Sebutkan kesan yang ditimbulkan dari macam Macam Garis dalam seni rupa

Sebutkan kesan yang ditimbulkan dari macam Macam Garis dalam seni rupa


Ilustrasi beragam garis. (Photo by tartila on Freepik)

Bola.com, Jakarta –
Ketika kita melihat sebuah karya seni lukis, kerap dijumpai bentuk-bentuk
garisdi dalamnya. Terkadang kita tidak begitu paham apa sebenarnya makna dari garis-garis tersebut.

Garisadalah unsur penting di dalam seni rupa serta dibutuhkan untuk penerapan gambar teknik. Berbagai macam garis dalam seni rupa berguna untuk menambah keindahan karya seni dan membuatnya menjadi sempurna.

Garis merupakan suatu bentuk perpaduan dari sejumlah titik yang letaknya sejajar dan sama besarnya. Garis memiliki dimensi yang bentuknya memanjang serta memiliki arah.

Dimensi tersebut dapat menghasilkan bentuk yang bervariasi berupa panjang, pendek, halus, tebal, lurus, melengkung, dan lain sebagainya.

Sementara, garis memiliki berbagai macam, misalnya jika didasarkan arahnya, bisa dibedakan menjadi garis horizontal, garis vertikal, dan garis diagonal.

Sedangkan garis yang bentuknya berupa lengkungan, zig-zag, atau acak merupakan hasil perpaduan dari jenis-jenis arah garis tersebut.

Untuk lebih memahami macam-macam
garisdalam seni rupa dan gambar teknik, berikut ini penjelasannya, dilansir dari laman Zonareferensi, Rabu (15/12/2021).

  • Garis horizontal, merupakan jenis garis lurus yang mendatar. Jenis garis horizontal ini digambarkan memberikan sugesti ketenangan atau hal-hal yang tidak bergerak.
  • Garis vertical, merupakan jenis garis lurus yang tegak dan berdiri. Garis vertikal memberi kesan mengenai stabilitas, kekuatan atau kemegahan suatu objek.
  • Garis diagonal, merupakan jenis garis lurus yang miring, baik ke arah kanan atau ke arah kiri. Garis diagonal ini memberikan kesan sesuatu yang tidak stabil serta sesuatu yang bergerak atau dinamika.
  • Garis lengkung, merupakan jenis garis yang memiliki arah membelok dengan bentuk pola melengkung. Garis lengkung ini terdiri dari tiga macam bentuk garis, yaitu garis lengkung busur, garis lengkung kubah, dan garis lengkung mengapung.
  • Garis zig-zag, merupakan jenis garis majemuk yang berkelok-kelok pada arah yang berlawanan. Garis ini awalnya adalah garis lurus yang arahnya berbeda dan kemudian bersambung.
  • Garis berombak, merupakan jenis garis majemuk berupa garis lengkung yang berkesinambungan. Jenis garis ini juga disebut sebagai garis lengkung S yang menggambarkan irama dan pergerakan.
  • Garis gabungan, adalah jenis garis yang lebih komplek, yaitu perpaduan dari beberapa unsur garis. Gabungan tersebut merupakan perpaduan antara garis lurus, garis lengkung dan garis majemuk.
  • Garis kontinu tebal, merupakan garis yang digunakan sebagai garis-garis nyata, garis-garis suatu objek, serta garis-garis tepi.
  • Garis kontinu tipis, merupakan garis yang digunakan sebagai garis petunjuk, garis khayal, garis bantu, garis ukur, garis sumbu pendek, dan garis-garis arsir.
  • Garis putus-putus, merupakan garis yang berfungsi sebagai garis objek atau garis tepi yang terhalang.
  • Garis setrip titik tipis, merupakan garis yang digunakan sebagai garis sumbu, garis simetri, dan garis lintasan. Jika dipertebal pada bagian ujung dan belokannya maka fungsinya sebagai garis bidang potong.
  • Garis setrip titik tebal, merupakan garis yang digunakan sebagai garis penunjuk permukaan pada objek yang memerlukan penanganan khusus.
  • Garis setrip titik dengan titik ganda memiliki beberapa kegunaan, di antaranya yaitu sebagai penunjuk bagian yang berdampingan, sebagai batas-batas kedudukan objek yang bergerak, dan sebagai garis pada batang profil.
  • Garis kontinu bebas atau tipis, merupakan garis yang digunakan sebagai garis-garis pembatas pada bagian objek yang dipotong.
  • Garis kontinu zig-zag memilki fungsi yang sama dengan garis kontinu bebas atau tipis, yaitu sebagai garis-garis pembatas dari bagian suatu objek yang dipotong.
Baca Juga :   Perbedaan komposisi urine laki-laki dan perempuan

