Apa yang dimaksud dengan variasi dan kombinasi passing atas dan bawah

Apa yang dimaksud dengan variasi dan kombinasi passing atas dan bawah

ADA
lima variasi dan kombinasi permainan bola voli. Pola latihan pada permainan bola voli dapat dilakukan dengan mengombinasikan berbagai macam keterampilan gerak, di antaranya passing atas, passing bawah, servis atas, servis bawah dan smash.

Permainan bola voli diawali dengan melakukan servis dari luar garis belakang lapangan. Pemain yang melakukan servis harus membuat bola melewati net dan masuk ke area bidang lawan. Pemain lawan akan berusaha mengembali bola dengan maksikmal tiga sentuhan.

Tim berhasil mendapatkan poin jika bola menyentuh area lapangan, atau tim lawan melakukan sentuhan lebih dari tiga kali.

(Pemain voli siap melepaskan umpan kepada rekannya)

Untuk bisa bermain voli ada beberapa variasi gerakan dasar. Gerakan tersebut yakni passing bawah, passing atas, servis atas dan smash. Berikut caranya mengutip buku 12 pembelajaran bola voli:

5. Servis Bawah

Untuk bisa melakukan servis bawah, kondisikan badan agak condong ke depan dan berat badan berada pada kaki belakang. Bola dipegang dengan satu tangan setinggi pinggang di depan badan.

Lengan kanan yang akan digunakan memukul servis berada di belakang badan dan jari-jari tangan dirapatkan. Lambungkan bola di depan badan (tidak terlalu tinggi). Ayunkan lengan kanan (yang digunakan memukul servis) ke depan arah bolabersamaan berat badan dibawa ke depan.

Perkenaan tangan pada saat posisi bola setinggi pinggang. Kaki belakang dilangkahkan ke depan. Tangan yang digunakan lurus depan serong atas. Pandangan mengikuti arah jalannya bola.

Apabila Anda telah dapat melakukan teknik dasar servis bawah menggunakan ta-ngan kanan dengan kontrol yang baik, sekarang mundur selangkah servis 5 kali, mundur 2 langkah 5 kali, mundur 3 langkah, demikian seterusnya hingga batas kemampuan Anda. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan jarak servis. Dan bila dengan tangan kanan Anda telah lancar melakukannya, sekarang coba menggunakan tangan kiri.

Variasi

Apabila Anda telah dapat melakukan teknik dasar servis bawah menggunakan tangan kanan dengan kontrol yang baik, sekarang mundur selangkah servis 5 kali, mundur 2 langkah 5 kali, mundur 3 langkah, demikian seterusnya hingga batas kemampuan Anda. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan jarak servis. Dan bila dengan tangan kanan Anda telah lancar melakukannya, sekarang coba menggunakan tangan kiri.

4. Servis Atas

Cara melakukan servis atas berdiri tegak. Kedua kaki sikap melangkah (kaki kiri di depan, kanan di belakang). Tangan kiri memegang bola di depan badan. Pandangan ke arah bola (depan).

(Pemain voli siap melakukan smash)

Lambungkan bola ke atas agak ke belakang menggunakan tangan kiri. Lentingkan badan ke belakang. Bersamaan dengan gerakan badan ke depan, bola dipukul menggunakan tangan kanan yang dibantu dengan mengaktifkan pergelangan tangan.

Baca Juga :   Perbedaan web page dan web site dan contohnya

Variasi:

Apabila Anda telah dapat melakukan servis atas menggunakan tangan kanan dengan kontrol yang baik melewati net, sekarang mundur selangkah servis 5 kali, mundur 2 langkah servis 5 kali, mundur 3 langkah servis 5 kali, demikian seterusnya hingga batas kemampuan Anda. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan jarak servis, dan bila dengan tangan kanan Anda telah lancar melakukannya, sekarang coba menggunakan tangan kiri.

3. Passing Atas

Berdiri, kedua kaki dibuka selebar bahu, kedua lutut direndahkan.

Posisi kedua lengan depan badan dengan kedua telapak tangan dan jari-jari renggang hingga membentuk seperti mangkuk di depan atas muka/wajah.

Dorongkan kedua lengan ke arah datangnya bola bersamaan kedua lutut, tumit, dan pinggul naik.

Usahakan arah datangnya bola tepat di tengah-tengah atas muka/wajah. Perkenaan bola yang baik tepat mengenai jari-jari tangan.

2. Passing Bawah

Berdiri, sikap melangkah dan bola dipegang depan badan. Lambungkan bola ke atas di depan badan disusul kedua lengan diluruskan ke arah datangnya bola.

