Setelah terjadi di organisasi sosial maka masyarakat akan berusaha untuk

Setelah terjadi di organisasi sosial maka masyarakat akan berusaha untuk


latar belakang Pengaruh Pergaulan bebas terhadap pelajar di rumah sekitar​


latar belakang Pengaruh Pergaulan bebas terhadap pelajar di rumah sekitar​


latar belakang Pengaruh Pergaulan bebas terhadap pelajar di rumah sekitar​


latar belakang Pengaruh Pergaulan bebas terhadap pelajar di rumah sekitar​


Pengaruh kualitas guru terhadap prestasi belajar siswa.. Variabel independen : Variabel dependen. :


Klasifikasikan alat alat yang di butuhkan dalam tindakan mengukur tanda tanda vital pada pasien sesuai urutan pemakaian


Apa yang di maksud dengan budaya tinggi dan budaya populer beserta contohnya


bagaimana cara membuat anak ?​


Apakah arti dari introvert? Yang mau koin mumpung lagi baek


bagaimana cara agar tidak mudah jatuh cinta tidak mudah sakit hati dan tidak mudah menangis saya butuh jawaban tepat cerdas oke terimakasih ​

Lihat Foto

Reintegrasi Sosial

KOMPAS.com
– Reintegrasi sosial dimaknai sebagai salah satu upaya untuk membangun lagi kepercayaan sosial setelah terjadi disintegrasi sosial. Upaya ini membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menerapkannya.

Disintegrasi sosial terjadi karena adanya perubahan di lingkungan masyarakat, sehingga bisa menimbulkan permasalahan atau konflik. Maka dari itu, reintegrasi sosial perlu dilakukan.

Pengertian dan tujuan reintegrasi sosial

Menurut Soerjono Soekanto dalam buku Sosiologi Suatu Pengantar (2013), reintegrasi sosial merupakan proses pembentukan norma atau nilai baru, sebagai bentuk penyesuaian diri dengan lembaga atau organisasi yang telah mengalami perubahan.

Mengutip dari jurnal Eksplorasi Program Reintegrasi Sosial pada Warga Binaan di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika (2017) karya Siti Asisah dan Nurhayati, reintegrasi juga bisa dimaknai sebagai proses penyatuan kembali.

Baca juga: Ciri-Ciri dan Sumber Nilai Sosial

Sebagai salah satu upaya membangun kepercayaan sosial atau membentuk norma baru, reintegrasi sosial bertujuan untuk memperbaiki beberapa hal yang menjadi penyebab utama konflik di lingkungan masyarakat.

Baca Juga :   Jenis teknologi penyimpanan data yang dinyatakan sebagai HDD Masa Depan adalah

Beberapa hal yang tidak sesuai atau menjadi penyebab utama konflik akan dibuang. Sedangkan hal lain yang dianggap bisa membantu proses integrasi sosial akan dipertahankan dalam lingkungan masyarakat.

Upaya ini membutuhkan waktu yang cukup lama, agar integrasi sosial bisa terbentuk kembali. Apabila integrasi sosial terbentuk kembali, lingkungan masyarakat akan lebih harmonis, aman, tenteram dan damai.

Contoh reintegrasi sosial

Berikut beberapa contoh reintegrasi sosial:

  1. Adanya proses reintegrasi sosial antara angkutan konvensional dengan angkutan online
    Kehadiran angkutan online telah menurunkan pendapatan angkutan konvensional. Maka dari itu dilakukan proses reintegrasi sosial berupa penentuan batas atau aturan antar kedua jenis angkutan ini. Contohnya angkutan online tidak boleh menaik turunkan penumpang di daerah yang telah disepakati.
  2. Melakukan musyawarah
    Musyawarah menjadi salah satu contoh reintegrasi sosial. Ketika terjadi konflik atau permasalahan, usahakan untuk melakukan musyawarah tanpa memperparah konflik.
  3. Lembaga masyarakat
    Lembaga masyarakat juga memegang peranan penting dalam reintegrasi sosial. Lembaga masyarakat tersebut di antaranya di bidang politik, hukum, ekonomi, sosial, budaya dan lain sebagainya. Contohnya jika terjadi permasalahan hukum, maka serahkan ke lembaga hukum.
  4. Tidak mudah tersulut emosi
    Sikap mudah tersulut emosi sangatlah tidak baik, khususnya dalam penyelesaian konflik. Agar integrasi sosial dapat tercapai, maka sikap mudah tersulut emosi haruslah dihilangkan.
  5. Tidak main hakim sendiri
    Selain sikap emosi, suka main hakim sendiri juga tidak baik dilakukan. Jika ada permasalahan yang sudah sangat menyimpang dari peraturan atau norma yang ada, sebaiknya diserahkan ke pihak yang berwenang.

