Apa yang akan terjadi apabila ancaman-ancaman militer tidak dapat ditanggulangi oleh negara kita

Apa yang akan terjadi apabila ancaman-ancaman militer tidak dapat ditanggulangi oleh negara kita

Teman kita, St. Maisyaroh mengirim pertanyaan baru di Blajar.web.id.

Pertanyaannya adalah:
Apa yang akan terjadi apabila ancaman non militer tidak dapat ditanggulangi oleh negara kita ?

Apa yang akan terjadi apabila ancaman non militer tidak dapat ditanggulangi oleh negara kita ?

PEMBAHASAN & JAWABAN

Silahkan baca pembahasan dan jawaban atas pertanyaan Apa yang akan terjadi apabila ancaman non militer tidak dapat ditanggulangi oleh negara kita ? di bawah ini.

Pertanyaan yang belum terjawab akan segera mendapatkan ulasan dan pembahasan dari pengunjung lainnya, atau dari Kelas Blaajar.com.

Anda juga bisa berpartisipasi memberikan tanggapan atau jawaban atas pertanyaan “Apa yang akan terjadi apabila ancaman non militer tidak dapat ditanggulangi oleh negara kita ?” ini.

Jangan takut berbagi meskipun itu masih kurang benar. Di Blaajar.com, kita saling belajar dan memberikan masukan secara bersama-sama.

Dengan turut memberikan jawaban atau tanggapan atas pertanyaan Apa yang akan terjadi apabila ancaman non militer tidak dapat ditanggulangi oleh negara kita ?, kamu telah ikut membantu St. Maisyaroh mendapatkan jawaban yang dibutuhkannya.

Ilustrasi. Pembahasan Soal PKN Kelas 11 SMA Halaman 158 166 BAB 5 /PIXABAY/ibnuamaru

RINGTIMES BALI –
Simak pembahasan soal tentang prediksi ancaman di bidang pertahanan keamanan dan integrasi nasional dalam artikel berikut ini.

Dalam pembelajaran dan pembahasan soal PKN kelas 11 halaman 158, 166 BAB 5, siswa diminta menjawab soal tentang prediksi ancaman di bidang pertahanan keamanan dan integrasi nasional.

Pembahasan soal dalam artikel ini diharapkan bisa memudahkan siswa kelas 11 dalam mengerjakan tugas PKN halaman 158, 166 pada BAB 5.

Baca Juga :   Apa saja contoh pendapatan daerah minimal 5?

Baca Juga: Ala Ayuning Dewasa 29 Januari 2022, Jangan Melakukan Kegiatan yang Tidak Penting

Berikut penjabarannya dikutip dari Buku PKN Kelas 11 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 terbitan Kemdikbud:

>

Tugas Mandiri 5.3

Nah, setelah membaca uraian materi di atas, coba kalian prediksikan apa yang akan terjadi apabila ancaman-ancaman di bidang pertahanan dan keamanan tidak dapat ditanggulangi oleh negara kita. Tuliskan prediksi kalian di bawah ini.

Prediksi : mendirikan negara berarti pemerintah dan segenap rakyat harus siap untuk menjaga dan mempertahankan negara dari berbagai ancaman baik itu ideologi, ekonomi, politik, sosial budaya, dan pertahanan keamanan.

Dari berbagai bentuk ancaman tersebut yang paling merusak adalah ancaman pertahanan keamanan. Untuk itu jika terjadi serangan militer dari negara lain akan muncul kemungkinan, kita akan bertahan atau kalah.

Ancaman di bidang pertahanan dan keamanan bisa memberikan beragaman dampak bagi kehidupan suatu negara.

adjar.id
– Ancaman di bidang pertahanan dan keamanan bisa datang dengan beragam bentuk, tapi umumnya berupa
ancaman militer.

Ancaman militer sendiri adalah ancaman yang menggunakan kekuatan bersenjata dan terorganisasi yang dinilai memiliki kemampuan berbahaya bagi kedaulatan negara.

Dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas 11 edisi revisi 2017 terdapat soal pada Tugas Mandiri 5.3 di halaman 158.

