Gerakan tubuh menolak dari papan tolak untuk mendapatkan lompatan yang tinggi adalah

Gerakan tubuh menolak dari papan tolak untuk mendapatkan lompatan yang tinggi adalah

LOMPAT KANGKANG
Lompat kangkang merupakan suatu gerakan ketangkasan yang diciptakan secara sistematis, sehingga

bisa dikatakan gerakan lompat kangkang ini baik untuk kesehatan. Meski namanya terdapat kata

lompat, namun gerakan ini termasuk ke dalam kategori senam lantai.
Senam satu ini juga sering disebut sebagai

straddle vault
. Gerakan senam ini biasanya akan

dikombinasikan dengan gerakan senam lantai lainnya seperti loncat jongkok, guling depan dan

gerakan lainnya. Untuk lebih jelas mengenai lompat kangkang, mari baca artikel ini hingga selesai.
Lompat kangkang ialah jenis lompatan yang dilakukan menggunakan peti loncat dengan posisi badan

agak sedikit condong ke depan dan membuka kedua kakinya (kangkang) pada saat melewati peti

lompat. Biasanya alat yang digunakan tersebut biasa dikenal sebagai kuda-kuda lompat.Lompat

kangkang ini sendiri juga salah satu senam ketangkasan sobat. Siapapun yang melakukan senam ini

harus memiliki keberanian yang tinggi, tidak boleh setangah-setengah.
Sekilas lompat kangkang ini mirip loncat jongkok karena kesamaannya menggunakan peti loncat.

Tetapi, sebenarnya berbeda, baik dari gerakannya dan tekniknya .
Dalam melakukan senam satu ini dibutuhkan beberapa tahap cara agar dihasilkan gerakan lompat

kangkang yang sempurna, berikut beberapa tahap cara melakukan lompat kangkang :

Lihat Foto

Atlet lompat tinggi putri Jawa Barat, Titik Syaidah, beraksi di final nomor loncat tinggi remaja di ajang Kejuaraan Atletik Remaja dan Yunior di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Kamis (3/4/2013). Titik Syaidah menjuarai nomor ini.

KOMPAS.com
– Lompat tinggi termasuk dalam cabang olahraga atletik. Salah satu teknik dasar yang sangat penting dalam lompat tinggi adalah tolakan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), olahraga lompat tinggi adalah salah satu jenis aktivitas olahraga yang dilakukan meloncat setinggi mungkin untuk menggapai ketinggian tertentu.

Adapun menurut Encyclopaedia Britannica, lompat tinggi atau yang dalam Bahasa Inggris lebih dikenal sebagai high jump, dilakukan dengan berlari dan kemudian melompat untuk mencapai ketinggian tertentu.

Lompat tinggi dilakukan dengan melompati tiang yang dipasang horizontal. Tiang tersebut dipasang dengan tingkat ketinggian tertentu.

Baca juga: 4 Teknik Dasar dalam Lompat Tinggi

Dikutip dari buku Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (2010) karya Yusup Hidayat, Sindhu Cindar Bumi, dan Rizal Alamsyah, teknik dasar lompat tinggi meliputi awalan (run up), tolakan (take off), sikap badan di atas mistar atau saat melayang, dan sikap mendarat.

Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai teknik tolakan lompat tinggi.

Teknik Tolakan dalam Lompat Tinggi

Dalam olahraga lompat tinggi, pengertian tolakan adalah gerakan menolak dengan tumpuan kaki di lantai dasar untuk menaikkan badan atau melompati mistar.

Baca Juga :   Ketika melakukan teknik dasar gerakan menyundul bola maka sikap otot leher yang benar yaitu

Dengan kata lain, tolakan merupakan perubahan dari gerakan horizontal ke arah vertikal yang dilakukan secara mendadak atau tiba-tiba.

Baca juga: Tahapan Melakukan Lompat Tinggi Gaya Straddle

Perpindahan gerak tersebut dilakukan pada tiga langkah terakhir sebelum melakukan lompatan atau jump.

Keberhasilan lompatan bergantung pada perpaduan antara kecepatan awalan dan kekuatan tolakan kaki yang dilakukan secara tepat dan cepat.

Lihat Foto

kemdikbud

Ilustrasi gerakan lompat kangkang pada senam lantai

KOMPAS.com
– Gerakan dalam senam lantai yang dilakukan dengan lompatan dengan posisi panggul yang ditekuk menyudut, yaitu lompatan dengan membuat sikap kaki terbuka lebar tanpa meluruskan badan terlebih dahulu merupakan jenis gerakan senam lantai lompat kangkang.

