Apa saja yang dilakukan agar produk masyarakat menembus pasar atau masyarakat?

Apa saja yang dilakukan agar produk masyarakat menembus pasar atau masyarakat?

Materi IPS SMP kelas 9 halaman 171 mengenai pasar internasional /Pixabay/stevepb/

RINGTIMES BANYUWANGI –
Simak pembahasan materi IPS atau Ilmu Pengetahuan Sosial untuk adik-adik siswa SMP kelas 9 halaman 171 mengenai peluang produk masyarakat menembus pasar internasional.

Diharapkan dengan adanya pembahasan materi ini, dapat membantu adik-adik siswa SMP kelas 9 ketika belajar mata pelajaran IPS di rumah.

Inilah pembahasan materi IPS SMP kelas 9 halaman 171 mengenai peluang produk masyarakat menembus pasar internasioanal, sebagaimana yang dilansir dari Buku Sekolah Elektronik pada Kamis, 23 September 2021.

Pasar internasional adalah pasar yang membeli dan menjual produk dari beberapa negara.

Yang mempengaruhi terjadinya perdagangan internasional adalah keunggulan komparatif dan keunggulan mutlak dari masing-masing negara.

>

Baca Juga: Soal dan Kunci Jawaban UTS PTS Tema 2 Materi Bahasa Indonesia Kelas 5 Semester 1 2021

Jika masing-masing negara memiliki kekuatan dalam memproduksi barang tertentu, maka keuntungan yang diperoleh oleh kedua negara tersebut akan mengimpor barang-barang lain dengan harga murah daripada memproduksi sendiri.

Peluang produk masyarakat untuk menembus pasar internsional sangat besar karena kemudahan akses internet.

Hal ini membuat proses pemasaran dan promosi dapat dilakukan melalui media online seperti e-commerce internasional.

Sumber: Buku Sekolah Elektronik

a. Yang dilakukan supaya produk disukai masyarakat adalah : 1) Selalu menjaga kualitas produk yang diproduksi agar kepercayaan masyarakat meningkat 2) Mengikuti pameran atau even lainnya untuk memperkenalkan produk kepada masyarakat 3) Melakukan promosi melalui media sosial supaya lebih hemat 4) Membuat karakteristik yang khas yang lebih unggul daripada produk pesaing 5) Memberikan hadiah atau potongan harga untuk pelanggan yang setia 6) Buatlah logo dan slogan yang mendukung citra produk 7) Melakukan promosi di media massa 8) Layanan kepada konsumen yang prima dan menyenangkan 9) Bekerja sama dengan agen untuk bisa memasarkan produk pada daerah yang lebih luas b. Bagaimana peluang produk masyarakat dapat menembus pasar internasional? Peluang produk masyarakat untuk bisa menembus pasar internasional sangat luas, negara-negara besar seperti Amerika Serikat, Jepang, Jerman, China, Inggris, India dan lain-lain bisa menjadi tempat memasarkan produk-produk dari masyarakat. Produk-produk kerajinan tradisional sangat digemari masyarakat internasional. Selain itu beberapa produk seperti batik, alat-alat rumah tangga, mebel, rotan, produk hasil makanan, obat-obatan tradisional bisa juga diekspor ke seluruh penjuru dunia. c. Apa yang harus dilakukan agar produk masyarakat diterima oleh pasar internasional? 1) Harus memenuhi standar nasional (SNI) dan standar internasional 2) Harus memiliki merek atau nama dagang 3) Memakai kemasan yang standar, menarik dan ramah lingkungan 4) Harus mengikuti kebutuhan pasar dan berguna bagi warga negara lain 5) Melakukan promosi dengan mengikuti pameran-pameran internasional 6) Harus memahami tentang mekanisme ekspor impor termasuk sistem proteksi setiap negara 7) Harus mempertahankan kualitas 8) Harus ada peran serta pemerintah dalam menjalin hubungan perdagangan dengan negara lain sehingga produk Indonesia mudah masuk ke negara lain.

Baca Juga :   Apa saja kegiatan ekonomi dalam keluarga?

