tagihan listrik yang membengkak. Walaupun harga listrik per KwH belum mencapai 1000 rupiah tapi jika diakumulasi penggunaan setiap harinya yang besar akan menghasilkan tagihan yang mahal.

Belum lagi jika sebagian masyarakat juga mengalami ketergantungan akan sumber daya alam lain untuk segala kebutuhan sehari-hari contohnya air. Bagaimana jika ketergantungan listrik dan air sama-sama besar? Berikut ini beberapa cara menghemat listrik yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Cara Menghemat Listrik di Rumah

Mengingat ketersediaan listrik sangat terbatas sementara kebutuhan masyarakat akan listrik meningkat, maka untuk meminimalisir penggunaan listrik berikut beberapa cara menghemat listrik yang dapat diterapkan di rumah:

  • Cabut Kabel Dari Saklar Saat Tidak Terpakai

    Jangan biasakan peralatan elektronik terpasang pada saklar listrik ketika tidak digunakan. Berlaku untuk pengisi daya smartphone, TV, setrika atau barang elektronik lain. Selain salah satu cara menghemat listrik hal ini juga sangat berguna untuk menghindari hubungan arus pendek atau korsleting korsleting terhadap alat elektronik. Listrik akan tetap mengalir di dalam kabel alat elektronik Anda, hal ini akan membuat listrik terbuang sia-sia dan Anda tetap dikenakan tagihan listrik. Cara menghemat listrik yang paling mudah adalah dengan mencabut kabel alat-alat elektronik dari saklar untuk memutus aliran listrik terbuang sia-sia.

  • Gunakan Listrik Dengan Sistem Pulsa/Token

    Cara menghemat listrik selanjutnya adalah dengan menggunakan listrik sistem pulsa atau token. Hal ini akan membantu Anda menghemat pengeluaran listrik bulanan. Listrik pulsa atau token bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Hal ini membantu Anda mengatur dan mengontrol pemakaian listrik berlebihan dan membuat Anda lebih bijak dalam pemakaian listrik. Ketika pulsa atau token listrik habis maka secara otomatis aliran listrik akan terputus dan mati dengan sendirinya. Sistem ini sama seperti mengisi pulsa handphone prabayar, disinilah Anda lebih mudah menghitung pengeluaran listrik bulanan dan meninjau pemakaiannya.

  • Menghemat Pemakaian Lampu

    Kebutuhan lampu memang menjadi sangat penting saat malam hari. Namun, hal ini bukan berarti Anda tidak bisa menghemat penggunaan listrik. Cara menghemat listrik adalah dengan mematikan lampu yang tidak benar-benar digunakan, terutama siang hari. Gunakan sinar matahari sebagai sumber penerangan. Jika perlu gunakan lampu hemat energy yang hanya menggunakan jumlah listrik tidak terlalu banyak. Usahakan mematikan dua lampu yang tidak digunakan pada malam hari mulai pukul 17.00. Cara menghemat listrik ini cukup mudah karena hanya membutuhkan pengendalian diri dan kemauan mematikan lampu. Mulai dari hal kecil ini bisa berdampak besar pada tagihan listrik bulanan.

  • Efisiensi Penggunaan Alat-Alat Elektronik

    Cara menghemat listrik selanjutnya adalah dengan efisiensi pemakaian perangkat elektronik rumah tangga seperti kulkas, mesin cuci dan AC membutuhkan daya listrik yang sangat besar untuk menjalankan fungsinya. Agar lebih hemat Anda dapat mengurangi penggunaan listrik gunakan energi matahari untuk mengganti penggunaan alat elektronik. Misalnya memanfaatkan angin dan panas matahari untuk menjemur pakaian, dan menyejukan udara. Hal ini bisa menjadi langkah kecil cara menghemat listrik.

  • Gunakan Lampu LED untuk Penerangan

    Menggunakan LED atau lampu light diode merupakan salah satu cara menghemat listrik yang tidak disadari. Hal ini karena LED adalah alternatif penerangan energy rendah dibanding lampu pijar. LED dapat menghemat 50% sampai dengan 75% penggunaan listrik. Meskipun hemat daya ketahanan LED juga bisa menyaingi penggunaan lampu pijar dengan penggunaan yang benar.