Biarkan bola jatuh dan memantul pada kedua lengan. Setelah Anda dapat merasakan perkenaan bola dengan kedua lengan sudah baik, sekarang coba ayunkan kedua lengan untuk menjemput bola.

Perkenaan bola dengan kedua le-ngan pada saat kedua lengan rata dengan bahu.

Variasi:

Apabila Anda telah dapat melakukan pass bawah di tempat dengan kontrol yang baik, sekarang coba lakukan sambil berjalan maju, mundur, ke samping kiri/kanan.

1. Smash

Berdiri dan kedua kaki dibuka selebar bahu dan kedua lengan di samping badan. Rendahkan kedua lutut bersamaa kedua lengan ditarik ke belakang. Tolakan kedua kaki ke atas vertikal bersamaan kedua lengan diayun ke depan atas.

(Smash yang dilepaskan coba diblok dua pemain sekaligus)

Pukul bola pada bagian atasnya dengan telapak tangan terbuka dan pergelangannya diaktifkan.

Mendarat menggunakan kedua ujung telapakkaki dan lutut mengeper. Kedua tangan di samping badan, dan pandangan mengikuti arah gerakan.

Apabila Anda telah dapat melakukan teknik dasar smes lurus ke depan, sekarang coba diarahkan ke sebelah kiri atau kanan pasangannya. Setelah Anda dapat melakukan teknik dasar smes dengan tangan kanan, sekarang coba lakukan dengan tangan kiri.

Kombinasi Keterapilan Gerak Permainan Bola voli
Pola latihan pada permainan bola voli dapat dilakukan dengan mengkombinasikan berbagai macam keterampilan gerak, diantaranya adalah: passing atas dan passing bawah, passing atas dan passing bawah serta servis, dan passing bawah dan smash.

Baca Juga: Gerak Dasar Servis Atas Pada Permainan Bola Voli

Variasi dan Kombinasi Gerak Dasar Passing Pada permainan Bola Voli Yang Konsisten dan Tepat Dalam Berbagai Situasi.

A. Passing atas dan bawah bergerak maju, mundur dan menyamping dapat dilakukan sebagai berikut:

Baca Juga :   Apa Yang Kamu Ketahui Tentang Iman Kepada Allah

  1. Latihan ini dapat dilakukan berpasangan/berkelompok.
  2. Berdiri saling berhadapan dengan jarak ± 3 m.
  3. Bola dilambung oleh teman dari depan.
  4. Lakukan berulang-ulang dan bergantian.
  5. Ltihan ketrampilan gerak dasar passing ini dilakukan untuk menanamkan nilai-nilai kerjasama, keberanian, sportivitas, dan kompetitif.

Baca Juga: Teknik Dasar Passing Atas Pada Permainan Bola Voli

B. Passing atas dan bawah menggunakan dua bola voli dapat dilakukan sebagai berikut:

  1. Latihan ini dapat dilakukan secara berkelompok
  2. Berdiri saling berhadapan yang disekat dengan net
  3. Pemain akan melakukan passing melewati net kemudia diikuti teman yang lain (lihat ilustrasi gambar)

Gambar Gerak kombinasi passing atas dan melewati net

Pertanyaan:

Jawaban:

Variasi dan kombinasi adalah sebuah gerakan gabungan dari beberapa teknik dasar dalam permainan bola voli ynag dilakukan dalam satu rangkaian gerakan. Variasi dan kombinasi dalam permainan bola voli dapat digunakan untuk menyusun serangan atau melakukan block terhadap serangan lawan. Untuk melakukan variasi dan kombinasi gerakan, antara pemain yang berada di lapangan harus memiliki pemahaman yang baik.

Contoh gerakan variasi dan kombinasi seperti passing bawah, passing atas kemudian Smash.

Pelajaran: Penjaskes
Tingkat:

Pertanyaan lainnya:

Dibawah ini tersedia pertanyaan lainnya yang berhubungan atau terkait dengan pertanyaan diatas:

Itulah jawaban dari pertanyaan “Jelaskan Yang Dimaksud Dengan Variasi Dan Kombinasi Permainan Bola Voli” dan juga pertanyaan terkait lainnya. Mudah-mudahan jawaban diatas bisa membantu kamu ya! Jika masih ada pertanyaan yang belum terjawab, kamu bisa cari dengan cara menulis pertanyaan kamu di kolom pencarian di atas.

Induk organisasi bola voli nasional adalah?