Page 2

a. Yang saja dilakukan agar produk disukai oleh pasar atau masyarakat 1) Selalu menjaga kualitas produk yang diproduksi agar kepercayaan masyarakat meningkat 2) Mengikuti pameran atau even lainnya untuk memperkenalkan produk kepada masyarakat 3) Melakukan promosi melalui media sosial supaya lebih hemat 4) Membuat karakteristik yang khas yang lebih unggul daripada produk pesaing 5) Memberikan hadiah atau potongan harga untuk pelanggan yang setia 6) Buatlah logo dan slogan yang mendukung citra produk 7) Melakukan promosi di media massa 8) Layanan kepada konsumen yang prima dan menyenangkan 9) Bekerja sama dengan agen untuk bisa memasarkan produk pada daerah yang lebih luas b. Bagaimana peluang produk masyarakat dapat menembus pasar internasional? Peluang produk masyarakat untuk bisa menembus pasar internasional sangat luas, negara-negara besar seperti Amerika Serikat, Jepang, Jerman, China, Inggris, India dan lain-lain bisa menjadi tempat memasarkan produk-produk dari masyarakat. Produk-produk kerajinan tradisional sangat digemari masyarakat internasional. Selain itu beberapa produk seperti batik, alat-alat rumah tangga, mebel, rotan, produk hasil makanan, obat-obatan tradisional bisa juga diekspor ke seluruh penjuru dunia. c. Apa yang harus dilakukan agar produk masyarakat diterima oleh pasar internasional? 1) Harus memenuhi standar nasional (SNI) dan standar internasional 2) Harus memiliki merek atau nama dagang 3) Memakai kemasan yang standar, menarik dan ramah lingkungan 4) Harus mengikuti kebutuhan pasar dan berguna bagi warga negara lain 5) Melakukan promosi dengan mengikuti pameran-pameran internasional 6) Harus memahami tentang mekanisme ekspor impor termasuk sistem proteksi setiap negara 7) Harus mempertahankan kualitas 8) Harus ada peran serta pemerintah dalam menjalin hubungan perdagangan dengan negara lain sehingga produk Indonesia mudah masuk ke negara lain.

Baca Juga :   perbedaan pupuk hantu asli dan palsu

Page 3

A. memperbaiki kualitas produk B. peluang sangat terbuka jika kualitas memenuhi standar C. perbaiki kualitas produk dan promosi yang banyak agar lebih meyakinkan konsumen luar

jangan lupa bintang 5 ya dek

Artikel ini adalah jawaban dari pertanyaan “Apa yang harus dilakukan agar produk masyarakat diterima oleh pasar internasional?” Umum diketahui bahwa tidak mudah untuk menembus pasar internasional. Diperlukan strategi khusus agar produk masyarakat bisa diterima dan bersaing dengan produk dari negara lain.

Diperlukan strategi khusus untuk menembus pasar internasional.
Produk
yang dihasilkan haruslah memenuhi standar. Apalagi, masyarakat internasional sangat selektif dalam memilih sebuah produk. Mereka rela membayar mahal asalkan produk yang mereka dapatkan berkualitas. Ini peluang sekaligus tantangan bagi para pelaku usaha. Oleh karena itu, masyarakat pelaku usaha harus melakukan beberapa hal agar produknya diterima oleh pasar internasional. Apalagi, pemerintah memberi dukungan penuh terhadap masyarakat yang ingin memasarkan produknya ke luar negeri. Aktivitas perdagangan ini sangat menguntungkan bagi negara, yaitu menambah devisa.

Baca Juga:

  • Bagaimana Peluang Produk Masyarakat Menembus Pasar Internasional

Lantas,  apa yang harus dilakukan agar produk masyarakat diterima oleh pasar internasional? Nah, berikut ini akan kami uraikan penjelasannya…
Berikut ini adalah beberapa hal yang harus dilakukan masyarakat agar produknya diterima oleh pasar internasional:
Produk yang diterima oleh pasar internasional adalah produk yang memiliki kualitas dengan standar nasional maupun internasional. Jadi, hal pertama yang harus dilakukan oleh masyarakat adalah memastikan bahwa produknya telah memenuhi standar tersebut.

Masyarakat juga harus memiliki merek atau nama dagang terhadap produk yang akan dijual di pasar internasional. Dengan begitu, masyarakat internasional bisa dengan mudah mengenali produk tersebut.
Kemasan suatu produk juga sangat menentukan apakah produk itu siap atau tidak diterima oleh pasari nternasional. Olehnya itu, masyarakat pelaku usaha harus mengemas produknya dengan kemasan standar dan juga ramah lingkungan.
Promosi merupakan hal wajib yang harus dilakukan masyarakat agar produknya diterima oleh pasar internasional. Pengusaha harus mencari informasi dan mengikuti pameran internasional yang bisa dijadikan ajang untuk menampilkan produk.
Sebelum memasarkan produknya ke pasar internasional, masyarakat terlebih dahulu harus memahami mekanisme ekspor dan impor produk. Khususnya, informasi tentang tata cara dan persyaratan ekspor produk ke negara tujuan.
Setelah menemukan pasar, masyarakat harus berusaha untuk menjaga kualitas produknya. Dengan begitu, pasar akan secara konsisten melakukan pemesanan terhadap produk yang dijual.
Bagaimanapun juga, pemerintah memiliki peran besar keberhasilan suatu produk menembus pasar internasional. Perizinan dapat dengan mudah didapatkan apabila masyarakat menjalin hubungan baik dengan pemerintah.

Baca Juga :   Apa yang dimaksud kebijakan perdagangan internasional Sebutkan tiga contoh dan jelaskan?

Demikianlah penjelasan tentang
Apa yang Harus dilakukan Agar Produk masyarakat Diterima oleh Pasar Internasional. Bagikan materi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.


[Jawaban] 7+ Hal Harus dilakukan Agar Produk masyarakat Diterima oleh Pasar Internasional

2020-01-20T18:29:00-08:00 Rating:
4.5
Diposkan Oleh:

Author Ilmusiana

Apa saja yang dilakukan agar produk masyarakat menembus pasar atau masyarakat?

Posted by: pskji.org