Tuliskan ciri ciri orang yang memiliki jiwa kepemimpinan

Tuliskan ciri ciri orang yang memiliki jiwa kepemimpinan

Lihat Foto

Ilustrasi kepemimpinan

KOMPAS.com
– Sifat-sifat kepemimpinan adalah sifat dan ciri tingkahlaku seorang pemimpin yang mengandung kemampuan untuk mempengaruhi dan mengarahkan segala kemampuannya untuk mencapai suatu tujuan.

Kepemimpinan menjadi faktor penentu dalam meraih sukses bagi sebuah organisasi. Karena kepemimpinan yang sukses akan mampu mengelola organisasinya.

Berikut penjelasan ciri-ciri kepemimpinan:

Kepemimpinan yang baik

Dalam buku Principle Centered Leadership (2001) oleh Stephen Covey, terdapat tiga ciri-ciri pemimpin yang baik, yaitu:

  • Mengatur manajemen dalam diri yang baik

Sebagai seorang pemimpin, Anda harus bisa mengatur diri sendiri dengan baik. Mulai dari aspek waktu, perhatian, hingga emosi dalam diri. Pahami diri sendiri, untuk mencari tahu apa yang menjadi kekuatan dan kelemahan.

Sehingga Anda bisa mengontrol dan mendisiplinkan semua tindakan dalam diri. Hindari sifat kaku, karena akan menyusahkan diri sendiri.

Baca juga: Kemampuan Seorang Pemimpin dan Tugas-tugasnya

Ciri-ciri selanjutnya adalah memiliki strategi dalam bertindak dan menyusun segala perilaku dengan baik.

Sebagai pemimpin, semua keputusan berada di tangan Anda. Baik atau buruknya langkah sebuah organisasi bergantung pada tindakan yang diambil seorang pemimpin.

Sehingga seorang pemimpin ideal harus cerdas dalam menentukan strategi terbaik untuk memberikan hasil sesuai ekspetasi.

  • Mampu berkomunikasi dengan baik

Komunikasi menjadi dasar penting di seluruh aspek kehidupan. Seorang pemimpin yang baik, harus memiliki komunikasi yang baik dan efektif.

Kriteria pemimpin yang ideal sudah sering kali dibahas, baik di buku, di artikel yang tersebar di internet, bahkan di forum-forum diskusi. Di dunia ini, sudah banyak pula tokoh pemimpin yang mampu menginspirasi karena memiliki gaya kepemimpinan yang patut diteladani.

Karakter seorang atasan sangat berkontribusi terhadap perkembangan kinerja karyawan yang berada di bawah kepemimpinannya. Pemimpin yang baik juga mampu memberikan pengaruh positif, dan memaksimalkan potensi yang dimiliki tim untuk menunjukkan progres ke arah yang lebih baik.

Baca Juga :   Mengapa pada golongan 1a jari jari atom berbanding terbalik dengan keelektronegatifan

Ada beberapa

kriteria pemimpin yang wajib diketahui
. Kriteria atau kemampuan ini kalau Anda miliki, maka bisa menunjukkan kredibilitas Anda sebagai seorang atasan. Apa saja kriteria pemimpin yang perlu dimiliki oleh seorang pemimpin yang baik?

10 Kriteria Pemimpin yang Harus Anda Miliki

Setiap pemimpin punya sikap kepemimpinan yang berbeda-beda tergantung karakter dan kepribadiannya. Namun perlu diketahui, ada kriteria tertentu yang akan membedakan pemimpin yang ideal dan kredibel dengan pemimpin yang biasa saja. Berikut 10 kriteria yang harus Anda miliki untuk menjadi seorang atasan yang mampu membawa tim Anda mencapai target-target yang telah ditetapkan.


Integritas

“Kualitas tertinggi dari kepemimpinan yang ideal adalah integritas. Tanpanya, tidak ada kesuksesan yang nyata.” Pernyataan tersebut pernah diucapkan oleh Presiden Amerika Serikat ke-34, Dwight D. Eisenhower. Kejujuran dan integritas adalah kunci utama untuk menjadi seorang pemimpin ideal. Pemimpin yang jujur tentu akan mendapatkan karyawan yang

jujur

pula.

Menginspirasi

Kriteria pemimpin ideal selanjutnya adalah mampu menginspirasi banyak orang dengan memberikan contoh-contoh terbaik. Pemimpin seperti ini akan tahu

tugas dan peran pemimpin dalam perusahaan
.

John Quincy Adams mengatakan, jika tindakan Anda menginspirasi orang lain untuk bermimpi lebih banyak, belajar lebih banyak, berbuat lebih banyak, dan menjadi lebih banyak, maka Anda adalah seorang pemimpin.

Mampu Berkomunikasi dengan Baik

Seorang pemimpin ideal adalah yang mampu mengkomunikasikan visi dan misi dengan baik. Bahkan, memiliki

strategi komunikasi efektif

yang kemudian menciptakan pola komunikasi yang solid antar karyawan yang dipimpinnya. Komunikasi menjadi aspek paling krusial dalam

membangun budaya kerja yang produktif
.

