Sikap Ir. Soekarno yang mencerminkan sila ke-5

Sikap Ir. Soekarno yang mencerminkan sila ke-5


Potret Ir.Soekarno saat bersama tokoh dari luar negeri/

 instagram.com/@soekarno_hatta_1945

Halo semuanya, ketemu lagi dengan kakak, ya.Oh iya, bagaimana kabar hari ini? Semoga semuanya dalam keadaan sehat, ya. Tetap semangat adik-adik hebat.  Adik-adik, pada kesempatan kali ini kita akan melanjutkan pembahasan Tema 5 Sub Tema 2 yaitu Pahlawan Kebanggaanku.

Pada sesi sebelumnya kita belajar mengenal salah seorang tokoh pahlawan dalam bidang pendidikan yaitu Ki Hajar Dewantara, bukan?. Bagaimana adik-adik ada yang bercita-cita menjadi tokoh dalam bidang pendidikan seperti beliau?

Pada kesempatan kali ini kita akan belajar mengenal seorang tokoh dengan salah satu semboyan beliau yang terkenal yaitu ‘Jas Merah’ (Jangan Melupakan Sejarah).

Setelah mempelajari materi ini diharapkan adik-adik dapat meniru sikap kepahlawanan beliau. Dengan begitu adik-adik akan dapat menghargai dan mengenang jasa beliau untuk kemerdekaan bangsa Indonesia.

Siapakah beliau? Setelah adik-adik menyimak tayangan video maka tuliskanlah informasi yang kamu peroleh tentang Ir.Soekarno

Nama tokoh : Ir. Soekarno

Pendidikan :

– Eerste Inlandse School, Mojokerto, Jawa Timur (Sekolah Dasar)

– Europesche Lagene School (ELS), Mojokerto (Sekolah Menengah Pertama)

– Hogene Burger School (HBS), Surabaya (Sekolah Menengah Atas)

– Technische Hogere School (THS) Bandung (Institut Teknonologi Bandung)

Tempat/tanggal lahir : Surabaya, 6 Juni 1901

Perjuangan yang dilakukan :

– Berjuang untuk kemerdekaan Indonesia

– Berjuang melawan kolonialisme dan imperialisme

– Salah satu tokoh perumus dasar negara Indonesia (Pancasila), yang bermula dari Piagam Jakarta

– Sebagai salah satu tokoh perumus naskah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia (Proklamator Kemerdekaan) bersama Drs.Moh.Hatta

Sikap yang bisa diteladani :

– Beliau lebih mengutamakan musyawarah dan mufakat

– Beliau mengutamakan kepentingan umum diatas kepentingan pribadi atau golongan

Baca Juga :   Ion Ion Dalam Tanah Yang Dibutuhkan Tumbuhan Adalah

– Beliau mengutamakan kekeluargaan dan kebersamaan

– Beliau adalah orang yang tegas, berwibawa, berani dan rela berkorban demi kemerdekaan bangsa dan negara

– Terus berjuang dan pantang menyerah

Kesimpulan :

Ir. Soekarno merupakan sosok yang cerdas, nasionalis dan sangat berjasa demi terwujudnya kemerdekaan nusa dan bangsa Indonesia.

Nah, sekarang coba kalian jawab pertanyaan berikut ini!

1. Menurutmu, apakah sikap Ir . Soekarno sudah sesuai dengan sila ke-5 Pancasila? Berikan alasanmu!


Jawab :

Sudah. Karena sikap Ir.Soekarno seperti yang telah disebutkan diatas sudah  mencerminkan sila ke-5 Pancasila yang memiliki makna menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban dalam memenuhi kebutuhan dasar yang mengandung nilai-nilai seperti menjunjung tinggi keadilan sosial dalam kehidupan bermasyarakat, menjunjung tinggi semangat kekeluargaan dan gotong royong, menghormati hak dan kewajiban orang lain, menghargai hasil karya orang lain dan saling menbantu dan tolong-menolong. Sebagai contoh, dalam perumusan sila-sila Pancasila beliau berunding dengan BPUPKI dan PPKI. Selain itu dalam penyusunan teks proklamasi beliau bekerja sama dengan Drs. Moh.Hatta dan lain sebaginya.