  • Matikan Alat Elektronik Saat Tidur

    Hindari kebiasaan tidur dengan berbagai peralatan elektronik tertinggal dengan keadaan nyala. Contohnya TV masih menyala ketika tidur, lampu yang menyala dan gadget dalam proses pengisian baterai. TV yang masih menyala ketika tidak ditonton memberikan efek tagihan listrik bengkak. Lampu sebaiknya dimatikan ketika sedang tidur untuk menghemat biaya listrik. Lampu yang dimatikan saat sedang beristirahat juga baik untuk menyegarkan tubuh sehingga bisa beristirahat dengan baik. Jangan meninggalkan gadget dalam keadaan masih mengisi daya ketika tidur.

  • Gunakan Alat Penghemat Listrik

    Jika seluruh tips cara menghemat listrik sudah Anda terapkan, selanjutnya mungkin Anda butuh alat penghemat listrik untuk membantu cara menghemat listrik Anda. Berikut kelebihan alat penghemat listrik yang dapat membantu Anda menghemat penggunaan listrik .

  • Membantu Stabilkan Penggunaan Listrik Alat Elektronik

    Menggunakan alat penghemat listrik adalah cara menghemat listrik yang paling banyak digunakan. Alat ini akan bekerja dengan menstabilkan arus perangkat elektronik Anda. Alat ini juga akan mengurangi tarikan awal saat penggunaan listrik pertama. Fungsi utamanya adalah sebagai penyimpan daya listrik, sehingga alat ini bisa melepas energy listrik yang disimpan untuk mengurangi daya. Dengan demikian alat penghemat listrik bisa memperpanjang usia alat elektronik.

  • Mencegah Korsleting Listrik

    Alat penghemat listrik akan bekerja mengurangi panas pada kabel listrik. Saat pemakaian alat elektronik tidak sesuai dengan ukuran jaringan, hal ini dapat menimbulkan korsleting. Tapi berkat alat penghemat listrik, risiko ini dapat diminimalisir.

  • Menjaga Kestabilan Listrik di Rumah

    Orang-orang mulai nyaman menggunakan alat penghemat listrik karena tenang jika tegangan listrik tiba-tiba berubah saat tidak ada orang dirumah. Alat ini bekerja 24 jam untuk menahan adanya arus pendek yang menimbulkan kecelakaan yang tidak diinginkan.

Baca Juga :   Apa itu arduino dan apa fungsinya

Nah, demikian cara menghemat listrik yang dapat Anda terapkan di rumah, jangan lupa untuk selalu membayar tagihan listrik tepat waktu agar tidak terkena denda keterlambatan. Pembayaran tagihan listrik atau tagihan apapun dapat Anda lakukan dengan mudah menggunakan OCTO Mobile CIMB Niaga. Ada banyak fitur untuk kenyamanan dan keamanan bertransaksi dimanapun dan kapanpun. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut mengenai OCTO Mobile CIMB Niaga. Nikmati kemudahan dalam setiap transaksi termasuk membayar tagihan listrik, air dan telepon.



6/30/2019

Advertisement

Kita semua harus menghemat pemakaian bahan bakar minyak (BBM) yang merupakan bahan bakar fosil atau bahan bakar yang tidak dapat diperbaharui. Tujuannya bukan cuma menjaga ketersediaan bahan bakar fosil tapi juga mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan pembakaran bahan bakar minyak.

Seperti yang sebelumnya kita bahas, ada 5 dampak pembakaran minyak bumi yang sudah kita rasakan dan kita sebagai konsumen harus bisa menjaga supaya dampak tersebut tidak bertambah luas atau bahkan mengurangi dampak negatifnya.