Lompat kangkang merupakan gerakan ketangkasan yang dilakukan menggunakan alat. Adapun alat bantu yang biasa digunakan dalam loncat kangkang adalah peti lompat atau kuda-kuda lompat dan matras.

Mengutip KOMPAS.com Skola, gerakan lompat kangkang atau straddle vault dilakukan dengan cara melompati sebuah peti atau kotak dengan posisi badan condong ke depan, lalu membuka kedua tangan saat melompati peti.

Peti loncat bisa dimodifikasi dengan menggunakan perkakas yang dinamakan kuda-kuda lompat atau bisa juga menggunakan teman yang memosisikan badan membungkuk.

Tujuan lompat kangkang adalah melatih kelenturan dan kemampuan tubuh untuk melewati rintangan.

Baca juga: Senam Lantai: Pengertian, Jenis, Ragam Gerakan, dan Manfaatnya

Pengertian Lompat Kangkang

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), lompat kangkang adalah aktivitas melompat yang dilakukan dengan menggunakan kedua kaki yang terbuka lebar.

Sementara itu, menurut Merriam Webster, straddle vault adalah aktivitas senam yang dilakukan dengan melewati sebuah benda, posisinya duduk namun kedua kaki terbentang lebar.

Biasanya, loncat kangkang akan melompati sebuah peti. Tinggi peti loncat untuk putra adalah 136 sentimeter.

Sementara peti lompat untuk putri mempunyai ukuran dengan tinggi 104 cm, panjang 120 cm, dan lebar bagian bawah 84 cm sedangkan lebar bagian atas adalah 41,5 cm.

Teknik Dasar Lompat Kangkang

Teknik dasar lompat kangkang terdiri dari langkah-langkah melakukan gerakan lompat kangkang secara baik dan benar.

Jakarta

Salah satu materi yang didalami dalam pelajaran olahraga adalah lompat jauh. Dalam pelajaran ini, tak hanya teknik lompat jauh yang pelajari tetapi juga peraturannya.

Lompat jauh sendiri merupakan salah satu cabang olahraga atletik, yang praktiknya melakukan tolakan dengan satu kaki. Caranya dilakukan dengan mengangkat kaki ke atas-depan dalam upaya membawa titik berat selama mungkin di udara dengan cara cepat dan mencapai jarak sejauh-jauhnya.

Baca Juga :   Jelaskan tentang sudut pandang pengarang dalam teks cerita, atau narasi

Berikut teknik dasar dan peraturan lompat dikutip dari buku ‘Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan’:

Ada empat teknik lompat jauh yang harus dipraktikan, yakni awalan/ancang, tolakan/tumpuan, sikap badan di udara, dan sikap mendarat. Jika semua teknik dilakukan sesuai, maka hasil lompatan akan optimal.

a. Teknik awalan
Awalan pada lompat jauh adalah dengan berlari secepat mungkin untuk mendapatkan kecepatan yang tinggi sebelum melakukan gerakan menolak. Posisi kaki pada awalan juga tergantung dari kebiasaan masing-masing atlet lompat jauh. Ada yang awalan dengan kaki sejajar, kaki kanan yang ada di depan atau sebaliknya.

Awalan dilakukan dengan berlari pelan saja. Setelah itu kecepatan lari dapat ditambah. Harus diingat kecepatan tersebut harus dipertahankan sampai menjelang tolakan. Saat mendekati 4 langkah akhir sebelum tolakan maka kecepatan lari dijaga tetap konstan tidak malah dikurangi.

b. Teknik tolakan

Tolakan berarti berpindahnya kecepatan vertikal yang didapat dari berlari ke kecepatan horizontal. Paling baik menggunakan kaki yang paling kuat untuk tolakan. Dimulai dari kaki bagian tumit lalu berakhir di ujung jari. Badan sebaiknya dicondongkan sedikit ke depan ketika akan menumpu. Sementara kaki yang berayun diangkat hingga setinggi pinggul dengan posisi lutut menekuk.

c. Teknik badan di udara
Saat badan melayang di udara ada beberapa cara. Contohnya berjalan di atas udara. Caranya ketika badan sedang melayang, ayunkan kaki belakang dengan kuat ke arah atas. Lalu lakukan gerakan seperti melangkah atau berjalan di udara.

d. Teknik pendaratan
Pendaratan merupakan gerakan yang terakhir dari rangkaian gerakan lompat jauh dan merupakan teknik terakhir dari 4 teknik lompat jauh. Perlu diketahui sebaiknya pendaratan dilakukan dengan kedua kaki dengan posisi sejajar dan tumit yang lebih dulu mendarat di tempat dengan posisi tumit berhimpitan. Ini untuk mencegah cedera.