2. Kamu dapat menerapkan sikap yang menunjukkan keadilan sosial dalam kehidupan sehari-hari. Berikan contoh!


Jawab :

-Seorang kepala desa mengadakan rembug desa dengan perangkat dan jajarannya

-Warga di lingkungan RT mengadakan gotong-royong membersihkan dan merapikan taman

-Seorang siswa rela berkorban untuk membantu siswa lainnya yang kurang mampu

-Seorang TNI yang dikirim bertugas untuk menjaga kedaulatan NKRI

-Musyawarah untuk menentukan tujuan study tour sekolah

-Dan lain sebagainya

3. Menurutmu apa yang akan terjadi jika kita tidak menerapkan sila tersebut dalam kehidupan sehari-hari?


Jawab :

Menurut pendapat saya apabila kita tidak menrapakan sila tersebut maka akan terjadi pelanggaran hak dan kewajiban atau ketidakseimbangan antara pelaksanaan hak dan kewajiban. Hal yang seperti itu akan menimbulkan kesombongan, ketidakadilan, kecemburuan sosial dimasyarakat yang dapat menimbulkan konflik dan perpecahan.

Baca Juga :   Sikap Tawakal Baru Kita Lakukan Setelah Melakukan

Demikian tadi adik-adik pembahasan kita mengenai nilai-nilai sila Pancasila khususnya sila ke-5 melalui sikap kepahlawanan yang ditunjukkan oleh sang proklamator kemerdekaan Republik Indonesia Ir. Soekarno dengan kerjasama, keluargaan, persatuan dan kesatuan yang beliau jalin dengan tokoh-tokoh perjuangan dan pergerakan negara kita. Harapannya adalah adik-adik sebagai generasi penerus bangsa dapat meneladani sikap nasionalisme beliau dengan belajar giat sehingga menjadi generasi yang cerdas dan mampu menjaga serta mengisi kemerdekaan.

Disclaimer :

1. Konten ini dibuat untuk mempermudah orang tua dalam mendampingi kegiatan belajar anak yakni digunakan sebagai tambahan atau pembanding.

2. Orang tua tetap menjelaskan materi sehingga anak tidak sekedar tahu akan tetapi dapat memahami, mengerti dan mendapatkan pengalaman belajar yang bermakna.

3. Jawaban yang diajukan penulis sifatnya terbuka, dapat dikurangi atau ditambah sehingga menjadi proporsional dan lebih tepat.


Page 2

Hai adik-adik kelas 4 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi Menurutmu, apakah sikap Ir. Soekarno sudah sesuai dengan sila ke-5 Pancasila? Berikan alasanmu! Kelas 4 SD.

Upaya Bung Karno untuk menciptakan masyarakat berkeadilan dan berkemakmuran sejalan dengan sila kelima Pancasila, yaitu Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Masih ingat, penjelasan tentang makna sila ke-5? Kamu dapat menyaksikan kembali tayangan berikut ini untuk mempelajarinya kembali!

Anak-anak hebat, berikutnya coba kalian jawab pertanyaan berikut ini!


Pembahasan:

Menurut saya Ir. Soekarno sudah sesuai dengan sila ke-5 Pancasila karena Ir Soekarno lebih mengutamakan kepentingan umum yaitu berjuang untuk kemerdekaan Indonesia di atas kepentingan pribadi.

Selain itu juga, Ir Soekarno berupaya untuk menciptakan masyarakat berkeadilan dan berkemakmuran.

Pembahasan:(1) Adil terhadap semua orang(2) Membantu orang lain yang sedang kesusahan(3) Menghormati dan menghargai hak-hak orang lain(4) Mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi

Baca Juga :   Apa yang dimaksud client server

(5) Bergotong royong demi kepentingan bersama.

Pembahasan:
Jika kita tidak menerapka sila tersebut dalam kehidupan sehari-hari maka tidak akan tercipta masyarakat yang tertib dan sejahtera.

Demikian pembahasan mengenai Menurutmu, apakah sikap Ir. Soekarno sudah sesuai dengan sila ke-5 Pancasila? Berikan alasanmu! Kelas 4 SD. Semoga bermanfaat.

Sikap Ir. Soekarno yang mencerminkan sila ke-5

Posted by: pskji.org