Jelaskan cara mengaktifkan Microsoft Excel

Jelaskan cara mengaktifkan Microsoft Excel

KOMPAS.com-Microsoft Excel adalah program perangkat lunak pengolah data angka yang cukup populer untuk dipakai dalam beberapa bidang, khususnya yang terkait dengan pengolahan data berupa angka, seperti akuntansi, perbankan, administrasi, dan sebagainya.

Dalam tataran pendidikan dasar di Indonesia, Microsoft Excel sendiri juga sudah mulai dikenalkan dan diajarkan di beberapa sekolah. Kendati mungkin telah menerima pengetahuan dasar soal Microsoft Excel, tak mudah juga untuk mengoperasikannya.

Untuk bisa mengoperasikan Microsoft Excel atau yang biasa disebut dengan Excel, tentu pengguna harus memiliki aplikasinya dulu di desktop (laptop atau komputer). Setelah itu, buka atau aktifkan aplikasi Microsoft Excel tersebut.

Baca juga: 3 Cara Blok Tulisan Microsoft Word via Mouse dan Keyboard

Perlu diketahui, cara mengaktifkan Microsoft Excel berbeda antara di desktop bersistem operasi Windows dengan MacOS. Selengkapnya, berikut cara mengaktifkan Microsoft Excel di desktop Windows dan MacOS.

Cara mengaktifkan Microsoft Excel di desktop Windows

  • Pilih dan klik ikon Windows di layar “home” untuk mengakses menu “Start”
  • Pilih menu program
  • Cari dan pilih Microsoft Office
  • Kemudian, klik program aplikasi Microsoft Excel tersebut
  • Tunggu sampai jendela program aplikasi Microsoft Excel ditampilkan
  • Mengaktifkan Microsoft Excel bisa juga dilakukan dengan klik dua kali pada shorcut aplikasinya yang biasa muncul di layar “home” desktop
  • Sementara untuk cara menutup Microsoft Excel, bisa dilakukan dengan klik ikon silang warna merah yang berada di pojok kanan jendedal aplikasi.

Cara mengaktifkan Microsoft Excel di desktop MacOS

  • Klik aplikasi “Finder” yang terletak di menu bar layar “home”
  • Pilih menu “Applications”
  • Cari dan pilih Microsoft Word
  • Kemudian, klik program aplikasi Microsoft Excel tersebut
  • Tunggu beberapa saat hingga jendela program aplikasi Microsoft Excel ditampilkan.
  • Anda juga bisa mengaktifkan Microsoft Excel dengan klik dua kali pada shortcut aplikasinya, yang biasa muncul di layar “home” desktop
  • Sementara untuk cara menutup Microsoft Excel, bisa dilakukan dengan klik ikon silang warna merah yang berada di pojok kiri jendedal aplikasi.

Setelah jendela Microsoft Excel terbuka, Anda akan disajikan dengan beberapa bagian atau elemen penting untuk mulai melakukan pengolahan data angka, berikut bagian-bagian Microsoft Excel beserta fungsinya.

Bagian Microsoft Excel beserta fungsinya

Lihat Foto

Ilustrasi bagian-bagian Microsoft Excel

1. Quick Access Toolbar

Di bagian paling atas dari jendela program aplikasi Microsoft excel ada yang namanya Quick Access Toolbar, yang berfungsi sebagai tempat untuk meletakkan tombol perintah yang sering digunakan.

Biasanya, Quick Access Toolbar secara default berisi tombol untuk melakukan perintah seperti Save (menyimpan dokumen), Undo (membatalkan perintah), serta Redo (mengulang perintah yang dibatalkan).

2. Ribbon

Di bawah Quick Acces Toolbar, ada bagian Microsoft Excel yang bernama Ribbon. Fungsi Ribbon sendiri adalah sebagai pusat kontrol atau kendali terhadap beberapa tindakan, perintah, atau pekerjaan di Microsoft Excel.