Salah satu dampak yang paling dirasakan saat ini adalah pemanasan global, pemanasan global sendiri muncul akibat pembakaran yang tidak terhitung masifnya. Bukan cuma pembakaran hutan atau lahan, mesin kendaraan, mesin-mesin industri, kompor juga menghasilkan gas CO2 yang menjadi penyebab utama pemanasan global. Apabila kita bersikap masa bodoh, apa yang akan terjadi dibumi 20 atau 10 tahun mendatang ? Untuk mengurangi dampak negatif dari pembakaran minyak bumi ini, bisa kita lakukan dengan cara-cara yang sederhana. Lalu apa saja ?

1. Menggunakan transportasi umum



Dengan menggunakan transportasi umum, tidak hanya mengurangi kemacetan dijalan raya tapi kita juga sama-sama mengurangi asap knalpot. Karena logikanya, kalau setiap orang membawa kendaraan masing-masing, pasti polusinya akan sangat bertumpuk. Namun kalau dikumpulkan dalam satu transportasi, tentu asap knalpot bisa dikurangi. Apalagi transportasi berbasis listrik, dipastikan gas sisa pembakaran mesin bisa dikurangi secara drastis.

Baca Juga :   Perubahan energi yang terjadi pada rangkaian diatas adalah

2. Biasakan jalan kaki/bersepeda



Selain menyehatkan diri kita, bersepeda atau jalan kaki juga bisa menjadi salah satu cara mengurangi polutan asap kendaraan. Cara ini memang sudah diterapkan pada beberapa negara maju seperti Jepang. Hasilnya, polusi udara di lingkungan perkotaan menjadi lebih bersih dan sehat.

3. Meminimalisir penggunaan gas LPG

Saat ini hampir semua orang menggunakan kompor gas, selain harganya terjangkau kompor gas ini tergolong praktis. Tapi, LPG (liquid petroleum gas) diperoleh dari proses penyulingan minyak bumi. Sehingga semakin banyak konsumennya, maka pembakaran gas LPG akan semakin masif dan polusinya juga semakin besar. Tapi gas LPG tidak menimbulkan polusi hitam ? Memang benar, itu dikarenakan umumnya pembakaran gas LPG berlangsung sempurna sehingga gas sisa pembakarannya hanya karbondioksida dan uap air. Namun, yang dipermasalahkan adalah karbon dioksida. Kalau jumlah karbondioksida sangat banyak diatmosfer, itu akan menimbulkan pemanasan global. Sehingga kita perlu meminimalisir penggunaan LPG. Memang cukup sulit untuk mengurangi pemakaian LPG karena gas ini menjadi sumber bahan bakar pokok untuk memasak. Meskipun sekarang sudah ada kompor listrik, tapi panasnya tidak sebesar kompor gas, kalaupun ada perlu daya listrik yang cukup besar. Sehingga untuk point ini sangat bergantung pada kesadaran tiap pemakai.

4. Gunakan plastik ramah lingkungan

Polimer adalah bahan utama plastik yang diperoleh dari zat sisa penyulingan minyak bumi. Dengan kata lain, kalau kita terus bergantung pada plastik sama saja kita semakin bergantung pada minyak bumi. Sehingga usahakan membawa tempat barang saat berbelanja untuk mengurangi pemakaian kantong plastik atau gunakan plastik ramah lingkungan.

5. Beralih ke bahan bakar bio



Bio fuel adalah bahan bakar yang terbuar dari organisme biologis. bahan bakar ini memang masi menghasilkan polusi CO2 tapi, bio fuel bisa diperbaharui karena bukan berasal dari minyak bumi.

Baca Juga :   Dampak positif yang terjadi dengan adanya kerjasama ekonomi bagi negara Indonesia adalah

Untuk saat ini bio solar yang mulai dipasarkan di SPBU. Sehingga para sopir truk dan bus, bisa mulai menggunakan jenis bahan bakar ini. Selain pada kendaraan bermesin diesel, industri-industri juga mulai menerapkan bio diesel sebagai bahan bakar mesin produksinya. Penerapan B20 atau biodiesel 20% harusnya membuat para konsumen setidaknya mencoba bio diesel ini.

Usaha-usaha untuk menghemat penggunaan minyak bumi adalah

Posted by: pskji.org