Sebutkan 4 jenis pukulan smash pada permainan tenis meja

Sebutkan 4 jenis pukulan smash pada permainan tenis meja

Tenis meja merupakan salah satu cabang olahraga yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia di kalangan dewasa. Sebagaimana cabang olahraga lain, tenis meja juga membutuhkan teknik dasar supaya dapat memainkannya dengan baik dan benar serta bisa menikmati permainannya.

Terdapat bermacam-macam teknik pukulan dalam tenis meja yang harus dikuasai oleh para pemain tenis meja agar dapat memenangkan sebuah pertandingan. Dan salah satu teknik dasar dalam permainan tenis meja adalah teknik pukulan bola.

Nah, berikut ini penjelasan lengkap mengenai apa saja macam-macam teknik memukul bola pada permainan tenis meja sebagai modal untuk anda agar bisa bermain tenis meja dengan maksimal, silahkan disimak baik-baik.

Teknik pukulan dalam tenis meja yang pertama adalah teknik pukulan drive. Teknik pukulan drive dilakukan dengan cara gerakan bet dari arah bawah serong ke atas dengan posisi bet dalam keadaan tertutup. Tujuan dari teknik pukulan drive ini adalah sebagai pukulan untuk menyerang. Teknik pukulan ini dapat dikontrol sesuai dengan keinginan pemain. Terdapat dua jenis teknik pukulan drive yaitu pukulan backhand drive dan forehand drive.

Teknik selanjutnya adalah teknik pukulan push. Seperti namanya, teknik pukulan push dilakukan dengan cara gerakan “push” yaitu mendorong bet. Teknik ini dilakukan dengan posisi bet dalam keadaan terbuka.

Tujuan penggunaan teknik pukulan push ini adalah untuk mengembalikan pukulan push dari lawan, dan juga pukulan chop dari lawan. Terdapat dua jenis teknik pukulan push yaitu pukulan backhand push dan forehand push.

Teknik pukulan berikut ini adalah salah satu teknik pukulan yang penting untuk memenangkan pertandingan. Teknik pukulan blok merupakan teknik memukul bola dengan cara gerakan memblok atau menghentikan bola dengan posisi bet dalam keadaan tertutup. Tujuan penggunaan teknik pukulan blok ini adalah untuk mengembalikan pukulan-pukulan drive dari lawan.

Seperti namanya, teknik pukulan chop memiliki ciri gerakan “chop”, bagaikan menebang pohon dengan sebuah kapak. Teknik pukulan chop ini digunakan untuk mengembalikan macam-macam teknik pukulan dalam tenis meja dari lawan yang bisa jadi sulit ditangkis atau dikembalikan oleh pemain.

Teknik memukul lob adalah teknik memukul bola dengan arah bola melambung ke arah lawan. Teknik pukulan ini dilakukan bertujuan untuk membuat lawan kesulitan mengembalikan bola ke arah pertahanan sehingga pemain bisa mendapatkan poin.

Teknik pukulan spin adalah teknik pukulan dimana posisi bet biasanya dimiringkan sedikit. Teknik pukulan spin ini adalah salah satu teknik pukulan yang digunakan untuk menyerang lawan selain teknik pukulan smash. Terdapat tiga jenis teknik pukulan spin yaitu pukulan topspin, sidespin, dan backspin.

Teknik pukulan ini adalah teknik dimana pemain memukul bola dengan keras dan tajam. Tujuan penggunaan teknik ini adalah untuk menyerang dan mematikan lawan. Bersama dengan teknik pukulan spin, teknik pukulan smash ini adalah salah satu kunci untuk dapat membuat lawan kewalahan dalam permainan tenis meja.

Demikian jenis-jenis teknik pukulan dalam permainan tenis meja. Pelajari dengan benar hingga bisa melakukannya dengan baik. Nah, jika anda sudah mampu menguasai tekniknya dengan betul maka tentu akan lebih menikmati setiap permainan yang dilakoninya. Selamat berolahraga semoga bermanfaat.

