Sebutkan dan jelaskan perangkat komputer yang kamu ketahui

Sebutkan dan jelaskan perangkat komputer yang kamu ketahui

Pengertian komputer adalah suatu perangkat keras yang sangat berkaitan dengan teknologi. Di dalam komputer terdapat beberapa komponen pendukung agar komputer bekerja sebagaimana mestinya. Dewasa ini, hampir setiap lini pekerjaan memerlukan perangkat komputer. Karena, komputer mampu membantu berbagai pekerjaan manusia.

Lalu, apa pengertian komputer yang sebenarnya? Apa saja fungsi komputer? Tenang saja, karena pada kesempatan kali ini kami akan membahas pengertian komputer secara lengkap khusus untuk Anda.

Pengertian Komputer

Pengertian komputer secara umum adalah seperangkat alat elektronik yang bisa digunakan untuk mengolah data sesuai dengan berbagai prosedur yang sudah sebelumnya dirumuskan, sehingga mampu memberikan hasil informasi yang sangat bermanfaat untuk setiap penggunanya.

Selain itu, pengertian komputer adalah alat elektronik yang didalamnya terdapat rangkaian beragam komponen yang saling terkoneksi dan membentuk suatu sistem kerja. Sistem yang terdapat di dalam komputer ini bisa melakukan pekerjaan secara otomatis dengan berdasarkan program yang sudah diperintahkan, sehingga bisa menghasilkan data serta program tertentu.

Umumnya, komputer terdiri dari beberapa elemen utama, yakni perangkat keras atau hardware yang terdiri dari RAM, processor, harddisk, CPU, dan Motherboard. Lalu ada juga perangkat lunak atau software, yakni sistem operasi dan juga beragam aplikasi yang diinstal di dalam hardware agar bisa bekerja sesuai dengan perintah penggunanya.

Sedangkan elemen terakhir dari komputer adalah pengguna atau brainware, yakni pengguna atau operator komputer itu sendiri.

Sebenarnya, kata komputer itu sendiri diambil dari bahasa latin, yakni “computaire” yang memiliki arti menghitung. Sehingga, pengertian sederhana dari komputer adalah alat yang mampu menghitung aritmatika.

Baca juga:

Ebook Adalah Buku Digital Masa Kini Yang Lebih Hemat, Ini Kelebihannya!

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

Agar kita bisa lebih memahami pengertian komputer, maka kita harus mengetahui pendapat para ahli tentang pengertian komputer di bawah ini.

1. Robert H. Blissmer

Robert H. Blissmer menjelaskan bahwa pengertian komputer adalah sebuah benda elektronik yang bisa melakukan berbagai tugas, seperti menerima input dan memprosesnya sesuai dengan perintah, menyimpan berbagai perintah dan mengelola hasilnya, serta menyediakan hasilnya dalam bentuk informasi yang lengkap.

2. V. C. Hamacher

Menurut V. C. Hamacher, pengertian komputer adalah suatu mesin penghitung elektronik yang cepat dan mampu mendapatkan informasi input digital agar kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang sudah tersimpan di dalam memorinya, serta menghasilkan output dalam bentuk informasi.

Baca Juga :   Which one of the following topologies is connected in the shape of a closed loop

3. Donald H. Sanders

Sanders berpendapat bahwa pengertian komputer adalah sebuah sistem elektronik yang bisa digunakan untuk memanipulasi data secara cepat dan tepat, dirancang dan diorganisasikan agar mampu menerima serta menyimpan data secara otomatis, memproses berbagai data, sampai menghasilkan output dengan berdasarkan perintah yang sebelumnya sudah tersimpan di dalam memori.

4. William M. Fuori

Menurut Fuori, pengertian komputer adalah sebuah alat yang mampu memproses data agar bisa melakukan perhitungan secara besar dan juga cepat, termasuk di dalamnya melakukan perhitungan aritmatika dan juga operasi logika, serta tidak ada campur tangan manusia di dalamnya.