Ribbon memiliki berbagai menu dalam bentuk Tab yang bisa dimanfaatkan pengguna untuk mengatur pekerjaan di Microsoft Excel. Tab tersebut antara lain berisi File, Home, Page Layout, Formula, Data, Review, View, dan sebagainya.

Baca juga: Cara Membuat Garis Lurus di Microsoft Word, Bisa untuk Kop Surat

Cara Yang Tepat Untuk Mengaktifkan Microsoft Excel Adalah – Belajar Excel : Mengenal Fungsi, Manfaat, dan Kelebihan serta Kekurangan Microsoft Excel

Dikutip dari Buku Pintar Microsoft Excel (2009) karya Osdirwan Osman, Microsoft Excel adalah program aplikasi dari microsoft yang digunakan untuk mengolah angka.

Penyajian serta pengolahan data pada Microsoft Excel dilakukan secara cepat dan akurat, untuk keperluan informasi kuantitatif, seperti angka, tabel, ataupun grafik.

Menurut Sumarno dalam buku Pengantar Teknologi Informasi dan Komunikasi (2020), Microsoft Excel merupakan salah satu produk perangkat lunak untuk pengolahan data yang dibuat oleh Microsoft.

Baca Juga :   Cara Membuat Karya Seni Montase

Agak berbeda dengan program aplikasi Microsoft lainnya, Excel berbentuk lembaran tabel yang tersebar atau yang sering disebut spreadsheet. Keahlian utama dari aplikasi ini adalah pengolahan data yang bersifat numerik (angka).

Cara Mengaktifkan Microsoft Excel

Cara yang tepat mengaktifkan ms- excel adalah…a. Start – program – ms office – ms wordb. Ms excel – start – program – ms officec. Program – ms excel – start – ms office

d. Star – program – ms office – ms excel

e. Semua benar

Jawaban dari pertanyaan Cara Mengaktifkan Microsoft Excel adalah D. dengan cara
Star – program – ms office – ms excel

Microsoft Excel menjadi salah satu aplikasi pilihan untuk mengolah data, baik keuangan, pendidikan, ataupun lainnya.

Microsoft Excel sangat berperan penting, karena mempermudah perhitungan dan pengolahan data numerik atau angka.

Microsoft Excel menjadi salah satu aplikasi pilihan untuk mengolah data, baik keuangan, pendidikan, ataupun lainnya. Microsoft Excel sangat berperan penting, karena mempermudah perhitungan dan pengolahan data numerik atau angka.

Belajar Excel menjadi suatu yang keharusan jika ingin bekerja di bidang apapun, terutama di bidang Data, Finance, Marketing, dan bidang-bidang lain yang berkaitan dengan perencanaan budget, serta pelaporan kinerja dengan penginputan data. Bahkan untuk menjadi seorang Customer Service saja terkadang diwajibkan memiliki kemampuan untuk menggunakan Excel. Sehingga tidak heran jika di proses wawancara kerja, pertanyaan mengenai kemampuan yang paling dasar akan Excel pasti akan ditanyakan.

Excel merupakan sebuah merupakan sebuah aplikasi yang berupa spreadsheet yang dibuat serta didistribusikan oleh Microsoft Corporation agar dapat digunakan untuk sistem operasi Windows dan juga Mac OS. Excel atau disebut juga Microsoft Excel merupakan salah satu software yang berada dalam paket Microsoft Office. Microsoft Excel digunakan untuk proses pengolahan angka, namun tak hanya itu karena Microsoft Excel juga memiliki banyak fitur dan fungsi lainnya. Fitur Function dan Formulas atau yang lebih dikenal dengan rumus Excel merupakan sesuatu hal yang membuat Microsoft Excel cukup dikenali oleh banyak orang.

