Bagaimana tumbuhan yang berfungsi untuk menyerap air dan mineral dari dalam tanah disebut?

Bagaimana tumbuhan yang berfungsi untuk menyerap air dan mineral dari dalam tanah disebut?

Jakarta

Akar
merupakan salah satu organ penting pada tumbuhan yang memiliki berbagai fungsi dan struktur. Akar tumbuhan dibentuk dari beberapa jaringan yang berbeda. Umumnya, akar berkembang di bawah permukaan tanah. Namun ada juga pada beberapa tumbuhan yang akarnya tumbuh di udara.

Berdasarkan asal akarnya, akar tumbuhan dibagi menjadi dua, yaitu akar primer dan akar liar. Akar primer adalah akar yang mulai tumbuh sejak tumbuhan masih dalam fase embrio, dan terus ada selama tumbuhan masih hidup. Sedangkan, akar liar muncul dari batang, daun, dan jaringan lainnya, yang sifatnya bisa dapat bersifat permanen maupun temporer.

Menurut modul Biologi Kemdikbud Kelas XI, Saifullah, S.Pd pada tumbuhan tingkat tinggi yakni dikotil dan monokotil, akarnya sudah merupakan
akar
sejati yang berasal dari akar utama atau lembaga yang disebut radikula akar.

Secara umum, tumbuhan dikotil punya
akar
tunggang, dengan batas antara ujung akar dan tudung akar yang tidak jelas. Sementara itu, akar pada tumbuhan monokotil berupa
akar
serabut, dengan batas yang tampak jelas.

Fungsi Akar

Fungsi akar adalah :

  • Menyokong dan mengikat tubuh tumbuhan pada tanah.
  • Sebagai tempat untuk menyimpan cadangan makanan.
  • Menyerap air dan garam-garam mineral yang terlarut oleh rambut akar.
  • Sebagai alat perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan.

Struktur Bagian Akar

Struktur akar terbagi menjadi dua, yaitu struktur dalam akar (anatomi) dan struktur luar akar (morfologi). Berikut adalah penjelasan struktur dan bagian akar tumbuhan:

Struktur dalam
akar
terdiri atas epidermis, korteks, endodermis, dan silinder pusat (stele).

  1. Epidermis akar merupakan bagian akar yang terdiri atas selapis sel yang tersusun rapat, dengan dinding sel yang mudah dilewati air, oleh karena itu disebut juga dengan epiblem atau lapisan pilifer. Rambut akar yang terbentuk dari beberapa bagian sel epidermis akan melakukan pemanjangan ke arah lateral dari dinding luarnya.
  2. Korteks letaknya berada di bawah epidermis, yang sebagian besar dibangun oleh jaringan parenkim, kolenkim, dan sklerenkim. Korteks memiliki fungsi sebagai tempat untuk menyimpan makanan. Sel-sel korteks tersusun renggang, sehingga banyak ruang antar-sel yang melakukan pertukaran gas. Dinding sel-selnya yang berdiferensiasi menjadi eksodermis, dari penebalan oleh zat suberin berada pada lapisan terluar korteks. Sedangkan, lapisan terdalamnya berdiferensiasi menjadi endodermis.
  3. Endodermis merupakan lapisan pemisah korteks dengan silinder pusat. Pada bagian ini sel-sel yang tersusun akan mengalami penebalan dari zat gabus (suberin) dan lignin, sehingga membentuk pita caspary. Penebalan dinding sel yang terjadi pada pita Caspary akan membentuk huruf U.
  4. Silinder pusat merupakan bagian terdalam dari
    akar, yang terdiri atas berbagai macam jaringan perisikel (lapisan terluar dari stele), berkas/jaringan pengangkut (terletak di sebelah dalam perisikel, terdiri dari xilem dan floem), dan empulur (bagian terdalam terdiri dari parenkim).
Baca Juga :   Apa yang harus di perhatikan dalam presentasi tentang metode spiral

Struktur luar bagian akar meliputi leher akar, batang akar, cabang akar, serabut akar, rambut akar, dan tudung akar.

  1. Leher
    akar
    adalah bagian yang bersambungan dengan pangkal batang.
  2. Batang akar adalah bagian yang terletak antara leher akar dan ujung akar.
  3. Cabang akar adalah bagian yang secara langsung bersambungan dengan pangkal batang, tetapi keluar dari akar pokok.
  4. Serabut akar adalah bagian berbentuk serabut dari cabang-cabang akar yang halus.
  5. Rambut/bulu akar adalah bagian dari lapisan epidermis akar perluasan permukaan yang berfungsi untuk mengoptimalkan penyerapan air dan mineral-mineral hara.
  6. Tudung akar (kaliptra) merupakan struktur akar terbilang sangat kuat, karena mempu untuk menerobos beberapa lapisan tanah yang keras. Letaknya berada paling ujung akar menembus tanah, yang berfungsi melindungi akar dari kerusakan mekanis. Sel kaliptra ada yang mengandung butir-butir amilum yang disebut kolumela. Kaliptra dapat ditemukan pada akar-akar tumbuhan dikotil maupun monokotil.

Detikers, yang perlu kalian tahu bahwa ternyata akar pada umumnya memiliki struktur jaringan dalam yang relatif sama dengan batang tumbuhan.

