Surat niaga atau juga disebut dengan surat dagang adalah surat yang ditulis untuk keperluan

Surat niaga atau juga disebut dengan surat dagang adalah surat yang ditulis untuk keperluan

Ilustrasi/Medcom.id

Jakarta:  Surat merupakan salah satu bentuk komunikasi yang dilakukan melalui tulisan. Tak hanya sekadar menanyakan kabar yang bersifat pribadi, surat juga digunakan untuk kepentingan profesional, seperti perdagangan atau niaga.

Jenis surat yang diperuntukkan bagi keperluan bisnis disebut surat niaga. Untuk membahas lebih lanjut mengenai surat ini, simak ulasan berikut yang dikutip dari laman Quipper.

Pengertian surat niaga

Surat niaga adalah surat formal atau resmi yang digunakan untuk keperluan bisnis. Umumnya, surat ini berisi perihal jual beli atau penawaran barang dan jasa.  Pesan yang juga dikenal dengan sebutan surat dagang ini dibuat dan dikeluarkan oleh perusahaan. Surat tersebut dapat bersifat internal maupun eksternal, tergantung situasi tertentu. Surat yang bersifat internal biasanya digunakan untuk berkomunikasi antarpihak dalam suatu perusahaan. Sementara itu, surat eksternal digunakan untuk berkomunikasi dengan pihak lain di luar perusahaan. Tak cuma menjadi alat komunikasi, surat niaga juga bisa menjadi alat promosi, alat perwakilan pertemuan antara si penulis dengan penerima, alat pengingat, panduan untuk menjalankan tugas, dan menjadi bahan pertimbangan untuk mengambil suatu keputusan.

Berdasarkan fungsi-fungsinya itu, maka surat niaga dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Surat tagihan
  • Surat edaran
  • Surat telegram dan penegasannya
  • Surat penawaran barang dan jasa
  • Surat permintaan barang dan jasa
  • Surat penerimaan pembayaran
  • Surat pesanan barang dan jasa
  • Surat penerimaan pembayaran
  • Surat pernyataan keberatan
  • Surat penangguhan pembayaran barang dan jasa

Baca juga:  TOEFL ITP dan IBT, Apa Bedanya? Surat niaga memiliki beberapa ciri khas yang membedakannya dengan jenis surat lain. Adapun ciri-ciri surat niaga adalah sebagai berikut:

  • Bersifat resmi, sehingga penulisannya menggunakan bahasa baku
  • Merupakan jenis surat yang berkaitan dengan bisnis atau perdagangan
  • Biasanya menggunakan bentuk formulir agar lebih mudah diisi, efisien, hemat waktu, biaya, dan tenaga
  • Menggunakan diksi yang bersifat persuasif agar dapat menarik perhatian
  • Ditulis untuk menyampaikan maksud dan tujuan pembuat surat dengan jelas dan mudah dimengerti.
  • Jika menggunakan surat transaksi dan memiliki nominal besar, surat akan disertai materai
  • Dapat bertindak atas nama instansi maupun pribadi
  • Dapat dilimpahkan kepada orang lain.

Sebagaimana surat resmi pada umumnya, surat niaga memiliki struktur yang baku. Berikut adalah urutan strukturnya.

  • Kop surat
  • Nomor surat
  • Lampiran
  • Perihal
  • Tanggal surat
  • Alamat surat
  • Salam pembuka
  • Isi surat (pendahuluan, inti, dan penutup)
  • Salam penutup
  • Tanda tangan pengirim surat
  • Jabatan pengirim surat

CV Mandiri Jaya Peralatan dan Mesin Kantor Jl. Joget No.10 Jakarta, Indonesia Telp. (021)123567, Fax (021)123567 Jakarta, 11 Agustus 2021 Nomor: 011/SRTPM/VI/2021 Kepada Yth. Direktur PT. Sandjaya Murni Bp. Kurnia Sandjaya Jl. Sakti No. 115 Hal: Surat Pemesanan Barang Dengan hormat,

Sehubungan dengan persediaan barang kami yang sudah sedikit, maka melalui perantaraan surat ini, kami dari perusahaan CV Mandiri Jaya ingin melakukan pemesanan barang-barang, yakni:

