Besaran berikut berpengaruh terhadap nilai medan magnet disekitar kawat berarus antara lain

Besaran berikut berpengaruh terhadap nilai medan magnet disekitar kawat berarus antara lain

Medan magnetik adalah ruang disekitar magnet dimana magnet lain atau benda-benda lain dari bahan ferromagnetik mengalami gaya magnetik jika diletakkan dalam ruang tersebut. Medan magnetik dapat ditimbulkan oleh magnet permanen atau elektromagnet. Elektromagnet adalah magnet yang timbul disekitar kawat berarus.

Besaran yang menyatakan gaya yang dialami oleh magnet lain atau bendabenda lain dari bahan ferromagnetik disekitar medan magnet disebut kuat medan magnetik. Kuat medan magnetik satuannya Gaus, Tesla dan Weber.

Medan magnetik dimanfaatkan pada aplikasi motor, generator, trafo dan lainlain. Semua aplikasi tersebut sangat dipengaruhi oleh besar kecilnya medan magnetik dari magnet yang digunakan.

Medan magnetik tidak dapat dilihat secara langsung, tetapi dengan menggunakan serbuk-serbuk besi kita dapat melihat jejak-jejak medan magnetic yang disebut sebagai garis-garis gaya magnetik. Garis-garis gaya magnetik selalu dari kutub utara menuju kutub selatan.

Secara umum ada tiga aturan tentang garis-garis gaya magnetik, yaitu:

  1. Garis-garis gaya magnetik tidak pernah saling berpotongan.
  2. Garis-garis gaya magnetik selalu keluar dari kutub utara magnet dan masuk ke kutub selatan magnet.
  3. Tempat yang garis-garis gaya magnetiknya rapat menunjukkan medan magnetiknya kuat, sebaliknya tempat yang garis-garis gaya magnetiknya renggang menunjukkan medan magnetiknya lemah.

Medan magnetik dapat ditimbulkan oleh magnet permanen ataupun oleh elektromagnetik. Elektromagnetik adalah magnet yang timbul disekitar kawat berarus. Hal ini didasarkan dari percobaan Oersted, yaitu:

  1. Disekitar kawat berarus listrik terdapat medan magnetik.
  2. Arah medan magnetik tergantung pada arah arus listrik yang melalui kawat.

Untuk memudahkan menentukan garis-garis gaya magnetik disekitar kawat lurus berarus digunakan aturan putaran tangan kanan, yaitu: jika tangan kanan menggenggam kawat lurus berarus, maka ibu jari menunjukkan arah arus listrik dan putaran keempat jari yang dirapatkan menunjukkan putaran garis-garis gaya magnetik.

Baca Juga :   Dalam penerapan sistem dana tetap jurnal untuk mencatat transaksi penggantian dana kas kecil adalah

Elektromagnet merupakan magnet sementara yang dihasilkan oleh kumparan berongga yang disisipi inti besi dan diberi arus listrik, seperti toroid. Ada tiga faktor yang mempengaruhi kekuatan elektromagnetik, yaitu:

  1. Jumlah lilitan,
  2. Panjang inti,
  3. Kuat arus yang melalui kumparan.

Academia.edu no longer supports Internet Explorer.

To browse Academia.edu and the wider internet faster and more securely, please take a few seconds to upgrade your browser.

Lihat Foto

Ilustrasi induksi magnet pada kawat lurus.

KOMPAS.com
– Apakah kalian tahu bagaimana cara menghitung induksi magnetik di sekitar kawat lurus berarus listrik dan bagaimanakah cara menentukan arahnya?

Mari kita simak pembahasan berikut ini.

Induksi magnetik di sekitar kawat lurus berarus, dapat diturunkan dari persamaan hukum Biot-Savart sebagai berikut:

KOMPAS.com/RISYA FAUZIYYAH
Persamaan hukum Biot-Savart

Keterangan:dBp = induksi magnet di suatu titik (Tesla)I = kuat arus listrik (A)dl = panjang elemen kawat berarus (m)θ = sudut antara arah kuat arus listrik dengan garis hubung titik ke kawat berarus

r = jarak dari titik ke panjang elemen kawat berarus (m)

Baca juga: Temuan Polisi: Sumber Api Kebakaran Kejagung Bukan karena Hubungan Pendek Arus Listrik

Kemudian dilansir dari Physics Laboratory Manual oleh David H. Loyd, diperoleh induksi magnetik di sekitar kawat lurus panjang berarus listrik sebagai berikut:

KOMPAS.com/RISYA FAUZIYYAH
Persamaan induksi magnetik di sekitar kawat lurus panjang berarus listrik

Keterangan:Bp = induksi magnetik di suatu titik (Tesla)I = kuat arus listrik (A)

a = jarak titik ke kawat penghantar (m)

Squad,tahukah kamu ternyata kawat lurus dan kawat melingkar ketika diberi arus listrik akan menghasilkan besar medan magnet yang berbeda
lho? Mengapa demikian? Hal ini karena adanya perbedaan arah arus dan arah medan magnet di sekitar kawat. Untuk lebih jelasnya kita simak pembahasan berikut,kuy!