Cara membuka microsoft excel melalui menu Start:

  1. Langkah pertama, klik menu Start (ikon jendela) di pojok kiri bawah tampilan layar kompuer/laptop.
  2. Cara pertama, bisa dengan scroll mouse, pada kumpulan software hurufE, setelah itu klik gambar ikon microsft excel.
  3. Cara kedua, pada bagian Productifity, pilih kumpulan aplikasi paket Office, lalu klik ikon excel.
  4. Cara ketiga, pada kelompokMost Used, klik kiri icon hijau excel.


Penjelasan:

Pertama: ketika kita klik menu Start pada windows 10, tampilan akan berupa kumpulan software berdasarkan nama sesuai dengan abjad dengan urutan A-Z. Progam microsoft excel, bernama Excel sehingga terdapat pada hurufE.

Kedua: Tab sebelah kanan atas berisi kelompok software untuk membantu produktifitas kerja yang berisi paket Office.

Ketiga: OS windows 10 akan menampilkan tampilan software yang paling sering digunakan. Jika pada komputer sering menggunakan software excel maka, ikon excel tersebut akan muncul pada groupMost used. Tujuannya untuk mempercepat akses membuka program.

2 Cara membuka microsoft excel melalui Desktop:

  1. Cari ikon microsoft excel pada tampilan Desktop.
  2. Cara pertama: dengan double klik (klik kiri 2x secara cepat).
  3. Cara kedua: Klik kanan, lalu pilihOpen.


Penjelasan:

Cara pertama:melakukan klik 2x secara cepat (double klik), bagi yang belum terbiasa barangkali akan kesusahan, bahkan program tersebut tidak terbuka.

Hal ini disebabkan, jarak antar klik satu ke klik lain terlalu lama. Atau di klik kedua krosor bergeser sehingga tidak dianggap klik, namun drag, tandanya ikon tersebut bergeser sedikit.

Salah satu tanda keberhasilan membuka program tersebut adalah adanya jam pasir yang menandakan software sedang dalam proses dibuka.

Baca Juga :   8 kecerdasan manusia dan penjelasan

Cara kedua: dengan klik kanan pada ikon excel, maka akn muncul berbagai opsi atau perintah. Jika hanya ingin membuka maka pilih yangOpen.

Cara membuka microsoft Excel Melalui Taskbar:

  1. Klik kiri pada ikon microsoft excel yang terdapat pada taskbar.
  2. Tunggu sampai program terbuka secara otomatis.


Penjelasan:

Fitur ini hanya bisa dilakukan apabila komputer kita telah melakukan pinned/menyematkan pada taskbar.


Untuk menyematkan atau pinned program microsoft excel pada taskbar adalah

  • Masuk ke menuStart.
  • Cari ikon excel dengan melakukan scroll.
  • Klik kanan program tersebut.
  • Pilih more, kemudian klikPin to taskbar.

Penyematan program atau aplikasi pada taskbar biasanya dilakukan sebagai akses cepat untuk membuka program yang sering digunakan, sehingga kita tidak perlu mengeklik menu Start, maupun mencarinya pada kumpulan ikon dalam tampilan Desktop.

Kita juga bisa mengurutkannya, dari kiri ke kanan software apa yang paling berguna atau sering digunakan untuk memaksimalkan fitur ini.

Berikut ini akan dibahas tentang fungsi, manfaat, dan apa saja kelebihan dari Microsoft Excel. Penasaran? Yuk, chek it out!

1. Fungsi dan Manfaat Microsoft Excel

Sebagai aplikasi pengolahan data numerik, fungsi utama dari aplikasi Microsoft Excel ialah membuat, mengedit, menganalisa dan meringkas data yang sifatnya numerik. Aplikasi ini juga berfungsi untuk menjalankan perhitungan aritmatika maupun statistika.