Sumber:
zonareferensi.com

Dapatkan artikel macam dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.


sumber gambar: http://desaingrafisindo.blogspot.com

Disini saya akan menjelaskan Unsur-unsur Tata Letak di dalam Desain grafis dan disini kalian bakalan tahu kalau GARIS adalah hal yang paling penting di dalam desain grafis. Dan disini saya akan menjelaskan semuanya tentang GARIS di dalam desain grafis.





Garis merupakan rangkaian yang tersusun dari titik-titik yang menyambung dengan kerapatan tertentu. Dari bentuknya garis sangat bervariasi, ada garis lurus, garis lengkung dan lain-lain. Garis dibagi menjadi 2, yaitu:

  1. Garis alamiah, yaitu garis cakrawala
  2.  Garis buatan, yaitu terdiri dari:

    • Garis yang sengaja dibuat.
    • Garis yang tidak sengaja dibuat (timbul karena tercipta dari dua bidang dengan warna yang berbeda).

Garis memiliki Fungsi:

  1. Sebagai pembatas tepi bidang atau objek
  2. Menciptakan nilai ekspresi seperti nilai gerak atau dinamika (movement), nilai irama.(RYTHIM) dan nilai arah  (DIRRECTION).
  3. Memberikan kesan pada visual desain, misal tegas, luwes dinamis, dll.

Jenis Garis beserta kesan:

  1. Garis Lurus Vertikal berkesan stabil, tenang, kekuatan, atau kemegahan.
  2. Garis Horizontal berkesan tenang, wawasan luas.
  3. Garis Putus berkesan gerak dan gelisah.
  4. Garis Silang atau Diagonal berkesan gerak ringan, dinamis, tegang dan ragu.
  5. Garis Lengkung berkesan luwes, lamban, irama, santai, dan kehidupan.
  6. Garis ZigZag berkesan gairah semangat, dinamika atau gerak cepat
  7. Garis Spiral berkesan kelahiran atau gelombang kekuatan

Sudah faham mengenai garis-garis kan kawan-kawan, jika ada yang belom faham bisa dijelaskan di kolom komentar. Mohon maaf atas kesalahan kata. Terima Kasih.







Jangan lupa lihat:

1. Pembahasan lengkap tentang SATUAN dalam FISIKA termasuk SI (Satuan Internasional):http://misanfauzan.blogspot.com/2018/08/pengertian-macam-macam-sistem-satuan.html


2. Pembahasan lengkap tentang APA ITU FISIKA?, Besaran beserta aspek di dalamnya:
http://misanfauzan.blogspot.com/2018/08/apa-itu-fisika-pengertian-macam-macam.html



3. Pembahasan tentang SENI RUPA yang lengkap:
http://misanfauzan.blogspot.com/2018/08/pengertian-seni-pembagian-seni-seni.html




thanks to:


http://desaingrafisindo.blogspot.com

Baca Juga :   Apakah Yang Dimaksud Kedaulatan Memiliki Sifat Tidak Terbatas

Sebutkan kesan yang ditimbulkan dari macam Macam Garis dalam seni rupa

Posted by: pskji.org