Tata cara cuci tangan menurut who

Tata cara cuci tangan menurut who

Mari biasakan diri untuk cuci tangan pakai sabun dan air mengalir

Kenapa cuci tangan harus pakai sabun?

Tangan melakukan banyak hal seperti memegang hewan peliharaan, membersihkan kotoran, menyiapkan makanan, memberi makan anak, menyusui bayi dan lain-lain jika tidak dicuci maka dapat memindahkan kuman penyakit. Kulit tangan kita selalu lembab karena secara alami mengandung lemak. Oleh karena itu kuman/kotoran mudah menempel di tangan kita dan akan berpindah ke benda/makanan yang kita pegang. Kuman-kuman penyakit senang berada di tempat yang kotor.

Cuci tangan harus pakai sabun dengan air mengalir, karena dengan memakai sabun dapat membersihkan tangan dari kotoran yang mengandung kuman penyakit.

Cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir dapat mencegah Penyakit diare, infeksi saluran pernafasan atas hingga lebih dari 50%, menurunkan 50% insiden avian influensa, hepatitis A, kecacingan, penyakit kulit dan mata.

5 waktu penting CTPS :
1. Sebelum makan 2. Setelah BAB 3. Sebelum menjamah makanan 4. Sebelum menyusui

5. Setelah beraktifitas

6 langkah cuci tangan yang benar yaitu :
1. Basahi tangan, gosok sabun pada telapak tangan kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut dengan arah memutar  2. Usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian 3. Gosok sela-sela jari tangan hingga bersih 4. Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan posisi saling mengunci 5. Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian

6. Letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan. Bilas dengan air bersih dan keringkan

http://promkes.kemkes.go.id/flyer-6-langkah-cuci-tangan-pakai-sabun-ctps

Jakarta

Cuci tangan adalah salah satu cara terbaik untuk melindungi diri Anda dan keluarga dari virus Corona atau COVID-19. Pelajari kapan dan bagaimana Anda harus mencuci tangan agar tetap sehat.

Berikut cara mencuci tangan yang benar menurut WHO atau Organisasi Kesehatan Dunia:

1. Telapak Tangan

Gunakan sabun dan ditaruh di telapak tangan. Basahi tangan dan gosokkan telapak tangan yang sudah diberi sabun tersebut.

Baca Juga :   Perhatikan gambar berikut larutan yang memiliki tekanan uap jenuh paling besar adalah nomor masdayat

Gosok juga punggung tangan bagian kanan dan kiri. Pastikan seluruh permukaan terkena sabun.

3. Sela-sela Jari

Kemudian gosokkan sabun ke sela-sela jari. Sela-sela jari menjadi salah satu tempat bersembunyinya kuman.

4. Punggung Tangan

Bersihkan juga punggung tangan dengan gerakan saling mengunci.

5. Jempol

Bersihkan jempol bagian kanan dan kiri secara bergantian dengan gerakan memutar. Jempol menjadi salah satu bagian jari tangan yang paling aktif beraktivitas.

6. Ujung Jari

Bersihkan bagian ujung jari dengan gerakan menguncup. Tujuannya untuk membebaskan kuku dari kuman-kuman.

7. Bersihkan Tangan

Bersihkan tangan yang sudah disabunkan dengan air mengalir selama 20 detik dan keringkan.

Sementara itu, Kemenkes juga memberikan anjuran cara mencuci tangan yang benar:

1. Basahi seluruh tangan dengan air bersih dan mengalir.2. Gosok sabun ke telapak punggung tangan dan sela jari.3. Bersihkan bagian bawah kuku-kuku.4. Bilas tangan dengan air mengalir dan bersih.

5. Keringkan tangan dengan handuk atau tisu atau keringan dengan cara diangin-anginkan.

Waktu Mencuci Tangan

Anda dapat membantu diri sendiri dan orang yang Anda cintai agar tetap sehat dengan sering mencuci tangan, terutama pada saat-saat penting berikut dilansir Centers for Disease Control and Prevention (CDC):

a. Sebelum, selama, dan setelah menyiapkan makananb. Sebelum dan sesudah makanc. Sebelum dan sesudah merawat seseorang di rumah yang sakit muntah atau diared. Sebelum dan sesudah merawat luka atau lukae. Setelah menggunakan toiletf. Setelah mengganti popok atau membersihkan anak yang telah menggunakan toiletg. Setelah membuang ingus, batuk, atau bersinh. Setelah menyentuh hewan, pakan ternak, atau kotoran hewani. Setelah memberi makanan hewan atau camilan hewan peliharaan

j. Setelah menyentuh sampah

Baca Juga :   Pola Yang Digunakan Untuk Menghias Tepi Atap Teras Adalah


Untuk mencegah penyebaran kuman selama pandemi COVID-19, Anda juga harus mencuci tangan yang benar dengan sabun dan air setidaknya selama 20 detik atau menggunakan pembersih tangan dengan setidaknya 60% alkohol untuk membersihkan tangan sebelum dan setelah:

