Istilah yang menunjukan wirausaha harus mencitai pekerjaan dan produk yang dihasilkannya adalah

Istilah yang menunjukan wirausaha harus mencitai pekerjaan dan produk yang dihasilkannya adalah

Bygrave juga menyebutkan karakteristik wirausaha yang terkenal dengan istilah 10 D, yaitu sebagai berikut.

Dream

Seorang wirausaha mempunyai keinginan terhadap masa depan pribadi dan bisnisnya serta mempunyai kemampuan untuk mewujudkan impiannya.

Decisiveness

Seorang wirausaha adalah orang yang tidak bekerja lambat. Mereka membuat keputusan secara cepat, tetapi penuh perhitungan. Kecepatan dan ketepatan dalam mengambil keputusan merupakan salah satu kunci sukses dalam bisnis.

Doers

Seorang wirausaha akan langsung menindaklanjuti keputusan yang diambilnya. Mereka melaksanakan kegiatan secepat mungkin. Seorang wirausaha tidak mau menunda-nunda kesempatan yang baik di dalam bisnisnya.

Determination

Seorang wirausaha melaksanakan kegiatannya dengan penuh perhatian serta tanggung jawab yang tinggi dan tidak mau menyerah walaupun dihadapkan pada rintangan-rintangan.

Dedication

Seorang wirausaha yang berdedikasi terhadap bisnisnya, kadang-kadang mengorbankan kepentingan keluarganya untuk sementara waktu.

Devotion

Seorang wirausaha mencintai bisnis dan produk yang dihasilkannya. Hal inilah yang men- dorong keberhasilannya di dalam menjual produk yang dihasilkannya

Details

Wirausaha sangat memerhatikan faktor-faktor penting secara rinci. Mereka tidak mau mengabaikan faktor-faktor kecil yang dapat menghambat kegiatan usahanya.

Destiny

Seorang wirausaha bertanggungjawab terhadap nasib dan tujuan yang hendak dicapainya. Dia merupakan orang bebas dan tidak mau bergantung kepada orang lain.

Dollars

Seorang wirausaha tidak mengutamakan kekayaan. Motivasinya bukan hanya masalah uang. Uang dianggap sebagai ukuran kesuksesan bisnisnya. Ia beranggapan jika berhasil dalam bisnis, ia pantas mendapat laba, bonus, ataupun hadiah.

Distribute

Wirausaha bersedia mendistribusikan kepemilikan dalam bisnisnya kepada orang-orang kepercayaannya, yaitu orang-orang yang kritis dan mau diajak untuk mencapai sukses di bidang bisnis.

Dari pendapat di atas, beberapa karakteristik wirausaha yang harus dimiliki, antara lain sebagai berikut:

  1. berwatak luhur;
  2. kerja keras dan disiplin;
  3. mandiri dan realistis;
  4. prestatif dan berkomitmen tinggi;
  5. berpikir positif dan bertanggung jawab;
  6. dapat mengendalikan emosi;
  7. tidak ingkar janji;
  8. belajar dari pengalaman;
  9. memperhitungkan risiko;
  10. merasakan kebutuhan orang lain;
  11. bekerja sama dengan orang lain;
  12. menghasilkan sesuatu untuk orang lain;
  13. menghasilkan semangat untuk orang lain;
  14. mencari jalan keluar bagi setiap pemasalahan;
  15. merencanakan sesuatu sebelum bertindak.
Baca Juga :   Akibat mematikan laptop dengan tombol power

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang 10 Karakteristik Wirausaha Menurut Bygrave Terlengkap. Semoga postingan ini bermanfaat bagi pembaca dan bisa dijadikan sumber literatur untuk mengerjakan tugas. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.


Baca postingan selanjutnya:

Soal & jawanban pilihan ganda

1.Berikut ini yang bukan merupakan sasaran kewirausahaan adalah…

a.Organisasi keagamaan

b.Para generasi muda yang putus asa c.Organisasi profesi d.Pengusaha kecil e.Para pelaku ekonomi 2.Salah satu tujuan adanya kewirausahaan adalah…

a.Memberikan contoh pada generasi muda untuk bekerja keras

b.Meningkatkan jumlah wirausaha yang berkalitas dan berdedikasi tinggi c.Mendidik masyarakat agar hidup sederhana d.Menciptakan tenaga kerja baru e.Sebagai generator pembangun ekonomi 3.Karakteristik wirausaha yang ditunjukkan wirausahawan dengan mencintai pekerja bisnisnya dan produk yang dihasilkan adalah karakteristik… a.Doers b.Destiny

c.Devotion

d.Dedication e.Dream 4.Pemliharaan ikan adalah ruang lingkup kewirausahaan dalam bidang… a.Jasa b.Agraris c.Perindustrian

d.Perikanan

e.Perkebunan 5.Berikut ini yang bukan merupakan bidang dalam ruang lingkup kewirasahaan adalah… a.Pertambangan b.Perdagangan

c.Peribaan

d.Perikanan e.Pertanian

6.Dalam bahasa Prancis, kewirausahaan berasal dari istilah…

a.Decisiveness b.Interaktif

c.Entrepreneur

d.Enterprestasi e.Enterepreneurship 7.Berikut ini yang bukan merupakan sikap perilaku penguasaha yang baik dan trampil adalah…

a.Emosional

b.Percaya diri c.Penuh semangat d.Kreatif e.Inovatif 8.Usaha di bidang pertanian meliputi tanaman berumur pendek dan tanaman berumur panjang. Padi, sayuran, dan jagung merupakan usaha  pertanian… a.Tanaman kombinasi

b.Tanaman berumur pendek

c.Tanaman panjang d.Tanaman menahun e.Tanaman berumur pendek dan panjang 9.Yang bukan cirri seorang wirausaha adalah… a.orang yang menciptakan barang baru b.orang yang siap menanggung resiko c.orang yang kreaktif terhadap keseimbangan yang terjadi dipasar. d.Orang yang selalu melihat peluang

e.Orang yang selalu pesimis

10.Yang bukan tujuan kewirausahaan adalah… a.Meningkatkan jumlah wirausaha yang berkualitas b.Menambah daya tampung tenaga kerja