5. Williams & Sawyer

Williams & Sawyer dengan tegas menjelaskan bahwa pengertian komputer adalah suatu mesin serbaguna yang bisa diprogram dan menerima data serta memproses ataupun memanipulasi berbagai data tersebut ke dalam bentuk informasi yang bisa digunakan.

Fungsi Komputer

Terdapat banyak sekali fungsi komputer tergantung pada penggunaannya. Berdasarkan pengertian komputer yang sudah kita bahas bersama di atas, fungsi komputer adalah sebagai berikut:

1. Data Input

Mesin komputer mampu menerima informasi ataupun data dari sumber lain yang berasal dari luar. Data tersebut akan mudah diterima melalui berbagai kegiatan pada keyboard, mouse ataupun dari komputer lain dan peralatan lainnya.

2. Data Processing

Fungsi paling utama dari komputer adalah agar bisa melakukan pengolahan data, sehingga nantinya mampu menghasilkan output dalam bentuk informasi. Biasanya, data yang diolah di dalam komputer tersedia dalam bentuk gambar, teks, audio, grafik, dan lain-lain.

3. Data Output

Fungsi selanjutnya dari komputer adalah agar bisa memberikan hasil output setelah melalui berbagai proses pengolahan data. Informasi ini nantinya bisa disajikan dengan menggunakan monitor, alat printer dan juga speaker.

4. Data Storage

Komputer juga bisa disajikan sebagai tempat dalam menyimpan data, sehingga data tersebut bisa ditemukan secara mudah dan digunakan kembali oleh penggunanya. Data tersebut nantinya bisa disimpan di dalam memori komputer atau ke dalam memori eksternal.

5. Data Movement

Fungsi lainnya dari komputer adalah agar bisa memindahkan data yang berasal dari komputer yang satu ke komputer yang lainnya atau berbagai peralatan output lain.

Komponen Komputer

Berdasarkan fungsinya di atas, komponen yang terdapat di komputer terbagi menjadi tiga kelompok, yaitu input, process, dan output. Berikut ini adalah penjelasannya.

Baca Juga :   Mengapa teks cerita fantasi tidak bisa dinalar oleh akal pikiran kita

1. Komponen Input

Komponen input adalah komponen hardware yang mempunyai tanggung jawab dalam memberikan perintah tugas yang nantinya akan diberikan kepada komputer. Beberapa contoh komponen input pada komputer adalah keyboard, mouse, trackpad, pen, scanner, microphone, dll.

2. Komponen Proses

Komponen proses adalah komponen yang memiliki tugas dalam mengolah ataupun memproses suatu perintah yang diberikan oleh brainware agar kemudian ditampilkan pada komponen output komputer. Beberapa contoh komponen proses adalah processor, motherboard, hardisk, dan juga RAM.

3. Komponen Output

Komponen output adalah komponen yang bertugas dalam menampilkan informasi dari suatu perintah yang sudah diproses oleh komputer. Beberapa komponen output pada komputer antara lain adalah monitor, speaker, printer, dan masih banyak lagi.

Perkembangan Komputer

Perkembangan komputer yang terjadi selama ini bisa kita bagi menjadi lima kelompok angkatan. Dalam tiap angkatan tersebut ditentukan dengan komponen utama komputer. Setiap kelompok angkatan ini nantinya mampu menghasilkan output komputer dengan ukuran yang lebih sederhana, kecil, terjangkau dan juga tahan banting.

Perkembangan komputer selalu diiringi dengan berbagai penemuan komponen baru yang membuat bentuk komputer semakin sederhana.

Saat ini, komputer mampu memproses suara, gambar, teks, dan berbagai bentuk non-numerik yang ada di dalamnya. Hal yang paling penting dari komputer adalah seluruh proses gambar, suara, teks, dan hal lainnya merupakan wujud lain dari perhitungan bentuk numerik dasar.