Lebih spesifiknya, Microsoft Excel memiliki sejumlah fungsi, sebagai berikut:

  1. Untuk membuat daftar laporan keuangan
  2. Pembuatan daftar nilai dan daftar hadir
  3. Melakukan operasi perhitungan seperti kali, bagi, dan mencari rata-rata
  4. Perhitungan kurs mata uang
  5. Pembuatan grafik serta tabel, diagram batang, diagram garis, serta diagram lingkaran
  6. Membantu penyelesaian soal logika dan matematika
  7. Untuk membuat penyanjian data lebih tepat, rapi serta akurat
  8. Melakukan perhitungan secara otomatis dengan menggunakan rumus serta logika

Umumnya Microsoft Excel berfungsi sebagai software pengolahan angka, namun secara detail Microsoft Excel berguna untuk membuat, mengedit, mengurutkan, menganalisa, serta meringkas data. Selain itu, Microsoft Excel juga berfungsi untuk melakukan perhitungan aritmatika dan statistika sehingga dapat membantu menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang berbau logika dan matematika. Excel juga dapat digunakan untuk membuat catatan keuangan, penyusunan anggaran keuangan, membuat laporan baik dalam bentuk tabel, grafik, ataupun diagram.

Selain yang telah dijelaskan di atas, Microsoft Excel juga bermanfaat untuk mempermudah pekerjaan di banyak bidang. Misalnya, di bidang akutansi dapat digunakan untuk mencari besarnya keuntungan perusahaan selama periode tertentu, menghitung jumlah laba rugi, menghitung gaji karyawan dan banyak bidang lainnya. Kemudian di bidang data, Microsoft Excel bermanfaat untuk melakukan pengolahan data dengan statistika dasar seperti mencari median, mean (rata-rata), nilai maksimum dan minimum, dll. Hasil tersebut akan ditampilkan dalam bentuk grafik ataupun diagram sehingga dapat dimengerti oleh semua orang.

2. Kelebihan Microsoft Excel

Dalam buku Pengantar Teknologi Informasi – Konsep dan Teori (2017) karya Muhammad Sobri, disebutkan jika Microsoft Excel memiliki beberapa kelebihan yang membuat penggunanya semakin mudah dalam memanfaatkan aplikasi ini. Kelebihan tersebut diantaranya:

  1. Bentuk tampilannya yang mudah dikenali dan dijalankan
  2. Memiliki fitur untuk membuat grafik data
  3. Kemampuan penyimpanan datanya cukup besar
  4. Cukup mudah dioperasikan dengan menggunakan rumus dan logika dalam Excel

Selain empat kelebihan tersebut, Microsoft Excel juga memiliki kelebihan, yakni pengorganisasian data yang lebih teratur, walaupun jumlahnya besar.

Tidak hanya itu, olahan data dari aplikasi ini juga mudah digabungkan ke aplikasi Microsoft lainnya, seperti Microsoft Word atau PowerPoint.

Tentunya ada banyak hal yang membuat orang memilih untuk menggunakan Microsoft Excel dibandingkan software lainnya. Diantaranya adalah memiliki fitur formula. Sebagai aplikasi pengolahan data, tentunya fitur ini akan sangat dibutuhkan. Formula di Excel dapat melakukan perhitungan yang jauh lebih mudah dari yang dapat dilakukan oleh kalkulator. Nah, untuk memanfaatkan nya tentunya si pengguna Excel ini harus memahami bagaimana agar Microsoft Excel dapat digunakan untuk melakukan perhitungan dalam waktu yang singkat terutama untuk data yang bervolume besar.

Baca Juga :   Komponen biotik yang ada pada lingkungan hidup terdiri dari titik titik dan titik titik

Kelebihan lainnya adalah kemampuan dalam mengorganisir data. Microsoft Excel mampu untuk mengatur data baik yang bervolume besar ataupun kecil karena speadsheet memiliki tampilan grafik yang bagus. Sehingga dengan dengan adanya tahapan organisir data, maka analisa akan dapat dilakukan lebih cepat serta dapat dipahami oleh banyak orang meskipun tidak berasal dari bidang data.

