Bagaimana cara mengukur panjang pensil menggunakan penggaris?

Bagaimana cara mengukur panjang pensil menggunakan penggaris?

Unduh PDF Unduh PDF

wikiHow adalah suatu “wiki”, yang berarti ada banyak artikel kami yang disusun oleh lebih dari satu orang. Untuk membuat artikel ini, 52 penyusun, beberapa di antaranya anonim, menyunting dan memperbaiki dari waktu ke waktu.

Artikel ini telah dilihat 183.142 kali.

Penggaris Inggris

Penggaris Metrik

Tip dan Peringatan

Artikel Terkait

Referensi

Ada dua jenis penggaris: penggaris Inggris atau penggaris pecahan, dan penggaris Metrik atau penggaris desimal. [1] Membaca penggaris ini mungkin sekilas terlihat rumit karena banyaknya garis kecil pada garis tersebut, namun sebenarnya cara membaca penggaris cukup sederhana. Ikuti panduan berikut dan Anda tidak akan lagi kesulitan melakukan pengukuran dengan penggaris jenis apapun.

Hai adik-adik kelas 2 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi Mengukur Benda Sekitar dengan Menggunakan Penggaris Kelas 2 SD.

Kita dapat mengukur panjang benda dengan menggunakan alat ukur panjang. Salah satu alat ukur panjang baku adalah penggaris. Dengan alat ukur baku, hasil pengukuran akan sama walaupun dilakukan oleh orang berbeda.

Alat ukur digunakan sesuai dengan ukuran benda. Misalnya, jika kamu ingin mengukur pensil, maka kamu mengguakan penggaris. Jika ingin mengukur bahan, kita mengukurnya dengan meteran pita. Panjang tanah diukur dengan meteran gulung besar.

Cara mengukur benda dengan penggaris:

  1. Ukur benda dimulai dari 0
  2. Angka 0 pada penggaris harus lurus dengan pangkal benda.
  3. Lihat angka terakhir di ujung benda

Contoh:

Hasil pengukuran pensil tersebut 11 cm

Coba ukurlah benda-benda di sekitarmu menggunakan penggaris! Tuliskan dalam tabel berikut!


Pembahasan:

No Nama Benda Panjang
1 Penghapus 4 cm
2 Buku 21 cm
3 Pensil 13 cm
4 Tempat pensil 20 cm
5 Gantungan tas 4 cm
Baca Juga :   Jelaskan perbedaan keuntungan dan kerugian antara pemasaran produk secara online dan offline

Demikian pembahasan mengenai Mengukur Benda Sekitar dengan Menggunakan Penggaris Kelas 2 SD. Semoga bermanfaat.

Dalam kehidupan sehari-hari kata panjang dipergunakan untuk beragam keperluan, contoh: panjang umur berkaitan dengan waktu hidup yang lama, panjang novel dalam dunia sastra menyatakan jumlah halaman atau jumlah kata. Dalam sains, panjang menyatakan jarak antara dua titik, misalnya: panjang sisi segitiga adalah jarak antara dua titik sudut segitiga. Untuk mengetahui panjang sesuatu, apakah kita harus mengukurnya? Dapatkah panjang sesuatu diketahui hanya dengan melihatnya?

Untuk mendapatkan hasil yang akurat mengenai panjang suatu benda, maka diperlukan yang namanya pengukuran. Panjang merupakan jarak di antara dua titik. Termasuk besaran pokok yang satuan SI-nya adalah meter (m). Mengukur panjang secara tidak baku dilakukan dengan alat ukur yang berupa jari, jengkal, depa, lengan, langkah, dan hasta. Pengukuran seperti itu, hasilnya akan berbeda karena jengkal, lengan, langkah dan hasta setiap orang berbeda.

Mengukur panjang dengan satuan baku harus menggunakan alat ukur seperti mistar, meteran, jangka sorong dan mikrometer sekrup. Nah pada kesempatan kali ini, kita akan belajar mengenai cara menggunakan dan membaca skala mistar atau penggaris secara tepat dan akurat. Untuk itu, silahkan kalian simak baik-baik penjelasan berikut ini.

Cara Menggunakan Penggaris

Pada penggaris atau mistar, terdapat garis-garis yang menunjukkan skala pengukuran. Pada umumnya, terdapat dua skala pengukuran pada mistar, yaitu sentimeter (cm) dan inci. Pada skala sentimeter, jarak terdekat antara dua garis panjang yang berhimpit adalah sepuluh kali skala terkecil (milimeter). Skala pengukuran terkecil pada mistar adalah 1 milimeter, sesuai dengan jarak garis terkecil yang terdapat pada skala penggaris.

Mistar mempunyai tingkat ketelitian sebesar setengah dari skala terkecil yang dimiliki oleh mistar tersebut, yaitu 0,5 mm atau 0,05 cm. Cara melakukan pengukuran panjang sebuah pensil dengan sudut pandang yang benar yang benar seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Baca Juga :   Indikator demokrasi akuntabilitas periode 1965 sampai 1998

Langkah-langkah mengukur panjang benda dengan menggunakan penggaris atau mistar adalah sebagai berikut.



Tempatkan skala nol pada mistar sejajar dengan salah satu ujung benda.



Perhatikan ujung benda lainnya, kemudian bacalah skala pada mistar yang sejajar dengan ujung benda tersebut.



Untuk membaca skala pada mistar, matamu harus melihat tegak lurus dengan tanda garis skala yang akan kamu baca seperti yang diilustrasikan pada gambar berikut ini. Hal ini untuk menghindari kesalahan pembacaan hasil pengukuran akibat beda sudut kemiringan dalam melihat atau disebut dengan

kesalahan paralaks

.

Cara Membaca Skala Penggaris

Beberapa hal penting yang perlu kamu perhatikan dalam membaca skala mistar adalah mengenai angka pasti dan angka taksiran. Angka pasti adalah angka yang terbaca oleh skala alat ukur. Sedangkan angka taksiran adalah angka yang tidak terbaca oleh skala alat ukur. Angka taksiran ini diperlukan ketika ujung salah satu benda tidak tepat berhimpit dengan skala, sehingga kita memerlukan angka taksiran.

Angka taksiran diperoleh dari setengah kali skala terkecil mistar. Angka taksiran ini disebut juga sebagai nilai ketelitian dari suatu alat ukur. Skala mistar setiap 1 sentimeter memiliki 10 garis dengan lebar 1 mm atau 0,1 cm, berarti skala terkecil mistar tersebut adalah 0,1 cm = 1 mm. Dengan demikian kita peroleh angka taksiran sebesar ½ × 1 mm = 0,5 mm = 0,05 cm. Berikut ini adalah contoh cara membaca skala hasil pengukuran panjang dengan penggaris atau mistar.

Dari gambar di atas, terlihat bahwa ujung benda (pensil) tidak tepat berhimpit dengan skala yang terdapat pada penggaris melainkan terletak di antara 6,4 cm dan 6,5 cm, sehingga kita memerlukan angka taksiran. Hasil dari pembacaan skala tersebut adalah sebagai berikut.

Baca Juga :   Siapa juga pemimpin ekspedisi dari Spanyol yang sampai ke Maluku Indonesia?

Angka pasti = 6,4 cm

Angka taksiran = ½ × 0,1 cm = 0,05 cm

Hasil pengukuran = Angka pasti + angka taksiran

Jadi, panjang pensil tersebut adalah 6,4 cm + 0,05 cm = 6,45 cm

Bagaimana cara mengukur panjang pensil menggunakan penggaris?

Posted by: pskji.org