Sebutkan masing masing 5 contoh hasil kerajinan limbah lunak

Sebutkan masing masing 5 contoh hasil kerajinan limbah lunak

  • Tentang Kami
  • Tim Kami
  • Hubungi Kami
  • Kebijakan Privasi
  • Syarat dan Ketentuan

Contoh kerajinan limbah lunak organik beserta cara pembuatannya, meliputi dari bahan limbah kertas, kulit jagung, limbah jerami, dan pelepah pisang. Jika kamu mempunyai limbah lunak organi, maka jangan dibuang begitu saja. Sebab bahan limbah organik lunak dapat menghasilkan produk kerajinan unik dan kreatif yang memiliki nilai jual tinggi.

Dengan desain inovasi yang mengikuti perkembangan zaman, produk kerajinan limbah organik akan semakin banyak peminatnya. Cara membuatnya mudah, alat-alat dan modalnya tidak terlalu banyak. Jika kamu serius menekuni usaha ini, kamu bisa mendapatkan keuntungan berlipat ganda.

Dibawah ini kami sajikan 10 contoh produk kerajinan limbah lunak organik yang dapat menginspirasi pembuatan sebuah karya.

1. Kerajinan Limbah Kertas

Kertas atau dalam bahasa Inggris disebut paper merupakan media utama untuk menulis, melukis, dan mencetak. Kertas merupakan salah satu bagian dari limbah lunak organik, sebab dapat terurai dalam tanah. Limbah kertas dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat kerajinan yang unik dan kreatif.

Berikut ini 3 contoh kerajinan dari bahan kertas :

Kerajinan Burung Cendrawasih dari Kertas

Kerajinan Tas dari bahan Koran Bekas

Kerajinan Dompet dari Kertas / Koran Bekas

Cara Membuat Kerajinan dari Limbah Kertas

Pertama, siapkan bahan dan alat pembuatan kerjainan limbah kertas. Bahan utamanya tentu saja kertas, dan bahan pendukung lainnya seperti lem putik serta cat pewarna (apa bila diperlukan). Lalu apa saja alat-alat yang dibutuhkan? Alat yang sering digunakan adalah gunting, pisau, cutter, tusuk sate, dan kuas stik sumpit.

Kedua, setelah bahan dan alat-alat telah dipersiapkan. Langsung saja ke proses cara pembuatan kerajinan dari kertas. Kelebihan menggunakan bahan limbah kertas adalah bisa menggunakan banyak teknik pembuatan. Kertas dapat dibuat kerajinan dengan teknik digulung, dilipat, dirobek, dianyam, dibubur, dan diremas.

Baca Juga :   Keuntungan Siswa Yang Memiliki Tubuh Yang Bugar Adalah

Berikut ini contoh pembuatan kerajinan dari kertas menggunakan teknik lipat atau origami sedergana :

2. Kerajinan Limbah Kulit Jagung

Selain kertas, kulit jagung juga termasuk salah satu limbah lunak organik yang dapat dengan mudah kamu peroleh bahannya secara gratis di pasar tradisional. Membuat kerajinan dari kulit jagung lebih susah dibandingkan dengan kertas. Perlu ketekunan sehingga menghasilkan karya kerajinan yang menarik dan unik.

Produk kerajinan kulit jagung sangat bervariasi. Limbahnya bisa dimanfaatkan untuk membuat kerajinan bunga, boneka, bingkai foto, penghias wadah, hiasan pensil, tas, ayaman keranjang dan masih banyak lagi.Berikut ini beberapa contoh gambar kerajinan dari limbah kulit jagung :

  • a = bunga
  • b = boneka
  • c = gantungan kunci

Cara membuat kerajinan tangan dari bahan limbah kulit jagung :

Pertama, persiapkan terlebih dahulu bahan yaitu kulit jagung. Jika ingin lebih terlihat menarik, bisa kamu warnai terlebih dahulu dengan pewarna cair atau bubuk.

Kedua, persiapkan alat pembuat kerajinan dari limbah kulit jagung seperti gunting, elemen pemanas, setrika, lem tembak, penjepit, solder, dan panci.

Ketiga, setelah bahan dan alat-alat telah disiapkan langsung saja praktek ke cara pembuatannya. Sebagi contoh, dibawah ini cara membuat kerajinan pensil hias. Cara membuatnya dengan menggunakan teknik sederhana hanya digunting dan dilipat.

