Mengapa teks biografi tergolong teks narasi dan cerita ulang jelaskan

Mengapa teks biografi tergolong teks narasi dan cerita ulang jelaskan


1. Apa yang membedakan teks biografi dengan teks lainnya ?


2. Langkah awal menyusun teks biografi adalah?


3. Dalam teks biografi berisi informasi informasi apa saja?


4. Apakah teks biografi dapat digolongkan ke dalam teks narasi faktual?


5. Jelaskan apakah teks biografi termasuk ke dalam cerita ulang dan apa manfaatnya?


6. Apakah yang dimaksud orientasi dalam teks biografi?


7. Apakah teks biografi termasuk teks eksplanasi?


8. Apa yang dimaksud reorientasi dalam teks biografi?

9. Jelaskan perbedaan antara biografi singkat dengan biografi panjang!


10. Mengapa saat ini penyajian biografi ditulis secara kronologis!


11. Jelaskan pengertian biografi berdasarkan kata dasarnya!


12. Apa struktur teks biografi?


13. Unsur kebahasaan apa saja yang terdapat dalam teks biografi?


14. Apakah kata majemuk termasuk unsur unsur kebahasaan dalam teks biografi?


15. Mengapa teks biografi termasuk teks narasi?

16. Tuliskan ciri-ciri dari teks biografi!


17. Siapa saja yang dapat diceritakan dalam teks biografi? Jelaskan dengan bahasamu sendiri dengan singkat!


18. Jelaskan tentang jenis-jenis biografi!


19. Tuliskan hal-hal yang harus diperhatikan dalam penulisan teks biografi !


20. Tuliskan manfaat yang diambil dari sebuah biografi!


21. Bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan dalam pembuatan biografi?

22. Tuliskan berbagai unsur kebahasaan yang ada dalam teks biografi!

Kunci Jawaban:

1. Teks biografi berisi Riwayat hidup seseorang dan berdasarkan fakta, sedangkan Teks yang lain tidak berdasar kpd riwayat hidup seseorang


2.Langkah-Langkah Menulis Teks Biografi

1. Menentukan tokoh/seseorang yang akan ditulis kisah hidupnya (dibiografikan).2. Membuat kerangka teks untuk membuat teks biografi.3.Kumpulkan semua informasi tentang tokoh yang akan ditulis. Kalian dapat mendapatkan informasi secara langsung, yakni melalui wawancara. Jika tokoh tersebut sudah meninggal, maka hubungilah sanak saudaranya untuk dimintai informasi. Wawancarailah orang yang benar-benar dekat dengan tokoh saat masih hidup.4. Kumpulkan data pendukung yang akurat. Data tersebut dapat diperoleh dari buku, artikel, media massa, media elektronik, yang mengulas tentang tokoh. Dengan demikian, kalian akan mengetahui pendapat orang lain tentang tokoh dengan sudut pandang yang berbeda.5. Perhatikan dengan baik data dan informasi yang pantas dan tidak pantas untuk dituliskan dalam biografi. Hal ini perlu diperhatikan oleh kalian karena jika tidak berhati-hati, kalian dapat mencemarkan nama baik seseorang. Pencemaran nama baik tersebut dapat terjadi jika informasi atau data yang ditulis dalam biografi tidak sesuai dengan diri tokoh.6. Tulislah biografi dengan memahami informasi dan data yang sudah tersedia.

3.Teks biografi memuat informasi berdasarkan fakta pada tokoh yang diceritakan dalam bentuk narasi. – Memuat sebuah fakta pengalaman hidup suatu tokoh dalam memecahkan masalah-masalah sampai pada akhirnya sukses, sehingga patut menjadi teladan. -Memiliki struktur yang jelas.


4.Teks cerita ulang biografi termasuk ke dalam jenis teks cerita ulang faktual (factual recount) karena teks tersebut mengisahkan atau menceritakan kembali kejadian di masa lalu berdasarkan pengalaman orang lain.