Baca Juga :   Cara kerja server Softswitch berbasis SIP

c.Membudidayakan semangat sikap dan perilaku kemampuan

d.Menumbuhkan kesadaran kewirausahaan yang tagguh dan kuat e.Mewujudkan kemampuan dan kemantapan para wirausahauntuk

Link Soal Pilihan Ganda dan Jawaban PKK 3. Sikap dan Perilaku Wirausahawan

Link Soal Pilihan Ganda dan Jawaban PKK 1. Sikap dan Perilaku Wirausahawan  

Devotion adalah salah satu ciri dari seorang wirausahawan, artinya harus mencintai pekerjaan bisnisnya dan produk yang dihasilkannya. Hal inilah yang mendorong keberhasilan yang efektif untuk menjual produknya.

Karakteristik wirausahawan pada umumnya terlihat pada waktu wirausahawan berkomunikasi dalam rangka mengumpulkan informasi dan pada waktu menjalin hubungan dengan para relasi bisnisnya. Karakteristik wirausahawan berhubungan dengan bermacam-macam cara diantaranya adanya perasaan senang, gembira, marah, sayang, benci, ksihan, bekerja sama, rasa cinta, bersaing, dan sebagainya. Seorang wirausaha yang sukses, salah satu kuncinya adalah harus mempunyai karakteristik yang baik dan menarik. Menurut ahli psikologi behaviorisk sifat-sifat watak dapat disamakan dengan sifat tingkah laku. Sedangkan menurut Socio psikologis manusia itu selalu berhubungan dengan sesamanya, berhubungan dengan alam dan berhubungan dengan watak dirinya. Jadi karakteristik itu apa ? Karakteristik adalah suatu yang berhubungan dengan watak perilaku, tabiat, sikap orang terhadap perjuangan hidup untuk mencapai kebahagiaan lahir dan batin. Karakteristik seorang wirausaha yang baik akan membawa ke arah kebenaran, keselamatan, serta menaikkan darajat dan martabatnya. Agar lebih jelas mengenai karakteristik wirausahawan seperti dikemukakan oleh Bygrave yang dikenal dengan istilah IOD yaitu :

  1. Dream
  2. Seorang wirausaha mempunyai visi keinginan terhadap masa depan pribadi dan bisnisnya serta mempunyai kemampuan untuk mewujudkan impianya.

  3. Decisiveness
  4. Seorang wirausaha adalah orang yang tidak beekrja lambat. Mereka membuat keputusan secara cepat dengan penuh perhitungan. Kecepatan dan ketepatan mengambil keputusan adalah faktor kunci dalam kesuksesan bisnisnya.

  5. Doers
  6. Seorang wirausaha dalam membuat keputusan akan langsung menindak lanjuti. Mereka melaksanakan kegiatannya secepat mungkin. Seorang wirausaha tidak mau menunda-nunda kesempatan yang baik dalam bisnisnya.

  7. Determination
  8. Seorang wirausaha, melaksanakan kegiatannya dengan penuh perhatian. Rasa tanggung jawabnya tinggi dan tidak mau menyerah walaupun dihadapkan pada tantangan dan rintangan yang tidak mungkin diatasi.

  9. Dedication
  10. Seorang wirausaha dedikasi bisnisnya sangat tinggi, kadang-kadang mengorbankan kepentingan keluarga untuk sementara. Wirausaha didalam melaksanakan pekerjaannya tidak mengenal lelah. Semua perhatian dan kegiatan dipusatkan semata-mata untuk kegiatan bisnisnya.

  11. Devotion
  12. Seorang wirausaha mencintai pekerjaan bisnisnya dan produk yang dihasilkannya. Hal inilah yang mendorong keberhasilan yang sangat efektif untuk menjual produknya.

  13. Details
  14. Seorang wirausaha sangat memperhatikan faktor-faktor kritis secara rinci. Dia tidak mau mengabaikan faktor-faktor yang dapat menghambat kegiatan usahanya.

  15. Destiny
  16. seorang wirausaha bertanggung jawab terhadap nasib dan tujuan yang hendak dicapainya. Dia merupakan orang yang bebas dan tidak mau tergantung kepada orang lain.

  17. Dollars
  18. Seorang wirausaha tidak mengutamakan mencapai kekayaan. Motivasinya bukan karena amsalah uang. Uang dianggap sebagai ukuran kesuksesan bisnisnya, ia berasumsi jika berhasil dalam bisnisnya maka ia pantas mendapatkan laba, bonus, atau hadiah.

  19. Distribute
  20. Seorang wirausaha bersedia mendistribusikan kepemilikan bsnisnya kepada orang-orang kepercayaannya itu yaitu orang-orang yang kritis dan mau diajak untuk mencapai sukses dalam bidang bisnis.


Page 2

Istilah yang menunjukan wirausaha harus mencitai pekerjaan dan produk yang dihasilkannya adalah

Posted by: pskji.org

Baca Juga :   Tata cara pengembalian pendahuluan kelebihan pembayaran pajak