Penyerbukan dimana serbuk sari yang menempel pada putik berasal dari bunga itu sendiri disebut

Penyerbukan dimana serbuk sari yang menempel pada putik berasal dari bunga itu sendiri disebut

Ada penyerbukan berdasarkan perantaranya dan ada penyerbukan berdasarkan asal serbuk sarinya.

Bobo.id
– Tahukah teman-teman? Penyerbukan pada tumbuhan dapat dibedakan menjadi dua.

Ada penyerbukan berdasarkan perantaranya dan ada penyerbukan berdasarkan asal serbuk sarinya.

Penyerbukan berdasarkan perantaranya dibedakan lagi menjadi empat macam, yakni penyerbukan dengan bantuan angin (anemogami), penyerbukan dengan bantuan hewan (zoidiogami), penyerbukan dengan bantuan air (hidrogami), dan penyerbukan dengan bantuan manusia (antropogami).

Baca Juga: Manfaat Metamorfosis Kupu-Kupu bagi Kehidupan Manusia, Mulai dari Penyerbukan Tanaman hingga Mengetahui Perubahan di Bumi

Sementara itu, penyerbukan berdasarkan asal serbuk sarinya dibedakan lagi menjadi empat, yakni penyerbukan sendiri (autogami), penyerbukan tetangga (geitogami), penyerbukan silang (alogami), dan penyerbukan bastar (hybridogamy).

Seperti apa penjelasan macam-macam penyerbukan pada tumbuhan dan contohnya? Yuk, kita cari tahu satu-satu!

Penyerbukan pada Tumbuhan Berdasarkan Perantaranya

1. Penyerbukan dengan Bantuan Angin (Anemogami)

Sesuai dengan namanya, penyerbukan ini terjadi karena adanya bantuan angin. Contohnya adalah pada pohon jagung.

Proses penyerbukannya:

Angin bertiup di sekitar tanaman jagung, lalu serbuk sarinya terlepas. Serbuk sari yang lepas itu kemudian terbawa angin.


Page 2

Ada penyerbukan berdasarkan perantaranya dan ada penyerbukan berdasarkan asal serbuk sarinya.
(Pixabay)

Serbuk sari pun menempel pada putik bunga jagung lain dan terjadilah penyerbukan.

Tumbuhan yang penyerbukannya menggunakan anemogami biasanya memiliki tangkai sari yang panjang serta serbuk sarinya ringan, banyak, dan berbulu.

Tumbuhan ini juga biasanya tidak memiliki warna bunga yang mencolok, tidak memiliki kelenjar madu, dan kepala putiknya besar.

Jagung adalah salah satu contoh tumbuhan yang penyerbukannya dibantu oleh angin.
(Couleur/pixabay)

2. Penyerbukan dengan Bantuan Hewan (Zoidiogami)

Penyerbukan pada tumbuhan ini terjadi karena perantara hewan.

Hewan-hewan itu berperan sebagai penyerbuk yang memindahkan serbuk sari untuk bisa menyentuh kepala putik.

Contohnya lebah yang menghampiri bunga untuk mengisap madunya, lalu serbuk sari bunga itu terbawa lebah hingga lebah hinggap dan menyentuh kepala putik di bunga lainnya.

Maka, terjadilah penyerbukan.

Baca Juga: Bagaimana Tumbuhan Jagung Berkembang Biak? Materi Kelas 6 SD Tema 1

Tumbuhan yang penyerbukannya dengan cara ini biasanya memilki ciri-ciri warna mahkota mencolok, makota bunganya besar, memiliki bau yang khas, dan memiliki kelenjar madu.

Baca Juga :   Sebutkan dan jelaskan sarana dan peralatan yang diperlukan dalam proses pengambilan sumpah

Contoh tanamannya antara lain: bunga mawar, bunga melati, buka sepatu, dan lain sebagainya.

Zoidiogami ini dibedakan lagi berdasarkan jenis hewannya, yakni penyerbukan karena bantuan serangga (entomogami), penyerbukan karena bantuan burung (ornitogami), penyerbukan karena bantuan kelelawar (kiropterogami), penyerbukan karena bantuan siput (malakogami).