5.Karena teks biografi menceritakan kembali pengalaman masa lalu secara kronologis dengan tujuan untuk memberi informasi, atau menghibur pembacanya, atau bisa keduanya.


6.Yang di maksud orientasi adalah tentang pengenalan tokoh tersebut dengan kenyataan yang ada atau fakta


7.Bukan, karena teks biografi menceritakan perjalanan hidup seseorang yang dapat memotivasi pembacanya. Sedangkan teks eksplanasi ilmiah adalah teks yang menjelaskan suatu proses yang bersifat ilmu pengetahuan alam


8.Reorientasi, komentar pribadi penulis terhadap cerita yang ditulisnya.

9. Untuk biografi singkat hanya menjelaskan tentang fakta-fakta dari kehidupan seseorang serta peran pentingnya. Adapun untuk biografi panjang meliputi berbagai informasi bersifat penting, tetapi dikisahkan lebih detail serta dituliskan dengan gaya cerita yang baik.

10. Penyajian biografi saat ini, biasanya ditulis secara kronologis. Berdasarkan hal tersebut berarti teks biografi termasuk teks naratif yang tergolong pada teks marko. Sebagai teks makro, teks biografi memiliki struktur teks yang tidak harus sama, bergantung pada bagaimana penulis menyampaikan gambaran tentang tokoh dan pristiwa yang dialaminya.

11. Biografi berasala dari bahasa Yunani, bios berarti hidup dan graphien berarti tulis. Berdasarkan kata dasarnya tersebut, biografi dapat diartikan sebagai sebuah tulisan yang membahas tentang kehidupan seseorang.

12. Terdapat 3 struktur teks biografi yang harus diterapkan yaitu orientasi, kejadian penting, serta reorientasi. Bagian ini berisi informasi mengenai latar belakang kisah atau peristiwa yang akan diceritakan selanjutnya untuk membantu pendengar maupun pembaca.

Baca Juga :   Selimut sebuah kerucut berbentuk persegi panjang lingkaran juring busur

13. Biografi merupakan riwayat hidup seseorang atau tokoh yang ditulis oleh orang lain. Dalam sebuah teks biografi terdapat beberapa unsur kebahasaan yang membangun teks tersebut. Unsur-unsur kebahasaan yang terdapat dalam teks biografi antara lain kata hubung, rujukan kata, waktu, aktivitas dan tempat, dan kata kerja.

14. Berikut ini termasuk unsur-unsur kebahasaan dalam teks biografi, kecuali kata majemuk. Unsur kebahasaan dengan standar tertentu membuat teks biografi menjadi enak untuk dibaca. Teks biografi dibuat berdasarkan fakta dari pengalaman hidup seseorang dalam tokoh narasi tersebut.

15. Teks biografi adalah teks yang didalamnya menceritakan kehidupan atau pengalaman seseorang biasanya seorang tokoh terkenal, oleh karena itu dikatakan teks narasi.

16.

a. Biografi memiliki struktur yang terdiri atas orientasi, peristiwa atau masalah, serta reorientasi.b. Biografi memuat informasi berupa fakta serta disajikan dalam bentuk narasi.c. Fakualnya (fakta) berdasarkan pengalaman hidup seseorang yang dicertakan dalam tokoh biografi tersebut.

17. Biografi dapat mengisahkan tentang kehidupan seseorang tokoh penting atau terkenal maupun tidak terkenal. Namun, kebanyakan biografi bercerita tentang tokoh sejarah, tokoh idola, dan sebagainya.

18. Penulisan biografi dapat berbentuk hanya beberapa baris kalimat, bahkan dalam bentuk buku. Untuk jenis biografi singkat hanya menjelaskan tentang fakta-fakta daru kehidupan seseorang serta peran pentingnya, tetapi dikisahkan lebih detail serta dituliskan dengan gaya cerita yang baik.

