Berikut ini yang merupakan prinsip dari elakan adalah

Berikut ini yang merupakan prinsip dari elakan adalah

Teknik Elakan Dalam Pencak Silat
– Pencak silat merupakan salah satu kesenian bela diri yang berasal dari Indonesia. Cabang
olahraga
yang mengandalkan pertahanan dan juga serangan ini memang sduah sering di pertandingkan atau dilombakan baik dalam tingkat kampung, regional, nasional dan bahkan hingga Internasional.

Untuk bisa menguasai pencak silat dengan baik dan benar. Salah satu kuncinya adalah dengan bisa dan mampu menguasai teknik-teknik dasarnya terlebih dahulu. Ada beberapa teknik dasar dalam pencak silat yang harus mampu di pelajari dan di kuasai dengan baik diantaranya, teknik kuda-kuda, teknik pukulan, teknik tendangan, teknik elakan dan teknik tangkisan.

Dan pada ulasan dan kesempatan kali ini, yang akan kita bahas terkait teknik dasar elakan dalam pencak silat.

Sebelum kita lebih jauh mempelajari teknik dasar elakan dalam pencak silat. Sebaiknya kita mencari tahu terlebih dahulu pengertian dari elakan.

Yang di maksud elakan dalam pencak silat adalah sebuah gerakan untuk menghindari pukulan lawan dengan mengelak. Dan upaya mengelak ini bisa di lakukan dengan memindahkan posisi tubuh dari arah pukulan atau tendangan yang dilakukan oleh pihak lawan bertanding.

Jadi keterampilan gerak elakan dalam bela diri pencak silat sangat penting untuk dipelajari dan dikuasi dengan baik agar bisa menjadi pesilat yang kuat dan sulit untuk dikalahkan oleh lawan bertanding. Karena fungsi utama dari gerak elakan untuk menghindari serangan yang dilakukan oleh pihak lawan, baik lewat pukulan maupun tendangan.

Dan tentunya jika Anda tidak mampu menguasai gerakan elakan dengan baik dan benar, bisa jadi serangan lawan akan datang secara bertubi tubi mengenai bagian tubuh kita dan kita bisa menelan kekalahan.

Baca Juga :   Don Nyuh Ane Wayah Madan

Untuk keterampila gerak elakan dalam pencak silat juga di bagi menjadi bebera macam, diantaranya  elakan bawah, elakan atas, elakan sampnig dan elakan lurus atau berputar dalam posisi kuda-kuda. Untuk penejelasan mengenai teknik elakan adalah sebagai berikut ini.

4 Macam Teknik Dasar Elakan Dalam Pencak Silat:

1. Elakan bawah

Adapun cara untuk melakukan elakan bawah adalah sebagai berikut ini: –  Sikap kuda-kuda depan. – Rendahkan tubuh dengan cara lutut ditekuk dengan tanpa memindahkan letak posisi kaki. – Sikap tangan waspada



Kesalahan:

Kesalaha yang sering dilakukan atau sering terjadi ketika melakukan gerak elakan bawah dalam beladiri pencak silat adalah, sikap kuda kuda depan kurang baik dan masih kurang kuat, tubuh kurang kuat dan posisi tangan tidak siap.

2. Elakan Atas

Adapun cara untuk melakukan elakan atas adalah sebagai berikut ini: – Sikap kuda-kuda depan. – Angkat kedua kaki dengan sikap tungkai ditekuk. – Sikap tangan tetap waspada

– Mendarat dengan kedua kaki saling menyusul.

Kesalahan:
Kesalahan yang sering terjadi atau dilakukan ketika melakukan gerak elakan atas dalam bela diri pencak silat adalah kuda-kuda depan kurang baik, tubuh kurang terangkat, kedua kaki tidak ditekuk saat mengangkat, tangan tidak sipa dan mendarat dengan menggunakan kedua kaki secara bersamaan.

3. Elakan Samping

Cara melakukan gerakan elakan samping adalah sebagai berikut ini: – Sikap kuda-kuda tengah. – Pindahkan berat badan ke samping kiri atau kanan dengan mengubah posisi kuda-kuda tengan kemudian beralih menjadi kuda-kuda samping.

– Sikap tangan tetap waspada.