  • Buku Folio 200 Pcs
  • Buku Ekspedisi 50 Pcs
  • Buku Kwitansi 100 Pcs
  • Filing Cabinet 50 Pcs
  • Money Sponge 100 Pcs
  • Glue Stick 50 Pcs
  • Clip file 50 box
  • Pen (standar) 50 box
  • Spidol (hitam) 100 Pcs
  • Spidol (biru) 100 Pcs

Proses pembayaran barang pesanan di atas, akan kami lakukan melalui transfer Bank BCA cabang Kelapa Gading, melalui rekening 065.334.4656 atas nama CV Mandiri Jaya. Kami berharap agar barang-barang yang kami pesan di atas dapat dikirimkan segera dan kami terima selambat-lambatnya 5 hari setelah surat pesanan ini diterima. Atas kesediaan Bapak/ Ibu untuk memenuhi barang pesanan tersebut, kami ucapkan terima kasih. Jakarta, 11 Agustus 2021 Hormat Saya, Haniva Malik Marketing Manager

Demikian pembahasan mengenai surat niaga beserta contohnya. Semoga penjelasan di atas dapat membantu Sobat Medcom yang sedang mempelajari materi ini di sekolah, ya!
(Nurisma Rahmatika)

Editor : Citra Larasati

Salah satu jenis surat yang memiliki kaitan erat dengan dunia bisnis adalah
surat niaga. Surat niaga sering digunakan oleh para pemilik bisnis untuk hal-hal yang berhubungan dengan beberapa aktivitas bisnis.

Bila diartikan secara sederhana, pengertian
surat niaga adalah

surat resmi yang dibuat dengan tujuan mencari keuntungan dari berbagai aktivitas bisnis. Pihak yang membuat
surat niaga
biasanya adalah perseorangan, perusahaan atau badan usaha.

Surat niaga
bukan hanya digunakan untuk keperluan eksternal antara pihak pebisnis dengan klien, misalnya. Melainkan juga memiliki fungsi dalam hal internal sebagai media komunikasi antara pihak tertentu dalam sebuah bisnis yang sama, baik dari tingkat pusat sampai ke cabang-cabangnya.

Definisi Surat Niaga

Menurut para ahli, definisi
surat niaga adalah
suatu surat yang dibuat/ dikeluarkan oleh seseorang atau  untuk keperluan niaga atau bisnis.
Surat niaga
mampu mempermudah kegiatan komunikasi perniagaan antar bisnis atau perusahaan.

Baca Juga :   Ayat ke-5 surat al-fil diawali dengan kata

Bisa dikatakan juga bahwa
surat niaga adalah

salah satu jenis surat resmi yang isinya berhubungan dengan penawaran, jual-beli barang atau jasa sehingga sering disebut sebagai surat dagang atau surat bisnis. Dengan kata lain,
surat niaga adalah
surat resmi yang dibuat seseorang atau badan usaha untuk mencari keuntungan dari kegiatan bisnis.

Jenis-jenis Surat Niaga

Surat niaga terdiri dari berbagai jenis, antara lain:

1. Surat Perkenalan

Surat perkenalan merupakan
contoh surat niaga
yang dibuat oleh perusahaan dengan tujuan untuk memperkenalkan usahanya, baik barang maupun jasa, kepada pihak lain. Surat ini umumnya berisi penjelasan mengenai produk atau jasa yang ditawarkan secara lengkap dan terperinci.

2. Surat Permintaan Penawaran

Jenis surat niaga yang satu ini merupakan surat yang dibuat oleh calon pembeli kepada perusahaan penjual. Isinya adalah permintaan untuk menawarkan produk yang dimiliki perusahaan tersebut secara rinci mengenai katalog produk, harga, promo, dan sebagainya.

3. Surat Penawaran

Surat penawaran adalah surat yang biasanya dibuat oleh penjual dengan tujuan untuk menawarkan produknya baik barang maupun jasa. Surat penawaran biasanya dibuat atas inisiatif perusahaan atau untuk membalas surat permintaan penawaran.

Baca Juga:

Memahami Cara Membuat Surat Penawaran Barang yang Baik

4. Surat Pesanan

Ada juga yang disebut dengan surat pesanan. Surat pesanan adalah surat yang dibuat oleh calon pembeli kepada perusahaan penjual yang berisi tentang informasi mengenai produk atau layanan yang akan mereka beli.

