Sebutkan apa yang dimaksud dengan CV dan sebutkan macam macam CV?

Sebutkan apa yang dimaksud dengan CV dan sebutkan macam macam CV?

Pengertian CV, Kelebihan dan Kekurangannya (Bahas Lengkap) – Dalam berkerja di perlukan suatu kelompok atau individu lain untuk membantu melakukan suatu pekerjaan yang berat. Dalam melakukan pekerjaan yang berat tersebut bebanpun akan berat di rasakan.

Maka untuk melakukan perkerjaan tersebut di perlukan ahli atau anggota yang kompeten di bidangnya untuk membantu mendirikan suatu perusahaan. Tipe perusahaan yang baru akan di buat dan terdiri dari setidaknya 2 orang adalah CV.

CV dapat di dirikan minimalnya 2 orang di dalamnya yang berkompeten dan memiliki keahlian dalam mengelola perusahaan tersebut. Untuk dapat mengerti tentang apa itu CV akan di jelaskan beserta kelebihan dan kekurangannya lengkap sebagai berikut :

Pengertian CV

CV adalah singkatan dari Commanditaire Vennootschap yang berarti persekutuan dari 2 orang atau lebih untuk dapat mendirikan suatu badan usaha yang sebagain besar dari anggotanya mendapatkan tanggung jawab yang tidak terbatas tetapi ada pula anggota yang memiliki tanggung jawab yang terbatas.

Di Indonesia CV di kenal sebagai Persekutuan Komoditer yang terdiri dari sebagian sekutu aktif dan sebagaian sekutu pasif. Sekutu yang aktif berperan penting dan memiliki tanggung jawab yang tinggi karena merancang dan menyumbangkan segala pikiran dan tenaganya untuk dapat memajukan perusahaan. Sedangkan sekutu pasif adalah sekutu yang hanya memberi modal kepada perusahaan dan pergi begitu saja dengan mengandalkan bagain dari keuntungan yang di sepakati bersama.

Kelebihan CV

CV memiliki beberapa kelebihan yang ada di dalamnya, kelebihan itu adalah sebagai berikut:

  • CV pada biasanya mudah dalam mendapatkan modal, karena pihak perbankan lebih mempercayainya.
  • Kemampuan dalam bermanajemennya besar.
  • Lebih mudah dalam mendapat suntikan modal, karena CV sudah pupoler di Indonesia.
  • Resiko yang dihadapi di tanggung bersama.
  • Dapat mudah berkembang karena di duduki oleh yang paling ahli dari sekutu di bidangnya.

Kelemahan CV

Kelemahan yang dimiliki oleh CV adalah :

  • Kelangsungan dari perusahaan tidak menentu.
  • Dapat terjadi konflik diantara sekutu perusahaan.
  • Modal yang telah ditanamkan sulit untuk di Tarik kembali.
  • Anggota yang aktif berperan penting dan memiliki tanggung jawab yang tak terbatas.
Baca Juga :   Anggota Aktif Dalam Cv Memiliki Tugas

Bentuk dan Jenis CV

CV memiliki beberapa bentuk dan jenis yang diantaranya adalah :

CV Murni

Bentuk CV ini hanya memiliki satu sekutu yang aktif.

CV Campuran

Bentuk CV ini berasal dari Firma yang sangat memerlukan modal dan menjadi sekutu aktif apa bila ada sekutu lain akan di jadikan sekutu pasif.

CV Bersaham

Bentuk CV ini adalah CV yang dapat mengeluarkan saham, yang mana saham yang di dalmnya tidak dapat di perjualbelikan dan di bagi kepada pihak sekutu untuk dapat diambil olehnya. Ini untuk menghindari dari terjadinya modal beku.

Sekianlah penjelasan mengenai
Pengertian CV, Kelebihan dan Kekurangannya (Bahas Lengkap) yang di jelasakan oleh Seputar Pengetahuan. Untuk mendirikan CV yang baik memerlukan anggota dan sekutu yang kuat serta memiliki pengalaman yang baik dan dapat diandalkan untuk keberlangsungan CV tersebut. Semoga bermanfaat 🙂

Lihat Foto

Ilustrasi badan usaha

JAKARTA, KOMPAS.com
– CV adalah singkatan dari Commanditaire Vennotschaap. Commanditaire Vennotschaap berasal dari bahasa Belanda yang di dalam bahasa Indonesia artinya persekutuan komanditer.

CV sendiri merupakan salah satu bentuk badan usaha yang ada di dalam dunia bisnis. Bentuk badan usaha lain selain CV adalah PT, firma dan koperasi.

Mengutip buku Ekonomi 3: Ekonomi dan Kehidupan untuk SMA/MA Kelas XII karya Indrastuti dkk, CV adalah bentuk badan usaha yang didirikan dan dimiliki oleh dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama, dengan tingkat keterlibatan yang berbeda-beda di antara anggotanya.

Baca juga: Beda PT dan CV: Definisi, Bentuk Badan Hukum, dan Cara Mendirikannya

Satu pihak dalam persekutuan komanditer bersedia memimpin, mengelola perusahaan, serta bertanggung jawab atas utang-utang perusahaan.

Pihak lainnya dalam CV hanya bersedia menaruh modal dalam usaha tetapi tidak bersedia memimpin perusahaan hanya bertanggungjawab atas utang-utang perusahaan sebesar modal yang disertakan.

