Kurangnya daerah resapan air di perkotaan dapat menyebabkan

Kurangnya daerah resapan air di perkotaan dapat menyebabkan

Meningkatnya jumlah bangunan di perkotaan mengakibatkan semakin berkurangnya daerah resapan air sehingga apabila terjadi hujan terus menerus akan mengakibatkan bencana alam, yaitu?

  1. gempa
  2. banjir
  3. tsunami
  4. angin topan
  5. Semua jawaban benar

Jawaban: B. banjir

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, meningkatnya jumlah bangunan di perkotaan mengakibatkan semakin berkurangnya daerah resapan air sehingga apabila terjadi hujan terus menerus akan mengakibatkan bencana alam, yaitu banjir.

Kemudian, saya sangat menyarankan anda untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu
Fenomena alam yang tampak dalam gambar merupakan?
beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap.

Daerah resapan air merupakan hal yang sangat penting yang bahkan harus ada di setiap wilayah. Daerah resapan air adalah daerah yang menjadi tempat air hujan dapat masuk ke dalam lapisan tanah dan terkunci di dalamnya, sehingga tidak langsung mengalir ke sungai atau ke laut. Daerah resapan air akan dapat mencegah terjadinya banjir dan juga dapat menyimpan air dan menguncinya untuk bisa digunakan di kemudian hari. Hilangnya daerah resapan air dapat menimbulkan berbagai permaslahan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Tidak adanya daerah resapan air menyebabkan berbagai hal yang tidak diinginkan akan mudah terjadi seperti terjadinya banjir (air meluap karena tidak ada yang menampung) dan juga kekeringan di kemudian hari.

Salah satu penyebab banjir pada musim hujan di perkotaan disebabkan karena wilayah tersebut memiliki keterbatasan daerah resapan air dan juga karena saluran got yang kurang lancar. Oleh sebab itu, fenomena ini dapat dikaji dengan menggunaan pendekatan keruangan. Pendekatan ini mengkaji gejala geografi dengan menelaah aspek keruangan yang ada di daerah tempat gejala keruangan tersebut terjadi. Jawaban yang tepat adalah A.

Baca Juga :   Perbedaan sakit kepala biasa dengan kanker otak

Daerah resapan air merupakan hal yang sangat penting yang bahkan harus ada di setiap wilayah. Mengapa? Hal ini tidak hanya akan berhubungan dengan peristiwa banjir air saja namun juga sangat berhubungan dengan keberadaan cadangan air di planet Bumi. Daerah resapan air adalah daerah yang menjadi tempat air hujan dapat masuk ke dalam lapisan tanah dan terkunci di dalamnya, sehingga tidak langsung mengalir ke sungai atau ke laut.

Biasanya daerah resapan air ini memiliki banyak pepohonan karena akar pohon merupakan pengunci air yang sangat baik. Daerah resapan air akan dapat mencegah terjadinya banjir dan juga dapat menyimpan air dan menguncinya untuk bisa digunakan di kemudian hari. Namun, realita sekarang ini menunjukkan bahwa daerah resapan air sudah mulai berkurang, terlebih di daerah perkotaan yang akan sangat sulit untuk menemukan daerah resapan air.

Dengan berkurangnya daerah resapan air ini maka berbagai hal yang tidak diinginkan akan mudah terjadi seperti terjadinya banjir dan juga kekeringan di kemudian hari. Dahulu di kota besar, di sekitar sungai maka akan dapat ditemui daerah resapan air sehingga air hujan dapat masuk ke tanah dan tidak langsung mengalir ke sungai, sehingga tidak cepat meluap sebagai banjir. Nah, berkurangnya daerah resapan air ini tentu saja ada penyebabnya. Berikut ini merupakan beberapa penyebab berkurangnya daerah resapan air:

  1. Pembangunan infrastruktur publik

Salah satu faktor penyebab berkurangnya daerah resapan air adalah karena berkembangnya pembangunan infrastruktur publik, seperti jalan aspal, tol, betonisasi jalan dan lain sebagainya. Coba sekarang kita perhatikan. Dulu di sekitar jalan raya masih kita temukan ada lahan yang ditanami pohon atau minimal rumput. Namun sekarang di sekitar jalan sudah dibeton sehingga tidak ada tempat air untuk dapat meresap ke dalam tanah. Akibatnya, banyak jalan tergenang air ketika hujan turun dengan lebatnya.