Pada soal tersebut kita diminta untuk memprediksi apa yang akan terjadi apabila ancaman-ancaman di bidang pertahanan dan keamanan tidak dapat ditanggulangi oleh negara.

Nah, kali ini kita akan membahas soal materi PPKn kelas 11 SMA tersebut. Pembahasan soal ini nantinya bisa Adjarian jadikan sebagai salah satu bahan referensi.

Bentuk-bentuk ancaman militer di bidang pertahanan dan kemanan bisa berupa agresi atau invasi, pemberontakan bersenjata, pelanggaran wilayah, spionase, aksi teror, dan lain sebagainya.

Baca Juga :   Berikan contoh asam kuat, asam lemah,basa kuat, dan basa lemah yang ada di sekitarmu!(minimal 3)

Berbagai ancaman tersebut memerlukan perhatian yang lebih dari suatu negara, karena jika tidak maka bisa menggangu keutuhan dan kedaulatan suatu negara, Adjarian.

Lalu, apa saja yang akan terjadi jika ancaman tersebut tidak dapat ditanggulangi oleh negara?

Berikut pembahasannya.


Baca Juga: Strategi Menghadapi Ancaman di Bidang Pertahanan dan Keamanan dalam Integrasi Nasional


Page 2

Ancaman di bidang pertahanan dan keamanan bisa memberikan beragaman dampak bagi kehidupan suatu negara.
(pxhere)

Ancaman di Bidang Pertahanan dan Keamanan yang Tidak Dapat Ditanggulangi

Ancaman di bidang pertahanan dan keamanan bisa berbentuk agresi, pelanggaran wilayah, pemberontakan bersenjata, sabotase, spionase, aksi teror bersenjata, dan lainnya.

Ancaman ini menjadi salah satu hal yang membahayakan jika tidak ditanggulangi karena ancaman di bidang pertahanan dan keamanan bentuknya militer.

Ancaman militer merupakan bentuk ancaman yang dilakukan dengan menggunakan kekuatan bersenjata dan terorganisasi dengan baik.

Sehingga, bisa membahayakan keutuhan, kedaulatan, dan keselamatan suatu negara, Adjarian.

Jika sampai terjadi ancaman militer ini maka suatu negara bisa mengalami kehancuran, baik dari segi sumber daya manusia maupun infrastruktur.

Selain itu, ancaman ini juga bisa memengaruhi bidang-bidang lainnya, seperti ekonomi, ideologi, sosial budaya, dan politik.

Hal inilah yang kemudian akan memengaruhi kehidupan masyarakat secara luas di dalam negara yang mendapat ancaman di bidang pertahanan dan kemanan.

Masyarakat negara juga akan merasa tidak aman dan ketakutan dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari.

Baca Juga: Jawab Soal Ancaman di Bidang Pertahanan dan Keamanan bagi Integrasi Nasional

Akibatan dari ketakutan dan perasaan tidak aman tersebut ekonomi negara menjadi semakin memburuk.

Hal ini tidak lepas karena berhentinya aktivitas perekonomian karena masyarakat yang merasa tidak aman dan adanya serangan dari negara lain.

Baca Juga :   apa perbedaan hiragana dan katakana

Sehingga, pengangguran di negara tersebut akan semakin banyak yang dampaknya angka kriminalitas juga akan semakin bertambah.

Selain itu, ketidakmampuan pemerintah dalam menanggulangi ancaman tersebut juga membuat kepercayaan masyarakat semakin berkurang.

Masyarakat pada akhirnya akan menggelar demo untuk mengkritik pemerintah dan bahkan bisa sampai terjadi tindakan anarkis.

Nah, itulah gambaran mengenai dampak ancaman di bidang pertahanan dan keamaan yang tidak dapat ditanggulangi, pembahasan soal Tugas Mandiri 5.3 di halaman 158.

Klik pada judul artikel berikut ini untuk membaca penjelasan seputar coba prediksikan apa yang akan terjadi apabila ancaman ancaman dibidang pertahanan dan keamanan tidak dapat ditanggulangi oleh negara kita. Semoga bermanfaat untuk kamu ya.








Apa yang akan terjadi apabila ancaman-ancaman militer tidak dapat ditanggulangi oleh negara kita

Posted by: pskji.org