Baca Juga :   Suku ke-8 pada pola bilangan ganjil adalah

Berdasarkan uraian di atas, pada dasarnya ada dua kelompok pemilik suatu perusahaan komanditer.Kelompok pertama, adalah mereka yang menanamkan sejumlah modal dan bertindak selaku pengelola perusahaan. Mereka ini disebut sebagai sekutu komplementer.

Kelompok kedua adalah mereka yang hanya mengikutsertakan sejumlah modal tetapi tidak ikut mengelola perusahaan.

Segala sesuatu mengenai perusahaan seperti tata cara pembagian keuntungan, penerimaan sekutu baru, pengunduran diri selaku sekutu, tahun buku dan lain sebagainya diatur dan disepakati bersama secara tertulis antara sekutu-sekutu.

Untuk CV, tidak ada batasan modal dalam pendiriannya. Namun dalam praktiknya, besaran modal yang disetorkan akan mempengaruhi pembagian porsi keuntungan di kemudian hari.

Jenis badan usaha ini pun memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing jika dibandingkan dengan jenis lainnya. Berikut kelebihan dan kekurangan CV adalah sebagai berikut:

Baca juga: Pengertian Firma Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Kelebihan

  • Relatif mudah mendirikannya
  • Terdapat kemungkinan mengumpulkan modal lebih besar
  • Memungkinkan diadakan spesialisasi dalam pengelolaan
  • Pemilik termotivasi untuk bekerja keras.

Kekurangan

  • Sebagian sekutu mempunyai tanggung jawab tidak terbatas atas
  • utang-utang perusahaan
  • Sering terjadi perbedaan pendapat antara sekutu-sekutu
  • Relatif sulit untuk mengumpulkan modal.

Adapun contoh CV adalah perusahaan yang bergerak di bidang percetakan, seperti CV Grahadi, Gema Insani press dan Putra Nugraha.

Baca juga: Mengenal Koperasi, Mulai dari Pengertian, Jenis Hingga Tujuannya

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berikutnya

Pengertian CV (Comanditaire Venootschap) atau sering disebut dengan Persekutuan Komanditer secara umum adalah sebuah badan usaha alternatif dengan permodalan yang terbatas yang didirikan karena terdapat kerjasama antara dua orang atau lebih yang terdiri dari orang yang bertanggung jawab mengatur perusahaan dan orang yang memberikan tanggung jawab terbatas pada perusahaan. CV adalah singkatan dari Commanditaire Vennootschap, yaitu jenis badan usaha persekutuan yang belum memiliki badan hukum. Pendirian CV atau Persekutuan Komanditer adalah menggunakan akta dan harus didaftarkan.

Baca Juga :   Perilaku Bangsa Indonesia Dalam Usaha Mempertahankan Pancasila Adalah

Berikut adalah beberapa pengertian CV menurut para ahli :

Purnamasari (2010: 22)

Menurut Purnamasari, pengertian CV adalah salah satu bentuk badan usaha yang dapat dipilih para pengusaha yang ingin melakukan usaha dengan permodalan terbatas.

Wijayanta & Widyaningsih (2007: 69)

Menurut Wijayanta & Widyaningsih, pengertian CV adalah suatu persekutuan untuk menjalankan usaha dan di dirikan oleh satu atau lebih sekutu yang aktif dengan satu atau lebih sekutu komanditer.

Wijatno (2009: 69)

Pengertian Comanditaire Venootschap atau CV menurut Wijatno, adalah bentuk perjanjian kerjasama untuk mengatur perusahaan serta bertanggung jawab secara penuh dengan kekayaan pribadinya serta orang-orang yang memberikan pinjaman dan tidak bersedia memimpin perusahaan serta bertanggung jawab secara terbatas pada kekayaan yang di ikutsertakan di dalam perusahaan.

Ciri-Ciri Persekutuan Komanditer

Suatu badan usaha dapat dikatakan memiliki persekutuan Komanditer (CV) bila memlliki ciri-ciri berikut :

  • Di dalam CV terdapat dua jenis keanggotaan yaitu sekutu aktif dan sekutu pasif.
  • Sekutu aktif merupakan anggota yang memiliki peran menjalankan aktivitas perusahaan sedangkan sekutu pasif adalah anggota yang memberikan modal usaha tanpa ikut serta didalam menjalankan aktivitas perusahaan.
  • Sekutu aktif memiliki tanggung jawab yang tidak terbatas sedangkan sekutu pasif memiliki tanggung jawab hanya sebesar modal yang ditanamkan pada perusahaan.
  • Terdapat dua jenis keanggotaan dalam CV, yaitu sekutu aktif dan sekutu pasif.
  • Sekutu aktif adalah anggota yang berperan menjalankan perusahaan.
  • Sekutu pasif adalah anggota yang hanya menanamkan modal usaha tanpa turut serta dalam menjalankan perusahaan.
  • Sekutu aktif memiliki tanggungjawab yang tidak terbatas
  • Sekutu pasif memiliki tanggungjawab hanya sebesar modal yang ditanamkan kepada perusahaan.

Referensi :

Pengertian CV / Persekutuan Komanditer, Ciri-Ciri, Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya

https://www.pahlevi.net/pengertian-cv/

https://forum.teropong.id/2017/08/08/pengertian-cv-unsur-unsur-ciri-ciri-tujuan-serta-kelebihan-dan-kekurangannya/

Pengertian CV (Commanditaire Vennootschap)

Pengertian CV : Unsur, Ciri, Tujuan, Kelebihan Dan Kelemahan CV

Sebutkan apa yang dimaksud dengan CV dan sebutkan macam macam CV?

Posted by: pskji.org