Sebutkan dan jelaskan 4 sikap yang perlu dihindari dalam kerjasama antar umat beragama

Sebutkan dan jelaskan 4 sikap yang perlu dihindari dalam kerjasama antar umat beragama

Nama : Artha Sari & Nikodemus Thomas Martoredjo

Toleransi (bahasa latin
tolare:  membiarkan) berarti adalah suatu sikap yang membiarkan atau memberi kebebasan kepada seseorang untuk melakukan sesuatu yang diinginkan. Toleransi juga berarti suatu sikap menghormati antar kelompok atau individu dalam masyarakat. Dengan adanya sikap toleransi kita dapat menghindari terjadinya diskriminasi dari segala jenis perbedaan yang ada dalam kelompok masyarakat. Toleransi dalam beragama berarti memberikan kebebasan kepada siapa saja untuk memeluk agama berdasarkan kepercayaanya dan merupakan sebuah sikap bersedia untuk hidup berdampingan dengan siapa saja yang berbeda keyakinan dengan kita berdasarkan prinsip saling menghormati.

Kerjasama dapat diartikan sebuah usaha yang dilakukan oleh beberapa individu atau kelompok untuk mencapai tujuan bersama. Kerjasama sangat dibutuhkan dalam kehidupan manusia sehari-hari, karena pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri. Oleh karena itu, manusia memerlukan bantuan manusia lainnya dalam menjalani hidup atau saling membutuhkan satu sama lain. Dalam beragama, kerjasama diperlukan sebagai salah satu media pendekatan antar umat beragama.

Toleransi dan kerjasama dalam beragama berarti sikap yang harus ada dalam diri seseorang untuk menciptakan kehidupan antar umat beragama yang rukun dan damai. Beberapa hal yang perlu dikembangkan dalam memupuk sikap toleransi dan mengembangkan kerjasama antar umat beragama:

  • Menanamkan sikap saling menghargai antar umat beragama
  • Memiliki kesadaran terhadap diri sendiri bahwa perbedaan adalah sebuah realita dalam kehidupan bermasyarakat, oleh karena itu kita harus bisa menerima perbedaan antar umat beragama
  • Saling mengasihi satu sama lain sebagai makhluk ciptaan tuhan, dan menghilangkan prasangka buruk terhadap perbedaan satu sama lain
  • Menciptakan suasana kehidupan beragama yang nyaman dan kondusif untuk menciptakan hubungan yang harmonis antar umat beragama
Baca Juga :   penjelasan tentang orang yang berakal terdapat dalam surah

Sila pertama Pancasila mengajarkan kepada kita untung saling menghargai antar umat beragama dan sebagai generasi muda penerus bangsa sudah seharusnya kita menerapkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan nyata dimanapun kita berada. Dengan begitu, nilai positif yang kita dapatkan sebagai manusia yang ber-Tuhan, dapat tercermin dalam perilaku kita sehari-hari dan menjadi panutan bagi orang lain. Dan sebisa mungkin, kita harus menghindari segala jenis permasalahan yang dapat memicu pertikaian di masyarakat, salah satunya dengan cara bersikap bijak dalam bertindak dan lebih mengedepankan sikap dan toleransi dalam hal apa pun.

Suasana kampus UIN Bandung di Cibiru, Kota Bandung. Lulusan UIN harus punya kekhasan dibandingkan perguruan tinggi lainnya /SARNAPI/”JS”/

JURNAL SOREANG-Dalam memahami dan menjalankannya ajaran agama, maka tiap pemeluk agama harus menghindari sikap ekstremisme beragama. Wawasan ekstremisme beragama cenderung membuat penganutnya bersikap keras dan radikal dengan ciri khas utama menafikan eksistensi pandangan orang/kelompok lain yang berbeda.

“Untuk mencegah ekstremisme beragama, maka harus dikembangkan sikap moderasi beragama. Moderasi ini bisa tecermin dalam kurikulum pendidikan Islam,” kata Ketua Prodi Pendidikan Islam S3 UIN SGD, Prof. Dr. Muhibbin Syah, M.Ed, saat dihubungi, Kamis, 8 Oktober 2020.

Kurikulum moderasi beragama harus memuat tiga nilai (value) agar bisa menyempurnakan manusia sesuai dengan hakikatnya.

>

Baca Juga: Banyak Konsumen Dirugikan, tapi Perlindungan Masih Lemah


“Contoh etika berhubungan erat dengan nilai; sifat atau hal penting dan berguna bagi kemanusiaan. Contoh nilai keagamaan diperlukan untuk pembangunan karakter bangsa,” ucapnya.

Nilai keagamaan adalah konsep penghargaan masyarakat terhadap ajaran pokok keagamaan yang bersifat suci dan dijadikan pedoman berperilaku warga masyarakat tersebut.


“Nilai moderasi beragama adalah hal-hal utama yang bersifat fundamental yang menjadi dasar yang mendorong orang menjadi moderat dalam beragama,” katanya.