19.

a. Mengandung keaslian (autentik) sesuai dengan peristiwa sebenarnya dilengkapi bukti yang akurat.b. Memberikan gambaran utuh tentang kepriadian tokoh dengan cara menguraikan secara seimbang antara kelebihan dan kekurangannya, meliputi prestasi yang pernah diraih, pengorbanan yang dilakukan, jasa yang pernah disumbangkan kepada bangsa dan negara, juga kebiasaan kurang baik yang dimiliki.c. Disajikan dalam bentuk wacana yang indah berupa gabungan antara narasi dan deksripsi.d. Menggunakan pola penulisan utuh dan berkesinambungan meskipun di dalamnya terdiri atas bagian-bagian cerita yang terpisah.

20. Manfaat biografi yaitu dapat meneladani sikap dan perilaku tokoh, mempelajari makna hidup, dan mencontoh keberhasilan hidup tokoh.

21.

a. Bahan utama berupa benda-benda, seperti buku harian, suarat-surat, kliping koran, dan sebagainya.b. Bahan pendukung berupa biografi lain, buku referensi atau sejarah yang memaparkan peranan orangdalam biogarfi tersebut, dan sebagainya.

22. Unsur- unsur kebahasaan yang ada dalam teks biografi, antara lain kata hubung, rujukan kata, waktu, aktivitas, tempat, dan kata kerja.

Pengertian Teks Cerita Ulang, Jenis, Ciri, Struktur dan Contoh
adalah sebuah teks yang menceritakan kepada pembaca mengenai sebuah cerita, aksi, atau aktivitas lampau

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Materi Teks Prosedur

Pengertian Teks Cerita Ulang

Teks Cerita ulang adalah sebuah teks yang menceritakan kepada pembaca mengenai sebuah cerita, aksi, atau aktivitas
lampau. Tujuan komunikatifnya adalah melaporkan peristiwa, kejadian, atau kegiatan yang terjadi pada waktu lampau dalam sebuah urutan secara kronologis untuk menghibur atau memberikan informasi kepada pembaca.

Peta Konsep

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Contoh Teks Eksplanasi : Pengertian, Struktur, Ciri, Kaidah Kebahasaan

Jenis dan Ciri Teks Cerita Ulang

Jenis Teks Cerita Ulang

Ada banyak jenis teks cerita ulang, diantaranya yaitu:

  1. Teks Berita.
  2. Cerita Pengalaman.
  3. Biografi.
  4. Autobiografi.

Ciri-ciri Cerita Ulang

  • Bersifat faktual/imajinatif.
  • Menceritakan peristiwa masa lalu.
  • Menggunakan banyak pilihan kata yang menunjukkan kronologi dari suatu kejadian.
  • Menceritakan seorang tokoh/ terfokus pada obyek tertentu.
  • Menceritakan kejadian-kejadian yang bisa kita amati.
  • Menceritakan waktu dan tempat kejadian.
  • Disusun secara kronologis.
  • Memaparkan kesan dan kesimpulan pada akhir paragraf.

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Teks Eksposisi : Pengertian, Contoh, Ciri, Jenis, Struktur, Kaidah

Struktur Teks Cerita Ulang

  1. Orientasi (Pengenalan)
    Yaitu memberikan informasi tentang siapa, di mana, dan kapan peristiwa atau kegiatan terjadi di masa lampau.
  2. Peristiwa (kejadian)
    Yaitu rekaman peristiwa yang terjadi, yang biasa disampaikan dalam urutan kronologis, seperti “pada hari pertama, saya …, dan pada hari berikutnya, saya …, dan pada hari terakhir, saya …”. Di bagian events ini juga biasanya terdapat komentar pribadi tentang peristiwa atau kejadian yang diceritakan.
  3. Reorientasi (Pengulangan Pengenalan)
    Terdapat pengulangan pengenalan yang ada di orientasi, pengulangan yang merangkum rentetan peristiwa, kejadian atau kegiatan yang diceritakan.
Baca Juga :   Apa tujuan pembelajaran peluang dalam kehidupan sehari-hari

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Teks Prosedur Kompleks – Pengertian, Tujuan, Struktur, Kaidah, Verba, Konjungsi, Contoh

Kaidah Kebahasaan Teks Cerita Ulang

Ciri kebahasaan yang umum dalam Teks Cerita Ulang adalah penggunaan konjungsi subordinatif waktu dan verba tingkah laku.

