Cara Mengaktifkan Adzan Di Hp Oppo Updated

Cara Mengaktifkan Adzan Di Hp Oppo

Jika Anda pengguna Whatsapp yang sering mengirim voice note ataupun melakukan video call namun mendapatkan notifikasi sayangnya mic dinonaktifkan. Jangan khawatir! Dalam tutorial ini, droidsmile akan bantu untuk cara mengaktifkan mikrofon di WhatsApp di berbagai perangkat Android.

WhatsApp adalah salah satu aplikasi chatting terbaik bersama Signal, Telegram, dan beberapa lainnya. Untuk alasan tersebut, sebagian besar dari Anda pasti pernah mendengar atau menggunakan WhatsApp.

Di smartphone iOS dan Android, WhatsApp memungkinkan Anda melakukan panggilan suara, merekam panggilan video, dan mengirim pesan instan gratis melalui antarmuka yang mudah digunakan.

Selain itu juga, pengguna dapat menggunakan WhatsApp Web di browser apa pun, atau menginstall versi desktop untuk Windows dan Mac. Karena WhatsApp digunakan oleh lebih banyak orang daripada aplikasi perpesanan lainnya, kemungkinan besar teman dan rekan bisnis Anda sudah menggunakannya.

Jika Anda menyimpan kontak seorang teman di ponsel, Anda akan langsung ditautkan ke mereka melalui aplikasi Whatsapp selama mereka juga memiliki akun.

Namun, ada beberapa orang yang lebih suka mengirim catatan suara daripada mengetik. Sementara itu, untuk mengirim pesan suara, mikrofon harus diaktifkan jika tidak, Anda tidak dapat merekam suara Anda.

Mengaktifkan Mikrofon Melalui Aplikasi WhatsApp

Mengaktifkan Mikrofon Whatsapp

Salah satu fitur baru WhatsApp adalah Pesan Suara (Voice Notes) yang bisa dipercepat. Sejak dimulainya pesan audio WhatsApp, sebagian besar pengguna merasa lebih nyaman daripada mengetik pesan yang panjang. Ini juga menggambarkan perasaan seseorang secara lebih efektif.

Baca Juga :   40+ Megapro Primus Modif Minimalis Sangar

Pesan suara ini kadang-kadang akan berhenti beroperasi. Ketika Anda mendapatkan pesan suara, kadang kala tidak bisa diunduh atau suara tidak akan terdengar. Beberapa orang bahkan tidak dapat merekam pesan suara. Saat orang lain mendengarkan voice notes WhatsApp, mereka melihat layar kosong atau peringatan “Pesan suara ini tidak tersedia.”

Nah, berikut ini adalah langkah-langkah mengaktifkan mikrofon untuk WhatsApp di Samsung Galaxy, jika tidak sengaja dinonaktifkan.

  1. Buka aplikasi
    WhatsApp.
  2. Buka obrolan apa pun lalu ketuk ikon
    mikrofon
    di sudut kanan bawah.
  3. Ketuk
    Lanjutkan.
  4. Izinkan WhatsApp merekam audio? Ketuk
    Izinkan.

Sekarang mikrofon telah aktif, silahkan Anda mencoba membuat pesan suara atau melakukan panggilan video. Jika masih belum berhasil, coba ikuti langkah berikutnya di bawah ini.

Mengaktifkan Mikrofon Melalui Pengaturan Android

Jika mikrofon masih tetap tidak bisa aktif, silahkan mencoba mengaktifkannya melalui menu pengaturan masing-masing ponsel Android Anda.

Samsung

Mengaktifkan Mikrofon di Samsung

Untuk para pengguna Samsung dapat mengikuti langkah-langkah mengaktifkan mikrofon di bawah ini.

  1. Buka menu
    Settings
    di Hp Samsung.
  2. Pada menu Pengaturan, ketuk
    Apps.
  3. Dari daftar Aplikasi, cari dan tap
    WhatsApp.
  4. Selanjutnya pilih opsi
    Permission.
  5. Berikutnya pilih
    Microfone
    di bawah menu Tidak Diizinkan.
  6. Terakhir, pilih
    Allow only while using the app
    atau
    Izinkan hanya saat menggunakan aplikasi.
  7. Setelah mengaktifkan mikrofon untuk WhatsApp, Anda dapat dengan mudah merekam suara dan mengirim catatan suara di ponsel Samsung.

