Dalam coreldraw kita bisa membuat efek transparan pada objek dan teks dengan menggunakan tools

Dalam coreldraw kita bisa membuat efek transparan pada objek dan teks dengan menggunakan tools

Untuk membuat efek transparan pada corel draw tools yang digunakan adalah transparency tool yang terletak pada toolbox.

pada artikel ini createyuk akan mencontohkan bagaimana cara menggunakan transparency tool di corel draw serta cara mengatur arah dan intensitas transparan dengan dua objek persegi empat.

Letak transparency tool pada toolbox

Untuk pengaturan transparansi terletak pada property bar, dan berikut beberapa tipe efek transparan

Membuat efek transparan merata pada seluruh objek, untuk intensitas tingkat transparannya dapat diatur

Membuat efek transparan pada sebagian objek, pada tipe ini terdiri dari beberapa model transparan yaitu:

Membuat efek transparan secara linear, untuk arah transparansi dapat diatur dengan mengarahkan sumbu dan panah transparansi

Membuat efek transparan melingkar, untuk arah lingkaran transparansi dapat diatur dengan mengarahkan sumbu dan panah transparansi

Membuat efek transparan berbentuk kerucut, untuk arah kerucut transparansi dapat diatur dengan mengarahkan sumbu dan panah transparansi

Membuat efek transparan berbentuk bintang, untuk arah transparansi dapat diatur dengan mengarahkan sumbu dan panah transparansi

Membuat efek transparan dengan menambahkan pola vektor pada objek dimana pola vektor dapat dipilih sesuai keinginan

Membuat efek transparan dengan menambahkan pola bitmap pada objek dimana pola bitmap dapat dipilih sesuai keinginan

Membuat efek transparan dengan menambahkan pola dua warna pada objek dimana pola dua warna dapat dipilih sesuai keinginan

Demikian penjelasan dan contoh mengenai cara membuat efek transparan pada corel draw

semoga bermanfaat…


Pada artikel kali ini, Asaljeplak akan memberikan panduan mengenai bagaimana cara membuat suatu objek gambar atau foto menjadi transparan dengan menggunakan software Coreldraw, supaya kamu lebih memahami dan mengerti cara melakukannya.

Mengubah objek berupa foto atau gambar menjadi transparan merupakan suatu efek yang cukup umum dilakukan dikarenakan memiliki beberapa kegunaan seperti untuk membuat efek berbayang, menyampurkan atau menyamarkan objek dengan background, dan beragam kegunaan lainnya sesuai dengan kreatifitas desainer.

Baca Juga :   Seorang siswa mendapat tugas untuk mengukur tebal kertas karton dengan menggunakan mikrometer sekrup

Salah satu cara membuat suatu foto atau gambar transparan adalah dengan menggunakan software atau aplikasi Coreldraw, yang memang umum digunakan untuk kebutuhan desain grafis, dan khususnya untuk menyiapkan materi yang akan dicetak.

Cara membuat gambar transparan di Coreldraw tidaklah rumit, karena di dalam software tersebut sudah disediakan fitur yang akan dapat memudahkan kamu untuk melakukannya dengan cepat dan bahkan hasilnya bisa kamu sesuaikan sesuai dengan keinginanmu.

Pada video di atas, kamu bisa melihat secara langsung panduan yang Asaljeplak berikan terkait hal tersebut, dan pada penjelasan di bawah ini akan diberikan langkah-langkah melakukannya supaya lebih memperjelas dan mudah dipahami.

Cara Menjadikan Gambar/Foto Menjadi Transparan Keseluruhan di Coreldraw

Langkah-langkah mudahnya untuk membuat gambar transparan di Coreldraw adalah sebagai berikut:

  1. Buka objek foto atau gambar pada Coreldraw,
  2. Klik pada objek untuk mulai mengedit,
  3. Pilih menu transparency yang ada di baris menu sebelah kiri (lihat video untuk mengetahui letak menu nya),
  4. Kemudian pada barisan di bagian atas, kamu bisa memilih satu dari beberapa mode transparan, yaitu Uniform, Fountain, Vector, Bitmap, Two Color Transparency.
  5. Apabila ingin membuat keseluruhan objek menjadi transparan, pilihlah uniform transparency,
  6. Atur tingkat transparansi menggunakan slider atau mengganti angka yang ada di dalam kotak pada menu atas (yang secara default ada di angka 50),
  7. Geser kanan atau masukkan angka yang lebih besar dari 50 (max. 100) untuk meningkatkan transparansi, dan masukkan angka di bawah 50 untuk mengecilkan tingkat transparansi.

