Jelaskan yang anda ketahui tentang aspek mental dan spiritual serta berikan contohnya

Jelaskan yang anda ketahui tentang aspek mental dan spiritual serta berikan contohnya

4 Aspek Yang Terkangdung Dalam Pencak Silat -Dalam Pencak Silat ada beberapa aspek atau unsur yang wajib kalian ketahui, agar dalam mempelajari Pencak Silat tidak keluar dari kaidah Pencak Silat Itu Sendiri. Adapaun 4 Aspek terbut adalah Aspek Spiritual, Aspek Seni Budaya, Aspek Beladiri dan aspek Olahraga.

Seperti yang harus kita ketahui Pencak Silat adalah salah satu budaya warisan nenek moya Indonesia. yang sebelumnya kita bahas tentang sejarah berdirinya Pencak Silat bahwa Pencak Silat sudah ada pada zaman kerajaan dan para wali sehingga dibuktikan dengan acar-acar candi yang mengisahkan seorang pendekar.

Dalam mengkaji ilmu Pencak Silat anda perlu tahu bahwa ada beberapa unsur atau aspek yang sudah kita sebutkan diatas tadi. adapaun 4 aspek yang akan kamijelaskan dibawah ini :

Pencak Silat Mengembangkan kepribadian dan Membangun karakter yang mulia seseorang. Pada zaman dahulu untuk mempelajari Pencak Silat harus melalui tahapan awal semedi (bertapa) agar melatih kebatinan yang ada dalam diri kita untuk mencapai tingkat tertinggi ilmu Pencak Silat yang sedang dipelajari.

2. Aspek Seni Budaya

Permainan dan budaya (seni) Pencak Silat adalah salah satu terpenting dalam mempelajari ilmu Pencak Silat. Pada umumnya Pencak Silat mirip dengan budaya tarian seni yang diringi dengan musik dan budaya tradisional. dan membentuk karakter gerakan tertentu sesuai musik yang dimainkan.

3. Aspek Beladiri

Ketekunan dan kepercayaan dalam diri kita sangat lah penting untuk menguasai ilmu beladiri pencak silat. Kata Silat cendurung pada kemampuan gerakan tekhnis beladiri Pencak Silat. dan lebih menekankan percaya diri agar seorang pesilat mampu membentuk karakter yang mulia.

4. Aspek Olah Raga

dari tiga aspek diatas aspek Olah Raga adalah salah satu aspek fisik yang amat penting untuk memperdalam ilmu Pencak SIlat. Dorang Pesilat mefokuskan fikiran dengan tubuh. Dengan Olah Tubuh yang kita dapatkan akan terbentuk kesehatan jasmani dan rohani.

Baca Juga :   Berikut merupakan komponen dalam mobil yang merubah energi mekanik menjadi listrik adalah

Baca Juga :

  • Sejarah Beridirnya Pencak Silat
  • Beberapa Istilah Dalam Pencak Silat

KESIMPULAN

Dalam setiap Padepokan atau perguruan mempunyai aspek ciri khas dan lebih mengedepankan salah satunya. Banyak aliran di Indonesia menemukan aspek -aspek yang terkandung atas dasar pengamatan aliran tersebut. Ada yang berpendapat bahwa aspek olahraga dan beladiri lah yang menjadi awal perkembangan pencak silat diseluruh dunia Eropa.

Bagaimanapun banyak yang berpendapat bahwa poko Pencak silat banyak yang terhilangkan dan diperingkas serta dipermudahkan saat Pencak Silat bergabung ke dunia olahraga. Oleh karena itu, sebagian perorangan dan praktisi silat tetap mefokuskan dalam bentuk tradisional atau spritual dari pencak silat agar tidak terhilangkankan dari 4 aspek yang kita bahas diatas. biasanyua praktisi silat ini tidak mengikuti keanggotaannya dalam organisasi pencak silat dunia.

Demikianlah Informasi tentang 4 Aspek yang terkandung dalam pencak silat, semoga bermanfaat bagi para pembaca dan siapapun yang sedang mempelajari ilmu beladiri pencak silat. share artikel kami agar bermanfaat bagi yang lainya dan juga baca artikel kami selanjutnya. Salam Seni Salam Budaya. Salam Matrial Arts…!!!

Pencak silat atau silat adalah suatu seni bela diri tradisional yang berasal dari Kepulauan Melayu. Seni bela diri ini secara luas dikenal di Indonesia, Malaysia, Brunei, dan Singapura, Filipina selatan, dan Thailand selatan sesuai dengan penyebaran berbagai suku bangsa Nusantara.Berkat peranan para pelatih asal Indonesia, kini Vietnam juga telah memiliki pesilat-pesilat yang tangguh. Induk organisasi pencak silat di Indonesia adalah Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI). Organisasi yang mewadahi federasi-federasi pencak silat di berbagai negara adalah Persekutuan Pencak Silat Antara Bangsa (Persilat), yang dibentuk oleh Indonesia, Singapura, Malaysia dan Brunei Darussalam.

