Ikut membantu regu piket untuk merapikan meja kelas meskipun tidak ada jadwal piket kelas dampaknya

Ikut membantu regu piket untuk merapikan meja kelas meskipun tidak ada jadwal piket kelas dampaknya

Zaman sekarang, banyak sekali remaja – remaja di luar sana yang sering tidak melaksanakan kegiatan piket kelas yang di selenggarakan oleh sekolah. Padahal, kebersihan kelas itu sangat mempengaruhi kegiatan belajar mengajar. Kelas yang kotor juga dapat menimbulkan risih terhadap siswa itu sendiri dan adapun masalah – masalah yang lain yang dapat ditimbukan. Kira – kira apa saja yang mempengaruhinya ya? berikut pengaruh kelas yang kotor terhadap proses kegiatan belajar dan terhadap siswa itu sendiri, cekidot!

Yang pertama, kelas akan terlihat tidak segar dan tidak enak di pandang jika orang lain melihat kelas tersebut. Kelas yang tidak enak di pandang itu membuat hati seseorang merasakan “kejijian” terhadap kelas itu sendiri sehingga orang – orang pun males untuk membersihkan kelas tersebut. Hal ini sudah biasa di temui oleh orang – orang. Maka dari itu piket kelas itu penting karena dengan berjalannya piket kelas dengan rutin, kelas yang kotor akan berubah menjadi kelas yang bersih. Sehingga, orang – orang yang melihatpun tidak merasakan “kejijian” tersebut.

Yang kedua, kelas yang kotor akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Hal ini sangat sering terjadi di kelas. Bau yang tidak sedap itu sangat sering terjadi kalau para siswa membuang sampah sembarangan di dalam kelas. Sampah – sampah yang sering di buang sembarangan pada umumnya pasti merupakan hal – hal kecil yang seharusnya sangat gampang untuk di buang di tempat sampah. Tissue, botol – botol, dan kertas sudah menjadi barang – barang dimana barang tersebut sangat sering kita jumpai di berbagai kelas yang ada. Seharusnya, kita sebagai remaja yang bertanggung jawab dapat membuang hal kecil tersebut ke tempat sampah yang sudah di sediakan oleh sekolah.

Yang ketiga, kelas yang kotorpun dapat menimbulkan penyakit. Nah, penyakit tersebut kira – kira datangnya darimana ya? penyakit tersebut akan berdatangan dari sampah – sampah yang kita buang sembarangan di dalam kelas itu. Sama seperti yang kedua, tetapi disini yang lebih dapat menimbulkan suatu penyakit adalah botol – botol yang kosong ataupun yang masih sedikit terisi, Botol yang masih sedikit terisi dapat menimbulkan sarang nyamuk. Itu akan sangat berdampak pada kesehatan siswa.

Baca Juga :   Perbandingan melawan hukum dalam hukum pidana maupun melawan hukum dalam hukum perdata

Seperti yang kita ketahui, hal – hal tersebut sudah sering kita jumpai di sekolah. Tetapi, meskipun kita sering jumpai, keadaan tersebut seharusnya tidak ada di sekolah. Kita sebagai siswa seharusnya bisa untuk menghilangkan keadaan buruk tersebut. Cara yang paling efektif dengan cara kita rutin mengikuti jadwal piket kelas. Piket kelas sangat sering di abaikan oleh para siswa dan hanya mengandalkan para karyawan kebersihan yang ada di di sekolah. Kita seharusnya dapat membantu mereka, ya dengan cara mengikuti piket kelas dan membuang sampah pada tempatnya. Dengan cara tersebut pastinya kelas akan terlihat indah, asri, dan juga nyaman untuk keberlangsungan proses kegiatan belajar mengajar.