Cara Menjadikan Gambar/Foto Menjadi Transparan Sebagian di Coreldraw

Sementara apabila kamu hanya ingin memberikan efek transparan pada sebagian objek saja, pilihlah menu Fountain Transparency, yang langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Klik pada objek
  2. Pilih menu “Fountain Transparency”
  3. Atur posisi garis yang membentuk siku dengan cara klik pada bagian kotak-kotaknya, yang mana kamu bisa menggeser, memutar, atau mengatur besar kecilnya siku tersebut,
  4. Atur posisi slider yang berbentuk garis biru (terletak pada kaki-kaki siku), untuk mengatur besar-kecilnya area transparansi.
  5. Lakukan hingga menemukan hasil yang sesuai dengan keinginanmu.
Baca Juga :   Maksud Dari Latihan Lompat Tali Adalah Agar

Kesimpulan

Memberikan efek transparansi bisa sangat membantu dalam desain grafis, karena terkadang akan dapat menambah nilai estetika dari suatu desain yang sedang anda kerjakan, dan hal itu bisa dengan mudah dilakukan apabila kamu menggunakan software Coreldraw.

Jangan lupa untuk menonton video Asaljeplak di atas supaya kamu bisa lebih memahami bagaimana cara melakukannya, dan jangan lupa untuk berikan likes dan subscribe ke channel Youtube Asaljeplak apabila kamu terbantu dengan tutorial cara membuat gambar transparan di coreldraw ini.

Dan juga, jangan lupa untuk mengunjungi dan membaca artikel-artikel lainnya yang ada di website Asaljeplak, seperti:

BACA JUGA
Tutorial Drum – Teknik Blast Beat part 1

Agar kita mendesain secara maksimal, terlebih dulu kita harus menguasai fitur-fitur yang ada di sebuah aplikasi atau software desain grafis yang kita pakai. Banyak sekali software desain yang bisa kita pakai seperti Photoshop, CorelDraw, Adobe Ilustrator, dan masih banyak yang lain. Tapi admin akan membahas tentang tutorial di CorelDraw.

Di dalam CorelDraw sudah disediakan fitur-fitur yang sangat banyak untuk menunjang kegiatan kalian saat melakukan desain grafis. Di artikel-artikel sebelumnya, sudah admin buatkan beberapa tutorial dasar menggunakan CorelDraw. untuk kalian yang baru pertama kali berkunjung bisa kalian lihat artikel admin yang lain. Terlebih lagi jika kalian seoang pemula hal ini sangat penting.

Pada kali ini admin akan memberikan tutorial dasar lagi kepada kalian semua.
Tutorialnya yaitu Cara Membuat Gambar atau Objek Transparan di CorelDraw. Buat kalian para pemula pengguna CorelDraw pasti kebingungan bagaimana caranya, ya karena admin dulu pun sama seperti kalian waktu pertama kali belajar software CorelDraw.

Untuk membuat efek transparan sangatlah mudah. Tool yang digunakan yaitu Transparency tool. Kalian bisa mengaktifkan tool ini di menu Tool Box. Nah di dalam efek transparan ini kalian akan diberikan 5 model efek transparan temen-temen diantaranya yaitu :

Baca Juga :   Bagaimana Perjuangan Nabi Amos Dalam Menegakkan Keadilan Dalam Masyarakat Israel

1.
Normal

2.
Fountain Transparan

a.
Linier

b.
Radial

c.
Conical

d. Rectangnular

Tetunya jika kalian menggunakan salah satu efek tersebut hasilnya akan berbeda-beda, tergantung selera dan kebutuhan kalian saat mengedit. Oh iya di sini admin mengunakan CorelDaraw X7, kalau kalian menggunakan versi lain sama saja kok tidak jauh berbeda.

Ok agar kalian tidak kebingungan langsung aja kita praktekan Cara Membuat Objek atau Gambar Transparan di CorelDraw X7.

1.
Pertama kalian import gambar yang kalian inginkan atau kalian juga bisa membuat objek.

2.
Setelah kalian import pada menu Tool Box pilih
Transparency tool.

3.
Maka nanti bakal muncul menu di bagian kiri atas. Nah disitu akan ada 5 efek tapi yang biasa digunakan hanya 2 seperti yang admin tandai.

3.
Yang nomor 1 adalah efek
Normal
dan yang nomor 2 adalah efek
Fountain Transparan.



Baca Juga:

4.
Jika kalian mengaktifkan yang Normal efek maka hasilnya kan seperti ini.

5.
Kalian bisa mengatur level transparannya seperti yang admin tandai.

6.
Kemudian jika kalian mengaktifkan efek
Fountain Transparan
maka hasilnya akan begini.

7.
Akan muncul menu di bagian atas yang dapat kalian gunakan jika ingin mengubah efeknya transparannya seperti
Radial, Conical, ataupun
Rectangnular. Maka hasilnya seperti ini.

8.
Kalau kalian membuat objek kalian juga bisa membuat transparan dengan menu
Transparency tool
ini. Jadi tidak hanya gambar saja.

9.
Dengan efek transparan, kalian bisa membuat manipulasi gambar seperti ini.

Sekian dulu tutorial Cara Membuat Objek atau Gambar Transparan untuk pemula di CorelDraw. semoga bermanfaat dan selamat belajar di rumah. 🙂

Dalam coreldraw kita bisa membuat efek transparan pada objek dan teks dengan menggunakan tools

Posted by: pskji.org