Aspek Pencak Silat

Terdapat 4 aspek utama dalam pencak silat, yaitu:1) Aspek Mental Spiritual: Pencak silat membangun dan mengembangkan kepribadian dan karakter mulia seseorang. Para pendekar dan maha guru pencak silat zaman dahulu seringkali harus melewati tahapan semadi, tapa, atau aspek kebatinan lain untuk mencapai tingkat tertinggi keilmuannya.2) Aspek Seni Budaya: Budaya dan permainan “seni” pencak silat ialah salah satu aspek yang sangat penting. Istilah Pencak pada umumnya menggambarkan bentuk seni tarian pencak silat, dengan musik dan busana tradisional.3) Aspek Bela Diri: Kepercayaan dan ketekunan diri ialah sangat penting dalam menguasai ilmu bela diri dalam pencak silat. Istilah silat, cenderung menekankan pada aspek kemampuan teknis bela diri pencak silat.4) Aspek Olah Raga: Ini berarti bahwa aspek fisik dalam pencak silat ialah penting. Pesilat mencoba menyesuaikan pikiran dengan olah tubuh. Kompetisi ialah bagian aspek ini. Aspek olahraga meliputi pertandingan dan demonstrasi bentuk-bentuk jurus, baik untuk tunggal, ganda atau regu.

Baca Juga :   Proses transfusi yang menyebabkan penggumpalan darah terjadi pada brainly

Tingkat Kemahiran Pencak Silat

Secara ringkas, murid silat atau pesilat dibagi menjadi beberapa tahap atau tingkat kemahiran, yaitu:1) Pemula, diajari semua yang tahap dasar seperti kuda-kuda,teknik tendangan, pukulan, tangkisan, elakan,tangkapan, bantingan, olah tubuh, maupun rangkaian jurus dasar perguruan dan jurus standar IPSI2) Menengah, ditahap ini, pesilat lebih difokuskan pada aplikasi semua gerakan dasar, pemahaman, variasi, dan disini akan mulai terlihat minat dan bakat pesilat, dan akan disalurkan kepada masing-masing cabang, misalnya Olahraga & Seni Budaya.3) Pelatih, hasil dari kemampuan yang matang berdasarkan pengalaman di tahap pemula, dan menengah akan membuat pesilat melangkah ke tahap selanjutnya, di mana mereka akan diberikan teknik – teknik beladiri perguruan, di mana teknik ini hanya diberikan kepada orang yang memang dipercaya, dan mampu secara teknik maupun moral, karena biasanya teknik beladiri merupakan teknik tempur yang sangat efektif dalam melumpuhkan lawan / sangat mematikan .4) Pendekar, merupakan pesilat yang telah diakui oleh para sesepuh perguruan, mereka akan mewarisi ilmu-ilmu rahasia tingkat tinggi.Kegiatan pencak silat di SMK Negeri 52 pada awalnya dilaksanakan oleh Perguruan Perisai Putih (PP) sampai tahun 2005, kemudian dari tahun 2007 sampai saat ini dilaksanakan oleh Perguruan Persaudaraan Setia Hati Teratai (PSHT). Kegiatan ekstrakurikuler dilaksanakan setiap hari Sabtu jam 08.00 s.d 12.00 WIB.Pelatih : SuyatnoPrestasi Pelatih : 1) Membawa kontingen SMK Negeri 52 Jakarta Juara Umum Kejuaraan Pencak Silat Dikmenti Cup Provinsi DKi Jakarta, Tahun 2010.2) Membawa kontingen SMK Negeri 52 Jakarta Juara Umum Kejuaraan Pencak Silat PSHT Cup se-Jabodetabek, Tahun 2015.

Lihat Foto

Pencak Silat. Pada 12 September 2019, UNESCO menetapkan Pencak Silat sebagai Warisan Budaya Dunia Tak Benda.

Baca Juga :   jelaskan perbedaan sistem peredaran darah besar dan peredaran darah kecil

KOMPAS.com
– Ada empat (4) aspek dalam seni bela diri pencak silat. Apa saja itu?

Pencak silat merupakan cabang olahraga prestasi yang dipertandingkan baik di level nasional maupun internasional.

Pencak silat masuk ke dalam daftar cabang olahraga yang dilombakan pada Pekan Olahraga Nasional (PON), SEA Games, dan Asian Games.

Pencak silat berasal dari negara Indonesia. Bahkan seni bela diri pencak silat pun telah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda oleh The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) pada 12 Desember 2019.

Baca juga: Jenis Tendangan dalam Pencak Silat

Adapun, pencak silat berfungsi untuk meningkatkan keterampilan seseorang dalam aspek bela diri. Karena fungsinya pencak silat dapat dibagi menjadi empat jenis kecuali untuk kebatinan.

Mengutip Peta Budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, pencak silat memiliki empat aspek utama yaitu aspek mental spiritual, aspek seni budaya, aspek bela diri, dan aspek olahraga. Berikut penjelasan singkatnya.

1. Aspek mental spiritual

Pencak silat membangun dan mengembangkan kepribadian dan karakter mulia seseorang.

Sentuhan pencak silat yang dilaksanakan dalam dunia pendidikan yang dimulai dari tingkat dasar akan sangat membantu pembentukan kader bangsa yang berjiwa patriotik, berkepribadian luhur, disiplin, dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Baca juga: Lama Pertandingan Pencak Silat

2. Aspek seni budaya

Jelaskan yang anda ketahui tentang aspek mental dan spiritual serta berikan contohnya

Posted by: pskji.org