Membuat kerajinan ini, kamu tidak membutuhkan peralatan yang ribet seperti solder. Berikut ini gambar langkah-langkah cara pembuatannya :

  1. Buat Kepala
  2. Gunting Baju
  3. Pasang Pola Pada Pensil
  4. Pasang Rambut, Tangan dan Mata
  5. Pensil Hias Siap Pakai

3. Kerajinan Limbah Jerami

Contoh kerajinan limbah lunak organik selanjutnya yaitu dari bahan limbah jerami. Jerami merupakan limbah batang padi sisa hasil pertanian. Biasanya digunakan sebagai bahan bakar untuk pembakaran batu bata atau genteng. Limbah padi ini ternyata dapat dimanfaatkan untuk bahan dasar kerajinan yang unik, sehingga berpotensi untuk dapat dikembangkan.

Baca Juga :   Gambar di atas merupakan cara menerapkan ragam hias pada bahan tekstil dengan cara

Kerajinan dari bahan jerami keberadaannya masih langka, dan berikut ini beberapa contoh gambar kerajinannya :

Cara Membuat Kerajinan dari Bahan Limbah Jerami

Pertama, persiapkan bahan pembuatan produk yaitu limbah jerami padi dengan seluruh bagian-bagiannya. Kemudian bahan-bahan tambahan lain seperti lem dan clear.

Langkah kedua, persiapkan alat-alat pembuatan kerajinan dari limbah jerami, seperti pisau, gunting, cutter dan lem tembak.

Ketiga, langsung ke proses pembuatannya. Disini kami contohkan membuat kerajinan hiasan pohon kelapa menggunakan limbah jerami. Teknik yang digunakan sangat sederhana. Berikut ini langkah-langkahnya :

  1. Lengkung dan panaskan batang jerami menggunakan api dari lilin
  2. Beri lem tembak pada batang
  3. Susun dan gunting batang jerami
  4. Tempel batang sebagai daun
  5. Kumpulkan daun pada batang
  6. Lilitkan pelepah pisang pada batang pohon
  7. Jadilah hiasan pohon kelapa

Agar lebih mudah dalam cara membuatnya, perhatikan gambar berikut ini :

4. Kerajinan Limbah Pelepah Pisang

Contoh kerajinan tangan dari limbah lunak organik keempat bisa kamu buat dengan bahan limbah pelepah pisang. Kepedulian masyarakat terhadap isu global warming cukup tinggi dan secara langsung mempengaruhi minat masyarakat untuk memperhatikan produk-produk kerajinan tangan yang ramah lingkungan. Salah satunya kerajinan dari bahan limbah pelepah pisang.

Bahan bakunya mudah didapatkan sebab pohon pisang banyak dijumpai di lingkungan masyarakat. Berikut ini contoh gambar kerajinan dari pelepah pisang :

Itulah beberapa contoh kerajinan dari bahan pelepah pisang, mulai dari tas, wadah pensil, lukisan dan wadah tisu.

Cara Membuat Kerajinan Limbah Pelepah Pisang

Siapkan bahan berupa pelepah pisang, kardus, lem biji-bijan. Kemudian persipkan alat-alat yang diperlukan seperti gunting, pisau, dan setrika. Proses cara membuat kerajinan dari pelepah pisang, sebagai contoh membuat kerajinan berupa tempat pensil.

Baca Juga :   Tulis masing masing dua contoh benda dengan bahan konduktor dan isolator yang ada di rumahmu

Berikut ini langkah-langkahnya :

1. Tentukan variasi bentuknya, bisa silinder, kotak, segitiga, maupun segilima. Bentuk dasar bisa menggunakan kardus atau paralon bekas yang besar. Misal dengan menggunakan kardus.

2. Kardus dipotong-potong membentuk pola persegi dan diberi lem

3. Lem diratakan dan dilapisi pelepah pisang

4. Bentuk kotak dan lapisi kertas pada bagian pinggir agar kuat

5, Tempel bagian luar dengan pelepah pisang

6. Siapkan pelepah pusang yang telah diberi warna dengan pola bunga

7. Dan tempelkan bunga pada tempat pensil

8. Jadilah kerajinan tempat pensil menggunakan bahan pelepah pisang

Untuk mempermudah dalam proses pembuatan, perhatikan gambar berikut ini :

Nah itulah contoh kerajinan limbah lunak organik dari bahan limbah kertas koran, kulit jagung, jerami dan pelepah pisang beserta gambar dan proses langkah-langkah cara pembuatannya. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Baca juga:
Cara Membuat Miniatur Rumah dari Kardus

Sebutkan masing masing 5 contoh hasil kerajinan limbah lunak

Posted by: pskji.org