Maka dari itu, mari kita rajin untuk mengikuti piket kelas kelas. Karena dengan adanya piket kelas kitapun dapat membantu para karyawan kebersihan yang ada di sekolah dan membuat kelas pun terlihat indah di mata orang – orang. Kita pun menjadi siswa akan menjadi semangat dan gurupun akan bangga kepada muridnya karena kita dapat membuat kelas menjadi indah.

Stop buang sampah sembarangan. Mari kita laksanakan piket kelas!

Semoga bermanfaat ya!;)

Hai, Quipperian! Perlu kamu sadari, ruangan kelas yang bersih ternyata dimulai dari kamu sendiri sebagai siswa yang bertanggung jawab,

lho
.

Sadar enggak
sih, sekolah di Indonesia mulai dari SD, SMP, sampai SMA maupun SMK umumnya memberlakukan kegiatan piket kelas? Kegiatan ini sudah menjadi tradisi turun temurun yang tidak boleh kamu anggap remeh,

guys
.

Tapi, sebenarnya apa sih arti kata piket itu sendiri? Lalu, apa saja tugas-tugasnya, manfaat, dan contoh piket kelas? Yuk, simak pembahasan Quipper Blog di bawah ini!

Pengertian Piket Kelas

Piket kelas diartikan sebagai kegiatan bersih-bersih secara kolektif yang dilakukan oleh beberapa regu siswa untuk mencapai tujuan bersama.

Lewat piket kelas, tanpa disadari, kamu sebenarnya sedang melatih kerja sama atau gotong royong dengan sesama. Sebab, hal ini merupakan kegiatan yang dilakukan bersama-sama, sukarela, sekaligus ditujukan untuk mempererat kebersamaan.

Kontribusi kamu membersihkan kelas minimal satu kali dalam seminggu saja
sudah besar untuk satu kelas,

lho
. Rasa peduli pada kebersihan secara sederhana bisa kamu pupuk dari kegiatan ini.

Baca Juga :   Perbedaan intensitas cahaya yang jatuh pada permukaan benda menyebabkan munculnya tingkat nada warna yang memberikan kesan pada sebuah karya

Coba

bayangin
, kamu belajar di ruang kelas yang kotor dengan sampah berserakan dan berdebu. Tidak nyaman, bukan? Nah, di sinilah kegiatan piket kelas jadi berperan.

Jadwal Piket Kelas

Di awal masa tahun ajaran baru, biasanya para siswa dan wali kelas tidak langsung melakukan kegiatan belajar mengajar. Demi memperlancar kegiatan belajar, penting untuk menentukan kelengkapan kelas terlebih dahulu seperti struktur organisasi, jadwal pelajaran, dan termasuk jadwal piket kelas.

Sekretaris kelas atau salah seorang siswa biasanya ditugaskan untuk membuat jadwal piket kelas ini. Bagaimana cara membaginya? Tenang, ada banyak cara,

kok
!

Pertama, kamu bisa hitung dulu berapa total siswa dalam kelas. Misalnya ada 30 siswa dan kelas berjalan selama 5 hari. Nah, kamu tinggal membagi banyaknya siswa dengan hari. Hasilnya, dalam satu hari akan ada 6 orang yang menjalani piket.

Kemudian, kamu bisa mengurutkan daftar siswanya berdasarkan absen kelas, urutan nomor ganjil-genap, atau berdasarkan kesepakatan bersama.

Tugas Piket Kelas

Source: sumbar.kemenag.go.id

Nah, kalau jadwalnya sudah ditentukan, sekarang saatnya kamu cari tahu apa saja

sih

tugas-tugas yang harus dijalani saat piket kelas?

Setiap regu bisa secara spontan memilih ketua piket untuk mengatur agar tugas bisa terbagi jelas. Idealnya, regu piket perlu datang lebih awal dari siswa lainnya, supaya ruang kelas bisa bersih sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai.

Kemudian, saat pulang sekolah pun regu yang bertugas harus tinggal lebih lama untuk merapikan kursi dan membersihkan sampah-sampah.