5. Surat Konfirmasi Pesanan

Dari namanya, sudah bisa dipahami bahwa surat konfirmasi pesanan adalah surat balasan sebagai bentuk respon dari pihak penjual yang ditujukan kepada calon pembeli. Tujuannya adalah untuk memastikan barang atau jasa apa saja yang dipesan, harga total pemesanan, cara pembayaran, dan detail pengiriman.

6. Surat Pemberitahuan Pengiriman Barang

Surat pemberitahuan pengiriman barang adalah
surat niaga

yang dibuat oleh penjual setelah setuju dan sepakat dengan aturan pemesanan yang dilakukan oleh pihak pembeli. Surat ini berfungsi untuk memberitahukan kepada pembeli bahwa barang siap untuk dikirim dengan tambahan informasi mengenai kondisi barang dan asuransi jika ada.

7. Surat Penolakan Pesanan

Surat penolakan pesanan adalah surat yang dibuat oleh pihak penjual jika ternyata mereka tidak dapat menyetujui permintaan dari pembeli karena berbagai alasan.

8. Surat Penagihan

Surat penagihan dibuat jika proses jual-beli barang atau jasa bersifat utang. Surat ini akan dibuat oleh pihak penjual untuk memberitahukan kepada pembeli kapan saatnya melakukan pembayaran atau waktu jatuh tempo.

9. Surat Pengiriman Pembayaran

Surat pengiriman pembayaran dibuat oleh pembeli setelah menerima barang yang dipesan. Umumnya surat ini juga disertai dengan jumlah uang yang dibayarkan, metode pembayaran, dan bukti pembayaran.

10. Surat Penangguhan Pembayaran

Jenis
surat niaga
berikutnya adalah surat penangguhan pembayaran. Surat ini dibuat oleh pembeli atas surat tagihan yang dikirim pihak penjual. Biasanya surat penangguhan pembayaran ini dibuat karena pembeli tidak bisa membayar dalam waktu tertentu atau penjelasan lain yang mengakibatkan kegiatan pembayaran belum terlaksana.

11. Surat Jawaban Penangguhan Pembayaran

Surat jawaban penangguhan pembayaran dibuat oleh penjual sebagai bentuk respon atau jawaban dari surat penangguhan pembayaran yang dibuat oleh pihak pembeli. Surat ini dapat berisi penolakan penangguhan, atau persyaratan pembayaran yang baru.

12. Surat Komplain atau Pengaduan

Surat pengaduan dibuat oleh pembeli karena produk yang diterima mengalami kerusakan atau cacat, dan dirasa tidak sesuai dengan pesanan.

13. Surat Jawaban Pengaduan

Jenis
surat niaga
yang terakhir adalah surat jawaban pengaduan yang dibuat oleh penjual sebagai balasan atas surat pengaduan dari pembeli. Surat ini berisi tentang permintaan maaf dan pemecahan masalah tersebut.

Fungsi Surat Niaga

Dari penjelasan mengenai definisi dan jenis surat niaga, mungkin kamu sudah mendapatkan gambaran seperti apa sih sebenarnya
fungsi surat niaga

ini. Fungsi-fungsi dari surat niaga cukup banyak dan berhubungan erat dengan urusan jual-beli hingga tawar-menawar dengan pemilik bisnis atau pihak perusahaan lain.

Salah satu
fungsi surat niaga
yang utama adalah sebagai bukti sah adanya perjanjian kerjasama untuk kegiatan niaga dengan pihak lain. Bukti ini nantinya akan berguna dalam laporan keuangan bisnis yang kamu susun di akhir periode perhitungan akuntansi bisnis.

Beberapa
fungsi surat niaga
, adalah:

  • Sebagai bukti nyata hitam di atas putih mengenai surat-surat perjanjian.
  • Sebagai pedoman kerja dalam menjalankan tugas.
  • Sebagai bahan untuk mengambil suatu keputusan.
  • Sebagai alat pengingat, sebab surat dapat diarsipkan dan dapat dilihat lagi jika memang dibutuhkan.
  • Sebagai perwakilan dari pihak pembuat surat dalam pertemuan dengan partner
  • Sebagai alat promosi.
  • Sebagai bukti sejarah perjalanan bisnis.