  1. Menggunakan kata yang menunjukkan apa, dimana, kapan, siapa, mengapa, bagaimana.
  2. Menggunakan verba tingkah laku (sikap yang benar-benar dilakukan)
  3. Menggunakan keterangan waktu lampau.
  4. Menggunakan kata yang menunjukkan tempat dan waktu spesifik.

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Teks Editorial, Tujuan, Struktur, Fungsi, dan Contohnya

Macam dan Jenis Teks Cerita Ulang

Cerita Ulang Personal

Adalah cerita ulang yang melibatkan penulis atau pencerita secara personal didalamnya. Cerita ulang atau personal berfungsi untuk membangun keakraban antara penulis dan pembaca.
Contoh teks cerita ulang personal adalah buku harian, surat pribadi dan percakapan. Cerita ulang personal memiliki ciri-ciri berikut:

  1. Berupa pengalaman personal penulis
  2. Ditulis secara subjektif
  3. Menggunakan kata ganti orang pertama (aku dan kami) dan orang ketiga (dia dan mereka)

Cerita ulang personal personal contohnya surat pribadi yang ditujukan seorang anak kepada ibunya. Dalam surat tersebut, sang anak mengatakan bahwa ia sangat merindukan ibunya.

Cerita Ulang Fakta

Adalah cerita yang merekam suatu peristiwa berdasarkan kenyataan. Contoh cerita ulang fakta adalah catatan sejarah, biografi, autobiografi, laporan penelitian ilmiah dan berita media massa. Cerita ulang fakta memiliki beberapa ciri berikut:

  1. Penulisan waktu dilakukan secara detail untuk memudahkan pembaca memahami urutan suatu peristiwa
  2. Akhir cerita ulang dapat diketahui dari hasil aktivitas atau kejadian, misalnya pada aktivitas ilmiah
  3. Pendeskripsian fakta dilakukan secara detail untuk menyediakan informasi semakin lengkap.

Cerita Ulang Imajinasi

Adalah cerita ulang yang diciptakan berdasarkan pengalaman imajinasi. Contoh cerita ulang imajinasi adalah cerita pendek (cerpen) dan novel. Cerita ulang imajinasi memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Berdasarkan pengalaman atau imajinasi penulis
  2. Menggunakan gaya bahasa tertentu

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : “Teks Diskusi” Pengertian & ( Struktur – Tujuan – Jenis – Contoh )

Cara dan Tips Membuat Cerita Ulang

Cara Membuat Cerita Ulang

  • Membaca teks ulang secara keseluruhan.
  • Mencermati pilihan kata ( diksi ) yang tepat dalam teks cerita ulang.
  • Merangkum isi teks cerita ulang secara menyeluruh.
  • Menentukan jenis teks apa yang digunakan sebagai konversi.
  • Menulis jenis teks apa yang digunakan sebagai konversi.
  • Menulis ulang teks cerita ulang dalam bentuk lain.
  • Merevisi bentuk teks baru jika memungkinkan ada kesalahan.

Tips Dalam Bercerita

  • Bangkitkan rasa ingin tahu pendengar.
  • Bangun imajinasinya, gunakan emosi dan seluruh indra.
  • Masukkan poin secara alami.
  • Ikutkan pendengaran dalam cerita.
  • Bantu pendengar berpikir.