Untuk kamu yang baru memulai memainkan olahraga tenis meja, ada baiknya kamu mengetahui, memahami, serta mampu melakukan tujuh macam teknik dasar tenis meja dalam pukulan olahraga tersebut.

Baca Juga :   Bagaimanakah jika seseorang dalam keadaan sakit di bulan ramadhan

Bila kamu sudah mampu melakukannya dengan baik, maka kemampuan kamu akan semakin meningkat, bukan tidak mungkin kamu akan menjadi pemain professional.

Teknik dasar pukulan tenis meja yang perlu para pemain kuasai adalah service di mana gerakan ini adalah gerakan dari teknik dasar tenis meja dalam memukul bola (pemberian bola pertama) ke permainan. Caranya adalah dengan memantulkan bola ke meja service lebih dulu yang kemudian pemain memukulnya dengan bet dan bola pun harus melalui atas net sampai akhirnya terjadi pantulan pada area meja lawan.

Baca juga 5 Perlengkapan Tenis Meja yang Harus Kamu Punya

Ada beberapa teknik dasar tenis meja dalam pukulan service yang bisa diketahui dan dipelajari, diantaranya backhand backspin, forehand topspin, dan backhand topspin.

Pada teknik dasar tenis meja, ada pukulan dasar yang wajib untuk dikuasai setiap pemainnya yang dikenal dengan istilah push. Push ini adalah gerakan mendorong di mana sikap bet yang dipegang dalam kondisi terbuka. Tujuan teknik pukulan push dalam tenis meja ini adalah untuk mengembalikan pukulan push dan chop yang dilakukan lawan.

Perlu diketahui bahwa teknik dasar tenis meja untuk pukulan bernama push ini adalah hasil perkembangan dari pukulan block dengan sejumlah kelebihan yang lebih banyak daripada teknik dasar pukulan tenis meja lain. Ada 2 jenis pukulan push yang sangat perlu menjadi perhatian para pemain untuk dikuasai dengan baik, yaitu backhand push dan forehand push.

Teknik dasar tenis meja untuk pukulan yang satu ini dilakukan dengan memukul seperti seseorang yang tengah menebang pohon menggunakan kapak, maka dari itu dinamakan chop. Chop merupakan jenis teknik dasar pukulan tenis meja yang biasanya dipakai untuk mengembalikan pukulan bola yang beragam dari lawan dan pukulan bola yang sulit untuk menangkisnya. Seperti pada teknik pukulan push, chop pun memiliki dua jenis pukulan yang sebaiknya dikuasai dengan benar oleh setiap pemain tenis meja, yaitu backhand chop dan forehand chop.

Baca juga 5 Pilihan Merek Bet Tenis Meja untuk Pemula

Teknik dasar tenis meja untuk pukulan lainnya yang perlu dan wajib untuk para pemain tenis meja kuasai adalah drive. Tekink pukulan drive biasanya menghasilan pukulan cepat, keras dan datar. Dalam melakukan pukulan ini, bet bisa digerakkan dari bawah menyerong ke atas namun pastikan sikap bet dalam kondisi tertutup. Hanya saja, ada perubahan posisi bet yang kerap terjadi saat melakukan pukulan jenis ini sebagai efek dari pergerakan pergelangan tangan.

Karena hal tersebut, biasanya pemain juga kemudian akan kesulitan ketika kontak dengan bola. Pukulan drive merupakan teknik dasar tenis meja yang berkelebihan banyak, seperti misalnya terbangnya bola (tinggi rendahnya) bisa dikuasai, lajur bola (cepat lambatnya) bisa dikendalikan, tenaga bola tak terlalu kencang sehingga pemain mampu mengendalikan dengan gampang, serta posisi bola di tiap titik juga gampang dikontrol.

Ada dua jenis teknik dasar tenis meja untuk pukulan drive yang sangat wajib untuk dilatih dan dikuasai oleh para pemain seperti chop dan juga push, yaitu backhand drive dan forehand drive.

Semua orang pasti pernah mendengar istilah ini yang biasanya memang lebih dikenal pada teknik permainan bulu tangkis. Namun sebenarnya, dalam permainan tenis meja pun kita juga mengenal teknik dasar tenis meja untuk pukulan smash.