Baca Juga :   Jelaskan tugas dan wewenang dpr terkait fungsi anggaran

Medan Magnet di Sekitar Kawat Lurus

Kawat lurus yang dialiri arus listrik akan menghasilkan medan magnet yang homogen untuk jarak yang sama dari kawat tersebut. Medan magnet yang dihasilkan membentuk lingkaran mengelilingi kawat dan arahnya ditentukan menggunakan kaidah tangan kanan. Ibu jari tangan kanan menyatakan arah arus listrik dan keempat jari lainnya yang menekuk menunjukkan arah medan magnet. Untuk lebih jelasnya simak gambar berikut:

 Sumber: slideshare.net

Besar medan magnet di sekitar kawat lurus berarus listrik dipengaruhi oleh besar arus lisrik dan jarak titik tinjauan terhadap kawat. Semakin besar kuat arus yang diberikan dan semakin dekat jaraknya terhadap kawat, maka semakin besar kuat medan magnetnya. Besarnya kuat medan magnet pada kawat lurus panjang dapat dirumuskan seperti di bawah ini:

Selanjutnya kita coba kerjakan contoh soal di bawah ini
yuk, Squad!

  1. Sebuah kawat lurus panjang dialiri arus sebesar 3 A. Tentukan besar medan magnet yang berjarak 3 cm dari kawat tersebut! (μ0 = 4 πx 10-7 Wb/Am)

Diketahui:

I = 3 A

r = 3 cm = 3 x 10-2 m

μ0 = 4 πx 10-7 Wb/Am

Ditanya:
B ?

Jawab:


  • Baca Juga
    :
    Pengertian Hukum Coulomb

 Medan Magnet di Sekitar Kawat Melingkar

Kawat lurus melingkar yang dialiri arus listrik pada arah tertentu maka di sumbu pusat lingkaran akan timbul medan magnet dengan arah tertentu. Medan magnet di sekitar kawat melingkar juga dapat ditentukan dengan kaidah tangan kanan. Berbeda dengan kawat lurus panjang, pada kawat melingkar
ibu jari tangan kanan menyatakan arah medan magnet dan keempat jari lainnya yang menekuk menunjukkan arah arus listrik
seperti pada gambar berikut:

Sumber: slideshare.net

Besar medan magnet di sekitar kawat melingkar dipengaruhi oleh besar arus lisrik dan jari-jari lingkaran kawat. Semakin besar kuat arus yang diberikan dan semakin kecil jari-jari lingkaran kawat, maka semakin besar kuat medan magnetnya. Besarnya kuat medan magnet pada kawat melingkar dapat dirumuskan seperti di bawah ini:

Baca Juga :   Buah lemon dapat menghasilkan listrik karena

Selanjutnya kita coba kerjakan contoh soal di bawah ini
yuk, Squad!

  1. Sebuah kawat melingkar dengan jari-jari 10 cm dialiri arus 4 A dengan banyaknya lilitan kawat 10 lilitan. Berapakah besar medan magnet pada kawat tersebut? (μ0 = 4π x 10-7 Wb/Am)

Diketahui:

r = 10 cm = 10 x 10-2 = 10-3 m

I = 4 A

μ0 = 4π x 10-7 Wb/Am

Ditanya:
B?

Jawab:

 

Oke Squad, sekarang kamu sudah paham kan cara menghitung besar medan magnet pada kawat lurus dan kawat melingkar? Kalau kamu masih punya contoh soal lain tentang materi ini tulis di kolom komentar ya. Jangan lupa belajar lebih menyenangkan dengan menggunakan
ruangbelajar. Kamu bisa belajar melalui video animasi lengkap dengan contoh soal, pembahasan dan rangkumannya lho, Squad. Ayo gunakan sekarang!

Besaran berikut berpengaruh terhadap nilai medan magnet disekitar kawat berarus antara lain

Posted by: pskji.org