Kemampuan Pengambilan Keputusan

Kriteria pemimpin ideal selanjutnya adalah mampu mengambil keputusan yang tepat di waktu yang tepat. Keputusan yang Anda ambil harus memberi dampak besar bagi seluruh anggota tim untuk mencapai kesuksesan bersama.

Baca Juga :   Mengapa Penderita Apendisitis Harus Dioperasi Untuk Membuang Bagian Apendiksnya

Dalam mengambil keputusan, seorang pemimpin juga tidak segan untuk berdiskusi dengan bawahannya untuk mendapatkan banyak pilihan solusi untuk dipertimbangkan. Hal ini karena, pemimpin perlu

cerdas menganalisis permasalahan dan jitu dalam pengambilan keputusan
.

Kreatif dan Inovatif

Steve Jobs, seorang tokoh bisnis yang berpengaruh, mengatakan bahwa salah satu hal yang membedakan seorang pemimpin dengan pengikut adalah inovasi. Untuk terus bersaing di dunia yang serba cepat ini, Anda harus kreatif dan inovatif. Dua hal tersebut yang akan membuat Anda dan tim menonjol dari yang lain. Ide-ide out of the box dibutuhkan untuk terus menciptakan inovasi. Untuk caranya agar kreatif dan inovatif, Anda bisa mengikuti dan menerapkan

tips berpikir lebih kreatif dan penuh dengan inovasi
.

Akuntabilitas

Arnold H. Glasow menyebutkan kriteria pemimpin ideal seharusnya siap menerima lebih banyak kritikan atas kesalahan daripada pujian atas keberhasilan. Sikap

kepemimpinan tanpa sekat

adalah yang dapat mengajak seluruh individu di dalam timnya bertanggung jawab atas apa yang mereka lakukan. Hal ini, tentu akan dapat dibina jika Anda sebagai pemimpin memiliki akuntabilitas.

Percaya Diri dan Optimis

Keahlian pemimpin masa depan

berikutnya yang harus Anda miliki adalah percaya diri. Percaya diri ini bisa meliputi kesiapan Anda dalam mengambil keputusan, kesediaan Anda mengambil risiko, dan kepercayaan yang Anda berikan kepada tim Anda dalam menangani sebuah tugas.

Anda perlu

mengembangkan rasa percaya diri
, sehingga Anda memiliki sikap optimis atas tanggung jawab yang diberikan kepada Anda. Selanjutnya, karyawan yang Anda pimpin pun bisa ikut optimis dengan tantangan yang dihadapi bersama. Tumbuhkan keyakinan bahwa Anda dan tim akan mencapai kesuksesan yang diinginkan.

Kecerdasan Emosional

Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang tidak hanya cerdas secara kognitif, namun juga

cerdas secara emosional
. Pemimpin ideal mampu mengendalikan emosi dalam situasi segenting apa pun dan tetap tenang dalam menghadapi konflik yang terjadi.

Baca Juga :   Apa saja yang ditimbulkan dari Demokrasi Liberal bagi kehidupan bangsa Indonesia?

Kecerdasan emosional juga berperan penting dalam meningkatkan kesadaran sosial dan menjalin

komunikasi yang efektif
. Pemimpin yang cerdas secara emosi tidak akan mengambil keputusan dengan terburu-buru atau mementingkan ego pribadi, melainkan tetap mengedepankan rasionalitas.

Transparansi

Salah satu cara terbaik untuk menjaga kepercayaan tim Anda, dengan transparansi. Sikap terbuka terhadap akses informasi yang penting kepada seluruh karyawan menjadi kunci untuk dapat memimpin dan memberi rasa aman kepada semua orang yang dipimpin. Dengan memberikan akses informasi yang terbuka, Anda akan mendapatkan keterlibatan tim untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.

Memperlakukan Orang Lain dengan Baik

Kriteria pemimpin yang terakhir, pemimpin wajib punya kemampuan memperlakukan orang lain, terutama bawahan, dengan memberikan rasa hormat. Bawahan Anda adalah manusia seperti Anda, yang pantas diperlakukan dengan bermartabat. Jadikan anggota tim Anda sebagai teman untuk berbagi tanpa harus melewati batas privasi masing-masing. Anda dapat berlaku tegas, namun pastikan Anda tidak melukai harga diri karyawan Anda.

Kriteria pemimpin yang ideal memang dibutuhkan agar Anda disegani oleh anggota tim Anda. Untuk menjadi seorang pemimpin yang baik, Anda harus memiliki sikap kepemimpinan yang baik pula.

Untuk meningkatkan kemampuan memimpin dan memiliki kriteria pemimpin, Anda bisa mencoba terus belajar dan meningkatkan kemampuan mengenai leadership. Ada banyak webinar berbahasa Indonesia yang bisa Anda ikuti, juga kursus online gratis maupun berbayar tentang berbagai soft skill yang dibutuhkan seorang pemimpin, contohnya

pelatihan leadership
.

Tuliskan ciri ciri orang yang memiliki jiwa kepemimpinan

Posted by: pskji.org