  1. Pembangunan pemukiman penduduk
Baca Juga :   Uraikan Mengenai Prinsip Permainan Bola Basket

Tidak bisa dipungkiri bahwa kebutuhan pemukiman penduduk semakin lama semakin banyak, terlebih di ibukota. Dulu, masyarakat membangun rumah ilegal di bantaran sungai, hal itu jelas akan mengganggu kesehatan lingkungan sungai. Namun, sekarang pemerintah merelokasi tempat tinggal mereka. Masyarakat pendatang tidak lagi tinggal di bantaran sungai, melainkan di rumah susun atau rumah lainnya yang disediakan pemerintah dengan harga yang murah. Nah, lahan untuk membangun perumahan warga inilah yang mengurangi daerah resapan air. Misalnya, yang mulanya adalah taman dengan pohon- pohon sekarang berubah menjadi rumah warga.

  1. Banyaknya sampah yang berserakan

Banyaknya sampah yang berserakan jelas akan mengurangi daerah resapan air. Terlebih jika sampah tersebut adalah sampah non organik seperti kaleng dan plastik yang mana air saja tidak dapat tembus. Hal ini jelas akan menyebabkan air menjadi tergenang dan tidak dapat meresap ke dalam tanah. Sampah juga merupakan salah satu penyebab banjir.

  1. Penebangan pohon secara liar

Kita semua tahu bahwa fungsi pohon salah satunya adalah sebagai penyerap air dan pengunci air di dalam tanah. Namun, sekarang ini pohon sudah jarang kita temukan, terlebih di kota besar karena alasan tertentu. bahkan, di hutan pun sudah banyak orang yang menebang pohon tanpa izin. Hal ini tentu akan sangat mempengaruhi jenis siklus air. Air tidak dapat meresap ke dalam tanah dan bertahan lama di dalam tanah.

  1. Pembangunan fasilitas publik

Pembangunan memang pesat, selain infrastruktur dan pemukiman masyarakat, yang juga dibangun dengan pesat adalah fasilitas publik seperti pusat perbelanjaan, hotel atau lainnya. Pembangunan ini jelas akan mengurangi stock lahan kosong yang seharusnya bisa dimanfaatkan sebagai daerah resapan.

Baca Juga :   Larutan ch3cooh 0002 m harga ka 1 8 kali 10 min 5 nilai konsentrasi ion h larutan tersebut adalah

Nah itulah beberapa faktor yang menjadi penyebab berkurangnya daerah resapan air. Memang semuanya adalah untuk kepentingan manusia yang tidak pernah puas. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat.


nuatlah kesimpulan tentang materi berdasarkan uraian diatas, buatlah kesimpulan dalam bentuk bagan tentang materi lengkap dengan jenis materi berdasar …

kan komponen penyusunya beserta contohnya,bentuk bagan seperti contoh berikut​


apa itu 3R? makasih.jelaskan no ngasal​


Tulislah dan ceritakanlah gambar berikut dengan kalimat yang sopan dan benar!tolong dijawab dong segera karena lagi dibutuhkan nih plisss cepat ya​


tolong dijawab dong segera karena lagi dibutuhkan nih plisss cepat ya​


tuliskan 3 fauna yg berada di Indonesia bagian tengah ​


Perhatikan pernyataan di bawah ini : 1. Terjadinya kesenjangan social 2. Meningkatkan etos kerja 3. Berkembangnya IPTEK 4. Arus ekonomi yang meningkat …

Berdasar pernyataan di atas, yang merupakan dampak negative globalisasi ditunjukkan oleh nomor ….​


yang udah jawab mkasih banyak​


Berikut yang bukan termasuk kenampakan alam berupa perairan adalah A selat B sungaiC danau D pegunungan ​


tolong bantu jawab , yg dibawah itu lanjutan soalnya yah​


Gambarlah bagan sederhana tentang siklus air! Setelah itu, jelaskan setiap ïprosesnya dengan bahasamu sendiri!=> No Copas => No Google=> Haru …

s ada gambarnya sama prosesnya=> Good Luck​

Kurangnya daerah resapan air di perkotaan dapat menyebabkan

Posted by: pskji.org