Kesalahan:
Kesalahan yang sering terjadi ketika melakukan gerak elakan samping dalam beladiri pencak silat adalah sikap kuda-kuda tengah kurang baik, berat badan tidak dipindahkan ke kiri atau ke kanan dan juga posisi tangan tidak siap.

Baca Juga :   Tiga muatan listrik sejenis terletak seperti pada gambar disamping diketahui muatan listrik q1

4.  Elakan Belakang Berputar

Adapun cara untuk melakukan elakan belakang berputar adalah sebagai berikut ini: – Sikap kuda-kuda depan. – Posisi badan sedikit di condongkan ke belakang.

– Sikap tangan waspada.

Kesalahan:
Kesalahan yang sering terjadi atau dilakukan ketika melakukan gerak elakan belakang berputar dalam beladiri pencak silat adalah sikap kuda-kuda depan kurang kuat, badan tidak dicondongkan ke belakang dan posisi tangan tidak siap.

Nah, demikian tadi terkait ulasan dan penjelasan 4 macam teknik dasar elakan dalam pencak silat yang sudah disertai dengan cara melakukan gerakannya dan juga kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan.

Semoga artikel terkait teknik dasar elakan dalam pencak silat ini bisa bermanfaat bagi kita semua, terutama bagi yang masih tahap pemula atau mempelajari dan menggemari pencak silat.

Di era covid 19 ini selalu rajin berolahraga, makan makanan sehat dan selalu jaga imunitas tubuh untuk mencegah berbagai penyakit. Sekian terima kasih dan salam olahraga.

Artikel ini di tulis oleh tim jamkesehatan.com distributor alat kesehatan dr laser, demoga bermanfaat.

Lihat Foto

Pesilat putri Indonesia, Pipiet Kamelia (merah) bertanding melawan pesilat asal Vietnam Nguyen Thi Cam Nh (biru)pada partai final nomor kelas D putri 60 kg sampai 65 kg Asian Games 2018 di Padepokan Pencak Silat, TMII, Jakarta, Rabu (29/8/2018). Pipiet berhasil meraih medali emas.

KOMPAS.com
– Dalam olahraga pencak silat terdapat teknik pembelaan atau belaan. Berikut adalah macam-macam teknik pembelaan dalam pencak silat beserta penjelasannya.

Dilansir dari modul pembelajaraan Jurus Menghadapi Lawan (2020) terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, teknik pembelaan merupakan prinsip utama dalam pencak silat.

Pada dasarnya, pembelaan atau belaan adalah tindakan yang dilakukan oleh pesilat ketika menerima serangan dari lawan.

Baca Juga :   Berdasarkan sifat bahan tekstil jelaskan perbedaan dakron

Belaan dalam pencak silat dapat diartikan sebagai upaya menggerakkan anggota tubuh dari arah lintasan serangan lawan atau mengalihkan serangan lawan hingga tidak mengenai tubuh.

Secara garis besar, belaan adalah tindakan untuk mempertahankan diri.

Baca juga: Peraturan Pakaian dalam Pertandingan Pencak Silat

Teknik belaan dibagi menjadi tiga yaitu hindaran, elakan, dan juga tangkisan.

1. Hindaran

Hindaran adalah suatu usaha pembelaan dengan cara memindahkan bagian-bagian badan yang menjadi sasaran dengan melangkah atau memindahkan kaki.

Sasaran yang dimaksud adalah bagian tubuh atau badan yang menjadi tujuan serangan lawan.

Hindaran ke arah delapan penjuru mata angin dapat dilakukan dengan cara hadap, sisi, angkat kaki, dan kaki silang.

  • Hindaran hadap adalah menghindar dengan memindahkan kaki sehingga posisi tubuh menghadap lawan.
  • Hindaran sisi adalah menghindar dengan memindahkan kaki sehingga posisi tubuh menyamping lawan.
  • Hindaran angkat kaki adalah menghindar dengan cara mengangkat kaki.
  • Hindaran kaki silang adalah menghindar dengan cara memindahkan kaki secara menyilang.

Baca juga: Tendangan Sabit dalam Pencak Silat

Berikut ini yang merupakan prinsip dari elakan adalah

Posted by: pskji.org