Baca Juga :   Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam membuat Surat izin usaha PERDAGANGAN adalah

Baca juga 5 Bet Tenis Meja Terbaik untuk Gaya Bermain All-round

Teknik dasar tenis meja ini adalah gerakan memukul secara tajam dan keras ke arah lawan dan pada umumnya dilakukan dengan tujuan mengeksekusi bola yang dikembalikan secara tinggi atau bola lambung entah di belakang atau atas meja. Dengan pukulan ini jugalah para pemainnya mampu menghasilkan poin yang berujung pada kemenangan.

Teknik dasar tenis meja untuk pukulan yang satu ini adalah gerakan untuk menghentikan bola di mana sikap bet pada kondisi tertutup. Penggunaan blok juga biasa dipakai sebagai proses pengembalian bola drive atau bola topspin. Seperti teknik dasar pukulan tenis meja lainnya, blok juga memiliki dua teknik dasar pukulan tenis meja atau cara, yaitu backhand block dan forehand block.

Teknik dasar tenis meja untuk pukulan yang satu ini lebih kepada memukul bola lambung ke daerah lawan supaya meningkatkan kesulitan pada lawan untuk mengembalikan bola pada arah pertahanan. Teknik dasar tenis meja ini cukup ampuh dalam membuat lawan mati kutu, terutama jika lawan melakukan smash dan kamu dapat mengembalikan secara sukses dengan teknik dasar tenis meja untuk pukulan ini.

Teknik pukulan ini juga dikenal sebagai teknik dasar pukulan tenis meja bertahan penuh yang biasanya dipakai untuk menghadapi pukulan smash yang dilakukan oleh lawan. Lob yang benar dan baik adalah lob dengan ketinggian hingga 2-4 meter, lebih pun juga tak masalah.



Ilustrasi pukulan, bulu tangkis. (Gambar oleh Vlad Vasnetsov dari Pixabay)

Bola.com, Jakarta –
Ada beberapa hal yang perlu kamu kuasai saat bermain
bulu tangkis. Terlebih jika kamu ingin menekuninya secara profesional. Satu di antara aspek permainan bulu tangkis yang perlu dimengerti dan dimiliki seorang pemain adalah kemampuan dalam melepaskan pukulan.

Sebab, dalam olahraga
bulu tangkis, teknik memukul sangat berpengaruh terhadap hasil pukulan.

Selain itu, teknik pukulan yang diterapkan sangat penting untuk menentukan strategi permainan yang efektif.

Tidak hanya sekadar memukul kok (shuttlecock) ke arah lawan, kemampuan melepaskan pukulan ini berguna saat seorang pemain terlibat dalam pertandingan agar dapat dengan benar menempatkan kok di area lawan untuk memperoleh angka.

Selain menentukan strategi baik demi mencetak poin, seorang pemain bisa menyusun taktik untuk bertahan dari serangan lawan. Oleh karena itu perlu adanya pengetahuan untuk memahaminya dan tentu saja praktik serta latihan secara disiplin untuk bisa menguasainya.

Berikut ini beberapa penjelasan jenis pukulan
bulu tangkis, yang perlu dikuasai seorang pemain, dikutip dari laman Btrbooks, Senin (26/7/2021).

1. Pukulan Service dalam Permainan Bulu Tangkis

Yang pertama, dikenal sebagai service. Service ialah pukulan yang dilakukan sebagai pembuka atau untuk memulai permainan. Pukulan service ini terbagi atas tiga cara, yakni:

  • Service pendek (short service). Service ini dilakukan dengan cara mengarahkan pukulan ke bagian depan lapangan lawan. Service pendek ini biasanya digunakan dalam nomor ganda.
  • Service panjang (long service). Service panjang atau long service dilakukan dengan cara memukul kok dari bawah, kemudian mengarahkannya ke bagian belakang atas dari lapangan lawan.
  • Flick service memiliki cara seperti service pendek. Bedanya, pada flick service ketika raket hampir menyentuh kok, secara tiba-tiba pergelangan tangan dikibaskan sehingga laju kok menjadi cepat dan arahnya melambung ke bagian belakang daerah service. Flick service ini sering dilakukan dalam nomor ganda.
Baca Juga :   Mengapa perlu menyusun agenda kegiatan dalam merencanakan sebuah pameran