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Teks Anekdot Beserta Contoh

Contoh Teks Cerita Ulang

Henry Guntur Tarigan, dilahirkan pada tanggal 23 September 1933, di Linggajulu, Kabanjahe, Sumatra Utara. Ia menyelesaikan pendidikannya pada Fakultas Keguruan dan llmu Pendidikan Universitas Padjadjaran Bandung (1962). Ia mengikuti Studi Pascasarjana Linguistik di Rijksuniversiteit Leiden, Belanda (1971–1973). Ia meraih gelar Doktor dalam bidang Linguistik pada Fakultas Sastra Universitas Indonesia (1975) dengan disertasi berjudul “Morfologi Bahasa Simalungun”. Karya-karyanya antara lain: Struktur Sosial Masyarakat Simalungun, Morfologi Bahasa Simarungun, Prinsip-prinsip Dasar Puisi, Prinsip-prinsip Dasar Fiksi, Prinsip-prinsip Dasar Drama, Prinsip-prinsip Dasar Kritik Sastra, Penganntar Sintaksis, Bahasa Karo, Sastra Lisan Karo, Percikan Budaya Karo, Psikolinguistik,Tata Bahasa Tagmemik, Linguistik Konstratif, Menyimak (Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa), Berbicara (Suatu Keterampilan Berbahasa), Membaca (Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa), Menulis (Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa), dan Tatarucingan Sunda.

1. Informasi yang kita dapat setelah membaca teks cerita ulang biografi di atas adalah…

  • A. Henry Guntur Tarigan adalah seorang tokoh dalam ilmu bahasa dan sastra.
  • B. Henry Guntur Tarigan menghasilkan empat karya ilmiah.
  • C. Henry Guntur Tarigan meraih gelar Doktor di Rijksuniversiteit Leiden, Belanda (1971–1973).
  • D. Henry Guntur Tarigan lahir di Linggajulu, Kabanjahe, Sumatra Utara.
  • E. Henry Guntur Tarigan lahir di Leiden, Belanda.

2. Konjungsi yang terdapat dalam teks biografi di atas adalah…

  • A. dan, dengan.
  • B. dan, pada.
  • C. dan, dalam.
  • D. dan, disertai.
  • E. dan, antara.

Bacalah teks cerita ulang biografi di bawah ini dengan seksama untuk mengerjakan soal no 3 sampai dengan 4!

Baca Juga :   Kelemahan mesin bensin efi dibanding konvensional adalah

SEKELEBAT RIWAYAT RAMADHAN K.H.

  1. Ia suka dipanggil Tutun oleh keluarganya, dan disapa Atun oleh teman-teman dekatnya. Ia sendiri biasa menuliskan namanya, Ramadhan K.H. semacam kependekan dari Ramadhan Kartahadimadja. Lahir di Bandung, 16 Maret 1927, Ramadhan adalah anak ke tujuh dari sepuluh bersaudara. Ayahnya Rd. Edjeh Kartahadimadja, adalah seorang patih pada masa kekuasaan Hindia Belanda. Ramadhan lahir dari pernikahan Rd. Kartahadimadja dengan istri ketiganya, Sadiah.
  2. Masa kecil Ramadhan dilewatkan di Cianjur, sebuah kota yang dipeluk hawa sejuk, tanah kelahiran pengarang ternama Utuy Tatang Sontani (1918-1978). Dunia Ramadhan serupa bianglala: Ia mengubah puisi dan mengarang novel serta cerita pendek ; ia pernah bekerja sebagai wartawan, mengasuh ruangan kebudayaan, dan hingga kini menjadi penulis lepas; ia menerjemahkan karya-karya sastra mancanegara dan turut aktif membangun jembatan budaya yang menghubungkan Indonesia dengan negeri-negeri asing; ia menyunting sejumlah buku dan pernah turut mengelola lembaga penerbitan; ia pernah ikut aktif dalam pengelolaan organisasi kesenian; ia pun belakangan terkenal sebagai penulis biografi tokoh-tokoh terkemuka Indonesia. Tak diragukan lagi,
  3. Ramadhan K.H. menduduki tempat terpandang di jajaran penulis Indonesia.
    (Dikutip dari buku: Ramadhan K.H. Tiga Perempat Abad)

3. Teks cerita ulang biografi di atas yang termasuk struktur orientasi adalah…

  • A. Paragraf 1.
  • B. Paragraf 2.
  • C. Paragraf 3.
  • D. Paragraf 2 dan 3.
  • E. Paragraf 1 dan 2.