Pada waktu tumit belum menyentuh pasir tempat pendaratan, kedua kaki harus lurus atau dijulurkan ke arah depan. Pertahankan agar kedua kaki tidak saling menjauhi. Pasalnya jika jarak antara kedua kaki semakin lebar, maka jarak lompatan juga semakin berkurang.

Lalu harus diperhatikan juga supaya saat pendaratan tidak jatuh duduk pada pantat. Maka sebaiknya setelah tumit menyentuh pasir, segera condongkan badan ke depan dengan posisi lutut ditekuk. Dan paling penting setelah mendarat jangan kembali ke tempat melakukan gerakan tumpuan dengan menginjak daerah pendaratan.

Selain memperhatikan teknik, pelompat juga harus memiliki kekuatan, daya lompat, kecepatan, ketepatan, kelenturan, dan mampu koordinasi seluruh gerakan. Teknik dasar lompat jauh yang tidak boleh dilupakan juga adalah cepat, tepat, luwes, dan lancar.

Baca Juga :   Mengapa Allah Memberikan Mukjizat Kepada Rasul

2. Cara Lompat Jauh

Untuk melakukan teknik lompat jauh ini, pertama-tama pelompat harus lari ancang-ancang antara 10 sampai 20 langkah. Kemudian, kecepatan lari ancang-ancang sedikit demi sedikit bertolak atau bertumpu.

Kedua, kecepatan ancang-ancang dipertahankan tetap maksimal sampai mencapai papan bertolak. Turunkan pinggang sedikit pada satu langkah terakhir dari ancang-ancang.

Ketiga, ayunkan paha kaki-bebas cepat ke posisi horizontal dan dipertahankan. Luruskan sendiri mata kaki, lutut, dan pinggang pada waktu melakukan tolakan. Bertolak lah ke depan dan ke atas (sudut tolakan 45 derajat)

Keempat, tolak kaki pada pangkal titik berat badan ke atas. Kemudian, diikuti kaki tolak menyusul kaki ayun. Saat melayang, tekuk kedua kaki sedikit sehingga badan berada dalam sikap jongkok.

Kelima, saat akan mendarat acungkan kedua kaki ke depan, yaitu bersamaan dengan kedua lengan diluruskan ke depan. Bila kedua kaki telah mendapat di bak pasir, duduklah atas kedua kaki.

3. Peraturan Lompat Jauh


Dalam olahraga lompat jauh ada beberapa peraturan yang harus diikuti, yakni pertama lintasan awalan lebar minimal 1,22 meter dengan panjang 45 meter. Kemudian, panjang papan tolakan 1,22 meter, dengan lebar 20 cm, dan tebal 10 cm.

Lalu, pada sisi dekat dengan tempat mendarat harus diletakkan papan plastisin untuk mencatat bekas kaki pelompat bila ia berbuat salah tolak. Selanjutnya, papan tolakan harus dicat putih dan berada di tahan datar dengan ditanam sekurang-kurangnya 1 meter dari tepi depan ba pasir pendaratan.

Untuk tempat pendaratan pelompat, lebar pendaratan minimal 2,75 meter dan jarak antara garis tolakan sampai akhir tempat lompatan minimal 10 meter. Perhatikan permukaan pasir di tempat pendaratan harus datar dengan sisi atas papan tolakan.

Peraturan terakhir dari teknik lompat jauh adalah peserta diperbolehkan melompat 3 kali giliran bila jumlah pelompat lebih dari 8 orang. Delapan pelompat terbaik juga dapat melompat tiga kali lagi untuk menentukan pemenang.

Bila peserta kurang dari 8 orang, maka setiap peserta mendapatkan giliran sebanyak 6 kali. Adapun, waktu yang disediakan pada pelompat hanya 1,5 menit.

Selamat mencoba teknik lompat jauh ya!

Simak Video “Tes Mobil Listrik Lexus UX 300e: Mobil Listrik Rasa Mobil Konvensional

[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)

Gerakan tubuh menolak dari papan tolak untuk mendapatkan lompatan yang tinggi adalah

Posted by: pskji.org