Kelancaran tugas piket harian tentu perlu ditunjang juga dengan alat-alat kebersihan kelas yang memadai dari sekolah. Alat kebersihan kelas yang perlu dipersiapkan pada setiap kelas antara lain sapu lantai, pengki, alat pel, tempat sampah, penghapus papan tulis, kemoceng, dan serbet.

Setelah peralatan kebersihan siap, kamu sudah siap melakukan pembagian tugasnya, Quipperian! Berikut tugas-tugas piket kelas yang dilakukan secara umum antara lain:

1. Mengangkat kursi ke atas meja

Sebelum melakukan kegiatan bersih-bersih, baiknya kursi kelas diangkat terlebih dahulu ke atas meja. Tujuannya agar proses membersihkan lantai kelas lebih leluasa.

2. Menyapu lantai kelas

Setiap kelas baiknya mempunyai minimal dua sapu lantai sehingga kegiatan menyapu minimal bisa dilakukan dua orang. Tujuannya agar tugas membersihkan kelas bisa cepat selesai. Jangan lupa buang kotoran atau sampah yang berada pada lantai ke tempat sampah ya, Quipperian!

Baca Juga :   Cara mengembalikan akun fb tanpa email dan nomor telepon

3. Mengepel lantai kelas

Setelah menyapu, pel seluruh sisi ruangan kelas hingga permukaan lantai terlihat bersih dan terbebas dari noda. Gunakan cairan pembersih lantai agar bakteri-bakteri yang masih bersarang di lantai kelas dapat terangkat dengan sempurna.

4. Menghapus dan membersihkan papan tulis

Selama satu hari penuh belajar di kelas, pasti ada banyak materi yang disampaikan oleh guru lewat papan tulis. Tugasmu ialah menghapus dan membersihkan papan tulis, setiap kali berganti mata pelajaran dan juga saat pulang sekolah.

5. Memperhatikan detail-detail lain pada bagian ruang kelas

Setelah melakukan empat tahap di atas, regu piket dapat memperhatikan kembali kebersihan dan kerapian ruang kelas sebelum menyambut teman-teman kelas yang datang. Merapikan tata meja dan kursi, lap jendela, dan meja kelas bila terlihat kotor, merapikan buku kelas, mengisi spidol bila sudah habis, dsb.

Lakukan

rolling

pembagian tugas regu piket setiap minggunya agar penugasan merata dan tidak membosan.

Manfaat Piket Kelas

Meskipun kelihatan melelahkan, tapi jangan salah, kegiatan ini juga membawa banyak manfaat, Quipperian. Berikut beberapa manfaatnya:

  1. Menumbuhkan kekompakan kelas
  2. Menumbuhkan rasa peduli pada teman
  3. Memberikan pengaruh baik pada lingkungan kelas
  4. Menciptakan rasa tanggung jawab bersama
  5. Menjaga kebersihan kelas sehingga kegiatan belajar mengajar jadi nyaman

Nah, itu dia serba serbi tentang kegiatan piket kelas. Semoga tulisan ini bisa memotivasi Quipperian untuk lebih bertanggung jawab menciptakan lingkungan kelas dan sekitar yang lebih bersih.

Bagikan tulisan ini ke teman-teman kelasmu agar mereka juga sadar akan penting dan manfaaatnya. Jangan kabur-kaburan kalau memang sudah saatnya giliran kamu yang piket, ya!

Ingin mendapat informasi dan materi bermanfaat lainnya secara gratis dari Quipper? Akses video pembelajaran dari Quipper Video

di sini
! Temukan ribuan soal, pembahasan, beserta penjelasannya dari tutor terbaik kami. Salam Quipper!

[spoiler title=SUMBER]

  • hipwee.com/
  • sipitek.com/
  • ilmusosial.id/
  • jumanto.com/[/spoiler]

Ikut membantu regu piket untuk merapikan meja kelas meskipun tidak ada jadwal piket kelas dampaknya

Posted by: pskji.org