Ciri-ciri dan Karakteristik Surat Niaga

Dalam dunia bisnis, surat niaga adalah surat resmi yang bisa dengan mudah kamu kenali dari ciri-ciri dan karakteristiknya yang khas, antara lain:

  • Surat niaga selalu berkaitan dengan bisnis atau perdagangan.
  • Pembuatan dan penulisannya dilakukan secara resmi dengan bahasa baku dan ketentuan penulisan surat yang benar.
  • Pemilihan penggunaan kata-kata dilakukan dengan baik dan ada unsur persuasif untuk menarik perhatian.
  • Menyampaikan maksud dan tujuan dengan jelas dan mudah dimengerti.
  • Umumnya menggunakan bentuk formulir agar lebih efisien, hemat waktu, tenaga, dan biaya.
Baca Juga :   Pukulan Pertama Dalam Memulai Permainan Bola Voli Disebut

Struktur Surat Niaga

Dalam proses penulisannya, surat niaga tidak bisa dibuat secara sembarangan. Ada beberapa
struktur surat niaga

yang memang tidak bisa ditinggalkan. Struktur atau unsur-unsur ini harus ada dalam sebuah surat niaga.

Struktur surat niaga tersebut, yakni:

  • Kop surat
  • Nomor surat
  • Lampiran
  • Perihal
  • Tanggal surat
  • Alamat surat
  • Salam pembuka
  • Isi surat (pendahuluan, inti, dan penutup)
  • Salam penutup
  • Tanda tangan pengirim surat
  • Jabatan pengirim surat

Selain struktur surat niaga di atas, ada juga beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam membuat sebuah surat niaga. Apa pun bentuk surat niaga yang akan kamu buat, hal-hal di bawah ini wajib diperhatikan dengan benar.

  • Menyebutkan maksud, tujuan, dan dasar dibuatnya surat niaga tersebut.
  • Menyebutkan jenis dan jumlah produk/jasa yang akan dipesan.
  • Menyebutkan cara mengirim barang/jasa yang ingin dipesan.
  • Menyebutkan cara pembayaran.
  • Menyebutkan cara pengepakan barang.

Baca Juga:

Ketahui Definisi, Fungsi, dan Contoh Surat Jalan Barang

Contoh Surat Niaga

Setelah mengetahui
surat niaga adalah
surat resmi yang berperan penting dalam aktivitas bisnis, fungsinya, dan apa saja
struktur surat niaga

yang harus dicantumkan dalam penulisannya, ada baiknya kamu melihat langsung
contoh surat niaga
agar lebih mudah dalam memahaminya.

Jika dilihat dari jenis-jenis surat niaga yang sudah dijelaskan di atas, ada cukup banyak
contoh surat niaga
yang memang biasa dibuat dalam bisnis. Namun, kali ini akan diberikan beberapa contoh saja.

Contoh Surat Niaga Pengenalan Produk

Seperti yang sudah sedikit dijelaskan tadi,
contoh surat niaga perkenalan produk
biasanya dibuat dengan tujuan pihak lain akan lebih mengenal produk dan jasa yang kamu tawarkan sehingga kemungkinan mereka untuk membeli akan lebih besar.

Surat niaga ini memiliki peranan yang cukup penting dalam sebuah bisnis, apalagi jika ternyata bisnis tersebut baru saja didirikan. Bisnis baru tentu perlu memperkenalkan diri kepada pihak lain atau lebih tepatnya pada calon klien atau calon konsumen.

Semakin cepat pihak lain mengenal bisnis yang kamu jalankan, semakin lebih baik tentunya bagi perkembangan bisnis itu sendiri. Proses perkenalan ini bisa kamu lakukan dengan bantuan surat niaga. Dalam hal ini, surat niaga juga bisa berfungsi sebagai media komunikasi yang baik.

PT. ABADI BAHAGIA

Komputer dan Elektronik

Jl. Merdeka 45, Surabaya

Telp. 031-123456, Email :

Surabaya, 10 Januari 2022

Nomor : 001/ABHG/09/2022

Perihal : Perkenalan Barang

Lampiran : 1 Buah Katalog

Kepada Yth,

Pimpinan PT. Lancar Jaya

Jl. Jend. Sudirman 123

Surabaya

Dengan hormat,

PT. Abadi Bahagia adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang distribusi perangkat elektronika dan komputer. Perusahaan kami telah berdiri sejak kurang lebih 2 tahun yang lalu dan sudah memiliki banyak pelanggan. Begitu juga dengan produk produk yang kami sediakan, merupakan perangkat dan komputer dengan spesifikasi terkini yang dibutuhkan oleh banyak pihak.