Demikianlah cara mengaktifkan dan menggunakan mikrofon di WhatsApp di Hp Samsung Galaxy.

Xiaomi

Mengaktifkan Mikrofon di Xiaomi

Jika Anda ingin mengaktifkan mikrofon di Xiaomi, silahkan melihat langkah-langkahnya sebagai berikut.

  1. Langkah pertama masuk ke
    Pengaturan
    atau Setelan Xiaomi.
  2. Setelah itu gulir ke bawah dan pilih menu
    Aplikasi.
  3. Selanjutnya pilih
    Kelola Aplikasi
    yang ada diurutan kedua dari atas.
  4. Berikutnya temukan dan pilih
    Whatsapp
    lalu ketuk
    Perizinan apl.
  5. Cari dan pilih
    Mikrofon

    kemudian pilih
    Izinkan hanya saat aplikasi digunakan.
Baca Juga :   31+ Cutting Sticker Xeon Gt 125 Terbaru

Selesai, sekarang silahkan lakukan video call lagi, tentunya masalah mikrofon sudah teratasi.

Oppo

Mengaktifkan Mikrofon di Oppo

Sedangkan buat pengguna ponsel Oppo berbasis ColorOS dapat menyimak panduan berikut ini tentang cara mengaktifkan mikrofon di Oppo.

  1. Buka aplikasi
    Settings
    atau Pengaturan Oppo.
  2. Lalu tap bagian
    Privacy
    (Privasi).
  3. Kemudian pilih
    App permissions
    (Izin Apl).
  4. Selanjutnya tap
    Mikrofon
    lalu aktifkan pada
    Whatsapp.

Pengaturan ini secara garis besar sama dengan Realme.

Mengatasi Mikrofon Tidak Berfungsi

Jika sudah mengaktifkan mikrofon tapi tetap saja tidak berfungsi, coba lakukan beberapa hal berikut ini untuk membuatnya berfungsi kembali. Silahkan simak tips-tips berikut ini untuk mengatasi mikrofon tidak berfungsi.

Restart ponsel

Cara pertama yang paling mudah dan umumnya berhasil adalah dengan melakukan restart. Cara ini biasanya cukup manjur untuk mengatasi berbagai masalah umum.Kalian cukup tekan tombol Power lalu biarkan mati selama beberapa 5 sampai 10 detik lalu coba hidupkan lagi.

Pastikan  Mikrofon Tidak Tertutup Kotoran

Adanya debu atau partikel lainnya yang menempel di mikrofon Anda bisa menyebabkan tidak berfungsi dengan benar. Untuk itu coba bersihkan area pada mikrofon dengan kain lap atau tissue. Selain itu juga, pastikan jari-jari Anda tidak menutupi mic saat digunakan.

Ganti Dengan Mikrofon Yang Baru

Jika kedua cara di atas tetap tidak berfungsi coba gunakan microphone yang lain atu baru. Jika berkerja dengan baik itu berarti memang mikrofon milik Anda sudah rusak. Namun, jika tidak, kemungkinan port mic pada ponsel kotor atau sudah longgar. Anda bisa mencoba terlebih dahulu dengan membersihkan port (lubang mic).

Perbaiki Port Mic (Lubang mikrofon pada ponsel)

Jika mikrofon Hp milikmu tetap tidak berfungsi, mungkin perlu untuk memperbaikinya di service center smartphone di lokasi terdekat.

Baca Juga :   40+ Cb 150 R Putih Modif Trendy

Demikianlah cara mengaktifkan mikrofon di smartphone Android dan juga bagaimana cara memperbaikinya jika tidak berfungsi dengna baik. Semoga apa yang DroidSmile bagikan ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

Cara Mengaktifkan Adzan Di Hp Oppo

Posted by: pskji.org