Keduanya memiliki silinder pusat dengan korteks, epidermis, xilem dan floem. Perbedaan antar keduanya terletak pada struktur berkas pengangkutnya. Tipe berkas pengangkut
akar
adalah radial, sedangkan batang tipe berkas pengangkutnya adalah kolateral.

Simak Video “Kreasi Patung Beraneka Ekspresi Berbahan Limbah Akar Bambu, Ngawi

(pal/pal)

Dhafi Quiz

Find Answers To Your Multiple Choice Questions (MCQ) Easily at cp.dhafi.link. with Accurate Answer. >>

Ini adalah Daftar Pilihan Jawaban yang Tersedia :

Jawaban terbaik adalah
B. akar.

Dilansir dari guru Pembuat kuis di seluruh dunia. Jawaban yang benar untuk Pertanyaan❝Bagian tumbuhan yang berfungsi untuk menyerap air, unsur hara dan mineral dari dalam tanah adalah . . . .❞
AdalahB. akar.
Saya Menyarankan Anda untuk membaca pertanyaan dan jawaban berikutnya, Yaitu Bagian bunga yang bertindak sebagai alat kelamin betina adalah … dengan jawaban yang sangat akurat.

Baca Juga :   Cara mengubah tema whatsapp menjadi iphone tanpa aplikasi

Klik Untuk Melihat Jawaban

Kuis Dhafi Merupakan situs pendidikan pembelajaran online untuk memberikan bantuan dan wawasan kepada siswa yang sedang dalam tahap pembelajaran. mereka akan dapat dengan mudah menemukan jawaban atas pertanyaan di sekolah. Kami berusaha untuk menerbitkan kuis Ensiklopedia yang bermanfaat bagi siswa. Semua fasilitas di sini 100% Gratis untuk kamu. Semoga Situs Kami Bisa Bermanfaat Bagi kamu. Terima kasih telah berkunjung.

Tumbuhan umbi kayu singkong – Mengenal Bagian Tumbuhan dan Fungsinya: Akar, Daun, Bunga, Batang, dan Buah.

TRIBUNNEWS.COM –
Tak hanya manusia, tumbuhan juga memiliki organ penting yang membantu kelangsungan hidupnya.

Bagian-bagian tumbuhan tersebut, di antaranya akar, bunga, daun hingga buah.

Tiap bagian memiliki fungsi, namun tidak semua tumbuhan memiliki bagian yang sama.

Dalam artikel ini, terdapat bagian-bagian tumbuhan secara umum dan fungsinya.

Diketahui, tumbuhan juga bermanfaat bagi manusia karena menghasilkan gas oksigen untuk bernapas.

Lantas, apa saja bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya?

Hamparan bunga teratai di Danau Teratai atau Rana Tonjong, Manggarai Timur. Mengenal Bagian Tumbuhan dan Fungsinya: Akar, Daun, Bunga, Batang, dan Buah. (KOMPAS.com/Markus Makur)

Berikut ini bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya, dilansir Tribunnews.com dari Buku Tematik Tema 3 Kelas 4  SD dan Kompas.com:

Akar

Akar merupakan bagian tumbuhan yang umumnya berada di dalam tanah.

Untuk beberapa jenis tumbuhan, akar juga terdapat di atas tanah bahkan menggantung.

Akar berfungsi untuk menyerap air dan garam mineral dari dalam tanah, menambatkan tubuh tumbuhan dalam tanah. Selain fungsi utama tersebut, tumbuhan juga mengalami modifikasi struktur dan fungsi. Berikut ini merupakan pernyataan yang benar mengenai modifikasi pada akar yaitu?

  1. Pada benalu, akar berubah menjadi akar penghisap yang berfungsi untuk menyerap air dan zat makanan dari inangnya
  2. Pada tumbuhan bakau, akar termodifikasi menjadi akar banir yang berfungsi untuk menopang tubuh tumbuhan
  3. Pada tanaman sirih, akar termodifikasi menjadi akar pembelit untuk membelit inangnya
  4. Pada tanaman kentang akar termodifikasi menjadi umbi akar sebagai tempat cadangan makanan.
  5. Semua jawaban benar
Baca Juga :   Berikut yang bukan termasuk reaksi KIMIA Senyawa hidrokarbon adalah

Jawaban: A. Pada benalu, akar berubah menjadi akar penghisap yang berfungsi untuk menyerap air dan zat makanan dari inangnya

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, akar berfungsi untuk menyerap air dan garam mineral dari dalam tanah, menambatkan tubuh tumbuhan dalam tanah. selain fungsi utama tersebut, tumbuhan juga mengalami modifikasi struktur dan fungsi. berikut ini merupakan pernyataan yang benar mengenai modifikasi pada akar yaitu pada benalu, akar berubah menjadi akar penghisap yang berfungsi untuk menyerap air dan zat makanan dari inangnya.

Kemudian, saya sangat menyarankan anda untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu
Rambut Atau bulu akar hanya terdapat pada bagian akar yang masih muda yang merupakan penonjolan atau diferensiasi dari jaringan?
beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap.

Bagaimana tumbuhan yang berfungsi untuk menyerap air dan mineral dari dalam tanah disebut?

Posted by: pskji.org