Baca juga: Gejala Sosial: Definisi, Penyebab dan Contohnya

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga :   Perbedaan Notasi Angka Dan Notasi Balok

Baca berikutnya

Artikel Sosiologi kelas XI kali ini akan membahas tentang contoh dari reintegrasi sosial yang ada di masyarakat sekitar.

Squad, cepatnya perubahan yang terjadi di era saat ini memaksa banyak aspek di masyarakat untuk berubah dan beradaptasi. Namun proses adaptasi ini tidak selalu mulus, dan kadang bahkan memicu pergesekan pada beberapa pihak. Untuk memperbaiki hubungan pihak-pihak yang mengalami disintegrasi, perlu dilakukan reintegrasi. Agar
RG Squad
mendapat gambaran yang lebih jelas mengenai reintegrasi sosial di kehidupan nyata, simak
yuk
contoh kasis reintegrasi sosial antara transportasi
online
dan transportasi konvensional!

Perubahan yang terjadi pada lembaga-lembaga kemasyarakatan dapat membuat pudarnya norma dan nilai tertentu dalam masyarakat. Soerjono Soekanto menyebut kondisi tersebut sebagai bentuk disintegrasi sosial. Maksudnya ialah, sebuah situasi yang tidak serasi dari suatu unsur dalam masyarakat karena tidak berfungsi dengan baik.

Apabila terjadi disintegrasi sosial, situasi di dalam masyarakat itu lama-kelamaan akan menjadi chaos atau kacau. Pada situasi ini, akan dijumpai anomie, yaitu suatu keadaan di saat masyarakat tidak mempunyai pegangan mengenai apa yang baik dan buruk, dan sulit melihat batasan apa yang benar dan salah.

Dalam kebingungan tersebut, masyarakat berusaha untuk kembali pada tahap integrasi dimana lembaga atau organisasi terkait yang sedang mengalami disintegrasi dapat kembali ke keadaan yang harmonis dan teratur. Proses inilah yang disebut dengan reintegrasi sosial.

Pada kasus transportasi online dan transportasi konvensional yang pada tahun 2016 sempat memicu banyak konflik bahkan hingga demo di jalanan, reintegrasi sosial perlahan dapat dicapai dengan adanya kompromi dari pihak-pihak yang terlibat.

Deklarasi damai antara ojek online dan ojek pangkalan menandakan salah satu tahapan dalam reintegrasi sosial.
(Sumber: tribunnews.com)

Baca Juga :   Apa yang dimaksud dengan perencanaan dalam manajemen?

Seperti yang RG Squad ketahui, populernya penggunaan transportasi online membuat transportasi konvensional seperti taksi dan ojek pangkalan kehilangan pangsa pasar dan pendapatannya secara signifikan. Ketika para pelaku transportasi konvensional ini tidak dengan segera beradaptasi dengan tingginya minat dan permintaan masyarakat terhadap transportasi online yang lebih murah dan efisien, timbullah konflik antara pelaku transportasi konvensional ini dengan para pelaku transportasi online.


Baca Juga:
Dampak Permasalahan Sosial dalam Masyarakat

Akibatnya, di beberapa daerah muncul demo-demo dari pelaku transportasi konvensional agar pemerintah menutup industri transportasi online karena dianggap merugikan para pelaku transportasi konvensional. Dalam beberapa kasus malah terjadi bentrok di jalanan antar ojek pangkalan dengan ojek online, yang makin memicu terjadinya disintegrasi antar kedua belah pihak.

Pada akhirnya, reintegrasi antara kedua pihak ini terjadi dengan dibuatnya beberapa kesepakatan bersama, seperti ojek
online
tidak boleh mengambil penumpang di wilayah operasional ojek pangkalan, dan adanya kerjasama bisnis antara taksi konvensional dengan salah satu perusahaan transportasi
online
agar performa bisnis sama-sama meningkat.

Itu tadi RG Squad, sedikit pembahasan dari contoh kasus reintegrasi sosial yang ada di masyarakat. Mau belajar Sosiologi dengan guru privat terbaik dari ruangguru? Yuk daftar di
ruangles
sekarang! Ada ribuan guru privat terbaik yang siap menjadi tutor belajar kamu kapan pun kamu mau.

Referensi:

Suhardi dan Sri Sunarti. 2009. Sosiologi 2: Untuk SMA/MA Kelas XI Program IPS. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional

Sumber foto:

Foto ‘Deklarasi Damai Ojek Online dan Ojek Pangkalan’ [daring] Tautan: https://www.tribunnews.com/images/regional/view/1615318/deklarasi-damai-ojek-pangkalan-dan-ojek-online

Artikel ini diperbarui pada 24 November 2020.

Setelah terjadi di organisasi sosial maka masyarakat akan berusaha untuk

Posted by: pskji.org