A. IPSI

B. PERBASI

C. PBVSI

D. PSSI

E. PBSI

Ukuran lapangan bola voli adalah …

A. 9 x 12 m

B. 12 x 18 m

C. 12 x 6 m

D. 9 x 18 m

E. 7 x 14 m

Berikut ini yang bukan kategori smash berdasarkan tingginya umpan adalah …

A. Open smash

B. Push smash

C. Semi quick smash

D. Quick smash

E. Strong smash



Permainan bola voli diciptakan oleh seseorang yang bernama William E.Morga yaitu sekitar pada tahun 1895. Beliau juga seorang Pembina Pendidikan Jasmani Young Me Christian Association (YMCA) di sebuah Kota Hoyoke, Massachussette, Amerika Serikat.




Di Indonesia sendiri permainan bola voli baru dikenal oleh masyarakat sekitar pada tanggal 22 Januari tahun 1955 bersama dengan didirikannya sebuah Persatuan Bola VOli Seluruh Indonesia (PBVSI).




Passing dalam permainan bola voli yaitu merupakan mengambil bola atau mengoper sebuah bola atau mengumpan bola kepada teman, akan tetapi apabila ada kesempatan yang baik langsung diteruskan kepada lawan.




Dalam permainan bola voli ada dua cara passing yaitu passing atas dan passing bawah. Pada postingan kali ini saya akan menjelaskan mengenai variasi dan kombinasi passing atas dan passing bawah, yaitu sebagai berikut.

Baca Juga :   Batik Bantul merupakan batik yang sudah mengalami pembaharuan atau




Variasi dan kombinasi latihan ini juga dapat dilakukan dengan dua orang atau tiga orang dalam melakukannya misalnya seperti berikut ini.





1). Dua Orang Berhadap-Hadapan


  • Pemain pertama, melambungkan bola ke arah pemain kedua.

  • Pemain kedua, menerima dengan passing bawah yang diarahkan kembali ke arah pemain pertama.

  • Pemain pertama, menerima dengan menggunakan passing atas kemudian bola diarahkan kembali ke arah pemain kedua.

  • Begitu seterusnya, dilakukan secara bergantian dengan berulang-ulang.


2). Bertiga dalam Formasi Garis Lurus





Cara melakukannya yaitu sebagai berikut ini.


  • Pemain 1 berhadap-hadapan dengan pemain ke-2, sedangkan pemain ke-3 berada di belakang pemain ke-2, ketiga pemain dalam formasi garis lurus.

  • Pemain 1 melambungkan bola ke arah pemain ke-2.

  • Pemain ke-2 melakukan passing atas ke arah belakang ke arah pemain ke-3 yang berposisi di belakang pemain ke-2.

  • Pemain ke-3 menerima dengan menggunakan passing bawah yang kemudian bola diarahkan ke pemain 1.

  • Kemudian pemain ke-1 dengan passing atas atau bawah menerima bola terus yang dilanjutkan ke arah pemain ke-2, begitu seterusnya.

  • Lakukan dengan mengubah posisi pemain 1,2 dan 3.

Teknik ini juga dapat dilakukan dengan formasi garis lurus seperti cara diaats, hanya pemain ke-3 melakukan smash. Dapat juga dilakukan dengan formasi segitiga yaitu sebagai berikut ini.


  • Pemain pertama melambungkan sebuah bola ke arah pemain kedua.

  • Pemain kedua menerima dengan passing atas ke arah pemain ketiga.

  • Pemain ketiga menerima dengan sebuah pukulan smash ke arah pemain pertama.

  • Kemudian dengan passing bawah, bola diarahkan ke arah pemain kedua.

  • Begitu seterusnya sesuai urutannya. Lakukan secara berulang-ulangdan mengubah posisi pemain.




Permainan ini bertujuan untuk dapat menerapkan teknik-teknik dasar yang telah dipelajari dalam permainan dan juga untuk memupuk kerja sama sebuah kelompok serta kedisiplinan pemain. Cara melakukannya sebagai berikut.


  • Buat lapangan mini kira-kira 6 x 6 meter.

  • Bentuk dua regu, setiap regu terdiri dari 3 pemain.

  • Salah satu regu juga melakukans ebuah servis.

  • Kemudian regu lawan menerima dan juga mengarahkan ke arah pemain lainnya untuk dapat melakukan umpan dengan passing atas.

  • Pemain ketiga melakukan smash ke arah lawan.

  • begitu seterusnya.

Demikiankah penjelasan mengenai kombinasi passing bawah dan passing atas. Smeoga dapat bermanfaat anda dan menambah keterampilan anda dalam bola voli terutama untuk passing bawah dan passing atas.

Apa yang dimaksud dengan variasi dan kombinasi passing atas dan bawah

Posted by: pskji.org