Page 3


Iveta Rahmalia

Selasa, 13 Juli 2021 | 11:36 WIB

Ada penyerbukan berdasarkan perantaranya dan ada penyerbukan berdasarkan asal serbuk sarinya.
(Pixabay)

3. Penyerbukan dengan Bantuan Air (Hidrogami)

Air juga bisa menjadi perantara agar terjadi penyerbukan. Misalnya air hujan yang merontokkan serbuk sari dan arusnya membawa serbuk sari itu mendekati kepala putik.

Atau bisa juga terjadi pada tanaman yang tumbuh di dalam air, contohnya lamun. Serbuk sari lamun lepas dari tangai sari, lalu serbuk sari terbawa arus air hingga menempel pada putik lamun lain.

Contoh tanaman lainnya adalah ganggang hydrilia.

Baca Juga: Ternyata Tumbuhan Berevolusi Menjadi Lebih Harum dan Berwarna, yuk, Cari Tahu Tujuannya!

4. Penyerbukan dengan Bantuan Manusia (Antropogami)

Selain bisa dibantu oleh angin, hewan, atau air, penyerbukan pada tumbuhan juga bisa dilakukan dengan bantuan manusia.

Contoh tanamannya adalah yang memilki ciri-ciri: memiliki serbuk sari dan kepala putik yang tidak dalam satu duduk bunga (bunga tunggal), kepala putiknya dalam kondisi tertutup sehingga tidak memungkinkan masuknya kepala putik tanpa dibuka terlebih dahulu, serbuk sari sulit rontok.


KONTAN.CO.ID –Proses penyerbukan pada bunga merupakan salah satu proses reproduksi pada tumbuhan, yakni dengan cara generatif atau seksual.  Melansir dari Encyclopedia Britannica, reproduksi tumbuhan sama seperti hewan, di mana reproduksi tersebut merupakan kelanjutan dari spesies tertentu.  Ada dua jenis reproduksi yang terjadi pada tumbuhan: seksual atau generatif dan aseksual atau vegetatif. Pada reproduksi seksual atau generatif dibutuhkan dua sel yaitu sel jantan dan betina.  Menurut laman Byjus, alat reproduksi pada tumbuhan adalah bunga. Bunga menghasilkan sel jantan dan betina serta menjadi tempat reproduksi berlangsung.  Struktur bunga yang sempurna terdiri dari empat bagian:

  1. Mahkota bunga
  2. Kelopak bunga
  3. Putik (alat reproduksi betina)
  4. Benang sari (alat reproduksi jantan)

Putik bunga terdiri dari stigma, stilus, dan ovarium. Ovarium merupakan tempat pembentukan benih berlangsung. Putik terdiri dari kepala sari dan filamen. Kepala sari berbentuk seperti kantung yang menyimpan serbuk sari.  Reproduksi generatif terjadi saat terjadi proses penyerbukan pada bunga di suatu tumbuhan. Proses tersebut terjadi saat serbuk sari membuahi putik bunga. Proses penyerbukan juga biasa disebut dengan proses polinasi.

Baca Juga:
Daftar CPNS 2021? Ini cara cek akreditasi universitas dan jurusan di BAN-PT

Baca Juga :   Persamaan garis yang tegak lurus dengan garis y = x + 3 melalui titik (0, 7 ) adalah….

Jenis penyerbukan pada bunga

Proses terjadinya penyerbukan pada bunga tidak selalu dari serbuk sari ke putik pada satu buah bunga saja. Penyerbukan juga terjadi dari serbuk sari bunga lain ke putik bunga lainnya. Penyerbukan pada bunga terbagi menjadi empat jenis yaitu:

  • Penyerbukan sendiri (autogami)

Penyerbukan ini terjadi saat serbuk sari pada sebuah bunga akan membuahi putik yang ada di satu bunga tersebut. Yang artinya, penyerbukan terjadi hanya pada satu bunga tersebut yang ada di satu pohon.

  • Penyerbukan tetangga (geitogami)

Dalam satu pohon biasanya terdapat beberapa kuntum bunga sehingga penyerbukan tetangga bisa terjadi. Penyerbukan geitogami terjadi saat serbuk sari bunga lain membuahi putik bunga lainnya namun masih dalam satu pohon.

  • Penyerbukan silang (allogami)

Penyerbukan allogami terjadi saat serbuk sari dari bunga yang masih satu spesies namun berbeda pohon. Serangga seperti lebah dan kupu-kupu berperan dalam terjadinya penyerbukan silang ini. Penyerbukan jenis ini biasa terjadi di suatu perkebunan dimana jenis tumbuhannya homogen di satu area yang cukup luas.