Sehubungan dengan hal tersebut, bersama ini kami bermaksud memperkenalkan produk yang kami miliki kepada saudara. Ke depannya, kami berharap bisa menjadi salah satu penyalur perangkat elektronik dan komputer untuk perusahaan saudara. Untuk itu, bersama ini kami  melampirkan satu buah katalog mengenai produk kami.

Demikian surat ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,

Direktur PT. Abadi Bahagia,

Raymond Gunawan

Contoh Surat Niaga Penawaran Barang

Dalam jalannya sebuah bisnis, penawaran barang adalah hal yang sangat umum dan sering terjadi. Hal ini wajar dilakukan karena proses bisnis perusahaan adalah menjual barang yang mereka produksi ke pelanggan. Penawaran barang dapat terjadi dalam lingkungan internal perusahaan, baik antar perusahaan atau juga langsung ke pelanggan (eksternal).

Contoh surat niaga penawaran
barang biasanya dibutuhkan saat kamu ingin menawarkan barang dengan antar perusahaan.
Surat niaga
ini dapat menjadi salah satu representatif dari perusahaan yang menginginkan feedback positif dari adanya surat niaga yang disampaikan.

PT ABADI BAHAGIA

Komputer dan Elektronik

Jl. Merdeka 45, Surabaya

Telp. 031-123456, Email :

Surabaya, 20 Januari  2022

Nomor



: 26/ABHG/BS/VIII/2022

Lampiran



: 1 Berkas

Perihal : Penawaran Barang

Kepada Yth,

Pimpinan PT. Lancar Jaya

Jl. Jend. Sudirman 123

Surabaya

Dengan hormat,

Melalui surat ini izinkan kami memberikan penawaran barang seperti yang kami miliki sebagai pemasok perangkat elektronika dan komputer. Kelebihan kami adalah harga yang murah namun barang berkualitas tinggi.

Bersama surat ini kami lampirkan dokumen pendukung yang diperlukan dan dapat dipergunakan sebagai bahan pertimbangan kerjasama. Kami menyediakan berbagai pilihan pembayaran, mulai dari pembayaran cash ketika barang sampai. Ada juga pembayaran melalui kartu kredit, serta sistem pembayaran cicilan dengan DP sebesar 50% pemesanan.

Baca Juga :   Contoh Soal aturan Sinus dan Cosinus Beserta jawabannya pdf

Demikian surat penawaran ini disampaikan. Untuk perhatian saudara kami mengucapkan terima kasih banyak.

Hormat kami

Raymond Gunawan

Contoh Surat Niaga Pemesanan Barang

Bila
contoh surat niaga penawaran barang
sudah kamu kirimkan, biasanya akan datang
contoh surat niaga pemesanan barang
yang dibuat oleh pihak pembeli dengan tujuan memesan barang.

Selain bertujuan untuk memesan barang, surat ini nantinya juga dapat digunakan sebagai bukti sah jual beli antara pihak penjual dan pembeli. Lantaran itulah, surat pemesanan barang ini harus dibuat dengan benar, jangan sampai salah karena menyangkut kerjasama dua lembaga.


PT. LANCAR JAYA

Jl. Jend. Sudirman 123

Surabaya

Telp. 031-123456, Email :

Surabaya, 02 Februari 2022

Nomor



: 09/II/2022

Lampiran



: 1 Berkas

Perihal : Pemesanan Barang

Kepada Yth,

Pimpinan PT.


ABADI BAHAGIA

Komputer dan Elektronik

Jl. Merdeka 45, Surabaya

Dengan hormat,

Surat yang Bapak/Ibu kirimkan dengan nomor surat 26/ABHG/BS/VIII/2022 sudah kami terima dalam keadaan baik. Kami mengucapkan terima kasih atas penawarannya dan bermaksud untuk memesan barang karena tertarik dengan harga dan kualitas yang ditawarkan.

Berikut rincian barang yang kami pesan:

  1. 8 Unit Komputer

  2. 3 Unit Kipas Angin Dinding

  3. 2 Unit TV LED Sharp 24 Inchi

Besar harapan kami agar barang yang kami pesan dapat diproses dan kami terima secepatnya, sebelum tanggal 10 Februari 2022.