-Menyentuh mata, hidung, atau mulut Anda-Menyentuh muka Anda-Memasuki dan meninggalkan tempat umum

-Menyentuh barang atau permukaan yang mungkin sering disentuh orang lain, seperti gagang pintu, meja, pompa bensin, kereta belanja, atau layar kasir elektronik

Simak Video “Ada yang Buat WHO Meragu soal Sirkulasi Covid-19 di Dunia Saat Ini

[Gambas:Video 20detik]
(nwy/pal)

cara mencuci tangan yang benar covid 19 who kemenkes pendidikan

Akreditasi

6 LANGKAH CUCI TANGAN MENURUT STANDART WHO
  • Posted By RSUD Pakuhaji
  • |

  • 30-May-19
  • |

  • 591113 views

Hal ini juga wajib diketahui dan dilakukan untuk semua karyawan RSUD Pakuhaji Kabupaten Tangerang yang akan menghadapi akreditasi.

Prinsip dari 6 langkah cuci tangan antara lain :

  1. Dilakukan dengan menggosokkan tangan menggunakan cairan antiseptik (handrub) atau dengan air mengalir dan sabun antiseptik (handwash). Rumah sakit akan menyediakan kedua ini di sekitar ruangan pelayanan pasien secara merata.
  2. Handrub dilakukan selama 20-30 detik sedangkan handwash 40-60 detik.
  3. 5 kali melakukan handrub sebaiknya diselingi 1 kali handwash

6 langkah cuci tangan yang benar menurut WHO yaitu :

  1. Tuang cairan handrub pada telapak tangan kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut dengan arah memutar.
  2. Usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian
  3. Gosok sela-sela jari tangan hingga bersih
  4. Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan posisi saling mengunci
  5. Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian
  6. Letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan

Atau pada poster yang lebih ringkas pada gambar berikut ini :

Cara mencuci tangan dengan menggosokkan saja menggunakan larutan antiseptik berbasis alkohol, atau dengan mencuci menggunakan air dan sabun antiseptik.

Bagi petugas kesehatan di rumah sakit yang berperan dalam hal ini, umumnya tim PPI dan pokja SKP, harus melakukan sosialisasi dan evaluasi berkenaan dengan ketaatan cuci tangan ini, terutama di kalangan petugas rumah sakit sendiri.

Baca Juga :   Sebutkan Cara Menangkap Bola Kasti

Pengertian cuci tangan 7 langkah adalah tata cara mencuci tangan menggunakan sabun untuk membersihkan jari – jari, telapak dan punggung tangan dari semua kotoran, kuman serta bakteri jahat penyebab penyakit. Cara Cuci Tangan 7 Langkah Pakai Sabun Yang Baik dan Benar1. Basahi kedua telapak tangan setinggi pertengahan lengan memakai air yang mengalir, ambil sabun kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan secara lembut

2. Usap dan gosok juga kedua punggung tangan secara bergantian

3. Jangan lupa jari-jari tangan, gosok sela-sela jari hingga bersih

4. Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan mengatupkan

5. Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian

6. Letakkan ujung jari ke telapak tangan kemudian gosok perlahan

7. Bersihkan kedua pergelangan tangan secara bergantian dengan cara memutar, kemudian diakhiri dengan membilas seluruh bagian tangan dengan air bersih yang mengalir lalu keringkan memakai handuk atau tisu.

Penggunaan sabun khusus cuci tangan baik berbentuk batang maupun cair sangat disarankan untuk kebersihan tangan yang maksimal. Pentingnya mencuci tangan secara baik dan benar memakai sabun adalah agar kebersihan terjaga secara keseluruhan serta mencegah kuman dan bakteri berpindah dari tangan ke tubuh anda. 

Tata cara cuci tangan menurut who

Posted by: pskji.org