  • Penyerbukan bastar (hibridogami)

Lebah dan kupu-kupu juga dapat berperan dalam penyerbukan bastar. Penyerbukan ini terjadi jika serbuk sari menempel pada putik bunga yang varietas atau jenisnya berbeda.

Selanjutnya: Ada beasiswa Aperti BUMN buat lulusan SMA/SMK, cek syarat dan jadwal pendaftarannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


KONTAN.CO.ID – Jakarta. Reproduksi seksual atau generatif pada tumbuhan terjadi melalui proses penyerbukan bunga. Proses ini memiliki beberapa jenis.  Melansir dari Encyclopedia Britannica, reproduksi tumbuhan sama seperti hewan dimana reproduksi tersebut bertujuan untuk kelanjutan dari spesies tertentu.  Ada dua jenis reproduksi yang terjadi pada tumbuhan yaitu seksual atau generatif dan aseksual atau vegetatif. Pada reproduksi seksual atau generatif dibutuhkan dua sel yaitu sel jantan dan betina.  Menurut Byjus, alat reproduksi pada tumbuhan adalah bunga. Bunga menghasilkan sel jantan dan betina serta menjadi tempat reproduksi berlangsung.

Baca Juga:
5 Jenis vaksinasi sebelum menikah yang perlu dilakukan calon pengantin

Struktur bunga yang sempurna sebagai alat reproduksi terdiri dari empat bagian yaitu: 1. Mahkota bunga 2. Kelopak bunga 3. Putik (alat reproduksi betina) 4. Benang sari (alat reproduksi jantan).  Putik bunga terdiri dari stigma, stilus, dan ovarium. Ovarium merupakan tempat pembentukan benih berlangsung. Putik terdiri dari kepala sari dan filamen. Kepala sari berbentuk seperti kantung yang menyimpan serbuk sari.  Reproduksi generatif terjadi saat terjadi proses penyerbukan pada bunga di suatu tumbuhan. Proses tersebut terjadi saat serbuk sari membuahi putik bunga. Proses penyerbukan juga biasa disebut dengan proses polinasi.

Baca Juga :   Sebutkan Empat Gerakan Pukulan Swing

Jenis penyerbukan pada bunga

Proses terjadinya penyerbukan pada bunga tidak selalu dari serbuk sari ke putik pada satu buah bunga saja. Penyerbukan juga terjadi dari serbuk sari bunga lain ke putik bunga lainnya. Penyerbukan pada bunga terbagi menjadi empat jenis yaitu:

  • Penyerbukan sendiri (autogami)

Penyerbukan ini terjadi saat serbuk sari pada sebuah bunga akan membuahi putik yang ada di satu bunga tersebut.  Yang artinya penyerbukan terjadi hanya pada satu bunga tersebut yang ada di satu pohon.

Baca Juga:
Cara dapat QR Code PeduliLindungi terbaru untuk pelaku usaha dan perusahaan

  • Penyerbukan tetangga (geitogami)

Dalam satu pohon biasanya terdapat beberapa kuntum bunga sehingga penyerbukan tetangga bisa terjadi.  Penyerbukan geitogami terjadi saat serbuk sari bunga lain membuahi putik bunga lainnya namun masih dalam satu pohon.

  • Penyerbukan silang (allogami)

Penyerbukan allogami terjadi saat serbuk sari dari bunga yang masih satu spesies namun berbeda pohon.  Serangga seperti lebah dan kupu-kupu berperan dalam terjadinya penyerbukan silang ini. Penyerbukan jenis ini biasa terjadi di suatu perkebunan dimana jenis tumbuhannya homogen di satu area yang cukup luas.

  • Penyerbukan bastar (hibridogami)

Lebah dan kupu-kupu juga dapat berperan dalam penyerbukan bastar. Penyerbukan pada bunga ini terjadi jika serbuk sari menempel pada putik bunga yang varietas atau jenisnya berbeda.

Selanjutnya: Cara menghapus akun Google dari HP Android dan laptop secara permanen dengan mudah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penyerbukan dimana serbuk sari yang menempel pada putik berasal dari bunga itu sendiri disebut

Posted by: pskji.org