Selain itu, Excel juga dapat digunakan di perangkat lain selain laptop, seperti tablet dan smartphone. Biasanya program spreadsheet lainnya memperbolehkan format asli mereka untuk diekspor ke format lembar kerja Excel ataupun sebaliknya. Dan yang terpenting, karena Excel merupakan bagian dari Microsoft Office sehingga Excel terintegrasi dengan semua software dari Microsoft Office. Wah, keren banget kan?

3. Kelemahan Microsoft Excel

Walau Excel memiliki sejumlah kelebihan yang selalu memudahkan penggunanya. Ternyata aplikasi ini juga memiliki beberapa kekurangan, yaitu:

  1. Pengguna yang belum paham betul tentang fungsi, rumus, dan logika, akan merasa kesulitan untuk menjalankan, mengoperasikan serta mengolah datanya.
  2. Biaya yang diperlukan untuk mengakses aplikasi Microsoft Excel yang asli tidaklah murah. Maka dari itu, pengguna harus membayar sejumlah biaya untuk bisa menggunakan aplikasi ini secara resmi.
  3. Apabila salah memasukkan rumus, bisa berdampak pada data yang dihasilkan. Misalnya perhitungan menjadi tidak tepat atau data tidak dapat terbaca.
  4. Butuh waktu yang agak banyak untuk bisa memasukkan data ke Microsoft Excel secara manual. Terlebih lagi jika data tersebut dalam jumlah yang banyak.

Jika memiliki kelebihan, tentunya juga pasti ada kekurangannya. Kelemahan yang pertama adalah berbayar. Ternyata penggunaan Excel yang asli tidak gratis, loh. Kita harus berlangganan dengan Office 365 untuk versi Excel yang berbasis cloud, sedangkan untuk Excel edisi desktop akan dipatok tarif yang cukup lumayan. Tapi tenang saja, tidak jarang ketika pembelian laptop akan ditawarkan untuk sekalian dipasangkan Excel yang original.

Selain itu, dalam menggunakan Excel dibutuhkan kesabaran dan terus berlatih karena tidak jarang hasil perhitungan yang dihasilkan salah. Hal tersebut biasanya terjadi karena kesalahan si pengguna dalam menuliskan formula. Sehingga ketelitian menjadi suatu kunci agar output yang dihasilkan benar. Selain itu, dalam penginputan data secara manual dengan menggunakan Microsoft Excel ternyata cukup memakan waktu, terlebih jika data yang data sangatlah banyak.

SUMIF : Rumus Wajib Seorang Data Analyst

SUMIF atau penjumlahan bersyarat merupakan, rumus wajib yang harus diketahui oleh seorang Data Analyst. Karena, jika menggunakan SUMIF maka penjumlahan nilai berdasarkan beberapa kategori yang diinginkan dapat dilakukan dengan sangat mudah dan menghasilkan akurasi yang tepat. Kamu dapat menggunakan SUMIF untuk menentukan jumlah produk yang memberikan kontribusi untuk revenue terhadap bisnismu.

 Solusi Pencarian Data dengan VLOOKUP dan HLOOKUP

VLOOKUP atau Vertical LOOKUP adalah kebalikan dari fungsi HLOOKUP atau Horizontal LOOKUP. Kedua fungsi ini, dapat kamu gunakan secara sempurna untuk kasus yang membutuhkan solusi berupa pencarian data dengan menggunakan “kata kunci” tertentu pada kolom pertama di dalam sebuah tabel. Nantinya, tabel ini akan kamu gunakan untuk mengambil nilai dari sel manapun di baris yang sama dengan menggabungkan data secara bersamaan di beberapa titik. Pada kebanyakan kasus Data Analysis Excel, fungsi ini banyak digunakan pada kondisi real case seperti produsen dapat mengetahui besaran harga setiap produk tetapi distributor hanya dapat menyediakan barang atau unit yang akan dikirim.

Jelaskan cara mengaktifkan Microsoft Excel

Posted by: pskji.org