Untuk pembayaran kami akan melakukan pembayaran melalui metode transfer dimana setelah 1 hari barang tersebut telah kami terima dan kami periksa. Bukti pembayaran berupa struk transfer akan kami kirimkan salinannya.

Demikian surat pesanan ini disampaikan untuk perhatian serta pelayanan baik dari saudara kami mengucapkan terima kasih banyak.

Surabaya, 02 Februari 2022

Hormat kami

Ronny Surya

Contoh Surat Niaga Permintaan

Contoh surat niaga
terakhir yang akan kamu pelajari adalah
contoh surat niaga permintaan. Salah satu jenis surat niaga yang sering digunakan adalah surat permintaan barang. Surat ini biasanya dikirimkan oleh sebuah bisnis kepada bisnis lainnya dengan tujuan meminta pihak penjual untuk mengirimkan barang tertentu.

Bila kamu lihat dari tujuan pengirimannya, surat permintaan barang ini tidak berbeda dengan surat pesanan barang.
Contoh surat permintaan
barang merupakan surat yang dikirimkan oleh pembeli kepada penjual yang berisi pesanan akan barang tertentu. Umumnya, surat permintaan barang ini diterbitkan karena 2 hal, yakni atas keinginan sendiri maupun sebagai  balasan surat penawaran sebelumnya.

PT. ABADI BAHAGIA

Komputer dan Elektronik

Jl. Merdeka 45, Surabaya

Telp. 031-123456, Email :

Surabaya, 10 Januari 2022

Nomor : 001/ABHG/09/2022

Perihal : Permintaan Pengadaan Alat Tulis Kantor

Kepada Yth,

Manajer Pengadaan Barang

di tempat

Dengan hormat,

Sehubungan dengan akan diadakannya kegiatan training untuk seluruh karyawan perusahaan, maka dari itu kami dari departemen Sumber Daya Manusia bermaksud untuk memohon pengadaan alat tulis kantor berupa sebagai berikut.

  1. Kertas HVS 80gr sebanyak 10 Rim

  2. Note Book A5 50 lembar sebanyak 1500 buah

  3. Pulpen Hitam sebanyak 40 Lusin

  4. Pensil 2B sebanyak 10 Lusin

  5. Pensil HB sebanyak 10 Lusin

  6. Penghapus sebanyak 10 pak isi 15 buah

Demikian surat permohonan pengadaan barang ini dibuat. Untuk estimasi harga barang kami lampirkan bersama surat ini. Atas waktu dan perhatian Bapak, kami ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Raymond Gunawan

Penutup

Sebagai seorang pelaku bisnis, penting bagi kamu untuk mengetahui dan memahami pengertian
surat niaga
dan fungsi
surat niaga. Bukan hanya digunakan sebagai media atau sarana berkomunikasi baik dalam lingkup internal atau eksternal, surat niaga ternyata juga bisa membantu kelancaran berbagai aktivitas bisnis yang kamu jalankan.

Ada beberapa jenis surat niaga sesuai dengan fungsi dan kegunaannya masing-masing. Perlu diingat bahwa dalam proses penulisan atau pembuatannya, tidaklah bisa dilakukan dengan asal-asalan.

Terdapat
struktur surat niaga
dan juga beberapa hal lainnya yang perlu kamu cantumkan dalam surat tersebut agar memudahkan untuk dimengerti oleh pihak penerima surat.

Bukan hanya itu,
surat niaga adalah
suatu bentuk bukti tertulis yang berisikan informasi transaksi antara pihak penjual dan pembeli. Bukti ini nantinya akan berguna dalam pembuatan laporan keuangan bisnis. Secara tidak langsung juga berfungsi sebagai salah satu faktor penting dalam kegiatan analisis bisnis.

Baca Juga:

Mengenal Bukti Transaksi dari Definisi Hingga Contohnya

Namun, surat niaga bukanlah satu-satunya faktor penting dalam laporan bisnis. Semua transaksi yang terjadi perlu kamu catat dengan baik agar tidak terjadi kesalahan perhitungan nantinya. Fitur aplikasi kasir dari majoo bisa membantu kamu dalam hal ini. Tidak perlu khawatir ada kesalahan catat lagi. Langganan majoo sekarang, yuk!

Surat niaga atau juga disebut dengan surat dagang adalah surat yang ditulis untuk keperluan

Posted by: pskji.org