Ilustrasi pukulan, bulu tangkis. (Photo by Muktasim Azlan on Unsplash)

2. Pukulan Lob

Lob merupakan pukulan penting, baik untuk pola pertahanan (defensive) maupun pada pola penyerangan (ofensive). Pukulan ini dapat dilakukan dari bawah kepala (under head lob) maupun dari atas kepala (over head lob). Pukulan ini terbagi menjadi dua macam, yakni:

– Lob serang

Seperti namanya, pukulan lob ini berguna untuk kegiatan penyerangan. Ciri khas dari lob serang adalah pukulannya menjadikan laju kok lebih cepat dan arah lambungannya agak rendah, melewati lawan ke bagian belakang lapangan.

Lob ini dilakukan, semisal ketika pemain lawan sedang hilang keseimbangan atau mengalami salah posisi, atau terpaksa bergerak maju mengejar sebuah drop yang dilancarkan. Pukulan lob serang ada dua jenis cara, yaitu lob serang dari atas dan lob serang dari bawah.

Lob serang dari atas dilakukan dengan pemukulan kok diambil dari bagian depan di atas kepala, rendah, dan cepat. Sedangkan lob serang dari bawah dilakukan dengan pemukulan kok diambil dari bagian bawah, rendah, dan juga cepat.

– Lob penangkis

Pukulan lob penangkis bertujuan mempertahankan serangan atau menangkis serangan. Ciri khas dari lob ini, yaitu pada pukulan kok yang dilambungkan tinggi dan jauh sampai bagian belakang lapangan lawan.

Dengan lambungan kok yang tinggi dan jauh, keuntungan yang diperoleh adalah adanya lebih banyak waktu atau kesempatan untuk memperbaiki posisi. Makin tinggi lambungan kok, makin lama kok melayang di udara sehingga makin banyak pula waktu untuk memperbaiki posisi.

Di sisi lain, juga bisa makin membuat lawan kesulitan serta kelelahan. Sebab, di bagian belakang lapangan itulah lawan akan menjadi tidak begitu berbahaya.

Tak ubahnya lob serang, pada lob penangkis terdapat dua cara, yaitu dari bawah dan dari atas. Lob penangkis dari atas dilakukan dengan memukul kok dari depan di atas kepala. Sedangkan lob penangkis dari bawah dilakukan dengan memukul kok dari bawah.

3. Pukulan Drive

Pukulan drive, biasa digunakan untuk memberi tekanan pada lawan, dan agar lawan tidak punya kesempatan menyerang dengan pukulan overhead. Dilakukan ketika kok datang mendatar atau ketika pukulan overhead tidak mungkin lagi dilakukan.

Pukulan ini dapat mempercepat tempo permainan dengan kok diluncurkan rendah dan rata dengan net. Selain itu, pukulan drive dapat mengacaukan posisi lawan.

4. Pukulan Dropshot

Pukulan ini dilakukan untuk mengarahkan kok secepatnya dan sedekat mungkin dengan net pada lapangan lawan. Pukulan dropshot harus diupayakan agar kok jatuh tajam ke bawah.

Dropshot dilakukan ketika posisi kok di puncak ketinggiannya dan jangan sampai kok turun di bawah net. Dropshot juga dapat dilakukan dengan dua cara, dari atas dan dari bawah.

5. Pukulan Smash

Smash adalah pukulan yang cepat, keras, menukik, dan masuk tajam ke lapangan lawan. Pukulan smash sama dengan pukulan lob. Bedanya, pada lob kok dipukul ke atas, namun pada smash, kok dipukul tajam ke bawah.

Sumber:
Btrbooks.com

Sebutkan 4 jenis pukulan smash pada permainan tenis meja

Posted by: pskji.org