Sedangkan yang diolah dengan menggunakan mesin komputer adalah berbagai angka saja, yakni angka satu dan angka nol. Nantinya, angka tersebut akan mampu membentuk gabungan kode biner yang mewakili listrik aktif dan non aktif.

Jenis-Jenis Komputer

Jika kita perhatikan berdasarkan bentuk dan juga ukurannya, komputer terbagi menjadi tujuh jenis. Ketujuh jenis komputer tersebut adalah sebagai berikut ini:

1. Komputer Portabel

Pengertian komputer portable adalah komputer yang mudah untuk dibawa kemana saja, yang mana bisa digunakan untuk kebutuhan penelitian di lapangan dan berpindah-pindah tempat. Jenis komputer ini kurang terkenal karena lebih berat dan juga lebih besar daripada laptop.

2. Komputer Desktop

Pengertian komputer desktop adalah komputer yang ditempatkan di atas meja. Jenis komputer ini mempunyai CPU yang terpisah dari keyboard dan juga monitor.

3. Komputer Palmtop

Pengertian komputer palmtop adalah komputer yang memiliki bentuk kecil dan bahkan bisa digunakan. Jenis komputer ini sudah sangat jarang digunakan semenjak kehadiran smartphone.

Baca Juga :   Berikut yang tidak termasuk fungsi iman kepada qada dan qadar dalam perbuatan sehari hari yaitu

4. Komputer Tower

Pengertian komputer tower adalah komputer dengan bentuk lebih besar ketimbang komputer desktop. Umumnya, komputer ini disimpan di atas ataupun di sisi meja. Jenis komputer ini bisa ditambahkan dengan perangkat pendukung karena mempunyai expansion slot.

5. Komputer Notebook

Pengertian komputer notebook adalah komputer yang mempunyai ukuran lebih tipis. Biasanya jenis komputer ini digunakan oleh para pelajar, pengajar dan para peneliti yang memerlukan perangkat komputer yang ringan dan juga ringkas.

6. Handbook (Subnotebook)

Handbook adalah jenis dari notebook, namun dengan ukuran yang lebih kecil dari notebook. Biasanya, handbook didukung dengan prosesor berspesifikasi sangat rendah.

7. Komputer Laptop

Pengertian komputer laptop adalah komputer yang bisa ditempatkan di pangkuan para penggunanya. Laptop sudah didukung dengan CPU, monitor, dan juga keyboard yang menyatu dan bisa dibawa kemana saja.

Baca juga:

Software Komputer: Ini Manfaatnya untuk Bisnis Anda!


Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap dari kami tentang pengertian komputer. Jadi, pengertian komputer adalah seperangkat alat elektronik yang bisa digunakan untuk mengolah data sesuai dengan berbagai prosedur yang sudah sebelumnya dirumuskan, sehingga mampu memberikan hasil informasi yang sangat bermanfaat untuk setiap penggunanya.

Saat ini, hampir setiap bisnis memerlukan teknologi komputer. Di dalamnya sudah diinstall dengan berbagai software yang mampu mempermudah mereka dalam mengerjakan tugas dan memberikan pengalaman belanja yang baik pada konsumen.

Nah, bila Anda tidak mau ketinggalan zaman dan ingin terus mengembangkan bisnis, maka Anda harus mulai menggunakan komputer dan berbagai software yang mampu memudahkan bisnis Anda untuk berkembang. Salah satu software yang harus Anda gunakan adalah software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Software ini mampu membantu Anda dalam menyiapkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat. Sehingga, Anda bisa lebih fokus dalam membuat strategi pemasaran yang matang demi kemajuan bisnis Anda.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati berbagai modul dan fitur yang ada di dalam Accurate Online agar bisnis Anda bisa beroperasi secara lebih efisien.

Tertarik? Anda bisa lebih dulu menggunakan berbagai keunggulan dan fitur menarik dari Accurate Online secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.

Sebutkan dan jelaskan perangkat komputer yang kamu ketahui

Posted by: pskji.org