4. Informasi yang kita dapat setelah membaca teks cerita ulang biografi di atas adalah…

  • A. Ramadhan K.H. adalah seorang sastrawan yang lahir di Bandung dan memiliki tiga anak.
  • B. Ramadhan K.H. adalah anak dari Raden Kartahadimadja dari istri ketiganya Sadiah.
  • C. Ramadhan K.H. memiliki nama panjang Ramadhan Kartanegara.
  • D. Ramadhan K.H. adalah seorang sastrawan yang lahir di Bandung dan memiliki tiga istri.
  • E. Ramadhan K.H. adalah sastrawan yang menerjemahkan karya-karya manca negara.

5. Teks cerita ulang biografi di atas yang termasuk struktur urutan peristiwa kehidupan tokoh adalah…

  • A. Paragraf 1.
  • B. Paragraf 2.
  • C. Paragraf 3.
  • D. Paragraf 2 dan 3.
  • E. Paragraf 1 dan 2.

6. Cerita ulang adalah :

  • A. cerita pada masa lalu yang disampaikan berulang-ulang atau diceritakan ulang.
  • B.cerita masa lalu yang diungkapkan kembali dengan tidak beraturan.
  • C. cerita masa lalu yang tidak mementingkan kronologis penceritaan.
  • D. cerita yang diulang kembali pada masa kii tanpa memikirkan benar tidaknya cerita tersebut.
  • E. cerita yang harus diulang pada era abad 20.

7. Ciri-ciri cerita ulang:

  • A. Menceritakan peristiwa pada masa lalu, disusun secara kronologis.
  • B. Menceritakan masalah aktual pada masa lalu.
  • C. Memberikan informasi tentang masa lalu
  • D. Memberikan hiburan pada pembaca
  • E. Berbagi pengalaman pada orang lain.

8. Struktur cerita ulang adalah…

  • A. Oriental – tahapan peristiwa – reorientasi
  • B. Orientasi – event – reoriental
  • C. Orientasi – tahapan peristiwa – reorientasi
  • D. Oriental – event – reoriental
  • E. Pengenalan – tahapan peristiwa – pengulangan kata benda.

9. Proses yang harus dilakukan dalam mengonversi teks cerita ulang sebagai berikut:

  1. merangkum isi teks cerita ulang secara menyeluruh
  2. merevisi bentuk teks baru jika memungkinkan ada kesalahan
  3. menulis ulang teks cerita ulang dalam bentuk lain
  4. membaca teks ulang secara keseluruhan
  5. mencermati pilihan kata (diksi) yang tepat dalam teks cerita ulang
  6. menentukan jenis teks apa yang digunakan sebagai konversi

Urutan diatas belum benar, bagaimana urutan yang benar?

  • A. 4 – 5 – 1 – 6 – 3 – 2
  • B. 4 – 1 – 5 – 2 – 3 – 6
  • C. 4 – 5 – 6 – 1 – 2 – 3
  • D. 4 – 1 – 6 – 5 – 2 – 3
  • E. 4 – 5 – 1 – 3 – 2 – 6

10. Cerita ulang terdiri atas tiga jenis, yaitu…

  • A. Cerita ulang pribadi, cerita ulang faktual, dan cerita ulang imajinatif.
  • B. Cerita ulang pribadi, cerita ulang informasional, dan cerita ulang imajinatif.
  • C. Cerita ulang umum, cerita ulang opini, dan cerita ulang rasional.
  • D. Cerita ulang pribadi, cerita ulang umum, dan cerita ulang informatif.
  • E. Jawaban A dan B benar.

Mungkin Dibawah Ini yang Kamu Cari

Mengapa teks biografi tergolong teks narasi dan cerita ulang jelaskan

Posted by: pskji.org