JAKARTA
– Ada beberapa sifat yang harus dihindari dalam melakukan kerja sama. Sebagai masyarakat yang majemuk, pasti selalu ada perbedaan antara individu satu dengan individu yang lain.

Baca Juga :   كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ makna dari penggalan kalimat tersebut adalah

Hal tersebut terjadi karena setiap individu memiliki latar belakang yang berbeda. Namun, manusia tetap harus ingat akan kodratnya sebagai makhluk sosial yang selalu membutuhkan kerja sama dengan manusia lain dalam memenuhi kebutuhannya.

Lantas, hal yang perlu dilakukan agar tidak timbul perpecahan?

BACA JUGA:Pancasila sebagai Satu Kesatuan yang Utuh

BACA JUGA:Hubungan Sila-Sila Dalam Pancasila

Dikutip dari buku PPKN terbitan Kemendikbud tahun 2007, dalam mengembangkan sikap kerja sama yang baik dalam berbagai bidang kehidupan masyarakat, setiap warga negara harus menghindari sikap yang tidak terpuji dalam bekerja sama seperti di bawah ini:

1. Sikap fanatik sempit, yaitu sifat yang merasa diri sendiri paling benar. Ia akan beranggapan bahwa diri atau kelompoknya sebagai superior, merasa jadi yang paling benar.

2. Sikap individualis, yaitu sifat yang lebih mendahulukan kepentingan sendiri. Sikap individualis akan membuat kita selalu mementingkan ego diri sendiri ketimbang kepentingan kelompok.

3. Sikap eksklusivisme, yaitu sikap selalu memisahkan diri dari kehidupan sosial di masyarakat karena adanya jurang pemisah akibat perbedaan suku bangsa, adat istiadat, agama, dan bahasa daerah.

4. Sikap primordialisme, yaitu perasaan kesukuan yang berlebihan. Sikap primordialisme akan cenderung mementingkan kepentingan kelompoknya dan beranggapan bahwa kebudayaan kelompoknya lah yang terbaik dari yang lain.

Maka dari itu, kerja sama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara akan terwujud apabila setiap anggota masyarakat dapat mengembangkan sikap saling menghormati, saling menghargai antar suku, agama, ras, dan antargolongan.

  • #ppkn
  • #Pancasila
  • #Sifat yang Harus Dihindari dalam Melakukan Kerja S


Sebutkan 5 nama kota, 5 provinsi, 5 nama kabupaten, 5 nama kecamatan, 5 nama kelurahan, dan 5 nama desa yang tersebar di negara Indonesia

Baca Juga :   Bagaimana sikap yang baik ketika bapak ibu guru memberi pelajaran


Bagaimana supaya kerjasama dalam bidang ekonomi tetap terjaga di tengah tengah kehidupan masyarakat ​


Q. easy Nama presiden indo ke 6 ?NT : off dulu bsok pulkam,hri Senin atau Minggu kembali on lgi Dahh [tex]Bye \: answer = kyura \: √[/tex]​


Tuliskan 4 aspek untuk menentukan informasi penting​


Andi melakukan pelanggaran hukum yang mengakibatkan dirinya tidak diperbolehkan menggunakan hak pilihnya untuk pemilu. dari contoh kasus diatas maka h …

ukuman yang dijatuhkan pada andi termasuk hukuman ..


Aliran yang menyatakan bahwa pengetahuan terbentuk dari pengalaman adalah


Arti dan makna sumpah pemuda yang kedua adalah


Apa arti penting kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan sebutkan minimal 5


Badan yang dibentuk pada 7 agustus 1945 untuk mempersiapkan kemerdekaan indonesia adalah


Arti penting undang-undang dasar negara republik indonesia tahun 1945 dalam kehidupan berbangsa dan bernegara adalah


Apa saja hak warga negara Indonesiaplis tolang di jawab​


Terjadinya sumpah pemuda tgl28oktober menunjukkan bahwa pemuda Indonesia memiliki potensi sebut dan jelaskan


bentuk kerja sama dan gotong royong dalam masyarakat ambon​


Sungai yang kotor dan banyak sampah. Kerjasama antara masyarakat dengan masyarakat? Kerjasama antara masyarakat dengan pemerintah?


Suatu ketidaksesuaian antaran unsur unaur kebudayaan atau masyarakat yang sosial merupakan pengertian masalah sosial menurut a vincent pariilo b C hk …

lukon c soerjono soekarto d koentjoroningrat


Sita membuat kerajinan dari bahan bekas,minuman segar sikap sita tersebut


Sebutkan masing masing 2 penyimpangan yang terjadi di awal kemerdekaan,masa orde lama,masa orde baru dan masa resor mati


Sebutkan istilah istilah gotong royong di daerah aceh, jawa barat sumatra barat kalimantan timur


Sebutkan lima sikap yang mencerminkan perilaku tidak menghargai teman dikelas


Sebutkan dan jelaskan ancaman yang di hadapi bangsa indonesia

Sebutkan dan jelaskan 4 sikap yang perlu dihindari dalam kerjasama antar umat beragama

Posted by: pskji.org